Apa Itu Brand Experience? Ini Pengertian dan 4 Strategi Jitu Dalam Memaksimalkannya

oleh | Mar 24, 2023

source envato.

Apa itu Brand Experience? Ini Pengertian dan 4 Strategi Jitu dalam Memaksimalkannya

Jika Anda membeli sebuah produk lalu Anda mendapatkan pelayanan yang kurang baik atau kurang memuaskan, maka artinya pengalaman merek produk atau brand experience tersebut belum terlalu maksimal.

Lantas, apa hubungan kualitas pelayanan dengan brand experience? Bukankah memberikan pelayanan terbaik hanya sering dianggap sebagai gimmick saja? Tenang, Anda bisa mendapatkan seluruh jawaban tersebut dengan membaca artikel tentang brand experience di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Brand Experience

accurate.id gambar Brand Experience-1

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam laman Journal of Marketing, brand experience adalah perasaan, sensasi, pikiran, dan juga respon perilaku dari pelanggan.

Berbagai respons ini dipicu oleh adanya identitas ataupun desain dari brand. Beberapa contohnya adalah kemasan, cara dan gaya dalam menjalin komunikasi, sampai dengan lingkungan.

Pengertian tersebut sama seperti yang diterangkan dalam laman Widen. Namun, mereka menambahkan bahwa pengalaman ini hadir atas adanya interaksi lewat berbagai channel ataupun media pemasaran.

Dikutip dari laman Rock Content, brand experience memiliki hubungan yang erat dengan memperkuat hubungan antara pelanggan dan juga merek.

Hal yang serupa pun dijelaskan dalam laman Freeman. Mereka menjelaskan bahwa pengalaman seperti ini mampu membuat seseorang memiliki hubungan yang kuat dan juga berkualitas dengan sebuah brand.

Berdasarkan laman 99designs, jalan bisa mencapai brand experience yang baik adalah dengan melakukan brand design, brand voice, user experience, brand image dan customer support.

Baca juga: Brand Value adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Mengapa Brand Experience Penting?

accurate.id gambar Brand Experience-2

Saat ini kita sudah memahami bahwa brand experience harus bisa ditingkatkan. Lalu, kenapa tidak hanya bisa membuat interaksi yang apa adanya saja?

Perlu Anda ketahui bahwa pengalaman ini bisa meningkatkan brand loyalty sampai dengan brand image. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penelitian yang diterbitkan dalam laman Asian Journal of Management Sciences & Education.

Lebih dari itu, dikutip dari artikel yang diterbitkan dalam laman Journal of Retailing and Consumer Services, brand experience terbukti mampu meningkatkan customer willingnesstopay atau WTP.

Dilansir dari laman Harvard Business School, WTP adalah maksimal harga yang mau dibeli oleh pelanggan Anda. Bila harga produk lebih dari yang diiklankan, maka pelanggan tidak ingin mau membeli produk Anda.

Baca juga: Apa itu Brand Platform? Apa Saja Manfaatnya?

4 Strategi Ampuh Memaksimalkan Brand Experience

accurate.id gambar Brand Experience-3

Sebelumnya kita ketahui bersama bahwa memang brand experience itu sangat penting. Lalu, bagaimana cara meningkatkan pengalaman pelanggan ini? Dirangkum dari laman 99designs, berikut ini adalah strategi ampuh untuk meningkatkan brand experience.

1. Memiliki Tujuan Brand

Sesekali cobalah untuk memerhatikan pabrikan sepatu Nike. Mereka tidak hanya menjual sepatu saja, tapi mereka juga memiliki tujuan lain, yakni merek. Perusahaan Nike lebih memotret dirinya sebagai perusahaan pemasok ambil dan tujuan yang berhubungan dengan olahraga.

Tujuan dari merek yang seperti ini terbukti mampu meningkatkan angka brand experience. Ia bisa membedakan Anda dalam berbagai brand experience atau brand experience. Ia membedakanmu dengan merek-merek lain yang serupa.

2. Manfaatkan Teknik Storytelling

Jika Anda berhasil membangun brand, maka di dalamnya harus ada misi agar pelanggan bisa memberikan pengalaman uniknya pada brand Anda.

Berbagai cerita ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan brand experience. Anda bisa membagikannya di media sosial, blog, sampai dengan video.

3. Konsisten

Identitas merek seperti desain yang digunakan dalam brand, font, dan lain sebagainya mampu membentuk brand experience jika Anda melakukannya secara konsisten. Disadari atau tidak, pengalaman pelanggan akan bisa meningkat karena adanya konsistensi seperti ini.

4. Prioritaskan Pengalaman

Kegiatan penjualan memang harus bisa mencapai target. Biar bagaimanapun juga, finansial perusahaan harus sehat. Sehingga, bisnis bisa terus berjalan secara baik.

Namun, Anda tidak boleh melupakan pengalaman pembeli. Kenapa? Karena apa yang terjadi ketika, sebelum dan setelah penjualan akan selalu diingat oleh para pelanggan. Mereka memiliki peluang yang besar untuk membeli lagi produk Anda.

Lebih lanjut lagi, mereka bisa juga memberikan ulasan yang positif. Ulasan ini akan mampu mendatangkan pelanggan yang lebih banyak

Untuk itu, cobalah untuk selalu memerhatikan pengalam pelanggan ketika membeli. Anda harus menyambut mereka dengan baik ketika mereka baru datang ke toko atau situs website Anda.

Baca juga: Technopreneur: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Cara Menjadi Technopreneur

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang brand experience. Jadi, jenis strategi ini tidak hanya dijadikan sebagai gimmick demi membuat pelayanan merek yang lebih baik. Didalamnya juga terdapat banyak sekali keuntungan untuk brand Anda.

Namun, setiap kegiatan atau strategi yang harus dijalankan oleh perusahaan tentu memerlukan anggaran dana yang tidak sedikit. Dalam hal ini, Anda harus membuat dan mengelola anggaran dengan baik agar tidak memberikan beban yang besar pada arus kas.

Nah, agar bisa lebih mudah, dan tentunya #lebihbaik dalam mengelola anggaran perusahaan, ada baiknya jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Di dalamnya, Anda bisa lebih mudah dalam membuat anggaran untuk setiap pos bisnis, lalu Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 laporan keuangan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara real time.

Selain itu, berbagai fitur di dalamnya juga sudah saling terintegrasi, sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola stok di gudang, lapor pajak perusahaan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur lengkap di dalamnya bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi sebesar 200 ribuan perbulan, tanpa ada tambahan biaya.

Jadi, masih kurang tertarik? Tenang, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait