Tertarik Pasang Iklan? Ketahui Lebih Jauh Fungsi Iklan Bagi Bisnis Anda

Iklan merupakan media pemasaran yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan iklan dianggap memiliki fungsi paling lengkap sebagai salah satu media pemasaran. Karenanya bagi yang penasaran, kali ini akan dibahas secara lengkap mulai dari pengertian iklan sampai fungsi iklan yang jarang diketahui. Berikut ini adalah pembahasannya.

Apa Itu Iklan?

Periklanan adalah contoh dari komunikasi pemasaran terbuka yang menggunakan pesan non-pribadi dan disponsori secara terbuka untuk mempromosikan atau menjual produk, layanan, atau ide.

Sponsor dari periklanan biasanya adalah bisnis yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka. Dengan begitu pihak sponsor ini berharap akan mendapatkan timbal balik berupa ketertarikan konsumen terhadap produknya.

Baca juga : Pengertian Manajemen Krisis, Tahapan, dan Bedanya dengan Manajemen Risiko

Jenis Iklan

Jenis iklan itu sebenarnya ada banyak sekali, namun masyarakat hanya mengetahui jenis iklan komersial saja. Padahal jenis iklan itu dibagi lagi berdasarkan jenis, media, dan juga tujuan dari iklan tersebut. Seperti jenis iklan yang berdasarkan isinya yakni ada pemberitahuan, layanan masyarakat, dan penawaran. Semuanya sudah sering dijumpai, namun sedikit yang menyadari.

Selain berdasarkan isinya, jenis iklan juga bisa dibedakan berdasarkan media pemasaran. Secara garis besar media pemasaran dibagi menjadi offline dan juga online. Apabila menggunakan media offline, maka bisa menggunakan brosur pamflet dan lain sebagainya. Bila menggunakan online bisa dengan media digital. Lalu berdasarkan tujuan dibagi menjadi dua yakni komersil dan non komersil.

Baca juga : Pengertian Iklan Advertorial dan Tips Membuatnya untuk Mendongkrak Penjualan

Fungsi Iklan

Pembahasan terakhir adalah fungsi iklan itu sendiri. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa banyak sekali fungsi dari salah satu media pemasaran ini yang jarang disadari. Karenanya kali ini akan dibahas lengkap apa saja fungsi dari iklan tersebut seperti di bawah ini.

1. Sebagai Alat Pemasaran Efektif

Pertama tentu sebagai alat pemasaran yang efektif. Dimana pengguna dan target konsumen bisa langsung mengetahui produk, layanan, ataupun ide yang hendak ditawarkan saat itu juga.

Apalagi sekarang zaman digital, dimana semua bisa bersifat real time. Sehingga semua iklan yang hendak disampaikan bisa menjangkau pihak konsumen saat itu juga dan jangkauannya juga sangat luas tidak ada batasan ruang.

2. Alat Pemberi Informasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa melalui sebuah iklan yang ditayangkan di media manapun tentu konsumen bisa mendapatkan informasi. Informasi yang disampaikan tersebut berupa jasa dan produk yang ingin ditawarkan oleh perusahaan. Melalui iklan tersebut diharapkan informasi yang ingin disampaikan berupa penawaran bisa sampai ke masyarakat sesuai harapan.

3. Sebagai Sarana Hiburan

Sebuah iklan, mau ditayangkan di media manapun tentu harus memiliki sifat yang menghibur. Karenanya untuk bisa mencapai fungsi iklan tersebut, perusahaan harus menentukan konsep iklannya sebaik mungkin. Hal ini diharapkan masyarakat merasa terhibur dan dari perasaan terhibur itu muncul sebuah aksi reaksi yang berpengaruh baik sesuai keinginan perusahaan.

4. Fungsi Ekonomi dan Sosial

Iklan akan memberikan keuntungan ekonomi pada berbagai pihak yaitu pihak produsen yang penjualannya akan selalu meningkat dan pihak konsumen yang bisa mengetahui produk apa yang sedang update. Lalu fungsi sosial akan didapatkan dari iklan yang sifatnya layanan masyarakat dengan niat yang mulia. Seperti bantuan sosial, ataupun mengkampanyekan sebuah gerakan positif.

Baca juga : 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

5. Alat Penyambung Komunikasi

Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dari sebuah iklan. Hal ini menjadi bukti bahwa iklan berfungsi sebagai alat komunikasi yang menjembatani antara pihak produsen dan juga konsumen. Produsen sebagai pihak pembuat menginformasikan hal yang diinginkan, dan konsumen menerima informasi tersebut. Disitulah proses komunikasi terjadi.

6. Iklan Melindungi Kepentingan Produsen

Melalui iklan, pengakuan dan penerimaan publik dijamin dan oleh karena itu niat baik dari pabrikan didirikan dari waktu ke waktu dan ada semacam asuransi yang didapat. Ini membuat pabrikan merasa lebih percaya diri dan mandiri terhadap konsumennya dimulai dari pedagang besar dan pengecer. Ini juga melindungi produsen dari persaingan akut.

7. Meningkatkan Penggunaan Per Kapita

Iklan secara tidak disadari cenderung meningkatkan penggunaan komoditas per kapita dengan mengulangi fitur-fitur produk dan penggunaannya secara terus-menerus dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Iklan secara efektif digunakan untuk meningkatkan konsumsi per kapita dengan menggambarkan penggunaan baru yang mungkin tidak pernah dipikirkan oleh pengguna umum maupun konsumen biasa. Ini merupakan sebuah siasat marketing.

8. Membantu Dealer Untuk Melikuidasi Stok

Periklanan tidak hanya membantu produsen atau pengiklan, tetapi juga membantu dealer (pedagang besar dan pengecer) untuk menjual barang-barang yang diiklankan. Dengan demikian, pedagang grosir dan pengecer dapat melakukan penjualan dengan baik, cepat dan juga lancar. Sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Ini semua dimungkinkan karena iklan yang efektif.

9. Menghilangkan Fluktuasi Musiman

Salah satu fungsi utama dari iklan adalah untuk menghilangkan atau mengurangi fluktuasi musiman untuk produk musiman dengan menjelaskan berbagai penggunaannya selama musim yang berbeda dari musim utamanya.

Misalnya, dengan iklan, penggunaan lemari es sepanjang musim bahkan di musim dingin sekalipun tetap bermanfaat dan hal ini sudah sering disampaikan untuk meyakinkan masyarakat.

Baca juga : Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing

10. Membantu Seseorang Membandingkan Kualitas

Iklan membawa niat baik untuk produser dan juga konsumen. Jika seorang produsen telah diakui karena mengeluarkan produk-produk berkualitas, produk barunya di baris yang sama atau model baru akan diterima dengan baik oleh publik. Konsumen juga bisa memiliki keleluasan untuk memilih produk berdasarkan standar kualitasnya melalui iklan.

Jadi fungsi iklan itu tidak semata hanya mengenalkan produk, tapi ternyata lebih dari itu. Karenanya dalam membuat iklan perlu memikirkan banyak hal secara matang, salah satunya dengan membuat konsep sebaik mungkin. Dengan konsep yang baik, maka semua fungsi iklan diatas dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan.


Itulah fungsi iklan yang sangat berguna bagi Bisnis Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui, melakukan pemasaran adalah salah satu kunci mengenalkan produk Anda kepada masyarakat. Dan sangat efektif agar penjualan Anda terus bertambah dan berkembang.

Namun, saat penjualan terus menambah Anda akan kewalahan untuk menghitung penjualan dan stok barang Anda jika pencatatannya masih manual. Maka dari itu Anda pasti akan membutuhkan software akuntansi yang bisa mengelola pembukuan bisnis Anda agar tetap efektif, cepat dan minim kesalahan.

Accurate Online dapat membantu Anda untuk masalah pembukuan serta stok penjualan dengan cepat dan akurat. Dengan harga 200 ribu/bulan Anda bisa mendapatkan fitur lengkap dan mudah.

Yuk, Coba gratis trial selama 30 hari dengan menekan tautan pada gambar di bawah ini :