Apa itu Sponsorship Marketing? Ini Pengertian dan 6 Manfaat Luar Biasanya Untuk Bisnis

oleh | Apr 11, 2023

source envato.

Apa itu Sponsorship marketing? Ini Pengertian dan 6 Manfaat Luar Biasanya Untuk Bisnis

Jika produk bisnis Anda ingin semakin dikenal dengan skala yang lebih luas, maka salah satu cara yang bisa Anda jalankan adalah sponsorship marketing.

Dengan menjadi sponsor dalam suatu event, maka akan membuat produk atau brand Anda bisa dilihat oleh target pasar yang lebih potensial. Tentunya hal tersebut akan sangat membantu Anda.

Lalu, apa itu sponsorship marketing? Tenang, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang sponsorship marketing.

Apa itu Sponsorship Marketing?

accurate.id gambar sponsorship marketing-1

Bersumber dari Marketing91, sponsorship marketing adalah suatu strategi marketing yang melibatkan kerja sama antara perusahaan dengan organisasi atau acara tertentu.

Perusahaan yang melakukan sponsorship marketing akan memberikan dukungan finansial, barang, atau jasa kepada organisasi atau acara tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, menciptakan asosiasi positif antara brand perusahaan dengan acara atau organisasi tersebut, serta memperluas jangkauan target pasar.

Beberapa contoh sederhana dari sponsorship marketing antara lain adalah perusahaan yang mensponsori sebuah konser musik atau acara olahraga, brand yang bekerja sama dengan tim olahraga untuk menampilkan logo brand pada seragam atau arena, atau perusahaan yang memberikan donasi untuk sebuah kegiatan amal.

Sponsorship marketing biasanya melibatkan kontrak atau perjanjian kerja sama yang menetapkan sejumlah kewajiban dan manfaat yang akan diberikan oleh kedua belah pihak.

Baca juga: Pengertian Paid Media 4 Contohnya yang Bisa Perluas Jangkauan Brand Anda

Manfaat Sponsorship Marketing

accurate.id gambar sponsorship marketing-2

Terdapat beberapa manfaat dari sponsorship marketing. Dirangkum dari laman The Balance, beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan mensponsori sebuah acara, organisasi atau individu, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness dan mendapatkan exposure yang lebih besar. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand recognition di kalangan konsumen potensial.

2. Meningkatkan Brand Image

Sponsorship marketing juga dapat membantu meningkatkan brand image. Dengan berpartisipasi dalam acara atau mendukung organisasi atau individu yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan brand, perusahaan dapat meningkatkan reputasinya di kalangan konsumen.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Sponsorship marketing dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan menjadi sponsor acara atau organisasi yang memiliki basis penggemar yang kuat, perusahaan dapat menarik pelanggan yang telah setia pada brand mereka.

4. Meningkatkan Penjualan

Sponsorship marketing dapat membantu meningkatkan penjualan. Dengan menempatkan brand mereka di depan audiens yang lebih besar, perusahaan dapat meningkatkan kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

5. Meningkatkan Hubungan Bisnis

Sponsorship marketing juga dapat membantu meningkatkan hubungan bisnis. Dengan berpartisipasi dalam acara atau organisasi yang relevan dengan industri mereka, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pemangku kepentingan dan rekan bisnis.

Dengan demikian, sponsorship marketing memiliki peran yang penting dalam membantu perusahaan meningkatkan brand awareness, image, loyalitas pelanggan, penjualan, dan hubungan bisnis mereka.

Baca juga: Pengertian Tone of Voice dan 4 Manfaatnya yang Bisa Memperkuat Nilai Brand

Jenis Sponsorship Marketing

accurate.id gambar sponsorship marketing-3

Ada beberapa jenis sponsorship marketing yang dapat Anda dilakukan, di antaranya:

 1. Event Sponsorship

Sponsorship ini dilakukan pada acara atau kegiatan tertentu seperti konser musik, festival, pameran dagang, olahraga, atau acara amal. Keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan atau organisasi adalah akan mendapatkan eksposur brand mereka melalui media promosi yang digunakan oleh acara tersebut.

