Cara Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan dan Mengembangkan Bisnis Anda

Pelanggan adalah salah satu komponen terpenting dari karier atau bisnis yang sukses. Memiliki jumlah pelanggan yang stabil dan terus bertambah membuat bisnis menguntungkan dan bahkan dapat membantu Anda meningkatkan karier. Ada banyak cara sederhana untuk memperluas basis dan mendapatkan banyak pelanggan pada bisnisAnda, tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan proses yang terbukti membantu Anda mendapatkan klien secara teratur dan efektif.

Dalam artikel ini, kami membahas mengapa penting untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru dan bagaimana Anda dapat mencapainya dengan lima langkah dan tips tambahan.

Mengapa Penting Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan?

Mendapatkan pelanggan baru sangat penting untuk mengembangkan bisnis dan menjaganya tetap berjalan. Meskipun penting untuk menjaga hubungan Anda dengan klien atau pelanggan saat ini, bisnis Anda juga membutuhkan pelanggan baru untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Mendapatkan pelanggan baru juga membantu perusahaan menjadi lebih terkenal, yang dapat menghasilkan lebih banyak prospek baru. Jika sebuah bisnis sudah memiliki banyak pelanggan yang puas, pelanggan baru lebih cenderung menunjukkan minat padanya.

Ada juga potensi pelanggan yang ada saat ini untuk membantu perusahaan memperluas basis pelanggannya melalui rekomendasi.

Memperoleh pelanggan baru tidak hanya bagus untuk bisnis, tetapi juga dapat berdampak langsung pada gaji Anda sebagai karyawan. Jika Anda bekerja di posisi penjualan, Anda mungkin mendapat komisi untuk setiap klien baru yang Anda bawa. Menunjukkan inisiatif dan kesuksesan dalam mendapatkan klien baru juga dapat membuat atasan Anda terkesan dan memungkinkan Anda untuk naik di perusahaan Anda.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Untuk Menarik dan Mempertahankan Pelanggan

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan dalam Bisnis

Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan:

1. Pahami bisnis Anda

Langkah pertama untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis Anda. Untuk meyakinkan orang agar bekerja dengan Anda atau membeli produk Anda, Anda perlu mengetahui apa yang Anda tawarkan sehingga Anda dapat menjelaskannya secara menyeluruh kepada mereka. Anda harus sepenuhnya memahami manfaat bisnis atau layanan Anda dan fokus untuk menyorotinya dalam promosi Anda.

Ini dapat membantu untuk memiliki penelitian atau hasil yang terbukti tentang apa yang Anda tawarkan. Jika Anda bekerja untuk bisnis dan mencoba mencari lebih banyak klien, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang bagaimana layanan Anda telah membantu orang lain di masa lalu.

Jika Anda menjual produk, ulasan pelanggan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keberhasilan dan manfaat produk itu kepada calon pelanggan baru. Riset ini juga membantu Anda memahami bisnis atau produk Anda dengan lebih baik, sehingga Anda akan tahu cara terbaik untuk memasarkannya.

2. Identifikasi siapa pelanggan Anda

Tentukan siapa pelanggan ideal Anda dan pastikan Anda secara konsisten memasarkan ke arah mereka. Memiliki kelompok sasaran adalah hal yang baik daripada mencoba menarik semua orang di pasar yang lebih luas, dan biasanya lebih berhasil juga. Periksa siapa pelanggan Anda saat ini untuk mencari tahu siapa yang harus Anda cari sebagai klien potensial.

Juga, pertimbangkan siapa lagi yang bisa menggunakan produk atau layanan Anda. Anda mungkin menyadari bahwa basis klien Anda saat ini lebih terbatas dari yang seharusnya.

Jika ini masalahnya, fokuslah pada pemasaran kepada orang-orang yang belum Anda jangkau. Ini dapat membuka bisnis Anda ke pasar yang sama sekali baru. Misalnya, mungkin basis klien Anda saat ini sebagian besar adalah wanita, tetapi Anda tahu bahwa produk atau layanan Anda juga bagus untuk pria. Fokus untuk membuat pemasaran Anda lebih inklusif atau membuat kampanye khusus untuk memasarkan kepada pria.

3. Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah alat yang hebat untuk menjangkau khalayak luas. Gunakan untuk keuntungan Anda untuk membantu menarik lebih banyak pelanggan. Demografi orang yang berbeda menggunakan platform yang berbeda, jadi pertimbangkan ini saat memutuskan mana yang akan digunakan.

Misalnya, jika Anda memasarkan untuk anak-anak atau remaja, pertimbangkan untuk menggunakan platform yang digunakan oleh demografi tersebut, seperti TikTok. Jika Anda ingin menjangkau pemirsa dewasa muda yang sedikit lebih tua, menggunakan platform seperti Twitter mungkin lebih masuk akal.

Juga, pastikan untuk menjaga akun Anda tetap aktif. Daripada membuat beberapa akun dan jarang memperbaruinya, fokuslah pada satu atau dua akun yang rutin Anda perbarui. Ini dapat meningkatkan keterlibatan Anda, dan memungkinkan calon pelanggan mengetahui bahwa Anda tersedia, membuat mereka lebih mungkin untuk menghubungi Anda.

Media sosial dapat berguna untuk banyak jenis bisnis dan layanan, dan Anda harus mempertimbangkan platform mana yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda bekerja di bidang kreatif, sebagai desainer grafis atau penata rambut, misalnya, menggunakan platform media sosial seperti Instagram akan menjadi cara yang baik untuk memamerkan karya Anda dan memungkinkan orang untuk terhubung dengan Anda.

Namun, jika Anda bekerja di bidang seperti real estat, Anda mungkin ingin menggunakan platform yang lebih berorientasi komunitas seperti Facebook yang memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang berdasarkan lokasi.

Baca juga: Apa itu Tingkat Retensi Pelanggan dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

4. Hasilkan prospek

Langkah penting lainnya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah menghasilkan prospek. Media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu calon pelanggan menemukan Anda, tetapi Anda juga harus fokus untuk menghubungi pelanggan sendiri.

Setelah Anda memahami bisnis dan pelanggan Anda, akan lebih mudah untuk mempersempit siapa yang harus Anda jangkau. Ada banyak program yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda menghasilkan prospek, dan Anda juga dapat menghasilkan prospek sendiri dengan berjejaring dan melakukan penelitian dan pencarian online

5. Pastikan ada sentuhan pribadi

Menjangkau audiens yang besar adalah awal yang baik untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi menambahkan sentuhan pribadi adalah cara yang baik untuk membantu Anda mencapai kesepakatan.

Pelanggan lebih mungkin mengingat Anda jika Anda meluangkan waktu untuk membuat interaksi Anda dengan mereka sedikit lebih pribadi, dan mereka mungkin lebih suka bekerja dengan seseorang yang melakukan hal ini daripada seseorang yang tidak melakukannya.

Jika klien Anda adalah bisnis, teliti setiap organisasi untuk mempersonalisasi promosi Anda ke masing-masing organisasi. Ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan berkomitmen untuk membantu mereka.

Ada banyak cara agar Anda dapat membuat kesan yang baik pada klien potensial lainnya juga. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti terlibat dengan mereka tentang topik yang sedikit lebih pribadi daripada menjaga hal-hal yang terkait dengan bisnis.

Ajukan pertanyaan yang menunjukkan minat tulus Anda pada kehidupan mereka, dan mereka mungkin lebih cenderung bekerja sama dengan Anda. Anda juga dapat mengirimkan surat tulisan tangan untuk berterima kasih atas minat mereka atau menawarkan promosi khusus. Ini akan menonjol dari korespondensi lain yang mereka terima dan meninggalkan kesan yang baik.

Baca juga: Segmentasi Pelanggan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Tips Mendapatkan Pelanggan Baru

Sekarang setelah Anda memiliki rencana tentang cara mendapatkan banyak pelanggan baru, Anda dapat fokus pada penerapan beberapa strategi yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru:

  • Mintalah ulasan atau referensi dari pelanggan saat ini. Gunakan hubungan Anda dan pelanggan yang ada untuk memperluas jangkauan Anda dan mendapatkan bisnis baru.
  • Tindak lanjuti dengan pelanggan sebelumnya. Bahkan jika mereka tidak membutuhkan layanan Anda lagi, Anda mungkin bisa mendapatkan umpan balik yang berharga.
  • Jadilah pribadi di media sosial. Jadikan kehadiran online Anda unik dan manusiawi untuk terhubung dengan klien di tingkat yang lebih pribadi
  • Tuan rumah sebuah acara. Tunjukkan kepada calon klien apa yang dapat Anda tawarkan melalui acara online atau tatap muka.
  • Menawarkan promosi dan diskon. Dorong klien baru untuk berbisnis dengan Anda dengan menawarkan penawaran khusus.

Baca juga: Strategi Marketing Positioning: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan banyak pelanggan baru. Setiap strategi ini telah terbukti dan cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis.

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan oleh pebisnis penyedia jasa adalah tentang mencatat pembukuan secara rapi, tepat, dan akurat, bahkan bila perlu gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang dibuat secara akurat dan tepat. Selain itu, berbagai fiturnya yang lengkap juga akan semakin mempermudah kegiatan bisnis Anda.

Tertarik? Anda bisa langsung menikmati layanan tersebut secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.