Customer Loyalty adalah Bentuk Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Bagi banyak bisnis, customer loyalty adalah salah satu pencapaian tertinggi. Di mana bisnis mendapatkan pelanggan yang setia sehingga mereka melakukan pembelian secara terus menerus bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

Namun, bukan hal yang mudah bagi bisnis untuk bisa mendapatkan customer loyalty. Bisnis harus senantiasa memberikan dan memperbaiki kualitas produk serta layanannya sekaligus menerapkan strategi yang tepat.

Untuk itu, artikel berikut ini akan menguraikan cara untuk meningkatkan customer loyalty, sekaligus menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian dan peran penting kesetiaan pelanggan bagi bisnis.

Apa Itu Customer Loyalty?

Customer loyalty adalah keeratan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Di mana eratnya hubungan ini tidak hanya ditunjukkan dengan pembelian yang rutin, melainkan juga bangga dengan brand dan mau merekomendasikannya ke orang lain.

Dalam pengertian lain yang dilansir dari laman HubSpot, customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli dan bekerja sama dengan sebuah brand secara terus menerus. Hal tersebut merupakan buah dari kepuasan pelanggan, nilai produk yang sesuai, dan customer experience yang positif.

Customer experience sendiri adalah pengalaman yang dirasakan oleh konsumen saat menggunakan produk atau layanan sebuah brand, yang mana bisa memberikan hasil positif atau negatif. Untuk menghasilkan customer experience yang positif, diperlukan strategi pemasaran yang baik, seperti proactive customer service.

Sikap ini bisa menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan pelanggan, sehingga memperbesar kemungkinan untuk mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Baca juga: Arti Customer: Jenis, karakteristik, dan Cara Menghadapinya

Peran Penting Customer Loyalty Bagi Bisnis

Customer loyalty adalah hal yang sebenarnya dibutuhkan oleh setiap bisnis.

Pasalnya, bentuk kesetiaan pelanggan ini membawa sejumlah peran penting bagi bisnis seperti dapat menghemat biaya, mendorong pendapatan, mempermudah bisnis memprediksi perilaku pelanggan, menjadi brand ambassador, bahkan memberi pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

1. Menghemat Biaya

Menarik pelanggan baru memang penting bagi pertumbuhan bisnis. Namun, Anda tidak bisa melupakan pelanggan setia Anda begitu saja. Sebab, biaya untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.

Hal tersebut dapat terjadi karena Anda telah mempunyai data pelanggan dan paham betul target pasar. Sehingga, Anda dapat dengan mudah mengetahui kebutuhan pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih akurat.

2. Mendorong Pendapatan

Pelanggan yang telah percaya dengan produk atau layanan Anda tidak akan ragu untuk membayar lebih. Mereka pun akan lebih sering melakukan pembelian daripada konsumen baru, sekalipun brand lain menawarkan produk sejenis yang lebih canggih.

Pelanggan setia cenderung akan menunggu brand Anda melakukan pembaruan yang sama. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong pendapatan dan meningkatkan keuntungan lebih bagi bisnis.

3. Mempermudah Bisnis Memprediksi Perilaku Pelanggan

Perilaku konsumen bukanlah hal yang mudah untuk diprediksi. Namun, pelanggan yang setia cenderung memiliki pola perilaku yang sama karena sudah merasa cocok dengan produk Anda.

Meski begitu, Anda tidak boleh lepas tangan begitu saja karena loyalitas bisa berubah seiring dengan kedekatan emosional antara brand dengan konsumen. Tanpa adanya loyalitas pelanggan, perusahaan dapat merugi karena hilangnya pemasukan tetap.

4. Menjadi Brand Ambassador Bagi Bisnis

Peran penting yang selanjutnya dipegang oleh customer loyalty adalah mereka dapat menjadi brand ambassador bagi bisnis Anda. Sebab, konsumen yang loyal dan puas akan suatu produk cenderung akan mempromosikannya pada orang-orang di sekitarnya.

Secara tidak langsung, hal ini membuka peluang untuk menarik leads baru, yakni sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan yang bisa menjadi pelanggan potensial.

5. Memberi Pengaruh Positif Terhadap Kinerja Karyawan

Karyawan akan lebih senang menghadapi konsumen yang puas dengan produk atau layanan bisnis perusahaan dibanding menghadapi konsumen yang komplain karena pelayanan dirasa kurang.

Dalam hal ini, karyawan yang bekerja di perusahaan yang dihargai oleh konsumen dapat menjadi lebih produktif dan sekaligus membangun suasana kerja yang positif karena tidak merasa tertekan.

Baca juga: Customer Turnover: Pengertian, Penyebab, Cara Menghitungnya dan Tips Untuk Menguranginya

Cara Meningkatkan Customer Loyalty

Customer loyalty adalah bentuk kepuasan dan kesetiaan pelanggan yang tumbuh karena adanya pengalaman yang baik dengan perusahaan sehingga membentuk hubungan kepercayaan dan emosional yang kuat.

Karena itu, untuk bisa meningkatkan customer loyalty, Anda perlu menjalin hubungan baik dengan pelanggan, mengadakan program customer loyalty, dan meminta saran langsung kepada pelanggan.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan akan lebih setia ketika mereka merasa dihargai. Karena itu, usahakan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan merasa bahwa mereka adalah bagian dari brand. Salah satunya dengan rutin mengirimkan email ucapan selamat ulang tahun sembari memberikan promo.

2. Mengadakan Customer Loyalty Program

Customer loyalty program adalah program khusus yang bisa Anda adakan untuk memberi penghargaan pada pelanggan setia. Anda bisa membuat program atau promosi khusus untuk pelanggan yang telah setia dalam jangka waktu tertentu, misalnya dengan memberikan diskon atau program berhadiah menarik.

3. Jangan Ragu Meminta Feedback dari Pelanggan

Hubungan dengan pelanggan akan lebih terjaga ketika Anda rajin mendengar masukan dari mereka. Ketika mereka terbiasa memberi masukan, mereka juga akan merasa dilibatkan dalam perkembangan brand Anda.

Baca juga: Customer Churn: Pengertian, Cara Hitung, dan Cara Menanggulanginya

Penutup

Customer loyalty adalah bentuk kesetiaan pelanggan yang didapat dari customer experience yang positif. Mereka mau untuk terus melakukan pembelian, bahkan merekomendasikannya ke orang-orang di sekitar.

Karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk memberikan produk dan pelayanan terbaik, termasuk menjaga hubungan kedekatan dengan pelanggan.

Customer loyalty pada akhirnya akan membantu bisnis untuk bertahan, bahkan berkembang ke level selanjutnya. Bisnis dapat menarik pelanggan baru tanpa kehilangan pelanggan lama, sehingga mampu meraup lebih banyak keuntungan.

Tentunya, hal ini harus diiringi dengan pengelolaan dan pembukuan keuangan yang baik agar dapat mencapai tujuan finansial. Untuk memudahkan prosesnya, Anda Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Berbagai fitur juga tersedia secara lengkap dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.