Apa itu Customer Acquisition Cost? Berikut Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya

Pernah mendengar Customer Acquisition Cost atau biaya akuisisi pelanggan? Ini adalah hal yang harus Anda tahu, terlebih jika Anda adalah seorang pengusaha.

Mendapatkan pelanggan baru memang tidak mudah. Ini tidak hanya membutuhkan upaya penjualan tetapi juga ada biaya moneter yang terlibat. Biaya moneter ini bisa serendah 1000 rupiah untuk penawaran yang senilai 500.000 atau setinggi 150.000 untuk produk yang sama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menghitung berapa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru agar bisnis tetap menguntungkan untuk jangka panjang, dan ini lah yang disebut customer acquisition cost atau biaya akuisisi pelanggan.

Tapi apa itu customer acquisition cos? Bagaimana cara menghitung dan contohnya pada bisnis yang nyata?

Berikut panduan menjawab semua pertanyaan tersebut.

Apa itu Biaya Akuisisi Pelanggan atau Customer Acquisition Cost (CAC)?

Customer Acquisition Cost (CAC) adalah total biaya yang dikeluarkan bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru yang membayar selama periode waktu tertentu.

Biaya ini termasuk biaya pemasaran dan penjualan dan gaji yang dibayarkan kepada karyawan untuk mendapatkan pelanggan di kapal.

CAC dan nilai seumur hidup pelanggan atau costumer lifetime value (CLV) dianggap sebagai faktor penentu apakah suatu bisnis memiliki model bisnis dan pendapatan yang layak atau tidak.

Nilai seumur hidup (CLV) memberi tahu berapa banyak yang dibawa pelanggan selama masa hidupnya. Metrik ini, jika dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan pelanggan tersebut (CAC), menghasilkan keuntungan yang diperoleh bisnis sepanjang masa hidup pelanggan.

Baca juga: Dispatching Adalah: Pengertian, Fungsi, Prosedur, dan Jenisnya Dalam Manajemen

Fungsi Customer Acquisition Cost

Biaya untuk mendapatkan pelanggan adalah metrik penting untuk keduanya: bisnis dan investor yang berinvestasi dalam bisnis itu.

Dari perspektif pemilik bisnis

metrik ini menyampaikan kelayakan model bisnis dan apa yang harus ditingkatkan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. CAC tinggi dan CLV rendah, berarti proses akuisisi saat ini perlu perbaikan dan CAC rendah menyiratkan bahwa bisnis menghabiskan uang secara efisien dan akan melihat keuntungan yang lebih tinggi.

Dari sudut pandang investor

Metrik ini penting untuk menghitung berapa banyak investasi yang dibutuhkan bisnis untuk tetap bertahan. Selain itu, ini juga menyampaikan kelayakan investasi ini bagi investor karena membantu menghitung ROI.

Misalnya, menginvestasikan $ 1 juta dalam sebuah startup untuk membantunya memasarkan dirinya sendiri dan menjangkau pelanggan hanya dibenarkan jika startup tersebut cukup layak untuk menghasilkan lebih dari jumlah yang diinvestasikan – nilai seumur hidup harus lebih dari biaya akuisisi.

Meskipun CAC adalah KPI agnostik yang terlalu segmented, CAC lebih sering digunakan oleh bisnis yang beroperasi pada model SAAS dan berbasis langganan. Pelanggan bisnis semacam itu bertahan lama, membayar secara berulang, menjadikan CLV mereka lebih dari CAC mereka.

Baca juga: Apa itu Tingkat Retensi Pelanggan dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Cara Menghitung Customer Acquisition Cost

Umumnya, CAC dihitung dengan membagi semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pelanggan baru dengan jumlah pelanggan yang diperoleh dalam periode waktu tertentu.

CAC = Total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru dalam periode tertentu / jumlah pelanggan yang diperoleh dalam periode tertentu

Customer Acquisition Cost 2

Biaya ini mencakup semua biaya penjualan dan pemasaran, yang selanjutnya dibagi menjadi:

  • Biaya Pemasaran (M): Total biaya pemasaran untuk mendapatkan pelanggan. Biaya ini termasuk biaya iklan juga.
  • Gaji Karyawan (E): Gaji yang terkait dengan pemasaran dan penjualan.
  • Biaya Profesional (P): Biaya yang dikeluarkan untuk layanan profesional seperti desain, konsultasi, dll.
  • Biaya Penjualan (S): Biaya terkait penjualan (komisi eCommerce, broker, dll.).
  • Biaya perangkat lunak dan alat (ST): Ini termasuk semua biaya yang dikeluarkan untuk membeli, menjalankan, dan mengoperasikan perangkat lunak yang digunakan dalam proses pemasaran dan penjualan.
  • Biaya Lainnya (O): Semua overhead tambahan yang terkait dengan pemasaran dan penjualan, seperti sewa, peralatan, dll. dialokasikan untuk karyawan pemasaran dan penjualan.

Jadi, rumus CAC yang lebih baik adalah:

CAC = (M+E+P+S+ST+O) / CA atau jumlah pelanggan yang diperoleh dalam periode tertentu

Baca juga: Ekuitas Merek: Penjelasan Berdasarkan Ahli dan Tips Ampuh Meningkatkannya

Contoh Kasus dalam Menghitung Customer Acquisition Cost

Misalkan toko ecommerce XYZ meluncurkan beberapa kampanye pemasaran tahun lalu, dan biayanya termasuk:

Customer Acquisition Cost 3

Biaya akuisisi perpelanggan untuk XYZ untuk tahun tersebut adalah: (200.000.000 + 80,000.000 + 60,000.000 + 20,000.000) / 7000 = 5.143 rupiah

CAC dan BPA

Terkadang kita sering tertukar antara biaya akuisisi pelanggan (CAC) dengan adalah biaya per akuisisi (NPA).

CAC secara eksplisit mengukur biaya per akuisisi pelanggan yang membayar.

BPA bisa berupa apa saja selain pelanggan yang membayar. Itu bisa berupa prospek, pengguna yang diaktifkan, pendaftaran uji coba gratis baru, dll.

Kedua istilah ini terkait karena CPA adalah indikator utama menuju CPC, tetapi keduanya tidak sama.

Misalnya, Spotify menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pengguna gratis baru. Biaya akuisisi pengguna gratis ini disebut sebagai biaya per akuisisi (CPA). Nantinya, beberapa dari pengguna ini menjadi pengguna aplikasi yang membayar, dan biaya tersebut diterjemahkan ke CAC.

Jadi, dalam produk freemium dan SAAS seperti Spotify, Dropbox, SEMrush, dll. CAC juga menyertakan CPA (Biaya untuk memperoleh pengguna gratis + biaya untuk mengembangkan produk gratis + biaya untuk mendukung produk gratis) karena biaya tersebut juga termasuk dalam biaya pemasaran.

CAC (Freemium) = biaya untuk memperoleh pengguna gratis + biaya untuk mengembangkan produk gratis + biaya untuk mendukung produk gratis + biaya untuk mengubah pengguna gratis menjadi pengguna berbayar.

Baca juga: Sales Management: Pengertian dan Aspek Penting di Dalamnya

CAC dan CLV

CAC jarang dihitung tanpa CLV. Sangat penting untuk membandingkan biaya akuisisi dengan nilai seumur hidup pelanggan untuk menghitung keuntungan yang diperoleh bisnis dan memeriksa kelayakan bisnis.

Rasio CLV ke CAC penting karena menandakan ROI:

  • 1:1 bisnis berada pada titik impas (tidak untung, tidak rugi). Rasio 1:1 berarti bahwa pelanggan akhirnya membayar persis seperti yang dibayarkan bisnis untuk mendapatkannya. Memiliki rasio seperti itu menunjukkan bahwa bisnis harus melakukan sesuatu untuk mengurangi biaya akuisisi atau meningkatkan LTV.
  • Kurang Dari 1:1 – ini berarti bisnis membayar lebih untuk mendapatkan pelanggan daripada yang dibayarkan kembali oleh pelanggan. Ini menandakan strategi pemasaran dan keuangan yang salah yang perlu diperbaiki.
  • 3:1 – ini adalah rasio tingkat yang baik yang menandakan bahwa bisnis menghasilkan lebih dari apa yang dihabiskan untuk mendapatkan pelanggan.
  • Lebih tinggi dari 3:1 – Biasanya, bisnis yang memiliki rasio CLV terhadap CAC lebih dari 3:1 bertahan untuk jangka panjang.

Baca juga: 8 Cara dalam Membuat Strategi Social Media Marketing yang Sukses

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai customer acquisition cost yang penting bagi Anda seorang pemilik bisnis. Penghitungan biaya akuisisi ini sangat berguna bagi Anda yang sedang memilih media untuk beriklan dan memilih cara promosp yang efektif.

Ingatlah, setiap biaya yang Anda keluarkan baik itu untuk promosi dan marketing harus Anda catat agar memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan CAC dan melakukan pricing yang tepat untuk barang atau layanan yang Anda jual.

Kesulitan dengan pencatatan manual? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi kemudahan pembukuan usaha dan operasional usaha Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan terbaik dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh lebih dari 350 pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, menjadikan Accurate Online menjadi pilihan terbaik bagi Anda para pemilik bisnis dari berbagai skala usaha.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-