Brand Equity Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Pada dasarnya, brand equity adalah kekuatan dari suatu brand atau merek. Dengan adanya merek yang kuat, maka suatu perusahaan bisa melakukan manajemen yang baik pada berbagai aspeknya, meningkatkan arus kas, memperluas pangsa pasar, menentukan harga, melakukan pembatasan biaya iklan, dll.

Namun, masih banyak pebisnis ataupun marketer yang masih awam tentang pengertian dari brand equity ini. untuk itu, kali ini kami akan membahas lebih lengkap tentang brand equity untuk Anda. berikut ini adalah penjelasan tentang brand equity.

Brand Equity Adalah

Dilansir dari laman resmi Wikipedia, brand equity adalah berbagai aset dan juga keterpercayaan merek yang berhubungan dengan suatu brand tertentu, baik itu nama ataupun simbolnya, yang mampu mengubah nilai yang diberikan atas suatu produk barang atau jasa, baik itu untuk pihak pemasar maupun untuk pihak pelanggan.

Sedangkan bagi pelanggan, brand equity akan mampu memberikan penilaian yang kuat terkait pemahaman mereka akan memproses suatu informasi, memupuk rasa percaya diri, dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tingginya nilai brand equity bagi pemasar atau pebisnis mampu meningkatkan keberhasilan mereka dalam program pemasaran yang mampu menarik konsumen baru atau juga merangkul kembali pelanggan lama.

Hal tersebut kemungkinan besar dikarenakan adanya merek yang lebih terkenal akan meningkatkan efektivitas suatu promosi.

Baca juga: Testimoni Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Mudah Mendapatkannya

Berdasarkan Para Ahli, Brand Equity Adalah

  • Kotler dan Keller

Kedua ahli ekonomi diatas menjelaskan bahwa pengertian brand equity adalah nilai tambah yang diberikan pada suatu produk barang atau jasa. Brand equity bisa dilihat bagaimana cara pelanggan berpikir, merasa, atau bertindak dalam suatu merek tertentu, serta harga, pangsa pasar dan juga nilai keuntungan yang mampu diberikan untuk suatu perusahaan.

  • Supranto dan Limakrisna

Supranto dan Limakrisna menjelaskan bahwa brand equity adalah nilai yang ditentukan oleh pelanggan pada suatu merek di dalam dan diluar atribut ataupun karakteristik dari nilai fungsionalitas suatu produk.

  • Tjiptono

Tjiptono berpendapat bahwa brand equity adalah serangkaian aset serta nilai kewajiban merek yang erat kaitannya dengan suatu nama, brand atau merek, serta simbol yang mampu mengubah ataupun mengurangi nilai yang mampu diberikan oleh suatu produk barang atau jasa pada perusahaan dan atau pelanggan dari perusahaan tersebut.

  • Susanto Dan Wijanarko

Susanto dan Wijanarko menerangkan bahwa brand equity adalah liabilitas merek dan seperangkat aset yang erat kaitannya dengan suatu merek, nama, serta simbol yang ada di dalamnya guna menambah ataupun mengurangi nilai yang mampu diberikan oleh suatu produk barang atau jasa kepada perusahaan ataupun kepada pelanggan dari perusahaan itu sendiri.

Keuntungan Memiliki Brand Kuat

Terdapat banyak sekali manfaat jika suatu perusahaan sudah memiliki barang yang sangat kuat. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya harus Anda ketahui kenapa banyak brand besar yang mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis. berikut ini adalah penjelasannya.

  • Tahan Terhadap Persaingan

Tahukan Anda kenapa brand iPhone dan Samsung masih banyak diminati oleh pecinta gadget walau sudah ada banyak merek yang bermunculan? Hal tersebut dikarenakan kedua brand ini sudah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Itu artinya, dengan menciptakan brand yang kuat, Anda akan mampu mendapatkan pelanggan yang royal. Selain itu, Anda akan tetap bergerak seperti biasanya, apapun yang terjadi, tanpa harus khawatir walaupun banyak kompetitor bisnis karena Anda sudah mempunyai pelanggan setia.

  • Tidak Perlu Takut Menaikkan Harga

Seorang pebisnis yang takut meningkatkan harga adalah pebisnis yang masih ragu dengan produknya sendiri. Hal tersebut tentu berbeda dengan barang yang kualitasnya sudah banyak terkenal.

Walaupun mereka meningkatkan harga jualnya, masih ada banyak orang yang telah membayar produk mahal tersebut karena pelanggan sudah memahami kualitas dari produk tersebut.

Untuk itu, brand sangat erat kaitannya dengan kepercayaan pelanggan. Dengan membangun brand yang kuat maka sudah pasti Anda bisa mendapatkan kepercayaan yang kuat juga dari pelanggan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk meningkatkan harga jual Anda.

  • Melakukan Diferensiasi Produk

Tahukah Anda kenapa banyak perusahaan besar yang mampu mengalahkan para kompetitornya? Hal tersebut tidak lain dikarenakan perusahaan besar mampu melakukan diferensiasi suatu produk. Saat sudah ada rasa percaya dari pelanggan, maka tidak hanya meningkatkan harga jual produknya.

