Berbagai Indikator Kepemimpinan yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

Apakah Anda sudah mengetahui cara yang baik dalam mengukur keberhasilan seorang pemimpin dalam memimpin anak buahnya di dalam perusahaan? Apakah ada suatu indikator kepemimpinan yang baik dalam menilai kepemimpinan?

Biasanya, penilaian keefektifan kepemimpinan, terutama CEO, bisa dinilai dari pencapaian ataupun kerugian finansial yang sudah diraih pada tahun sebelumnya.

Tapi, indikator untung rugi saja tidak bisa digunakan untuk menilai seluruh aspek kepemimpinan secara menyeluruh. Penilaian tersebut hanya akan menampilkan pada kita apa yang telah terjadi di masa lalu.

Untuk itu, indikator kepemimpinan yang baik seharusnya tidak cukup hanya dengan menilai kinerja di masa lalu saja. Lantas, apa saja indikator kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menilai tingkat keefektifan pemimpin atau manajer di perusahaan? Ketahui jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang indikator kepemimpinan di bawah ini hingga selesai.

Fungsi Indikator Kepemimpinan

Di dalam perusahaan, tidak hanya karyawan saja yang harus dievaluasi. Pemimpin pun harus dievaluasi. Memimpin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kepemimpinan ataupun leadership adalah salah satu hal yang penting untuk membangun tingkat kesuksesan dan mempertahankan keberlangsungan suatu organisasi.

Untuk itu, pemimpin perusahaan pun perlu memperoleh feedback. Berbagai kritik, saran, dan juga penilaian ini akan menjadi suatu bahan pertimbangan terkait tipe pemimpin yang tepat untuk lingkungan perusahaan.

Melalui hal tersebut, nantinya bisa diketahui gaya kepemimpinan yang selama ini diterapkan sudah tepat ataukah belum. Selain itu, bisa digunakan juga untuk memprediksi performa pemimpin di masa depan.

Dengan menggunakan penilaian ini, Anda dan karyawan lainnya di perusahaan bisa lebih yakin bahwa pemimpin tersebut adalah seseorang yang tepat, siap dan bertanggung jawab atas performa orang lain.

Evaluasi yang baik harus menjadi bagian di dalam program suatu perusahaan dalam menjelaskan arah organisasi, memberikan kesempatan dan peluang, serta mengembangkan calon pemimpin baru untuk masa depan.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik, Wajib Diketahui!

6 Indikator Penilaian Kepemimpinan

Sebagian besar pemimpin dan manajer tentu sudah mengetahui peran penting kerja sama tim dalam memberikan hasil yang diharapkan. Tapi, seringkali terdapat kesenjangan antara apa yang dipahami dan apa yang sebenarnya dilakukan dalam kegiatan sehari-harinya.

Nah, berikut ini adalah indikator kepemimpinan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah Anda seorang pemimpin yang efektif atau belum efektif.

1. Kemampuan Analisis dan Mengambil Keputusan

Keterampilan dalam melakukan analisis dan membuat keputusan sangat penting untuk bisa dimiliki oleh setiap pemimpin. Bisa dibilang hal ini menjadi salah satu indikator kepemimpinan yang paling utama dilihat saat melakukan evaluasi.

Seorang pemimpin yang baik mempunyai strategi pribadi yang lengkap dengan rencana dan tujuan dalam mencapainya. Beberapa pertanyaan yang harus dijawab adalah sebagai berikut:

  • Apakah pemimpin tersebut mampu memprediksi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari nanti?
  • Bagaimana cara dalam menentukan langkah yang harus diambil untuk mencapai suatu target tertentu?
  • Hal apa yang harus dilakukan untuk memprediksi hasil dari berbagai langkah tersebut?
  • Apakah pemimpin bisa meneliti masalah apa yang terjadi pada pekerjaan dan meneliti sumber masalahnya?
  • Apakah pemimpin bisa mengambil keputusan secara musyawarah atau malah bertindak sendiri?
  • Terakhir, apakah pemimpin tersebut bisa menyelesaikan masalah dengan tepat?

Pengambilan keputusan adalah salah satu strategi sistematis untuk bisa mempertimbangkan seluruh alternatif yang dihadapi dalam mengambil tindakan yang tepat dan juga berdasarkan dengan perhitungan.

Berdasarkan laman Sands Leadership, gaya kepemimpinan dan budaya perusahaan akan mempengaruhi baik atau tidaknya proses analisis dan cara pengambilan keputusan dari seorang pemimpin.

2. Kemampuan Memotivasi

Berdasarkan website resmi Forbes, kemampuan dalam memberikan motivasi adalah suatu prioritas yang penting bagi seseorang yang ingin menjadi seorang pemimpin hebat. Seorang pemimpin yang baik mampu memberikan motivasi dan memberdayakan orang lain dalam mengembangkan dan memanfaatkan kapasitas mereka secara lebih maksimal.

Hal tersebut tentu mampu membantu seseorang dalam melakukan pekerjaannya dengan tanggung jawab penuh. Sehingga, tujuan dan juga target yang sebelumnya telah ditetapkan akan tercapai. Tapi, kemampuan memotivasi dari seorang pemimpin bukan hanya itu saja.

Indikator kepemimpinan yang baik adalah mereka yang bisa melakukan kerjasama dan juga hubungan yang baik dengan bawahannya dalam melaksanakan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing.

Disadari atau tidak, saat ini banyak pemimpin tim yang meminimalisir peluang sukses dengan cara menciptakan lingkungan serta budaya kerja yang salah. Beberapa dari Anda juga mungkin pernah menjadi bagian dari organisasi suatu proyek yang sebetulnya adalah upaya tim bersama.

Tapi, pengakuan dan penghargaan dari atasan justru hanya fokus pada apa yang dilakukan oleh individu saja.

3. Kemampuan Komunikasi dan Mendengarkan

Seorang pemimpin tentu memiliki pengalaman, ide, dan juga keahliannya sendiri. Hal yang menjadi indikator kepemimpinan efektif dalam hal ini adalah apakah pemimpin tersebut mampu menyampaikan gagasan, pesan atau pikirannya pada orang lain agar mereka bisa memahami maksud sebenarnya atau tidak.

Hal tersebut bisa disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung.

Di sisi lain, jangan lupa juga bahwa orang lain yang berada di dalam tim pun mempunyai pengalaman, ide, dan keahliannya tersendiri. Pemimpin tim yang efektif akan selalu mau mendengarkan pendapat dan gagasan dari orang lain.

Pemimpin tim yang kurang percaya diri akan menumpahkan seluruh ide mereka pada tim dan tidak akan mau mendengarkan orang lain.

Baca juga: Kepemimpinan Fungsional: Pengertian Lengkap dan Karakteristiknya

4. Kemampuan Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Bagaimanapun juga, sikap, interaksi, dan cara bicara dari seorang pemimpin mampu mempengaruhi suasana dan iklim bekerja di perusahaan.

Setiap pemimpin memang harus mempunyai kemampuan dalam membuat orang lain mau mengikuti keinginannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kekuatan pribadi ataupun otoritas jabatan. Contohnya, bos di kantor yang mungkin saja akan menegur Anda dengan nada menyindir, meminta atau tegas seakan-akan menyuruh Anda.

Tujuannya adalah agar tugas Anda bisa selesai dengan baik dan menjaga kepentingan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Tapi, cara ini harus tetap dilakukan secara efektif dan tepat sesuai tempatnya.

Selain itu, indikator kepemimpinan yang baik pun bisa dilihat dari bagaimana cara menyelesaikan ataupun menangani suatu konflik. Konflik dari dalam tim ataupun perusahaan adalah suatu hal yang wajar dan bisa terjadi kapan saja.

Seorang pemimpin yang baik harus bisa menangani banyak perbedaan dan menyelesaikan konflik secara konstruktif, bukan destruktif.

Nah, bila saat ini Anda merasa suasana kantor sedang tidak nyaman, mungkin hal tersebut memiliki hubungan dengan performa pemimpin Anda.

5. Kemampuan Mendelegasikan Tugas atau Wewenang

Kepercayaan adalah indikator kepemimpinan lainnya yang tidak memiliki bentuk. Kepercayaan di dalam tim pun akan cenderung sulit sekali untuk di bangun dan bisa cepat hancur. Seorang pemimpin yang baik harus mengetahui dan mengenali setiap anggota timnya.

Namun, bukan mengetahui nama dan tempat tinggalnya saja. Pemimpin harus memahami keinginan, keahlian, keterampilan, kemampuan, sampai wawasan nyata terkait apa yang bisa mereka tawarkan untuk perusahaan.

Sehingga, sebagai seorang pemimpin Anda bisa mengetahui bagaimana, kapan, dan pada siapa Anda bisa mendelegasikan tugas.

6. Tanggung Jawab

Bekerja pasti akan ada momen naik atau turun. Indikator kepemimpinan yang baik dalam hal ini adalah pemimpin harus mengenal, bertanggung jawab, serta belajar dari kegagalan dan keberhasilan yang sudah diraih.

Seorang pemimpin yang baik harus bisa bertanggung jawab pada setiap anggota tim. Tanggung jawab dalam hal ini bisa diartikan sebagai kewajiban dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya secara tepat waktu.

Selain itu, bisa juga diartikan sebagai hadir tepat waktu, dan memastikan setiap tim bisa menyelesaikan kewajibannya masing-masing.

Tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai suatu kesanggupan dalam menanggung berbagai risiko yang mungkin terjadi, sampai akhirnya memberikan jawaban dan menanggung akibatnya.

Baca juga: Kepemimpinan Otokratis Adalah Gaya Kepemimpinan yang Efektif, Benarkah?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang indikator kepemimpinan yang harus Anda ketahui. Sebagai seorang pemimpin, tentunya Anda harus bisa memimpin tim dan memenuhi kebutuhan kerja dari tim Anda.

Salah satu kebutuhan tim, terlebih lagi di zaman yang sudah berkembang secara digital seperti saat ini, adalah penggunaan aplikasi bisnis. Salah satu rekomendasi aplikasi bisnis tersebut adalah Accurate Online.

Aplikasi ini mampu membantu tim Anda dalam menyelesaikan kegiatan penjualan dan pembelian, mencatat dan membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, mengurus administrasi perpajakan tanpa telat, dan masih banyak lagi.

Di dalamnya pun masih banyak fitur dan modul luar biasa yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan.

Jadi tunggu apa lagi? Segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.