Pengertian Tone of Voice dan 4 Manfaatnya yang Bisa Memperkuat Nilai Brand

oleh | Mar 28, 2023

source envato.

Pengertian Tone of Voice dan Manfaatnya yang Bisa Memperkuat Nilai Brand

Menciptakan ingatan yang kuat pada audiens atas suatu brand adalah metode yang cukup sulit untuk dilakukan pebisnis ataupun perusahaan. Adapun salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan mempunyai tone of voice yang kuat.

Kehadiran tone of voice pada sebuah brand mempunyai peran yang penting dalam menjalin hubungan yang kuat dengan setiap audiens. Kenapa? Karena menurut laman SEMRush, sebanyak 65% pelanggan mempunyai hubungan yang emosional dengan perusahaan yang terlihat memperdulikan mereka dengan serius.

Nah, cara untuk menunjukkan rasa peduli perusahaan pada setiap pelanggannya adalah dengan mempunyai tone of voice.

Lantas, apa itu tone of voice? Seberapa penting perannya pada sebuah brand? Baca terus artikel tentang tone of voice di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Tone of Voice?

accurate.id gambar Tone of Voice-1

Berdasarkan laman Acrolinx, ToV atau tone of voice adalah karakter kata-kata ataupun tulisan yang sangat melekat pada sebuah brand dan disampaikan secara langsung oleh para audiensnya melalui berbagai platform.

Anda sebagai pelanggan secara tidak sadar pasti sering menemukan berbagai tone of voice yang disajikan oleh setiap perusahaan dalam aktivitas branding.

Contohnya, di sosial media Instagram perusahaan A yang terasa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan asyik dalam membawakan pesan promosinya.

Di lain hal, ada juga perusahaan B yang menggunakan gaya bahasa yang baku.

Berdasarkan contoh di atas, bisa kita perhatikan bahwa setiap perusahaan memang mempunyai tone of voice mereka sendiri. Ada yang memang membawakannya secara santai dan asyik, lalu ada juga yang membawakannya secara baku dan kaku.

Kunci utama dari menggunakan ToV ini sebenarnya adalah harus mempunyai ciri khas bahasa, mudah untuk dimengerti, dan juga unik.

Bila ketiga unsur diatas bisa dipenuhi secara baik, maka para pelanggan bisa dipastikan akan semakin tertarik dengan brand Anda.

Baca juga: Pengertian Pinterest Marketing dan 8 Strategi di Dalamnya Agar Brand Anda Semakin Terkenal

Manfaat Memiliki Tone of Voice

accurate.id gambar Tone of Voice-2

Sekarang, kita semua sudah memahami bahwa tone of voice adalah karakter kata-kata yang diciptakan oleh suatu brand. Hal tersebut bukan berarti apa yang Anda katakan, namun bagaimana cara Anda dalam menyampaikan perkataan tersebut pada seluruh audiens.

Bila cara Anda dalam menyampaikan pesan perusahaan terasa indah dan menarik, maka hal tersebut akan menimbulkan kesan yang berharga pada audiens saat mereka menerima pesan Anda.

Selain mampu memberikan kesan pada audiens, beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan dari mempunyai tone of voice adalah sebagai berikut:

1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Berdasarkan laman Distilled, dengan menggunakan ToV, maka perusahaan bisa membangun keakraban dengan para audiens. Karena, audiens nantinya akan sangat familiar dengan kata-kata yang digunakan secara konsisten oleh perusahaan dalam melakukan kegiatan branding.

Dari adanya keakraban tersebut, maka akan terbangun rasa percaya karena audiens merasa nyaman dengan kegiatan branding yang dilakukan oleh perusahaan melalui sentuhan tone of voice.

2. Membuat Bisnis Anda Berbeda

Manfaat lainya yang bisa Anda rasakan saat mempunyai ToV adalah akan terlihat berbeda dari kompetitor bisnis. Tanpa memertimbangkan nada suara di dalam kata-kata, maka setiap bisnis akan terlihat sama dan tentunya sangat membosankan.

Untuk itu, berdasarkan lama Pixus, tone of voice akan membantu Anda untuk terlihat lebih berbeda, karena Anda mampu menampilkan sisi kehangatan, humoris, dan keakraban yang akan ditampilkan oleh para audiens.

3. Meningkatkan Pendapatan

Meningkatnya rasa kepercayaan dari pelanggan secara otomatis akan ikut meningkatkan pendapatan perusahaan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh laman SEMRush, sebanyak 23% rata-rata pendapatan akan naik bila suatu brand mampu membangun tone of voice secara konsisten.

4. Menggantikan Komunikasi Secara Langsung

Memulai bisnis tidak hanya sekedar meningkatkan pendapatan, tapi juga menjaga pelanggan untuk tetap mau membeli produk yang Anda tawarkan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menjaga hubungan dengan pelanggan adalah dengan terus menjalin komunikasi bersama mereka.

Tapi, akan sangat mustahil jika sebuah perusahaan harus menghubungi konsumennya satu per satu secara langsung atau secara tatap muka. Untuk itu, ToV mampu menggantikan peran tersebut secara baik.

Setiap pelanggan bisa berkomunikasi secara tidak langsung dengan brand Anda melalui platform media sosial, email, dan lain sebagainya.

Baca juga: Product Placement: Pengertian dan 4 Jenisnya Strategi di Dalamnya

Tips Menentukan Tone of Voice

accurate.id gambar Tone of Voice-3

1. Kenali Audiens

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membuat tone of voice untuk perusahaan adalah dengan terlebih dahulu mengenali Audiens, mulai dari umur, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Bila Anda sudah mengenal mereka, maka Anda bisa lebih mudah dalam menentukan ToV secara tepat.

2. Tentukan Gaya Bahasa

Bila Anda sudah mengetahui karakteristik audiens, Anda bisa menentukan tone of voice yang sesuai. Contohnya, bila tone of voice Anda mempunyai umur rata-rata 1-25 tahun, maka Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai.

Anda juga bisa menyisipkan sedikit humor agar audiens Anda bisa semakin nyaman dengan berbagai kata-kata yang Anda sampaikan.

Namun bila audiens Anda mempunyai umur rata-rata di atas 30 tahun, maka Anda harus menyesuaikan gaya bahasa Anda dan jangan terlalu santai dan terlalu kaku.

Perhatikanlah gaya bahasa yang banyak digunakan oleh mereka yang berada di usia tersebut untuk bisa menyelesaikannya secara baik.

Baca juga: Apa itu White Label Marketing? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang tone of voice, mulai dari pengertian hingga tips dalam menentukannya agar bisa memperkuat brand Anda. Jadi, tone of voice adalah jiwa dari suatu brand dan penting sekali untuk dimiliki.

Namun untuk bisa memilikinya, tentu Anda harus menyiapkan anggaran yang tepat untuk berbagai kegiatan dan rencana menjalankan tone of voice. Nah, untuk mempermudah Anda dalam membuat anggaran dan mengelolanya secara baik, #lebihbaik Anda mempercayakannya pada Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis buatan anak bangsa ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan anggaran untuk setiap kegiatan operasional bisnis. Setiap anggaran yang digunakan pun akan tercatat dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 20 jenis laporan keuangan tersebut secara otomatis, cepat dan real-time.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan di gudang, melaporkan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu? Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait