Tertarik Memasang Iklan? Kenali Jenis Iklan yang Cocok untuk Bisnis Anda

Iklan adalah bentuk promosi yang dipakai untuk memperkenalkan keunggulan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat umum. Bagi Anda pemilik bisnis, mengalokasikan anggaran untuk iklan bisa membawa dampak signifikan bagi penjualan. Namun tentunya, memilih jenis iklan yang cocok juga perlu dipertimbangkan.

Saat ini, iklan telah memiliki berbagai bentuk yang sangat kreatif dengan media penyampaiannya beragam. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan bisnis yang dimiliki, tentunya dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut jenis-jenis iklan berdasarkan media pemasarannya yang cocok untuk bisnis Anda.

Media luar ruangan

Apakah Anda pernah terjebak macet cukup lama dan merasa bosan? Saat seperti itu biasanya Anda akan mulai mengedarkan pandangan ke sekeliling. Kemudian mata Anda tertumbuk pada sebuah gambar iklan yang tampak menarik dari suatu produk yang terpampang di baliho besar.

Itulah kira-kira cara menggaet konsumen dari media iklan luar ruangan. Banyak orang berlalu-lalang di jalanan adalah target pasar dari iklan. Cocok untuk Anda yang mulai membuka tempat usaha baru agar lebih dikenal penduduk lokal. Namun Anda juga perlu mempersiapkan bujet yang cukup untuk menyewa baliho atau mencetak spanduk.

Baca juga : Pengertian Sistem Inventory, Manfaat, serta Tips Pengelolaannya

Media elektronik

Memasang iklan di media elektronik seperti televisi atau radio bisa menjadi cara ampuh untuk mengenalkan produk ke khalayak luas. Keunggulan media elektronik adalah bentuk iklan yang atraktif dengan audio dan atau video. Iklan juga dibuat repetitif sehingga bisa memengaruhi rasa penasaran target iklan.

Jika Anda memiliki bisnis skala nasional dan berniat memasarkan produk baru, media elektronik bisa menjembatani keinginan tersebut. Jangan lupa perhitungkan pula anggaran yang akan dihabiskan untuk memasang iklan di media elektronik.

Media cetak

Meski sudah mulai ditinggalkan, memasang iklan di media cetak seperti koran atau majalah masih menjadi alternatif karena harganya yang lebih terjangkau. Masih ada sudut-sudut kota yang mengandalkan koran terutama dalam skala lokal sebagai sumber informasi. Anda bisa memasang iklan dalam beberapa baris, kolom, ataupun bentuk gambar yang lebih menarik.

Jenis iklan yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang mulai merintis usaha dan ingin memperluas jangkauan pelanggan. Anda juga bisa membuat iklan dalam bentuk katalog dan menempatkannya di tempat-tempat umum yang terjangkau oleh target konsumen produk.

Baca juga : Definisi Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Media sosial

Salah satu media yang sedang tren untuk beriklan saat ini adalah media sosial. Selain murah karena hanya membutuhkan kuota internet, jangkauan iklan juga bisa sangat luas. Beberapa media sosial yang sering dipakai adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sebelum memasang iklan di media sosial, Anda perlu mengenali terlebih dahulu karakteristik audiens dari tiap media sosial agar iklan tersebut bisa efektif. Belum lagi dengan persaingan produk di media sosial yang sangat ketat, Anda harus terus mengasah kreativitas agar konsumen bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Jika menginginkan iklan yang lebih fokus pada target, Anda bisa pula memilih jenis iklan yang berbayar.

Media internet

Selain media sosial, internet juga kini telah dilirik sebagai media beriklan yang efektif. Orang kini lebih suka mencari melalui mesin pencarian seperti Google untuk membeli sesuatu. Peluang ini dimanfaatkan menjadi jenis iklan semacam Google Ads untuk menarik konsumen. Selain pada mesin pencari, iklan seperti Google Ads ini juga bisa disematkan pada blog serta situs-situs tertentu.

Baca juga : Akuntansi Syariah : Arti, Ciri, & Bedanya Dengan Akuntansi Konvensional

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis iklan yang cocok untuk bisnis Anda. Pilihlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhan agar produk dan jasa Anda lebih dikenali oleh konsumen. Catat setiap pengeluaran iklan dengan cermat, karena biasanya pengeluaran untuk iklan adalah pengeluaran yang cukup besar dan rutin dilakukan pada interval waktu tertentu.

Untuk memudahkan pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Baca juga : Mempelajari Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis Pertanian Anda

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dam digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selma 30 hari melalui link ini.