Mereka juga akan melakukan diferensiasi produk, sehingga nama brand mereka semakin kuat dan menghancurkan pesaing bisnisnya. Lantas, hal apalagi yang harus Anda ragukan? Mungkin keuntungan dari brand equity jauh dari apa yang selama ini memang Anda bayangkan.

Tapi sekarang Anda harus bisa bergegas untuk membangung brand Anda jika Anda tidak mau dikalahkan oleh kompetitor Anda pada kompetisi pasar yang saat ini semakin ketat.Nah, berikut ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand equity Anda.

Cara Meningkatkan Brand Equity

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara meningkatkan brand equity,  perlu Anda ketahui bahwa setidaknya ada empat dimensi brand equity. Pemahaman tentang dimensi dari brand equity ini sangat agar Anda memahami bagaimana cara yang baik dalam meningkatkan brand equity.

Empat dimensi brand equity tersebut adalah pengetahuan brand, kualitas brand, asosiasi brand, dan kesetiaan brand. Dimensi pertama hingga ketiga akan menentukan seberapa kuat brand Anda dalam merangsang pelanggan untuk membeli produk yang Anda sediakan.

Jika ketiganya sudah berhasil Anda lakukan, maka dimensi keempat akan otomatis Anda dapatkan. Keempat dimensi brand equity diatas adalah cara dasar dalam meningkatkan brand equity Anda. Berikut ini adalah cara penerapannya:

  • Variasi dalam Hal Kegiatan Marketing

Pada acara seminar Indonesia Brand Summit di tahun 2014 lalu, Prof Kevin Lane Keller menekankan akan pentingnya melakukan berbagai jenis kegiatan marketing, mulai dari kegiatan marketing konvensional hingga kegiatan internet marketing.

Satu hal yang harus Anda garis bawahi adalah Anda harus memastikan bahwa ada nilai atau value yang bisa didapatkan oleh pelanggan jika mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, marketing bukan hanya sekedar membuat orang tahu akan keberadaan bisnis Anda, namun juga membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

  • Membangun Jaringan

Meningkatkan brand equity tidak melulu harus Anda lakukan dengan cara pemasaran atau marketing, tapi juga harus dengan jaringan yang Anda miliki. Itu artinya, Anda harus mampu melakukan interaksi dengan banyak orang tanpa adanya niat untuk menawarkan produk Anda.Nantinya, secara tidak langsung mereka akan mengetahui akan brand Anda.

  • Menyelenggarakan Event

Cara yang paling halus dan ampuh untuk meningkatkan brand equity adalah dengan cara menyelenggarakan suatu event. Dengan menyelenggarakan sebuah event, maka akan ada banyak orang yang tertarik untuk datang. Pada saat itulah masyarakat akan sadar dengan brand yang Anda kenalkan pada mereka.

Fungsi dan Manfaat Brand Equity

Disadari atau tidak, faktanya brand equity bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri konsumen dalam mengambil keputusan dalam membeli produk Anda, baik itu karena adanya pengalaman di masa lalu dalam menggunakan merek Anda atau adanya kedekatan yang mereka rasakan dengan merek dan karakteristik dari brand Anda.

Simamora menjelaskan bahwa brand equity memiliki beberapa manfaat dan fungsi, yaitu:

  • Loyalitas, dengan loyalitas maka akan meningkatkan potensi pembelian atau pembelian kembali atau bila konsumen tersebut adalah commited buyer, mereka nantinya tidak hanya akan berhenti pada pembelian ulang, tapi mereka juga akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
  • Memungkinkan Anda untuk meningkatkan harga yang lebih tinggi lagi. Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
  • Memberikan kredibilitas terhadap produk lain yang menggunakan brand Anda.
  • Meningkatkan pembelian ulang yang lebih banyak
  • Sebagai pembeda antara pesaing yang lebih jelas.
  • Memungkinkan adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau bisnis dengan adanya loyalitas yang tinggi terhadap brand Anda.
  • Menjadi salah satu faktor untuk menarik pegawai berkualitas dan mempertahankan loyalitas pegawai
  • Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor brand saat membeli suatu produk.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Pengambil Keputusan atau Decision Maker yang Baik dalam Bisnis

Penutup

Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa brand equity adalah berbagai aset dan juga keterpercayaan merek yang berhubungan dengan suatu brand tertentu, baik itu nama ataupun simbolnya, yang mampu mengubah nilai yang diberikan atas suatu produk barang atau jasa, baik itu untuk pihak pemasar maupun untuk pihak pelanggan.

Tingginya nilai brand equity bagi pemasar atau pebisnis mampu meningkatkan keberhasilan mereka dalam program pemasaran yang mampu menarik konsumen baru atau juga merangkul kembali pelanggan lama.

Pada akhirnya, brand equity yang kuat akan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal profit, sehingga tujuan utama perusahaan bisa tercapai dengan mudah.

Nah, untuk membantu Anda dalam menghitung profit perusahaan, Anda bisa menggunakan program akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, laporan laba rugi, hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1