Faktor yang Mempengaruhi Penawaran dalam Pengembangan Bisnis
Setiap organisasi profit, tentu saja didirikan untuk berbagai tujuan. Mulai dari mendapat pangsa pasar, mendapatkan laba, meraih tingkat penjualan tertentu, atau mempertahankan eksistensinya.
Dalam hal ini, perusahaan harus menghasilkan produk yang bersifat abstrak maupun kongkrit.
Selain itu, kunci keberhasilan transaksi ada pada keselarasan antara kepentingan dua belah pihak.
Sehingga, permintaan dan penawaran menjadi sangat penting dalam mengembangkan suatu bisnis.
Kali ini, yang akan dibahas adalah faktor yang mempengaruhi penawaran dalam pengembangan bisnis. Mari mengulasnya lebih jauh.
Daftar Isi
Pengertian Penawaran
Untuk lebih memahami tentang faktor yang mempengaruhi penawaran, maka sebaiknya Anda mengenal definisi penawaran terlebih dahulu.
Mengutip dari Wikipedia, Dalam ilmu ekonomi, penawaran adalah jumlah sumber daya yang ingin dan mampu diberikan oleh perusahaan, produsen, pekerja, penyedia aset keuangan, atau agen ekonomi lainnya ke pasar atau individu.
Penawaran merupakan sejumlah unit barang yang tersedia di pasar. Dimana barang tersebut dapat dijual pada waktu dan harga tertentu.
Dengan catatan bahwa barang tersebut telah tersedia serta siap diperjual belikan.
Mengulik tentang penawaran tentu saja lekat dengan hukum penawaran yang merupakan teori tentang penawaran.
Salah satunya adalah apabila harga barang tinggi, jumlah barang yang tersedia untuk dijual akan lebih banyak.
Namun, sebaiknya, apabila harga barang menjadi rendah, jumlah barang yang disediakan untuk dijual akan semakin sedikit atau langka.
Pada hukum penawaran ini mempunyai arti keterkaitan pada tingkatan harga dan barang yang ditawarkan. Hal ini sudah menjadi pakem yang pasti.
Serta menjadi hukum tidak tertulis dan tidak dapat dicegah. Hal ini disebabkan karena memiliki risiko pemilik dapat mengalami suatu kerugian.
Namun, tentu saja hukum tersebut berlaku apabila terdapat perbedaan faktor yang memengaruhi penawaran tidak terjadi.
Baca juga : Penjelasan Lengkap Hukum Penawaran dan Permintaan
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi penawaran. Tanpa prasyaratan ini, maka konklusi hukum penawaran tidak akan terjadi.
Untuk bisa mengembangkan suatu bisnis, Anda harus memerhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dengan baik. Beberapa syaratnya adalah sebagai berikut:
1. Harga Barang
Faktor yang mempengaruhi penawaran diawali dengan harga. Hal ini adalah syarat yang penting. Sebab, tanpa adanya harga, maka tidak akan ada hukum penawaran.
Sebab, pada dasarnya, hukum penawaran terkait dengan harga barang dengan prospek jumlah barang.
Jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan juga meningkat. Namun, harga barang yang turun membuat jumlah barang yang tersedia akan turun.
2. Biaya Produksi
Keterkaitan biaya produksi adalah dengan biaya yang dipakai untuk proses produksi.
Mulai dari membeli bahan baku, biaya bahan penolong, gaji karyawan, dan lain-lain.
Jika biaya produksi meningkat dari waktu ke waktu, maka harga barang yang diproduksi pun akan meningkat.
Sehingga, produsen akan menawarkan barang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan produsen tidak ingin mengalami kerugian.
Sebaliknya, apabila biaya produksi turun, produsen pun akan meningkatkan kuantitas produksi. Sehingga, penawaran juga akan meningkat.
3. Kemajuan Teknologi
Faktor yang mempengaruhi penawaran berikutnya adalah jumlah barang yang tersedia, hal ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi.
Dengan teknologi yang modern, maka produsen lebih mudah dalam menghasilkan produknya baik dalam bentuk barang atau jasa.
Mesin modern juga akan menurunkan biaya produksi sehingga memudahkan produsen dalam menjual barang dalam jumlah yang relatif banyak.
Baca juga : Mengenal Fungsi Penawaran dan Permintaan
4. Pajak
Pajak merupakan ketetapan dari pemerintah terhadap suatu produk. Pajak memiliki pengaruh terhadap tinggi rendahnya suatu harga.
Apabila harga barang tinggi karena pajak yang tinggi, permintaan akan berkurang. Imbasnya, penawaran juga berkurang jumlahnya.
5. Harga Barang Pengganti
Jika barang pengganti harganya meningkat, penjual akan meningkatkan jumlah barang yang tersedia.
Dengan begitu, penjual bisa mengalihkan konsumen pada barang pengganti yang memiliki harga lebih rendah.
6. Perkiraan Harga pada Masa Depan
Faktor yang mempengaruhi penawaran yang cukup berpengaruh adalah perkiraan harga.
Jumlah penawaran juga dipengaruhi oleh prediksi harga pada masa depan.
Apabila suatu perusahaan memperkirakan harga produknya naik, tetapi penghasilan masyarakat tetap, perusahaan bisa menurunkan jumlah barang yang ditawarkan.
Baca juga : Pengertian Iklan Advertorial dan Tips Membuatnya untuk Mendongkrak Penjualan
7. Tujuan Perusahaan
Perusahaan tentu saja memiliki tujuan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Sehingga, perusahaan tersebut akan menjual produk dengan marjin keuntungan besar dan harga jual pun menjadi semakin tinggi.
Apabila perusahaan menginginkan produknya menguasai pasar, maka tetapkan harga yang lebih rendah.
Tingkat keuntungan yang rendah akan membuat harga jual menjadi rendah. Konsumen pun akan lebih tertarik membelinya.
8. Muncul Produsen Baru
Berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi penawaran sebelumnya, jumlah produsen dapat mempengaruhi kuantitas barang di pasar.
Jumlah barang yang tersedia di pasar juga dipengaruhi oleh munculnya produsen baru.
Dimana beberapa perusahaan akan memproduksi barang yang sama sehingga stok yang ada di pasar akan menjadi semakin banyak.
Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, apabila ada produsen yang menarik diri dari persaingan pasar, maka jumlah produk akan berkurang.
Baca juga: Apa itu Penawaran Inelastis Sempurna? Ini Contohnya!
Faktor Keberhasilan Penawaran Agar Bisnis dapat Berkembang
Selain faktor yang mempengaruhi penawaran terdapat pula beberapa faktor yang memiliki pengaruh besar pada kesuksesan suatu bisnis terutama dalam hal penawaran. Diantaranya:
1. Pelanggan
Pelanggan adalah salah satu poin penting dalam faktor yang mempengaruhi penawaran dalam suatu bisnis.
Untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi target market dalam beberapa kategori.
Semisal kelompok wanita berusia 20 hingga 35 tahun untuk produk berupa wedges. Dengan tahu betul target market, maka Anda pun bisa terhindar dari kegagalan penawaran bisnis.
2. Promosi
Faktor yang mempengaruhi penawaran selanjutnya adalah promosi. Dimana promosi adalah upaya untuk memperkenalkan produk pada calon konsumen. Lakukan promosi secara terus menerus, konsisten, serta menggunakan cara yang kreatif.
Baca juga : Pengertian Demand (Permintaan) dan 8 Faktor Besar yang Menentukannya
3. Lokasi
Keberhasilan suatu penawaran juga disebabkan karena faktor lokasi. Memilih tempat bisnis juga harus tepat yakni pada lokasi yang strategis.
Seperti jalan raya dengan traffic lalu lintas yang tinggi. Dengan begitu, bisnis Anda lebih mudah diakses oleh banyak orang.
4. Sumber Daya Manusia
SDM adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran untuk keberhasilan perkembangan bisnis.
Kualitas SDM yang baik akan membuat usaha Anda dapat berjalan secara optimal.
SDM yang memadai akan mengontrol semua jenis aspek bisnis yang Anda lakukan. Terutama dalam hal penawaran.
5. Hubungan dengan Pelanggan
Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, tentu saja Anda harus memelihara hubungannya.
Sebab, biaya yang muncul untuk menarik pelanggan yang baru lebih besar hingga enam kali lipat ketimbang pelanggan yang loyal.
Untuk itu, Anda perlu membuat database pelanggan, lalu masukkan data yang penting dan kemajuan yang sudah dicapai.
Anda sebaiknya menghubunginya secara berkala serta menginformasikan tentang promosi produk yang sedang dijalankan. Dengan begitu, penawaran Anda akan berhasil.
6. Fokus Usaha
Faktor yang mempengaruhi penawaran lainnya adalah kekuatan untuk fokus dalam berusaha. Anda harus selalu fokus pada produk.
Caranya dengan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki. Sehingga, meski kuantitas jenis produknya kecil tetapi penuh dengan inovasi.
Fokus dengan produk bukan berarti melakukan penjualan lebih rendah. Namun, justru fokus akan mengantarkan Anda pada keberhasilan penawaran.
Baca juga : 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Kesimpulan
Untuk bisa mengembangkan suatu bisnis, ada berbagai hal yang mempengaruhinya. Termasuk diantaranya adalah penawaran.
Sebab, di dalam ilmu ekonomi, ada harga keseimbangan dimana konsumen dan produsen mencapai titik dimana tidak akan menambah atau mengurangi jumlah produknya.
Jika titik itu bergeser, maka akan ada kelebihan penawaran atau permintaan. Sehingga, harus segera dilakukan langkah yang tepat untuk menanganinya.
Jika Anda memerlukan efisiensi dalam pengelolaan keuangan bisnis dan kesulitan dengan proses pembukuan manual,
Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dimana saja, seperti Accurate Online.
Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu.
Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :