Iklan Komparatif: Pengertian, Manfaat, Strategi dan Contohnya

Keterampilan dalam membuat iklan komparatif adalah keterampilan penting yang harus dimiliki jika Anda terlibat dalam pemasaran perusahaan, terutama jika perusahaan tersebut memiliki satu atau lebih pesaing utama.

Memahami dasar-dasar periklanan komparatif dan menerapkannya dalam bisnis Anda dapat membantu Anda menjadi pemasar yang lebih maju dan membangun pengetahuan industri. Anda dapat menggunakan kampanye pemasaran iklan komparatif perusahaan lain sebagai panduan untuk memilih strategi yang paling berdampak untuk proyek Anda yang akan datang.

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi konsep iklan komparatif dan meninjau beberapa contoh periklanan komparatif yang efektif yang dapat Anda terapkan dalam pemasaran bisnis Anda.

Apa itu iklan komparatif?

Periklanan komparatif adalah strategi promosi di mana profesional pemasaran mengidentifikasi perbedaan antara bisnis dan pesaing langsungnya sebagai cara untuk membujuk pelanggan untuk mencoba produk atau layanan tertentu.

Iklan komparatif menekankan bagaimana produk dan layanan yang Anda buat lebih baik daripada yang serupa yang tersedia di pasar. Saat membuat kampanye iklan komparatif, Anda dapat memilih untuk membandingkan produk dengan satu pesaing, dengan berbagai perusahaan lain di bidang Anda, atau dengan representasi fiktif dari pesaing Anda. Iklan komparatif biasanya menyertakan audio, teks, atau visual yang merangkum mengapa produk Anda lebih unggul.

Iklan komparatif dapat menargetkan setiap aspek produk perusahaan, termasuk biaya, nilai, kualitas, estetika, kinerja, penerimaan sosial, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan iklan komparatif untuk menekankan aspek positif dari produk perusahaan Anda atau untuk meremehkan pesaing dengan menyoroti sifat negatif dari produk pesaing mereka.

Baca juga: Native Ads, Cara Baru Beriklan dengan Tampilan yang Bersahabat

Manfaat menggunakan iklan komparatif

Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan iklan komparatif sebagai teknik pemasaran:

Membedakan merek Anda

Periklanan komparatif adalah cara langsung dan langsung untuk memberi tahu konsumen tentang apa yang membuat suatu merek unik. Dengan membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lain secara berdampingan, Anda menunjukkan kepada pelanggan alasan spesifik produk Anda istimewa, memperkuat merek Anda.

Jenis iklan ini sering kali menggunakan pesan “kita versus mereka” yang menyatukan semua pesaing Anda ke dalam satu kategori sambil menunjukkan betapa istimewanya merek unggulan.

Menekankan manfaat produk Anda

Metode periklanan komparatif dapat membuat atribut positif produk Anda tampak lebih signifikan daripada jika Anda tidak menggunakan perbandingan. Mengatakan bahwa produk Anda bagus mungkin tidak cukup meyakinkan dengan sendirinya, tetapi mengatakan bahwa produk Anda lebih baik daripada pesaing dapat menarik minat konsumen.

Meyakinkan pelanggan untuk mencoba sesuatu yang baru

Memperoleh pangsa pasar yang lebih besar adalah salah satu tujuan utama periklanan, dan metode pemasaran komparatif adalah cara yang bagus untuk menarik konsumen yang saat ini menyerahkan bisnis mereka kepada perusahaan pesaing.

Ketika pelanggan melihat produk yang mereka gunakan saat ini secara negatif dibandingkan dengan produk unggulan, mereka mungkin mempertimbangkan kembali kebiasaan membeli mereka. Iklan komparatif dapat membuat konsumen penasaran tentang berapa banyak nilai lebih yang bisa mereka dapatkan dengan menggunakan produk perusahaan Anda, mendorong mereka untuk melakukan pembelian dan melihat sendiri.

Membangun loyalitas

Selain menarik pelanggan baru dari merek pesaing, menggunakan iklan komparatif adalah cara yang bagus untuk memperkuat basis pelanggan Anda saat ini. Pelanggan saat ini yang melihat iklan komparatif untuk produk Anda mungkin merasa divalidasi oleh pilihan belanja cerdas mereka, mendorong mereka untuk terus membeli produk Anda dan mendukung merek Anda.

Jenis iklan ini akan memanfaatkan keinginan orang untuk bias konfirmasi, membuat mereka lebih cenderung memilih produk Anda lagi daripada mencoba sesuatu yang baru.

Memanfaatkan fakta dan penelitian

Jika Anda memiliki akses ke riset pasar tentang produk Anda dibandingkan dengan produk perusahaan lain, iklan komparatif adalah cara yang efektif untuk membagikan informasi tersebut kepada audiens.

Memberi konsumen detail dan fakta spesifik tentang kinerja produk Anda dibandingkan dengan produk lain memberi mereka alasan konkret untuk melakukan pembelian.

Misalnya, jika Anda memiliki harga terendah di pasar, Anda dapat menekankan keterjangkauan produk Anda dengan membandingkan harga Anda dengan pesaing lain yang lebih mahal.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Budget Iklan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Siapa yang harus menggunakan iklan komparatif?

Perusahaan paling diuntungkan dari iklan komparatif jika saat ini mereka tidak memiliki mayoritas pangsa pasar. Jika sebuah perusahaan sudah sangat sukses dan memiliki produk paling populer dalam kategori tertentu, iklan komparatif sebenarnya dapat memberikan eksposur gratis kepada perusahaan lain dan menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa mereka memiliki pilihan lain.

Sebagai perusahaan yang mencoba untuk menantang pesaing yang lebih besar, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan eksposur gratis karena mereka sudah populer. Perusahaan yang sedang berkembang memiliki keuntungan terbesar dari iklan komparatif, menjadikannya strategi yang ideal ketika mencoba menantang merek yang sukses.

Praktik terbaik untuk iklan komparatif

Sebelum Anda mulai mempersiapkan kampanye iklan komparatif, pastikan Anda memahami implikasi hukum dari membuat klaim tentang produk perusahaan lain. Di negara lain seperi Amerka, memiliki undang-undang dan peraturan tentang apa yang dapat Anda katakan dalam iklan komparatif. Anda harus dapat mendukung klaim apa pun yang Anda buat dalam iklan Anda dan tidak boleh menyebarkan informasi palsu atau menyesatkan pelanggan. Untuk memastikan iklan komparatif Anda mematuhi hukum, ikuti praktik terbaik berikut:

Pastikan faktanya

Lakukan riset tentang produk lain yang ada di pasaran sebelum membuat klaim bahwa produk Anda adalah yang terbaik dalam kategori tertentu. Jika Anda mengatakan bahwa Anda adalah satu-satunya produk di pasar yang menggunakan semua bahan organik, tetapi merek lain juga menggunakan semua bahan organik, mereka dapat mengajukan klaim terhadap Anda.

Lakukan studi mandiri

Mempekerjakan perusahaan luar untuk melakukan studi yang menguji klaim Anda terhadap pesaing adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda menggunakan penelitian yang tidak bias untuk membuktikan perbandingan Anda. Jika Anda menemukan penelitian yang bertentangan saat menyiapkan iklan komparatif, lakukan upaya ekstra untuk memverifikasi hasil tersebut dan membatasi tanggung jawab Anda sendiri.

Jadilah spesifik

Gunakan bahasa tertentu dan kualifikasi yang jelas saat mendiskusikan produk dalam iklan. Menjadi terlalu kabur atau umum dapat meninggalkan terlalu banyak ruang untuk interpretasi di mana pelanggan dapat disesatkan. Jika penelitian Anda mengungkapkan bahwa strip pengujian kolam renang Anda memberikan hasil yang akurat dalam waktu lima menit, jelaskan tentang klaim itu alih-alih mengatakan bahwa Anda memiliki strip pengujian terbaik dan paling akurat di pasar.

Baca juga: Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda

10 Jenis Iklan Komparatif

Bacalah contoh-contoh berbagai jenis pemasaran komparatif ini untuk mendapatkan ide tentang berbagai cara Anda dapat membangun strategi periklanan yang kompetitif:

1. Mengutamakan gaya hidup

Salah satu cara umum untuk menggunakan iklan komparatif adalah berfokus pada gaya hidup pengguna daripada fitur atau desain produk tertentu. Iklan yang menunjukkan pengguna satu produk memiliki gaya hidup ideal sementara menunjukkan orang yang menggunakan pesaing memiliki gaya hidup yang tidak memuaskan menggunakan konsep iklan komparatif untuk menunjukkan keunggulan satu produk di atas produk lainnya.

Misalnya, sebuah perusahaan mobil dapat menunjukkan seseorang mengendarai mobil model mereka ke berbagai acara yang menyenangkan dan mengasyikkan sementara seseorang dalam model yang bersaing berkeliling menjalankan tugas yang membosankan.

2. Membandingkan nilai

Beberapa iklan komparatif mengukur nilai satu produk dibandingkan dengan pesaing untuk menarik bisnis.

Setiap kali sebuah perusahaan mengklaim bahwa mereka “lima kali lebih efektif” atau “Anda memerlukan dua botol produk pesaing untuk mencapai apa yang dilakukan produk kami dalam satu botol”, mereka menggunakan jenis iklan komparatif ini.

Misalnya, sebuah perusahaan sabun dapat menunjukkan satu batang sabun mereka di samping empat batang sabun pesaing untuk menunjukkan bahwa mereka menawarkan nilai empat kali lipat.

3. Tes rasa buta

Menjalankan tes rasa buta dan membagikan hasilnya adalah cara umum menggunakan iklan komparatif untuk menjual produk makanan. Menghapus semua branding, meminta pelanggan membagikan pendapat mereka, kemudian mengungkapkan bahwa produk Anda adalah yang mereka sukai adalah formula populer untuk perbandingan uji rasa.

4. Demo langsung

Demonstrasi langsung tentang bagaimana satu produk bekerja dibandingkan dengan produk lain adalah contoh klasik dari iklan komparatif. Ini sangat umum dalam infomersial yang menunjukkan kecepatan atau efektivitas satu produk di samping produk serupa yang tidak efektif.

5. Umpan balik pelanggan

Menggunakan testimonial pelanggan tentang betapa mereka lebih menyukai produk Anda daripada yang lain adalah metode umum untuk iklan komparatif. Anda dapat menggunakan kutipan dari pelanggan yang puas yang beralih dari pesaing untuk menunjukkan keunggulan Anda tanpa membahas produk atau layanan pesaing yang sebenarnya.

6. Berbagi statistik

Menggunakan statistik tentang seberapa baik suatu produk bekerja dibandingkan dengan penawaran serupa adalah contoh populer lain dari iklan komparatif. Misalnya, perusahaan telepon sering berbagi statistik tentang jangkauan jaringan mereka dibandingkan dengan jangkauan pesaing, berbagi rincian konkret dari studi independen untuk menarik pelanggan.

7. Visual berdampingan

Banyak perusahaan menggunakan iklan komparatif dengan menunjukkan produk mereka berdampingan dengan produk serupa dan menguraikan perbedaan utama.

Menggunakan gambar produk yang sebenarnya memudahkan konsumen untuk melihat dengan tepat mengapa satu produk lebih unggul, membiarkan mereka menarik kesimpulan sendiri dan membantu mereka merasa percaya diri dalam pilihan pembelian mereka.

8. Pemeragaan ulang pengalaman pelanggan

Iklan video sering kali menampilkan peragaan ulang pelanggan yang menggunakan produk mereka dan produk pesaing untuk menunjukkan betapa mudahnya menggunakan merek mereka.

Misalnya, Bank online dapat mengiklankan layanan pelanggan yang lebih nudah mereka dengan menunjukkan layar terpisah dengan pelanggan yang melakukan transkaksi perbankan kapanpun dengan mudah, sementara orang yang menyetor di perbankan konvensional duduk dalam antrean dan menunggu di telepon.

9. Perbandingan non-spesifik

Ketika bisnis menggunakan istilah seperti “merek terkemuka” atau “produk lain” tanpa benar-benar menunjukkan merek pesaing, mereka menerapkan perbandingan yang tidak spesifik. Ini biasanya melibatkan pengelompokan semua pesaing bersama-sama dan berfokus pada nilai utama dari produk mereka yang ditawarkan kepada pelanggan.

10. Menampilkan fitur unik

Jika suatu produk atau layanan memiliki fitur yang tidak dimiliki orang lain di pasar, perusahaan dapat menekankan keunikan fitur tersebut dalam iklan mereka. Menampilkan kesamaan antara semua pesaing produk kemudian menunjukkan sifat khusus dari produk yang Anda iklankan membuat perbandingan langsung berdasarkan fungsi produk.

Misalnya, jika cuci mobil lokal adalah satu-satunya di daerah yang menawarkan sampo interior gratis, mereka dapat beriklan dengan menekankan bahwa pesaing mereka tidak memiliki layanan ini.

Baca juga: Iklan Digital: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap iklan komparatif dan juga berbagai contohnya yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda. Untuk memudahkan pencatatan dan mengalokasikan biaya iklan dalam bisnis, Anda memerlukan sistem pembukuan yang baik. Hindari proses pembukuan manual, selain memakan waktu, proses ini juga rentan dengan kesalahan yang mengakibatkan bias informasi dan berdampak pada keputusan bisnis yang Anda ambil.

Gunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pencatatan seluruh transaksi dan pembukuan yang lebih modern.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu penggunda dari berbagai jenis bisnis dan telah berpengalaman lebih dari 20 tahun membantu para pengusaha menghasilkan keuntungan lewat sistem akuntansi yang lebih baik.

Tertarik mencoba menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.