Gamification Adalah Salah Satu Strategi Marketing yang Menyenangkan, ini Penjelasannya!

Dewasa ini, Gamification adalah salah satu tren baru dalam dunia marketing yang sangat terkenal. Tercatat sudah lebih dari 70% perusahaan besar di dunia yang sudah mengeluarkan minimal satu aplikasi yang dibalut dengan gamification di akhir tahun 2014 lalu.

Persentase tersebut terus meningkat setiap tahunnya hingga saat ini. alasannya adalah karena strategi Gamification dinilai mampu meningkatkan tingkat engagement sampai 150% banyaknya.

Nah, pada artikel kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang gamification yang sering dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran.

Gamification adalah

Di dalam dunia marketing, gamification adalah suatu teknik atau metode yang menerapkan permainan atau game ke dalam strategi pemasaran. Dilansir dari C&EN Media Group, gamification adalah salah satu strategi marketing yang pertama kali diterapkan pada tahun 2010 lalu.

Dengan menerapkan strategi gamification, Anda bisa menambahkan berbagai elemen menarik pada sites website atau aplikasi dengan tantangan, hadiah, dll. Hal tersebut mampu memicu ketertarikan para pengguna untuk bisa berlomba-lomba dalam permainan. Gamification terbukti mampu meningkatkan nilai engagement, brand loyalty, serta nilai positif lainnya dalam suatu perusahaan.

Baca juga: Diskon Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung Diskon

Elemen Penting Gamification

Untuk bisa menghasilkan strategi gamification yang sukses, terdapat tiga hal penting yang harus selalu Anda ingat, yakni poin, badges, serta papan peringkat.

  • Poin

Hal pertama yang paling penting dalam menerapkan gamification adalah poin. Poin adalah suatu cara sederhana yang mana setiap pengguna akan memperoleh suatu hadiah ataupun imbalan saat selesai melakukan sesuatu.

Contoh sederhananya adalah pemberian poin dalam jumlah tertentu saat mereka  melakukan pembayaran non tunai bila tujuannya adalah meningkatkan sistem pembayaran non tunai. Poin yang diterima oleh pelanggan nantinya bisa dikumpulkan agar bisa melakukan pembelian selanjutnya ataupun mengklaim hadiah lain.

  • Lencana

Lencana ini bisa diberikan sebagai suatu bentuk apresiasi saat pelanggan mampu mencapai poin tertentu, seperti jika telah mencapai suatu level saat selesai melakukan permainan berkali-kali atau melakukan pembelian setelah beberapa kali.

  • Papan peringkat

Leaderboard atau papan peringkat adalah suatu metode yang memudahkan setiap pelanggan untuk melihat hasil posisinya dengan dibandingkan pengguna lainnya berdasarkan skor yang sudah didapatkan. Hal tersebut mampu membuat pelanggan merasa semakin kompetitif dan terus menerus berkompetisi dengan pelanggan lain.

Manfaat Gamification

Salah satu manfaat dari menerapkan strategi pemasaran gamification adalah memperbaiki sales funnel. Kenapa? Karena gamification mampu memberikan kesan yang baik untuk para pelanggan, sehingga mampu meningkatkan brand awareness Anda.

Jika para pelanggan sudah mengenal brand Anda dan memikirkannya secara terus menerus, maka akan timbul rasa penasaran pada mereka dan ingin berlangganan atau membeli produk Anda, dan pada akhirnya pelanggan potensial bisa diubah menjadi pelanggan tetap dengan menerapkan gamification.

Kelebihan dan Kekurangan Gamification

  • Kelebihan

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan Survey Anyplace, gamification adalah satu dari sekian banyak cara yang berguna untuk meningkatkan engagement pelanggan, calon pelanggan, atau klien Anda. Memberikan suatu hadiah menarik dengan menerapkan permainan terbukti mampu meningkatkan loyalitas serta opini yang positif terkait produk atau brand Anda.

Selain itu, gamification juga terbukti mampu memberikan kesan pencapaian serta kompetisi yang baik untuk para pelanggan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa umumnya orang-orang ingin selalu dipandang dan juga memperoleh imbalan setelah mereka melakukan suatu pekerjaan yang baik ataupun menang dari orang lain. Sehingga, gamification mampu meningkatkan engagement dengan cara yang tepat.

Terakhir, gamification adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan prospek pada setiap pelanggan. Dengan menerapkan gamification adalah, Anda bisa menciptakan segmentasi calon konsumen agar pemasaran bisa dilakukan secara lebih tepat.

  • Kekurangan

Walaupun gamification memiliki beberapa keunggulan yang menarik, tapi strategi gamification tetap saja mempunyai beberapa kelemahan. Salah satunya adalah kurang pekanya para pelaku bisnis dalam menghadirkan suatu kesan yang menyenangkan dalam strategi gamification nya .

Jadi, gamification pada dasarnya harus bisa dilakukan secara ideal, dan bukan hanya sekedar permainan saja. Namun juga harus menghadirkan suatu fitur atau aplikasi yang memanfaatkan berbagai elemen dalam permainan tersebut.

Selain itu, ketika suatu brand besar ingin menerapkan gamification, banyak dari mereka yang harus menyiapkan sejumlah dana besar. Setidaknya, berbagai perusahaan tersebut harus mengeluarkan dana ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Tapi, angka tersebut hanya suatu perkiraan saja yang nantinya masih bisa disesuaikan lagi. Selain itu, hasil dari diterapkannya gamification nanti pun akan bisa menutupi biaya tersebut.

