Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing
Dalam setiap bisnis, setiap perusahaan pasti membutuhkan marketing untuk memasarkan suatu produk.
Selain itu, perusahaan juga membutuhkan branding agar suatu produk bisa melekat di benak konsumen.
Karena hal inilah, sebagian orang yang belum paham dengan bisnis, menganggap bahwa branding dan marketing mempunyai arti yang sama. Sebenarnya apa itu branding?
Mudahnya, apa itu branding merupakan nama dari suatu bisnis yang dijalankan perusahaan.
Sedangkan marketing merupakan strategi untuk membangun nama brand bisnis. Ingin mengenal branding secara lengkap?
Atau ingin tahu perbedaan apa itu branding dengan marketing? Yuk, simak penjelasan lengkap berikut ini.
Daftar Isi
Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Branding
Istilah branding berasal dari kata brand yang berarti merek. Lantas, apa itu branding yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis?
Mengutip dari Wikipedia, Merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lain apa pun yang membedakan barang atau jasa penjual dari penjual lainnya.
Merek digunakan dalam bisnis, pemasaran, dan periklanan untuk pengakuan dan, yang penting, untuk menciptakan dan menyimpan nilai sebagai ekuitas merek untuk objek yang diidentifikasi, untuk kepentingan pelanggan merek, pemiliknya, dan pemegang saham.
Apa itu branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen.
Bisa dibilang bahwa branding bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang menjadi sasaran.
Tujuan utama dari suatu branding adalah untuk mengenalkan brand perusahaan.
Selain itu, branding juga bertujuan untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan agar selalu bagus di mata konsumen.
Pencitraan yang dilakukan perusahaan ini dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.
Pengertian mudahnya, apa itu branding bisa dilihat dari suatu nama, logo, dan slogan suatu perusahaan yang melekat di benak konsumen.
Bisa dikatakan bahwa branding cenderung untuk selalu menarik konsumen agar kembali lagi ke suatu produk yang dipasarkan perusahaan.
Umumnya, branding dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum terlalu dikenal masyarakat.
Tujuannya bukan lain adalah untuk mengenalkan produk perusahaan dan mendapatkan konsumen sebanyak mungkin.
Jika perusahaan memiliki suatu brand yang bagus, maka perusahaan tersebut akan mudah untuk melakukan penjualan produk.
Jadi, perusahaan bisa mendapatkan banyak keunggulan. Salah satunya adalah mendapat banyak pendapatan.
Baca juga: Arti Brand Experience: Indikator, Strategi, Contohnya
Fungsi Branding dalam Suatu Bisnis
Dalam suatu bisnis yang dijalankan perusahaan, aktivitas branding sangat dibutuhkan.
Hal ini dikarenakan branding mempunyai banyak fungsi dalam suatu bisnis. Berikut ini ulasan lengkapnya.
1. Sebagai Pembeda
Fungsi branding dalam suatu bisnis yang pertama adalah sebagai pembeda. Setiap produk yang mempunyai brand yang kuat, maka konsumen akan mudah untuk membedakannya dengan brand perusahaan lain.
Selain itu, branding juga dapat memberikan penanda dan ciri khas suatu produk. Sehingga, produk perusahaan dapat selalu diingat konsumen.
2. Untuk Promosi dan Daya Tarik
Jika suatu produk memiliki brand kuat dan terkenal, maka hal tersebut akan menjadi daya tarik untuk konsumen.
Sehingga, produk akan lebih mudah untuk dipromosikan kepada masyarakat. Dalam hal inilah, fungsi dari apa itu branding sangat penting untuk bisnis suatu perusahaan.
Baca juga : Pengertian Branding dan 6 Manfaatnya untuk Bisnis
3. Membangun Citra Perusahaan
Fungsi lain dari branding adalah untuk membangun citra perusahaan. Jika suatu perusahaan memiliki citra yang bagus, maka produk dari perusahaan akan mudah dikenal oleh orang lain.
Citra yang bagus juga dapat menunjukkan bahwa kualitas produk dari perusahaan tersebut tidak perlu diragukan.
4. Alat Pengendali Pasar
Setelah aktivitas branding dilakukan, maka produk perusahaan akan memiliki nama yang dikenal. Tentunya, hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengendalikan pasar.
Pengendalian pasar ini bisa dilakukan karena masyarakat luas sudah mengenal dan mengingat produk perusahaan dengan baik.
5.Untuk Mempengaruhi Psikologi Konsumen
Fungsi terakhir branding dalam bisnis adalah untuk mempengaruhi psikologi konsumen. Jika suatu produk sudah memiliki brand yang kuat, maka konsumen akan percaya dan menganggap perusahaan tersebut profesional.
