Audience Adalah: Ini Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Tantangan yang paling besar dalam berbisnis yaitu menemukan audience yang tepat dan benar. Dalam dunia bisnis, audience adalah kelompok klien dan pelanggan potensial yang bukan hanya membantu penjualan potensial saja, akan tetapi audience membantu hubungan yang saling menguntungkan.

Audience yang terlibat dalam antusias akan menjadi advokat pada sebuah merek (brand) terbesar dalam berbisnis.

Bagi Anda yang sedang membangun usaha dan bisnis, pernahkah Anda mengenal nama audience? audience adalah istilah yang mungkin Anda belum mengetahuinya, apa makna dari istilah audience tersebut? dan apa yang dimaksud dengan istilah tersebut

Mungkin Anda agak bingung untuk mengatakannya, maka dari itu pada artikel ini kami akan menjelaskan lebih detail tentang istilah audience, fungsi, jenis, serta cara mendapatkan audience. Simak penjelasannya pada artikel ini.

Apa Itu Audience?

Secara umum, audience adalah seseorang yang berkomunikasi dengan Anda melalui setiap media, baik itu blog, social media dan lain sebagainya. Mereka adalah penonton yang suka menonton karya Anda.

Jika mengacu pada konteks bisnis, audience adalah sekelompok klien dan juga pelanggan potensial. Mereka tidak hanya membantu dari sudut pandang penjualan potensial, tetapi audience juga dapat sangat membantu brand jika hubungan tersebut saling menguntungkan.

Audience yang terlibat dan antusias dapat menjadi advokat brand terbesar. Seseorang harus mengantisipasi kebutuhan atau harapan audience Anda untuk dapat menyampaikan informasi serta berdebat untuk klaim tertentu.

Audience Anda mungkin instruktur, teman sekelas, pemimpin organisasi, staf perusahaan manajemen, atau sejumlah kemungkinan lain sebagainnya.

Di dalam dunia internet dan dunia digital marketing, Anda perlu mengenal audiens Anda terlebih dahulu sebelum mulai menulis, terutama jika menulis blog.

Baca juga: Strategi Mendapatkan Daftar Email Demi Dapatkan Prospek

Fungsi Audience

Setelah kita mengetahui apa itu audience, pastinya kita sudah dapat menggambarkan seperti apa fungsi dari audience. Karena, audience adalah istilah yang mengacu pada pembaca dan juga banyak penulis lebih suka mengadopsi gaya suara yang berbeda, seperti campuran, formal, serta santai tergantung pada audiens yang dituju.

Dengan Anda memahami audience, Anda juga dapat membantu blogger atau penulis untuk menentukan level detail apa yang harus dia berikan, serta jenis pilihan kata apa yang mungkin mereka buat, karena pilihan kata dan nada tersebut harus sesuai dengan harapan audience.

Biasanya, peran penonton dalam sebuah drama dan sandiwara panggung adalah unik, karena audience akan mengirimkan energi serta emosi mereka kepada para pemain dan aktor melalui tanggapan mereka selama pertunjukan.

Jenis-Jenis Audience Adalah

Setelah kita memahami apa itu audience serta fungsinya, perlu kita ketahui secara umum, terdapat 4 (empat) jenis audience. Tiga jenis khalayak atau audience tersebut adalah sebagai berikut:

1. Audience Awam

Yang pertama adalah audiens awam. Jenis ini adalah mereka akan terhubung dengan aspek minat manusia dari sebuah artikel.

Biasanya, penonton awam ini adalah mereka yang tidak memiliki pengetahuan khusus. Mereka biasanya membutuhkan informasi latar belakang serta mengharapkan lebih banyak definisi dan deskripsi, juga mereka mungkin menginginkan grafik atau visual yang lebih menarik.

2. Audience Manajerial

Audience manajerial mungkin memiliki lebih banyak pengetahuan daripada audience awam tentang subjek. Tidak hanya itu, mereka juga membutuhkan pengetahuan sehingga mereka dapat membuat sebuah keputusan tentang masalah tersebut.

3. Audience Akademik

Pada audience akademik, dengan asumsi Anda sedang menulis makalah untuk kelas, tanyakan pada diri diri Anda bahwa siapa yang akan menjadi pembaca di tulisan Anda?

Dalam jenis audiens akademik ini, pembaca yang paling penting mungkin adalah instruktur. Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang Anda ketahui tentang guru dan pendekatannya terhadap disiplin.

4. Audience Non-Akademik

Jenis audiens yang terakhir ini adalah biasanya penonton jenis ini ingin membaca tulisan Anda karena alasan selain untuk menilai Anda.

Sebagai contohnya, misal ada beberapa guru yang menugaskan makalah yang secara khusus meminta siswa untuk menulis untuk audiensi non-akademik.  Maka, mereka akan mendapatkan informasi dari tulisan Anda tersebut.

Cara Mendapatkan Audience

Terkait pertanyaan bagaimana caranya untuk mendapatkan audience? Pada di era digital sekarang ini, menemukan audience jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan audience adalah:

  • Mendengarkan: Dengarkan siapa yang berkomentar di blog Anda dan juga media sosial, serta tidak lupa gunakan riset kata kunci untuk menemukan minat orang.
  • Survei: Tidak ada salahnya untuk langsung bertanya kepada audience potensial Anda tentang siapa mereka dan apa yang mereka ketahui.
  • Social Media: Pada era digital saat ini, manfaatkanlah social media untuk mempelajari minat lawan bicara Anda.

Hal tersebut hanyalah cara umum yang perlu Anda ingat saat Anda fokus untuk menjangkau para audience.

Baca juga: Pangsa Pasar: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang apa itu audience, fungsi, jenis serta cara mendapatkan audience. Bisa kita simpulkan bersama bahwa audience adalah orang yang dituju oleh penulis, atau komposer.

Seorang penulis menggunakan gaya bahasa, nada, dan konten tertentu sesuai dengan apa yang ia ketahui tentang audiensnya. Dengan kata-kata sederhana, audiens mengacu pada penonton, pendengar, dan pembaca yang dituju dari tulisan, pertunjukan, atau pidato.

Secara harfiah audience sama saja dengan khalayak, seperti semacam sekumpulan orang yang menjadi pembaca, pendengar, dan pemirsa berbagai media atau komponen beserta isinya, seperti pendengar radio dan atau penonton televisi.

Jika Anda seorang marketers dan sudah merencanakan biaya-biaya iklan untuk memajukan website dan blog Anda, perlu dan penting bagi Anda untuk memahami cara mengatur serta merencanakan keuangan yang sudah Anda dapatkan dari biaya pengiklanan. Percuma kalau Anda punya penghasilan banyak tapi tidak tahu cara mengelola keuangannya.

Saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate 2 banner bawah

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.