Apa itu Penawaran Inelastis Sempurna? Ini Contohnya!

Penawaran inelastis sempurna adalah suatu penawaran saat perubahan harga sudah tidak bisa lagi mengubah jumlah barang yang telah ditawarkan. Kasus terkait penawaran inelastis sempurna ini sudah relatif jarang ditemukan.

Umumnya, para pemasok atua supplier akan lebih bebas dalam memberikan beban harga berapapun yang mereka perlukan dan konsumen tetap mau untuk membeli berbagai produk tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh tentang penawaran inelastis sempurna, khusus untuk Anda.

7 Contoh Penawaran Inelastis Sempurna

1. Penawaran Inelastis Sempurna Pada perusahaan Manufaktur.

Katakanlah terdapat suatu perusahaan manufaktur yang bergerak pada kapasitas yang penuh, sehingga perusahaan tersebut sudah tidak lagi bisa meningkatkan produksinya.

Pihak manajemen perusahaan berusaha untuk menambah beberapa karyawan untuk membantu meningkatkan hasil produksi perusahaan.

Tapi karena perusahaan sudah bergerak pada kapasitas yang telah penuh, maka ia juga sudah kehabisan modal jangka pendek. Bahkan, perusahaan pun telah kehabisan bahan baku produksi. Minimnya modal jangka pendek tersebut membuat perusahaan sudah tidak mungkin lagi untuk menambah produksi saat ini.

Masahal lainnya yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah kendala tenaga kerja. Walaupun memang produksi tidak membutuhkan tenaga kerja yang terampil, namun pihak manajemen perusahaan harus mempekerjakan pekerja tambahan yang nantinya akan bekerja selama lima jam perhari dengan upah minimun.

Tapi karena adanya keterbatasan dalam faktor produksi, yakni kehabisan bahan baku produksi dan juga minimnya modal, maka perusahaan saat ini tidak bisa menambah karyawan. Bahkan bila memang mereka mempekerjakan karyawan tambahan, hal tersebut akan memerlukan waktu sampai perusahaan bisa memenuhi tingkat produksi yang lebih tinggi.

Hal tersebut nantinya mungkin akan memerlukan pabrik yang lebih besar, lebih banyak pekerja dan juga lebih banyak modal.

Karena kondisi tersebut, maka penawaran perusahaan manufaktur ini pun sangatlah inelastis, perusahaan tidak bisa memporduksi barang pengganti dan juga perubahan harga tidak akan memberikan dampak pada jumlah barang yang ditawarkan.

2. Contoh Penawaran Inelastis Sempurna Pada Tanah

Bila ada seseorang yang membeli tanah dengan luas dua hektar pada lima tahun yang lalu dengan harga 50 juta rupiah dan saat ini ada yang menawarkan tanah tersebut dengan harga 80 juta rupiah, maka kenaikan harga tersebut tidak akan membuat luas tanah menjadi menambah.

Sehingga, berapapun harga yang nantinya akan ditawarkan, luas dari tanah tersebut akan tetap selalu 2 hektar, tidak mengalami penambahan ataupun pengurangan.

Baca juga: Mengetahui Lebih Jauh Hukum Penawaran & Permintaan Secara Lengkap

3. Durian Sebagai Buah Musiman

Jumlah penawaran buah durian dalam suatu daerah ketika bukan tiba musimnya akan sangat sedikit dan juga langka, sehingga walaupun pihak pemasok menjual buah tersebut dengan harga uang tinggi, buah durian yang mereka tawarkan akan tetap terbatas atau tetap.

4. Buah-buahan dan Sayuran Dipasar

Setiap buah-buahan dan juga sayuran di pasar yang mengalami kenaikan harga pun bisa disebut sebagai penawaran inelastis sempurna. Pasalnya, pedagang akan merasa ragu dalam mengambil risiko. Bila produknya tidak terjual, maka bisa mengalami kebusukan dan bisa merugikan pedagang.

Jadi, mereka akan tetap membatasi pasokan sayur dan buahnya di pasar. Dalam kondisi ini, mereka juga tidak bisa meningkatkan pasokan karena adanya kenaikan harga barang yang mereka jual di pasar.

5. Tiket Menonton Pertandingan Olahraga

Tiket untuk menonton pertandingan olahraga profesional pun memiliki penawaran inelastis sempurna. Sebagian besar stadion mempunyai jumlah kursi yang sama, tim olahraga pun akan menawarkan jumlah tiket yang sama pada setiap pertandingannya.

Dalam hal ini tim memang bisa menghapus ataupun menambah kursi dari setiap waktunya. Namun, hal tersebut umumnya memerlukan konstruksi yang memakan banyak waktu, sehingga akan sulit untuk berekasi pada perubahan harga secara cepat.

Baca juga: Pengertian Penawaran dan Fungsinya Bagi Kemajuan Bisnis

6. Listrik

Contoh lainnya dari penawaran inelastis sempurna adalah listrik. Perusahaan utilitas memerlukan waktu yang lama dalam membangun pembangkit listrik yang baru. Walapun permintaan energi terus mengalami peningkatan, umumnya akan memerlukan waktu hingga bertahun-tahun bagi pihak pemerintah dalam menyetujui konstruksi.

Pun sama halnya bagi perusahaan konstruksi, mereka memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan pembangkit listrik yang baru. Demikian juga bila terjadi penurunan permintaan listrik, akan sangat sulit bagi perusahaan utiltas dalam mengurangi jumlah listrik yang dihasilkan.

7. Kelangkaan Masket Kesehatan di Awal Pandemi

Pada awal masa pendemi Covid-19 beberapa tahun yang lalu, kita pasti penah mengalami kelangkaan masker kesehatatn. Hal tersebut terjadi karena banyaknya permintaan masker di pasar yang membuat produsen masker harus meningkatkan produksinya.

Tapi faktanya, kelangkaan masker yang terjadi di pasar bukan karena faktor produksi, tapi terdapat berbagai oknum nakal yang menimbun masker secara sengaja untuk dijual kembali dengan harga yang sangat tinggi.

Karena masker sangat diperlukan, tentu konsumen akan setuju untuk membeli masker tersebut berapapun harga yang ditawarkan. Di sisi lain, jumlah masker yang ditawarkan tetap saja dibatasi hanya demi menjaga keuntungan dengan penjualan harga yang melambung tinggi.

Baca juga: Kurva Penawaran: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang penawaran inelastis sempurna. Hal ini perlu diketahui oleh orang umum dan juga pebisnis seperti Anda.

Namun, hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis adalah tentang penggunaan teknologi berbasis cloud yang bisa memudahkan bisnis Anda, salah satu rekomendasinya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang mampu membantu Anda dalam mempermudah kegiatan bisnis. Aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan telah mendapatkan penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari aplikasi ini.

Penasaran? Anda bisa mencoba aplikasi ini secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.