Contoh sederhananya, industri aplikasi permainan di luar negeri adalah industri yang sangat besar. Untuk menciptakan yang sangat berkualitas pun mereka harus mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada pembuatan film. Bahkan, terdapat salah satu permainan komersil yang mempunyai biaya produksi sampai angka triliunan rupiah.

Jadi, pada akhirnya yang harus dicapai adalah tujuan dari adanya pemasaran pada bisnis itu sendiri. Tujuan tersebut pun tentunya sangat beragam, mulai dari meningkatkan engagement atau meningkatkan hubungan yang baik dengan para konsumen, sampai mengenalkan atau menarik perhatian setiap pelanggan baru.

Penerapan Gamification

  • Mulailah dengan Sesuatu yang Sederhana

Jika Anda memang belum pernah mencoba strategi pemasaran gamification, Anda bisa memulainya dengan permainan yang sederhana agar bisa lebih mudah dilakukan atau diterima calon pelanggan Anda. jadi, Anda bisa mulai memberikan suatu penghargaan pada pengguna yang mengunjungi laman Facebook,  follow akun twitter dan instagram resmi Anda, atau klik tombol subscribe di channel youtube Anda.

Pastikanlah setiap postingan yang Anda upload di media sosial tersebut memiliki daya tarik yang tinggi, sehingga mampu menghasilkan awareness yang baik pada produk Anda.

  • Buatlah Rancangan Gamification yang Baik

Usahakan lah untuk tidak membuat rancangan gamification yang sangat rumit. Cobalah untuk merancang permainan sesederhana mungkin agar menjadi suatu rangkaian kegiatan kecil yang mampu dipelajari oleh para pelanggan Anda secara bertahap

Berikanlah informasi yang benar-benar mereka perlukan agar mereka tertarik untuk melanjutkan permainan. Buatlah rancangan gamification yang baik dan pastikan setiap pelanggan Anda tidak hanya mampir atau berkunjung saja pada aplikasi atau website Anda.

Jadi, gamification harus mampu mengarahkan pelanggan pada bagian lain dari website atau aplikasi Anda agar mereka mampu mempelajari produk ataupun jasa yang Anda miliki.

  • Perhatikanlah Demografi Audiens Anda

Untuk bisa menerapkan strategi gamification di dalam strategi pemasaran bisnis Anda, cobalah untuk mempertimbangkan demografi dari audiens Anda. Hal ini sangat penting agar permainan yang Anda buat bisa sesuai dengan ketertarikan setiap pelanggan Anda.

Hasil data statistik yang dikeluarkan oleh Los Angeles  Games Conference pada tahun 2011 mengatakan bahwa 50% dari situs pelanggan online terdiri dari wanita, yang mana 30% diantaranya berusia 45 tahun.

Sehingga, dengan begitu Anda bisa lebih mengetahui permainan apa yang sebenarnya mereka sukai.

  • Berikanlah Lencana sebagai Bentuk Apresiasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Lencana ini sangat penting untuk mengapresiasi pelanggan Anda. Apakah Anda masih ingat tentang bagaimana Foursquare mampu menarik jutaan penggunanya dengan adanya fitur check ini yang lalu ditiru oleh berbagai akun sosial media lain?

Pemberian lencana ini sangat berguna agar mereka tetap terhubung dengan bisnis Anda. Jadi, nantinya para pelanggan akan menikmati pujian atas suatu kegiatan yang mereka sudah lakukan agar bisa dipamerkan atau sekedar bersaing dengan para pelanggan lainnya.

  • Buatlah Leaderboard

Sama seperti yang kita bahas bersama diatas, bahwa leaderboard adalah salah satu fitur permainan yang bisa diterapkan dalam strategi gamification Anda. Papan skor ini mampu menampilkan urutan permainan secara visual berdasarkan peringkat yang sudah mereka peroleh di dalam permainan.

Fitur ini berfungsi untuk menunjukkan pemain mana saja yang sudah mencapai poin paling banyak. Sehingga akan menimbulkan rasa kompetisi bagi para pelanggan untuk mengumpulkan lebih banyak poin.

Dalam hal strategi pemasaran, Anda bisa memasang papan skor ini untuk memperlihatkan urutan pelanggan berdasarkan jumlah pembelian yang sudah dilakukan pelanggan, tingkat loyalitas, dan rating yang mereka berikan pada produk Anda. Sehingga, tingkat kepercayaan pada produk Anda akan semakin meningkat.

Baca juga: Word of Mouth Adalah Strategi Pemasaran Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan

Penutup

Di dalam dunia marketing, gamification adalah suatu teknik atau metode yang menerapkan permainan atau game ke dalam strategi pemasaran

Dengan menerapkan strategi gamification, Anda bisa menambahkan berbagai elemen menarik pada sites website atau aplikasi dengan tantangan, hadiah, dll.

Gamification terbukti mampu meningkatkan nilai engagement, brand loyalty, serta nilai positif lainnya dalam suatu perusahaan. Pada akhirnya, strategi gamification yang tepat mampu meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan Anda, sehingga mampu mencapai tujuan bisnis secara lebih baik.

Nah, untuk bisa memastikan keuntungan atau laba perusahaan Anda, maka diperlukan laporan laba yang tepat dan akurat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2