Hal ini jelas berbeda dengan produk yang tidak mempunyai brand. Konsumen jelas akan memandang sebelah mata karena kurang percaya.
Baca juga : Apa itu Creative Branding? Ini Pengertian, Jenis, dan 7 Cara Mudah Melakukannya
Mengenal Marketing secara Singkat
Sebelum mengetahui perbedaan marketing dan branding, sebaiknya kenali dulu apa itu marketing. Marketing berasal dari kata market dengan arti pasar.
Marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran untuk membentuk hubungan perusahaan dan konsumen.
Membentuk hubungan perusahaan dan konsumen dapat dilakukan melalui iklan, menjual produk, atau menciptakan produk sesuai dengan keinginan pasar.
Marketing jelas berbeda dengan branding. Branding lebih kepada aktivitas untuk mengenalkan brand suatu produk.
Namun marketing berfokus untuk melakukan penjualan suatu produk perusahaan. Bisa dibilang bahwa tujuan utama marketing adalah untuk meningkatkan nilai penjualan suatu produk.
Salah satu strategi marketing yang cukup populer adalah email marketing yang terbukti meningkatkan jangkauan audiens dan juga tingkatkan penjualan.
Dan untuk Anda yang butuh email dengan nama domain sendiri, Jagoan Hosting punya layanan email hosting yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
Hanya dengan harga 15 ribu rupiah, Anda bisa fleksibel memilih paket email hosting dengan kapasitas penyimpanan dan jumlah pengiriman email yang besar. Mulai dari 15GB atau 25GB per akun, dengan 300 pengiriman per hari/akun.
Selain itu, Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan s/d 50GB kalo masih kurang.Tunggu apalagi? Bangun kredibilitas bisnis lebih mudah dengan email bisnis dari Jagoan Hosting.
Baca juga: Mengenal Brand Recognition: Peran, Tahapan, Strategi
Perbedaan Branding dengan Marketing
Dalam suatu bisnis yang dijalankan perusahaan, branding dan marketing memiliki hubungan yang erat.
Meskipun demikian, branding dan marketing ini jelas sangat berbeda. Perbedaan yang paling terlihat dari branding dan marketing adalah pada tenggang waktu pelaksanaan.
Untuk membangun suatu brand yang bisa dikenal masyarakat luas, maka butuh waktu yang cukup lama.
Berdasarkan hal tersebut, sangat jelas bahwa apa itu branding merupakan wajah dari perusahaan yang penting untuk suatu bisnis. Hal ini jelas berbeda dengan marketing yang bisa dilakukan dengan waktu cepat.
Perbedaan mudahnya, branding merupakan suatu cara untuk mengenalkan perusahaan. Sedangkan marketing merupakan berbagai cara yang dilakukan perusahaan agar produknya laku terjual.
Jika branding merupakan suatu trik untuk menarik minat konsumen, maka marketing akan melengkapinya menggunakan semua cara yang diperlukan, termasuk branding itu sendiri.
Meskipun berbeda, branding merupakan bagian dari marketing dalam jangkauan lebih luas.
Membangun suatu branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan proses yang panjang agar brand perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Perusahaan yang melakukan branding dengan baik, otomatis perusahaan akan mendapat loyalitas dari konsumen.
Baca juga: Brand Awareness: Arti, Fungsi, Strategi, Contohnya
Kesimpulan
Demikian penjelasan lengkap terkait apa itu branding dan perbedaannya dengan marketing. Meskipun branding dan marketing sangat erat hubungannya dalam suatu bisnis, keduanya merupakan hal yang berbeda.
Branding dan marketing adalah suatu kesatuan. Eratnya hubungan branding dan marketing membuat keduanya menjadi alat yang ampuh dalam suatu bisnis.
Hal penting lainnya yang harus ada dalam bisnis selain branding dan marketing adalah pembukuan.
Karena tanpa pembukuan yang baik dan benar, Anda tidak akan bisa mengembangkan bisnis secara optimal. Hal ini dikarenakan Anda tidak memiliki data yang faktual atas keuangan bisnis Anda.
Untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pembukuan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terbukti, teruji, dan mudah digunakan. Salah satunya adalah Accurate Online.
Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud buatan Indonesia yang pastinya sesuai dengan kebutuhan berbagai usaha yang ada di Indonesia.
Contohnya adalah fitur perpajakan, penghitungan aset, penggajian karyawan, multi cabang, dan masih banyak lagi.
Jadi, ayo buat bisnis lebih baik dengan proses pembukuan yang mudah dengan Accurate Online. Anda bisa mencoba Accurate Online sacara gratis selam 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini :