Clickbait Adalah Strategi yang Mampu Mendatangkan Banyak Audiens

Bila Anda berniat untuk meningkatkan jumlah audiens untuk website Anda, maka menggunakan clickbait adalah salah satu cara yang ampuh. Tapi jika salah menggunakannya, reputasi Anda bisa rusak berantakan.

Lantas, bagaimana cara membuat judul clickbait yang baik sebagai suatu strategi konten? Nah, kali ini kami akan membahas tentang clickbait tersebut secara lengkap. Mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangannya, sampai dengan cara membuat judul clickbait secara tepat.

Untuk itu, baca artikel tentang clickbait ini hingga selesai yah.

Pengertian Clickbait Adalah

Dilansir dari laman Tech Crunch, clickbait adalah suatu tindakan yang menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang umumnya bisa ditemukan dengan mudah pada judul berita, caption di sosial media, judul pada thumbnail youtube, dll.

Sederhananya, clickbait adalah suatu judul yang menarik pada sebuah konten, tapi isinya belum tentu sesuai dengan apa yang dijanjikan pada judul. Isinya bisa jadi sama dengan judul atau berbeda. Walaupun memang kebanyakan orang menggunakan clickbait dengan niatan yang tidak begitu baik.

Menurut laman resmi WordStream, beberapa ciri clickbait adalah judulnya yang mampu menarik banyak perhatian, penggunaan gambar yang sangat familiar, dan menarik untuk banyak orang, serta hal lainnya yang mampu membuat banyak orang penasaran untuk melihat lebih lanjut lagi.

Setelah sudah sangat sering bermain sosial media dan sudah mengetahui berbagai judul yang sifatnya clickbait, kenapa kebanyakan dari kita tetap tergiur dan bahkan masih mau membuka link diyakini sebagai pancingan saja?

Menurut laman Psychology Today,  hal tersebut dikarenakan pada dasarnya setiap manusia memang memerlukan informasi agar bisa terus berjuang di dalam kehidupannya.

Sehingga, saat ada judul yang menjanjikan sesuatu secara mengejutkan ataupun tidak dipercaya, kebanyakan dari kita tetap penasaran dan mau membuka terlebih dahulu isinya.

Baca juga: Apa itu Customer Acquisition Cost? Berikut Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya

Kelebihan dan Kekurangan Clickbait

Kelebihan Clickbait

1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Faktanya, judul clickbait memang mampu membuat setiap audiens tertarik untuk melakukan klik pada mousenya. Karena selain memang penasaran, mereka juga bisa mendapatkan jawaban dari konten yang Anda buat. Faktanya, 8 dari 10 orang akan melakukan klik pada judul konten yang sifatnya clickbait.

Saat ada banyak orang yang mengklik konten tersebut, tentu rasio click-through rate atau CTR pun akan meningkat. Rasio CTR yang tinggi membuktikan bahwa konten Anda memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens.

Hingga pada akhirnya, mesin pencarian google pun akan menempatkan konten Anda pada posisi hasil pencarian yang baik atau related search.

2. Meningkatkan Pageviews

Judul clickbait akan menarik audiens untuk membaca ataupun menonton konten video Anda. pada akhirnya, jumlah pageviews, yang menjadi total halaman yang dilihat oleh audiens pun akan meningkat.

Ketika jumlah pageviews Anda meningkat, maka konten Anda juga akan dianggap sangat bermanfaat, sehingga mesin pencari pun akan memberikan rekomendasinya di hasil pencarian.

Selain itu, untuk media online seperti Buzzfeed, clickbait juga sangat efektif agar bisa memperoleh pemasang iklan yang lebih mudah. Sehingga, penghasilan mereka akan semakin bertambah dengan diterapkan strategi clickbait yang baik.

3. Potensi Social Share

Clickbait juga akan sangat efektif untuk membuat orang mau membagikan konten tersebut pada orang lain. Karena, dengan adanya judul yang mampu meningkatkan emosi, seperti rasa kaget , rasa penasaran, dan rasa lainnya, akan membuat orang tertarik untuk melakukan klik.

Potensi dari social share inilah yang bisa Anda manfaatkan agar bisa meningkatkan brand awareness pada produk Anda. bila langkah ini berhasil diterapkan, maka Anda bisa membuat judul clickbait yang sesuai dengan isi di dalamnya.

Sebaliknya, bila clickbait yang Anda buat tidak mendapatkan social share yang cukup, maka kemungkinan besar audiens akan menganggap hal tersebut terlalu berlebihan dan tidak ingin menyebarkan konten yang tidak kredibel

Kekurangan Clickbait

1. Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai

Kemungkinan besar clickbait mampu mendatangkan trafik audiens yang penasaran dengan isi dari konten Anda. tapi, bisa saja audiens tersebut bukanlah target audiens yang sesuai, sehingga tidak akan bisa melanjutkan pada halaman pembelian produk.

Jika hal ini sudah terjadi, maka usaha untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan strategi konten marketing sudah menjadi tidak maksimal.

melalui strategi konten marketing jadi tidak maksimal, bukan?

2. Bounce Rate Meningkat

Kekurangan lainnya saat menggunakan clickbait adalah meningkatnya bounce rate pada website ataupun blog Anda. alasannya tentu saja ketika audiens menyadari bahwa suatu konten sudah tidak sesuai dengan judul, maka mereka akan langsung meninggalkan konten Anda.

Suatu website yang mempunyai rasio bounce rate yang tinggi kemungkinan besar terindikasi mempunyai konten yang tidak sesuai dengan pencairan penggunanya. Sehingga, google tidak bisa menempatkannya pada posisi hasil pencairan yang baik.

3. Merusak Brand Image

Coba bayangkan bila Anda membuat suatu konten marketing yang tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya saja Anda menawarkan promo mouse gaming untuk semua audiens pada seluruh bagian judul. Nah, ketika audiens membacanya, ternyata promo tersebut hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama saja. Tentunya para audiens pun akan merasa tertipu.

Bila konten clickbait tersebut hanya muncul sekali mungkin pembaca masih memakluminya. Tapi jika selalu dilakukan, maka tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis Anda pun akan menurun. Sehingga, reputasi brand Anda pun akan menurun drastis.

Cara Membuat Judul Clickbait yang Baik Untuk Strategi Content Marketing

1. Tempatkan Kata Kunci di dalam Judul Anda

Lakukanlah riset secara sederhana Di Google. Sebagai Contoh, Kita Akan Menuliskan “Update Harga Laptop Gaming Di Bawah 8 Jutaan” Bila Anda melihat hasilnya, maka Anda akan bisa melihat satu pola yang sama. Semua judul di halaman pencarian google memiliki kata kunci “update harga laptop gaming”

Untuk mendapatkan ide lainnya, Anda bisa menggunakan google trends dan ubersuggest untuk bisa menentukan suatu judul konten. Google ingin Anda menyajikan suatu konten yang secara jelas terkait langsung dengan kata kunci ataupun frasa pencarian. Jadi, Anda harus bisa benar-benar teliti dalam menentukan judul.

2. Buat Judul yang Luar Biasa, Hampir Mustahil, atau Menakjubkan

Menambahkan dan mengubah judul adalah suatu hal yang wajib untuk Anda pikirkan. Buanglah sejauh mungkin judul yang memiliki kesan membosankan dan buatlah judul clickbait yang bisa dioptimasi untuk SEO Anda. salah satu piliahannya adalah dengan menambah kata “heboh”,”luar biasa”, atau “mengejutkan” pada judul Anda.

Walaupun memang terlihat hiperbola, namun kenyataannya inilah clickbait. Jadi, artikel atau berita yang Anda buat harus benar-benar mengejutkan, tidak bisa dipercaya, dan juga menakjubkan.

Namun, hindari penggunaan trik clickbait ini untuk menarik pembaca saja. Gunakan metode ini juga saat Anda memang mampu mempertanggungjawabkannya.

3. Buat Judul yang Kontroversial

Kontroversi tidak melulu bagus untuk bisnis. tapi, ada kalanya tema tersebut juga bisa membuat bisnis Anda memperoleh lebih banyak perhatian. Tapi, kita tentu tidak ingin memulai kontroversi hanya demi memperoleh keuntungan semata. Jika Anda melakukannya, maka hal tersebut sangatlah konyol.

Klaim kontroversi ini tentu adalah salah satu trik SEO yang bagus. Bila Anda membuat judul dengan trik seperti ini, maka ada juga kemungkinan Anda bisa menduduki halaman satu pencarian Google.

4. Buatlah Clickbait dengan Menambahkan Angka atau Nomor di Judul

Listicles mampu bekerja dengan sangat baik untuk menarik minat pembaca dan juga sangat baik untuk SEO. Nah, salah satu cara untuk menggunakan listicles adalah dengan menggunakan kata sifat dan juga angka yang sederhana untuk menggambarkan tips, trik, kiat, dan hal lainnya yang ada di dalam artikel.

Baca juga: Apa itu Tingkat Retensi Pelanggan dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Kesimpulan

Meskipun banyak yang menganggap clickbait dan SEO itu sulit untuk disatukan, tapi dengan membuat konten yang relevan, maka keduanya bisa digabungkan dengan sangat elegan dan sangat mungkin untuk meraih keberhasilan.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu memastikan informasi yang disajikan benar-benar tersedia dan juga relevan.

Beberapa kata-kata seperti luar biasa dan mengejutkan akan bekerja cukup baik dalam membuat clickbait, namun Anda masih bisa berkreasi lagi sebebas-bebasnya. Untuk itu, ubahlah judul artikel SEO Anda yang membosankan menjadi artikel clickbait dengan menambahkan angka yang sangat sederhana.

Pada akhirnya, clickbait yang bisa digunakan dengan baik akan mampu mendatangkan banyak pengunjung, dan mereka akan tertarik dengan bisnis Anda dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sehingga, kesuksesan bisnis pun bisa Anda raih.

Namun, hal lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencacat laporan keuangan secara rapi, tepat dan akurat, bila perlu gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu membantu mereka dalam mengerjakan berbagai kegiatan akuntansi yang menyita banyak waktu.

Selain itu, berbagai fitur yang di dalamnya pun semakin mempermudah pebisnis untuk melakukan berbagai kegiatannya.

Anda bisa langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari lamanya dengan hanya klik tautan gambar di  bawah ini.

accurate 3 banner bawah