GRP Adalah Komponen Penting Di Dalam Media Planning, Benarkah?

Pada dasarnya, gross rating point atau GRP adalah suatu pengukuran yang sangat penting bila Anda ingin membuat iklan di televisi. Walaupun perhitungan yang satu ini lebih dekat dengan periklanan tradisional, namun setiap pengiklan digital juga harus memahaminya dengan baik.

Kenapa? Karena metrik ini juga bisa Anda terapkan untuk memasang iklan di Facebook yang sangat ini tengah memimpin dunia periklanan digital.

Lalu, apa itu GRP? Bagaimana cara menghitungnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang GRP di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Gross Rating Point?

Berdasarkan laman Chron, gross rating point adalah suatu bentuk pengukuran performa iklan atau advertising, yang umumnya ditampilkan di televisi. Perhitungan untuk GRP ini umumnya bisa dilihat dari memantau rating TV mingguan dan juga ranking program TV.

Biasanya, kalkulasi gross rating point dilakukan oleh para media planner agar bisa mengetahui banyaknya orang yang kemungkinan akan melihat iklan yang akan ditampilkan. Angka GRP akan ditampilkan dalam bentuk persentase target pasar dikali dengan frekuensi exposure.

Dengan adanya perhitungan gross rating point, Anda bisa melakukan evaluasi kesuksesan strategi periklanan yang dilakukan perusahaan. Berdasarkan angka yang sudah didapatkan tersebut, nantinya Anda bisa menentukan tingkat kesuksesan strategi iklan yang saat ini sudah dijalankan agar bisa dilakukan perbaikan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Mengapa Gross Rating Point Penting?

GRP memiliki peran yang sangat penting karena merupakan metrik dominan yang mampu menentukan rencana pembelian slot iklan di televisi.

Berdasarkan laman Send Pulse, GRP adalah penilaian yang harus dilakukan oleh perusahaan agar bisa melakukan identifikasi tingkat kesuksesan periklanan dan juga exposure dari suatu kampanye iklan. Dengan menggunakan GRP, Anda bisa mengetahui dampak dari kampanye iklan yang dilakukan pada orang yang melihat iklan tersebut.

Semakin tinggi nilai rating dari suatu program, maka akan semakin tinggi juga penonton yang akan melihat iklan Anda. Acara atau program yang mempunyai nilai GRP tinggi pasti akan sangat diminati oleh para pengiklan karena bisa memberikan kesuksesan pada kegiatan promosinya.

Biasanya, GRP akan lebih sering digunakan untuk iklan di TV, namun setiap pengiklan digital pun tetap harus memahami hal ini.

Laman resmi Aniview menjelaskan bahwa GRP memiliki potensi untuk mengaitkan media iklan tradisional dengan iklan digital. Karena, dengan adanya penilaian GRP, setiap pengiklan bisa membandingkan kinerja kampanye di berbagai saluran, baik itu saluran tradisional ataupun digital, secara lebih mudah.

Sehingga, anggaran dan pembuatan strategi pemasaran nantinya bisa dilakukan secara baik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, GRP adalah metrik yang bisa juga digunakan di dalam periklanan Facebook.

Facebook menjalin kerjasama dengan Nielsen untuk bisa membandingkan kinerja FB Ads dengan iklan di TV yang terus mengalami perkembangan layanan.

Baca juga: Iklan Barang: Jenis, Contoh, dan Tips Membuatnya

Cara Menghitung Gross Rating Point

Setiap satu customer oriented, artinya iklan Anda sudah berhasil meraih 1% dari seluruh total audiens potensial. Berdasarkan laman Vertical Rail, rumus untuk menghitung GRP adalah sebagai berikut:

Gross Rating Point = Reach (% audiens yang sudah tercapai) x Frekuensi (jumlah ad impression)

Agar bisa lebih memahami bagaimana cara untuk menghitung GRP, Anda bisa memerhatikan contoh kasus di bawah ini:

Katakanlah ada suatu kampanye iklan yang mampu memberikan rata-rata 5 impression pada satu juta orang dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun. Populasi rata-ratanya adalah sebesar 70 juta orang. Berdasarkan rumus diatas, cara menghitungnya adalah sebagai berikut

GRP = (1.000.000 : 70.000.000) x 5

GRP = 1,43% x 5

GRP= 7,15

Rating yang tinggi menandakan ada banyak audiens yang menonton atau melihat kampanye iklan Anda. Namun, tingginya nilai GRP tidak bisa menjamin kesuksesan kampanye iklan. Anda harus tetap melakukan jumlah penjualan yang berhasil diperoleh perusahaan setelah memasang iklan.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang GRP atau gross rating point. Jadi, GRP adalah suatu bentuk pengukuran performa iklan atau advertising, yang umumnya ditampilkan di televisi.

GRP sangat penting untuk menilai potensi ikan yang sudah Anda lakukan di televisi ataupun di periklanan digital. Setelahnya, Anda bisa mengevaluasi tingkat kesuksesan kampanye iklan tersebut. Bila sukses, maka Anda akan mendapatkan banyak penjualan yang akan mampu meningkatkan laba perusahaan Anda.

Namun, Anda harus mencatat laba tersebut di dalam laporan laba rugi perusahaan. Nantinya, laporan ini harus Anda masukan ke dalam laporan keuangan dan menyajikannya secara tepat agar bisa membuat keputusan bisnis yang tepat untuk perusahaan Anda.

Tapi, membuat laporan keuangan secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu. Terlebih lagi, Anda harus berhadapan dengan risiko kesalahan input data dan kecurangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online adalah aplikasi yang mampu menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan juga akurat.

Karena aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website, maka Anda juga bisa menggunakannya secara mudah dimana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo klik banner di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.