2. Sports Sponsorship

Sponsorship ini melibatkan dukungan finansial atau materi kepada tim atau individu dalam olahraga tertentu seperti sepak bola, basket, tenis, atau balap mobil.

Dalam hal ini, perusahaan atau organisasi yang mensponsori tim atau individu tersebut akan mendapatkan eksposur merek mereka melalui seragam, iklan di stadion, atau media promosi lainnya yang digunakan dalam acara olahraga tersebut.

3. Cause Sponsorship

Cause Sponsorship akan memberikan dukungan finansial atau materi kepada organisasi amal atau kampanye yang berkaitan dengan sosial atau lingkungan.

Nantinya, perusahaan atau organisasi yang mensponsori organisasi akan mendapatkan eksposur brand mereka melalui media promosi yang digunakan oleh organisasi atau kampanye tersebut.

4. Entertainment Sponsorship

Sponsorship ini dilakukan pada seniman atau selebriti dalam bentuk endorsement atau dukungan acara khusus. Perusahaan atau organisasi nantinya akan mendapatkan eksposur brand mereka melalui media promosi yang digunakan oleh seniman atau selebriti tersebut.

5. Product Placement Sponsorship

Sponsorship ini akan penempatan produk atau brand dalam acara atau film untuk mendapatkan eksposur brand mereka. Keuntungannya adalah eksposur brand mereka melalui penempatan produk mereka di dalamnya.

6. Team Sponsorship

Sponsorship ini melibatkan dukungan finansial atau materi kepada tim atau organisasi tertentu, seperti tim sepak bola atau klub olahraga, dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan.

Keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan adalah mendapatkan eksposur brand mereka melalui seragam, iklan di stadion, atau media promosi lainnya yang digunakan dalam acara olahraga tersebut.

Baca juga: Pengertian Pinterest Marketing dan 8 Strategi di Dalamnya Agar Brand Anda Semakin Terkenal

Media yang Bisa Digunakan

Ada beberapa jenis media yang bisa digunakan dalam sponsorship marketing, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Televisi

Sponsorship marketing melalui televisi dapat dilakukan dengan menampilkan iklan atau konten sponsor pada acara yang disponsori, seperti event olahraga atau acara musik.

2. Radio

Sponsorship marketing pada radio bisa dilakukan dengan menyertakan iklan atau promosi sponsor pada program radio yang ditargetkan pada audiens tertentu.

3. Internet

Sponsorship marketing melalui internet bisa dilakukan dengan memasang banner iklan atau promosi sponsor pada situs web, blog, atau media sosial tertentu.

4. Surat Kabar/Majalah

Sponsorship marketing pada surat kabar/majalah bisa dilakukan dengan cara memasang iklan atau artikel sponsor pada publikasi yang ditargetkan pada audiens tertentu.

5. Event

Sponsorship marketing melalui event bisa dilakukan dengan menjadi sponsor pada acara tertentu atau mengadakan event sendiri dengan memasang brand sponsor pada event tersebut.

6. Produk

Sponsorship marketing melalui produk bisa dilakukan dengan membuat produk khusus dengan brand sponsor yang ditampilkan secara prominent pada produk tersebut.

7. Selebritis/Atlet

Sponsorship marketing melalui selebritas atau atlet bisa dilakukan dengan menjadikan mereka sebagai duta brand sponsor atau menggandeng mereka dalam event sponsor.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sponsorship marketing. Namun untuk menjalankan strategi ini dengan baik, tentunya Anda akan sangat memerlukan anggaran yang tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam menyiapkan anggaran untuk sponsorship marketing, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? karena Accurate Online akan membantu Anda dalam menyiapkan berbagai jenis anggaran yang Anda perlukan dalam setiap pos operasional bisnis dan akan menyajikan laporan keuangan yang akurat.

Dengan begitu, maka Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Jadi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait