Mengenal Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, dan Tujuannya

Iklan adalah suatu bentuk informasi yang berisi pesan menarik mengenai sebuah produk atau jasa. Dalam penerapannya, iklan dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, berdasarkan medianya, dan berdasarkan tujuannya.

Beragamnya jenis iklan yang ada disebabkan karena memang setiap iklan mempunyai latar belakang dan tujuan yang berbeda, Di mana masyarakat selaku konsumen dapat terdorong dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih terhadap barang atau jasa yang diiklankan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu mengetahui ragam jenis iklan ini sehingga Anda bisa menyasar dengan tepat subjek yang menjadi sasaran iklan. Berikut ini uraian mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis-jenis iklan berdasarkan isinya dibedakan menjadi empat jenis, yakni iklan penawaran, iklan layanan masyarakat, iklan pemberitahuan, dan iklan permintaan.

1. Iklan Penawaran (Niaga)

Mengutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018) karangan Taufiqur Rahman, iklan penawaran (niaga) adalah jenis iklan yang memperkenalkan, menawarkan, serta mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakat.

Secara garis besar, tujuan dari iklan penawaran adalah untuk mempengaruhi masyarakat agar mau membeli dan menggunakan produk yang diiklankan. Beberapa contoh dari jenis iklan ini meliputi iklan barang elektronik, iklan penjualan tanah, serta iklan jasa, yang semuanya dapat dengan mudah dijumpai di berbagai media seperti televisi, koran, hingga media sosial.

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat termasuk dalam jenis-jenis iklan berdasarkan isinya. Jenis iklan ini isinya berupa informasi atau himbauan kepada masyarakat umum tentang suatu ide atau gagasan untuk kepentingan masyarakat. Sehingga, tujuan dari iklan ini adalah untuk memberi penerangan atau meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai suatu hal.

Iklan layanan masyarakat juga harus memenuhi beberapa kriteria yakni tidak bersifat komersial atau mencari keuntungan, bersifat umum, ditujukan untuk semua lapisan masyarakat, dan diajukan oleh organisasi atau lembaga tertentu.

Beberapa contoh iklan layanan masyarakat antara lain iklan peduli lingkungan, anti berita hoax, serta iklan menaati peraturan lalu lintas.

3. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Menurut Faustyna dalam buku Manajemen Penerbitan Public Relations (2021), iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah jenis iklan yang bertujuan memberi tahu masyarakat mengenai suatu hal. Isinya tentu saja berupa informasi seperti pemberitahuan acara, berita duka cita, hingga pernikahan.

Namun, ada pula pemberitahuan seperti pembubaran perusahaan atau rapat pemegang saham yang biasanya dipasang oleh perusahaan-perusahaan.

4. Iklan Permintaan

Terakhir, yang termasuk dalam jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, yaitu iklan permintaan. Iklan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada masyarakat tertentu agar mau bekerja sama dengan pihak pengiklan. Tujuannya adalah untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Iklan ini pun biasa digunakan untuk mencari barang atau jasa yang sedang dibutuhkan, seperti iklan lowongan pekerjaan.

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Berdasarkan medianya, iklan dibagi menjadi iklan media cetak dan iklan elektronik.

1. Iklan Media Cetak

Sesuai namanya, iklan media cetak dibuat dengan cara dicetak. Iklan ini dapat ditemui di dalam koran, majalah, baliho, poster, hingga selebaran. Biasanya, iklan ini tidak lebih dari empat baris atau tidak sampai lebih dari kolom iklan. Sebab, dalam pembuatan iklan cetak terdapat aturan tertentu berdasarkan di mana iklan tersebut akan dipasang.

2. Iklan Elektronik

Jenis iklan ini menggunakan media elektronik dalam penyampaian dan tampilan iklannya. Iklan ini juga dapat dengan mudah ditemui saat ini, di antarnya melalui televisi, radio, hingga film.

Baca juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Selanjutnya, berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan menjadi iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan Komersial

Iklan komersial dipasang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi melalui peningkatan penjualan. Dalam iklan komersial terdapat pula tiga pembeda, yakni iklan konsumen, iklan professional, dan iklan bisnis.

2. Iklan Non-Komersial

Berbeda dari iklan komersial, iklan non-komersial tidak menitikberatkan untuk mendapat keuntungan ekonomi atau materiil, melainkan untuk mendapat keuntungan sosial.

Keuntungan sosial yang dimaksud adalah agar masyarakat mendapat wawasan tambahan, kesadaran diri, perubahan perilaku serta sikap masyarakat terhadap masalah yang ditampilkan dalam iklan tersebut.

Baca juga: Iklan Barang: Jenis, Contoh, dan Tips Membuatnya

Penutup

Iklan merupakan media untuk menyampaikan suatu informasi, baik yang bersifat komersial maupun non-komersial, yang ditujukan kepada khalayak ramai. Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, berdasarkan medianya, dan berdasarkan tujuannya.

Bagi perusahaan, iklan adalah salah satu hal memegang peranan besar dalam mempromosikan barang atau jasa yang disediakannya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Iklan pun dapat membentuk image perusahaan yang ingin diperlihatkan.

Karena itu, sebagian besar perusahaan menganggarkan sekian persen dananya untuk periklanan. Untuk memudahkan proses pengelolaan anggaran dan pencatatan segala pengeluaran ini, perusahaan Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, seperti laporan arus kas. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula.

Accurate Online dapat diakses kapan saja serta di mana saja sehingga Anda dapat memantau pekerjaan ataupun keuangan perusahaan secara fleksibel. Ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor industri juga telah menggunakan Accurate Online dalam pembukuan keuangannya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.