Ingin Membuat Buku Stok Barang? Ketahui Dulu Pengertian dan Manfaatnya Di Sini!

Sebagai seorang pebisnis yang menjual produk barang dan mempunyai banyak stok barang, pasti Anda memiliki tantangan tersendiri dalam mengontrol keluar masuknya barang. Nah, buku stok barang adalah dokumen penting untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan stok barang.

Kegiatan pembukuan ini sangat berguna dan memiliki peran yang sangat penting, karena di dalamnya mampu menyajikan informasi terkait persediaan barang yang terdapat di dalam gudang.

Lantas, apa sebenarnya buku stok barang itu? Kenapa pembukuan ini memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis? Bagaimana cara membuatnya? Dapatkan semua jawaban atas pertanyaan tersebut dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Buku Stok Barang Gudang?

Dilansir dari laman Lawinsider, buku stok barang atau stock book adalah suatu buku yang mampu mencatat seluruh data yang berkaitan dengan ketersediaan barang yang terdapat di dalam gudang. Jadi, pembukuan persediaan ini akan mampu membantu Anda dalam melakukan berbagai kegiatan perhitungan stok barang karena akan berkaitan dengan selisih antara barang yang masuk dan barang yang keluar.

Terlebih lagi, kegiatan melakukan stock opname akan sangat membutuhkan waktu yang lama dalam menghitung barang sekaligus memeriksa kondisi dari barang yang ada di gudang. Selain itu, adanya buku stok barang juga akan akan memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan penjualan, pembelian dan berbagai transaksi lain.

Baca juga: Mengenal Days Inventory Outstanding dan Cara Menghitungnya

Mengapa Pembukuan Persediaan Barang Penting?

Adanya pembukuan pada keluar masuk barang akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, karena tujuan utama dari dibuatnya buku stok barang adalah agar bisa mengetahui jumlah stok barang di gudang secara pasti.

Berdasarkan pencatatan stok barang tersebut, nantinya Anda bisa mengetahui selisih kekurangan dan juga kelebihan barang yang terdapat di dalam gudang.

Terlebih lagi bila Anda ingin melakukan kontrol persediaan barang atau inventory control untuk menekan terjadinya kecurangan barang, karena Anda sudah mengetahui berapa jumlah stok persediaan barang. Untuk itu, buku ini memiliki peran yang sangat penting sekali untuk keberlangsungan bisnis, pencatatan barang akan jauh lebih akurat, sehingga bila terjadi selisih barang Anda tidak harus melakukan jurnal penyesuaian.

Baca juga: Apa itu Picking? Ini Pengertian, Jenis dan Strateginya untuk Manajemen Pergudangan Anda!

Fungsi Buku Stok Barang

Setelah mengetahui pengertian buku stok barang dan peran penting buku tersebut untuk persediaan barang digudang demi keberlangsungan bisnis, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah fungsi stok barang.

Jadi, terdapat beberapa fungsi pembukuan persediaan yang mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, yaitu:

1. Dokumen Pelacakan Persediaan Barang

Fungsi pertama dari buku stok barang adalah sebagai dokumen yang penting untuk melacak semua perputaran stok barang. Untuk itu, dokumen ini memiliki perang yang sangat penting, karena di dalamnya terdapat mutasi barang dari gudang ke gudang yang lainnya, atau mutasi produk barang yang sudah terjual.

2. Mengontrol Persediaan Barang di Gudang

Jika Anda ingin mengawasi stok barang secara efektif, maka Anda harus menerapkan pembukuan keluar masuk barang sebagai suatu upaya dalam mencatat setiap pergerakan stok barang yang terdapat di gudang. Terlebih lagi bila terjadi human error, Anda jadi bisa lebih cepat dan juga tanggap dalam menyelesaikan masalah tersebut.

3. Mencatat Setiap Pergerakan Barang

Kegiatan ini sangat penting untuk melakukan pembelian barang yang mana berfungsi untuk mencatat pergerakan stok barang. Nantinya, pembukuan stok barang akan menampilkan setiap pergerakan barang dari pembelian yang telah dilakukan oleh bisnis Anda.

Selain itu, buku stok barang juga sangat penting untuk mencatat transaksi barang yang masuk, return pelanggan, penggunaan barang, dan masih banyak lagi.

4. Alat Perbandingan Saat Stock Opname

Saat terjadi kekeliruan dalam menghitung persediaan barang, Anda bisa menggunakan buku ini sebagai suatu alat perbandingan di dalam stock opname.

Tapi selain bisa digunakan saat melakukan stock opname, pembukaan ini juga bisa dijadikan sebagai tahapan audit dalam semua dokumen transaksi yang telah ada.

5. Meminimalisir Terjadinya Kecurangan 

Agar bisa menghindari kecurangan seperti memanipulasi data ataupun produk di gudang, maka Anda bisa menggunakan pencatatan stok barang di dalam gudang.

Baca juga: Mengenal Metode FEFO dan Perbedaannya dengan FIFO, LIFO dan Average

Tips Mudah Cara Membuat Buku Stok Barang

Agar bisa lebih mudah lagi dalam membuat pencatatan stok barang di gudang, maka Anda bisa membuat catatan tersebut dengan menggunakan aplikasi spreadsheeet atau Ms. Excel dan Anda harus sangat teliti dalam membuatnya.

Cara mudah dalam membuatnya adalah dengan mengelompokkan jenis barang lalu mengumpulkan seluruh bukti transaksi, seperti misalnya nota penjualan dan juga pembelian. Tujuannya tentu untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam mencatat data stok barang. Bila terlanjur terjadi pun Anda hanya perlu langsung memeriksa nota yang ada.

Tapi, bila cara tersebut masih sulit, akan #lebihbaik bila Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena selain mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur persediaan.

Fitur persediaan yang disediakan oleh Accurate Online akan menyajikan catatan atau buku stok barang secara akurat yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja. Selain itu, fitur ini juga sudah terintegrasi dengan fitur pembukuan, sehingga Anda bisa langsung mendapatkan data laporan keuangan secara real time.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.