Contoh Iklan Permintaan, Pengertian dan Media yang Sesuai

Bila biasanya iklan akan memberikan informasi sebuah produk atau layanan jasa melalui pemasaran yang langsung ataupun tidak langsung, maka contoh iklan permintaan bisa berbentuk pengumuman informasi perekrutan karyawan pabrik, atau dibutuhkannya asisten rumah tangga atau babysitter.

Jadi sederhananya, iklan permintaan adalah iklan pengumuman yang bisa dijumpai secara mudah di tepi jalan. Biasanya, jenis iklan ini dibuat menggunakan media pamflet ataupun selebaran yang ditempel di pagar, pohon, tiang listrik, atau tempat keramaian.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang iklan permintaan dan contohnya pada Anda.

Pengertian Iklan Adalah

Sederhananya, iklan adalah suatu komponen utama di dalam penerapan strategi pemasaran. Biasanya, iklan dibuat untuk memberikan informasi pada masyarakat.

Iklan pun terbagi menjadi dua, yakni iklan penawaran dan iklan permintaan. Demi menjaga keseimbangan pasar antara permintaan dan penawaran, maka para pebisnis harus meriset ataupun meneliti kondisi pasar terlebih dulu.

Iklan permintaan adalah iklan yang digunakan untuk meminta suatu jasa dari orang yang sedang melihatnya. Sedangkan iklan penawaran adalah suatu iklan yang digunakan untuk menjual ataupun menawarkan sesuatu pada orang lain yang melihat iklan tersebut.

Iklan permintaan lebih cenderung bersifat ajakan atau persuasif. Konsep yang ada pada iklan permintaan ini sudah banyak digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahasa yang digunakan di dalamnya adalah bahasa yang mampu memengaruhi masyarakat agar mau memberikan atau melakukan sesuatu sesuai dengan harapan pengiklannya.

Iklan permintaan juga bisa digunakan untuk mengajak orang lain yang melihatnya agar mau menjalin kerjasama dengan pihak pengiklan, sehingga akan ada keuntungan yang di dapat dari kedua belah pihak.

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Contoh Iklan Permintaan

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah sering banyak melihat iklan permintaan di berbagai media, baik itu di radio, televisi, internet, koran, sampai di billboard pinggir jalan.

Terdapat beberapa contoh iklan permintaan, yaitu:

1. Contoh Iklan Permintaan Tenaga Kerja

Biasanya, contoh iklan permintaan kerja bisa kita temukan di koran dan juga internet. Iklan permintaan ini umumnya juga dikenal dengan iklan lowongan kerja.

Di dalam jenis iklan tenaga kerja ini, terdapat informasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan dalam suatu instansi ataupun perusahaan dengan disertai beragam syarat untuk melamarnya. Orang yang melihat iklan ini bisa melamar pekerjaan sesuai dengan standar kualifikasi yang tercantum di dalam iklan tersebut.

2. Iklan Permintaan Barang

Contoh iklan permintaan barang pun bisa kita temukan dengan mudah di internet dan di koran. Iklan ini berisi informasi permintaan barang yang diperlukan oleh pihak pengiklan. Sehingga, mereka yang melihat iklan ini, bila mempunyai barang yang tertera di dalam iklan dan mau menjual atau memberikan barang tersebut, bisa langsung melakukan transaksi.

3. Iklan Permohonan Maaf

Saat ini, memang sangat sulit untuk menemukan contoh iklan permintaan maaf. Umumnya, iklan ini berisi permintaan maaf dari instansi atau seseorang yang meminta maaf pada pihak lain atau kepada masyarakat luas. Dengan adanya iklan ini, diharapkan mereka yang melihatnya bisa memaafkan dan memaklumi kesalahan yang sudah dibuat.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

Tujuan Iklan Permintaan

Beberapa tujuan dari iklan permintaan adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi, yang mana pada dasarnya tujuan iklan memang guna memberikan informasi kebutuhan masyarakat.
  • Mengajak masyarakat, iklan permintaan berisi himbauan agar masyarakat mau menaati suatu peraturan atau mengajak masyarakat luas agar bisa bertindak secara lebih baik.
  • Mewujudkan kerjasama, iklan permintaan pun bisa digunakan untuk keperluan melakukan kerjasama antar pihak pengiklan dan target iklan yang sesuai.

Baca juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Media yang Cocok Untuk Iklan Permintaan

Suatu iklan tentunya harus dibuat dengan menggunakan media yang bisa dijangkau dan dilihat oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah beberapa media yang pas untuk membuat contoh iklan permintaan.

  • Media internet

Media internet yang fleksibel dan bisa menjangkau banyak kalangan membuat para pengiklan yakin bahwa iklannya bisa dilihat oleh banyak orang secara tepat. Kehadiran internet mampu sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan lewat berbagai tools yang bisa disesuaikan sesuai dengan keperluannya.

  • Media cetak

Walaupun peran media cetak saat ini terus berkurang, namun media cetak adalah salah satu media yang tepat dalam menyampaikan iklan permintaan. Beberapa contoh media cetak yang bisa digunakan untuk menerbitkan iklan permintaan adalah majalah, koran, brosur, dan lain sebagainya.

  • Media elektronik

Pemanfaatan media elektronik untuk iklan permintaan umumnya dilakukan via radio ataupun televisi.

Baca juga: OOH Adalah Jenis Iklan Di Luar Ruangan, Ini Pengertian dan Berbagai Jenisnya!

Penutup

Demikianlah contoh iklan permintaan dari kami. Namun sebelum Anda tertarik dalam membuat iklan permintaan, pastikanlah anggaran keuangan perusahaan Anda bisa dikelola secara sistematis, rapi dan akurat.

Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud ini siap mendukung pengelolaan pembukuan Anda secara real time. Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Fitur dan modul yang lengkap di dalamnya juga akan mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur persediaan, penjualan, perpajakan, pembelian manufaktur, multi cabang, cost and profit center, multi mata uang, dan masih banyak lagi.

Seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda berkesempatan untuk mencobanya lebih dulu secara gratis selama 30 hari lewat banner di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.