Mengenal Days Inventory Outstanding dan Cara Menghitungnya

Days Inventory Outstanding atau DIO pada dasarnya adalah nilai jumlah hari persediaan perusahaan yang tidak terjual. DIO dihitung dengan cara membagi inventaris milik perusahaan dengan rata-rata penjualan per hari.

Tingginya nilai DIO menggambarkan bahwa perusahaan mempunyai sejumlah besar persediaan di tangan dan tidak menjualnya dengan cukup cepat. Hal tersebut bisa mengikat kas perusahaan dan bisa menimbulkan penghapusan persediaan.

Sebaliknya, rendahnya nilai DIO menggambarkan bahwa perusahaan mampu menjual produknya secara cepat, hal tersebut tentunya menjadi tanda dari bisnis yang sehat.

Lalu, apa pengertian sebenarnya dari days inventory outstanding? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Days Inventory Outstanding?

Berdasarkan laman Wallstreetmojo, days inventory outstanding adalah rasio finansial yang mewakili jumlah rata-rata harian yang diperlukan oleh perusahaan untuk mengubah persediaannya, termasuk barang yang masih dalam proses menjadi barang yang siap untuk dijual.

Days inventory outstanding mampu mempengaruhi banyak hal, termasuk perubahan produksi, perubahan permintaan pelanggan, dan lain sebagainya.

DIO juga dikenal dengan DSI atau days sales of inventory, keduanya mampu meningkatkan efisiensi penjualan Anda.

Baca juga: Apa itu Picking? Ini Pengertian, Jenis dan Strateginya untuk Manajemen Pergudangan Anda!

Peran Penting DIO

Days Inventory Outstanding memiliki peran yang sangat penting untuk perusahaan karena mampu membantu menilai likuiditas persediaan yang dimiliki perusahaan.

Rasio DIO yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan waktu yang lama untuk menjual produknya. Hal tersebut bisa meningkatkan modal kerja dan menyebabkan masalah pada arus kas perusahaan.

Sebaliknya, rasio DIO yang rendah menunjukkan bahwa perusahaan mampu menjual produknya secara cepat.

DIO juga bisa menjadi metrik atau rasio yang penting untuk para investor karena mampu memberikan informasi penting terkait profitabilitas perusahaan di masa depan.

Bila DIO perusahaan tinggi, maka bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa perusahaan tersebut tengah mengalami kesulitan dalam menjual produknya atau tingkat permintaan pelanggan sedang melambat.

Sebaliknya, bila days inventory outstanding perusahaan sedang menurun, maka bisa dijadikan pertanda bahwa perusahaan tersebut sedang berjalan dengan lancar dan banyak masyarakat yang meminati produknya.

Baca juga: Mengenal Metode FEFO dan Perbedaannya dengan FIFO, LIFO dan Average

Cara Menghitung Days Inventory Outstanding

Seperti yang telah dilansir dari laman Investopedia, untuk menghitung days inventory outstanding, Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini:

DIO = (persediaan rata-rata/biaya pokok penjualan) × 365 hari

Jumlah persediaan yang siap untuk dijual disebut sebagai persediaan rata-rata. Persediaan bisa Anda nilai pada akhir periode pelaporan atau selama periode waktu tertentu.

Sedangkan harga pokok penjualan adalah nominal biaya yang harus dikeluarkan dalam memproduksi barang untuk dijual selama periode tersebut, termasuk biaya tenaga kerja, bahan baku, dan lain sebagainya.

Dalam jumlah hari periode tersebut, periode waktu satu tahun atau satu kuartal dikenal dengan durasi.

Baca juga: Apa itu Batch Picking? Ini Pengertian dan Sistem Kerjanya!

Interpretasi DIO dalam Bisnis

Interpretasi DIO yang sangat tinggi bisa menandakan adanya inefisiensi atau overstocking, yang mampu meningkatkan modal kerja dan bisa menyebabkan masalah pada arus kas.

Sedangkan rasio days inventory outstanding yang terlampau rendah bisa menjadi pertanda adanya perencanaan yang kurang baik, karena kemungkinan perusahaan tidak mempunyai persediaan yang cukup dalam memenuhi permintaan pelanggan.

Days inventory outstanding hanyalah satu dari sekian banyaknya matrix yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kondisi perusahaan. Rasio lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui likuiditas dan solvabilitas perusahaan adalah days sales outstanding.

Saat Anda menganalisis days inventory outstanding, maka anda harus membandingkannya dengan perusahaan lain dalam industri yang sama, karena setiap industri mempunyai penilaiannya masing-masing.

Ketika menganalisis Days Inventory Outstanding, penting untuk membandingkannya dengan perusahaan lain di industri yang sama, karena industri yang berbeda memiliki norma yang berbeda.

  • DIO Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tingginya nilai DIO menggambarkan perusahaan tidak merubah persediaan menjadi penjualan secepat kompetitornya. Perusahaan tersebut juga mungkin salah dalam menangani persediaan dan juga permintaan pasar.

Tingginya DIO juga menggambarkan situasi kelebihan stok, yang mengakibatkan biaya penyimpanan yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan dan banyaknya stok usang yang tidak bisa dijual oleh perusahaan.

  • DIO Rendah

Bila nilai DIO perusahaan rendah, maka artinya perusahaan tersebut mampu menjual persediaan produknya secara cepat. Bila suatu bisnis mempunyai nilai DIO yang rendah, akan kecil sekali kemungkinan perusahaan tersebut membuang produk persediaannya.

Tapi, rendahnya nilai DIO suatu perusahaan juga bisa saja karena perusahaan sedang kesulitan dalam mengimbangi tingginya lonjakan permintaan dari pelanggan.

Baca juga: Apa itu FIFO (First in First out) dalam Stok Opname?

Penutup

Jadi, days inventory outstanding adalah suatu matrik yang sangat penting untuk memeriksa kondisi kesehatan perusahaan dan efisiensi perusahaan.

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan perusahaan adalah dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Nah, untuk lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, jelas #lebihbaik bila Anda berinvestasi pada Accurate Online.

Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah terintegrasi dengan beragam fitur bisnis luar biasa lain yang akan membantu Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi tentang keandalannya. Kenapa? Karena Accurate Online telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis yang berasal dari berbagai industri, serta sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 hingga tahun ini.

Bagaimana, tertarik dengan Accurate Online? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.