Kepemimpinan Informal: Pengertian dan Cara Menjadi Pemimpin Informal

oleh | Jan 5, 2022

source envato.

Kepemimpinan Informal: Pengertian dan Cara Menjadi Pemimpin Informal

Bahkan jika Anda tidak memiliki posisi otoritas di tempat kerja Anda, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan penunjukan Anda sebagai pemimpin informal. Memahami apa itu kepemimpinan informal, pentingnya mereka dan bagaimana menjadi pemimpin informal dapat membantu Anda menjadi individu yang lebih dihormati di tempat kerja Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan kepemimpinan informal, membuat daftar ciri-ciri pemimpin informal, menjelaskan pentingnya mereka, dan memberi Anda langkah-langkah untuk menjadi pemimpin informal.

Apa itu kepemimpinan informal?

Kepemimpinan informal mengacu pada kemampuan individu untuk dianggap sebagai pemimpin karena reputasi, kredibilitas, dan pengaruh mereka di tempat kerja. Individu dalam suatu organisasi memandang pemimpin informal sebagai orang yang layak untuk diikuti atau didengarkan.

Sementara pemimpin informal tidak memegang posisi kekuasaan dalam organisasi mereka dan tidak mengontrol siapa yang mengikuti mereka, mereka masih dapat mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka.

Kemampuan mereka untuk memimpin didasarkan pada tingkat rasa hormat, keyakinan dan kepercayaan orang lain di tempat kerja mereka.

Kemampuan mereka untuk menggunakan pengaruh berasal dari mereka membantu rekan-rekan mereka mencapai tujuan mereka dan memuaskan kebutuhan mereka.

Perlu diingat bahwa tidak seperti peran kepemimpinan formal dalam sebuah organisasi, pemimpin informal tidak mencoba untuk memimpin dengan niat.

Sementara pemimpin formal memiliki posisi penting dalam organisasi mereka, pemimpin informal tidak harus mengikuti aturan tertentu. Meskipun demikian, individu mengenali mereka sebagai pemimpin di tempat kerja.

Baca juga: Apa Itu Kepemimpinan Kolaboratif? Berikut Pengertian Lengkapnya

Ciri-ciri pemimpin informal

Biasanya, pemimpin informal memiliki seperangkat sifat tertentu yang membantu mereka mendapatkan gelar ini. Mengetahui sifat-sifat ini dan berfokus pada mereka sepanjang hari kerja Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menerima penunjukan ini di masa depan.

Ingatlah bahwa pemimpin informal mengembangkan sifat-sifat ini dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa ciri umum pemimpin informal:

1. Sifat memberi

Pemimpin informal menawarkan bantuan mereka tanpa motif tersembunyi. Mereka menyadari apa yang perlu dilakukan dan melakukannya — bahkan jika itu tidak bermanfaat bagi mereka. Dengan kata lain, mereka tidak mencari untuk mendapatkan apa pun dari bantuan yang mereka tawarkan.

2. Pemahaman yang mendalam tentang perusahaan

Pemimpin informal mengetahui kebijakan perusahaan, tujuannya, budayanya, sejarahnya, dan para pemimpinnya. Memiliki pengetahuan ini memungkinkan mereka untuk berbagi dengan orang lain.

3. Baik dalam membangun hubungan

Daripada hanya berinteraksi dengan sekelompok kecil orang, para pemimpin informal mengenal banyak orang di dalam organisasi mereka.

Berteman dan membangun hubungan dengan orang yang berbeda membantu mereka membangun kepercayaan dan loyalitas di antara rekan-rekan mereka. Kepercayaan dan loyalitas ini kemudian mengarah pada rasa hormat.

4. Pendengar aktif

Pemimpin informal sering mendengarkan semua sudut pandang sebelum memutuskan tempat kerja. Ini menunjukkan kepada rekan-rekan mereka bahwa mereka peduli dengan semua orang yang terlibat dan bukan hanya kepentingan mereka sendiri.

Baca juga: Kepemimpinan Afiliatif: Pengertian Lengkap dan Tips Mengembangkannya

Mengapa kepemimpinan informal penting?

Kepemimpinan informal memberikan banyak manfaat bagi organisasi perusahaan dan karyawannya, terlepas dari industri tempat mereka bekerja.

Pemimpin informal biasanya memiliki sekelompok orang yang mereka pengaruhi atau kendalikan secara informal di dalam organisasi mereka. Pengaruh mereka memberi mereka kemampuan untuk membuat dampak positif yang dapat dimanfaatkan perusahaan.

Misalnya, jika mereka mempengaruhi rekan-rekan mereka untuk bekerja lebih keras, mereka dapat meningkatkan produktivitas mereka yang kemudian dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan lebih cepat.

Dengan kata lain, mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi semua kelompok yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, ketika organisasi mengenali pemimpin informal, mereka dapat menggunakannya untuk keuntungan mereka.

Juga, menunjukkan keterampilan kepemimpinan informal Anda dapat mempengaruhi keputusan atasan Anda untuk mempromosikan Anda ke posisi kepemimpinan yang nyata dalam perusahaan Anda.

Jika atasan atau personalia Anda mengakui kualitas kepemimpinan Anda, mereka mungkin menganggap Anda layak untuk posisi kepemimpinan formal dalam organisasi mereka.

Baca juga: Kepemimpinan Transformasional: Pengertian, Karakteristik, Batasan dan Contohnya

Bagaimana cara menjadi pemimpin informal?

Meskipun menjadi pemimpin informal membutuhkan waktu, mengikuti serangkaian langkah tertentu membantu Anda mencapai penunjukan ini dengan kesuksesan yang lebih besar.

Dari mengembangkan keterampilan Anda hingga berkolaborasi dengan orang lain, Anda memiliki banyak peluang untuk meningkatkan sifat Anda sebagai pemimpin informal. Gunakan langkah-langkah ini untuk menjadi pemimpin informal:

1. Tingkatkan reputasi Anda

Untuk menjadi pemimpin informal, Anda perlu meningkatkan kredibilitas Anda sehingga orang-orang menganggap Anda layak untuk didengarkan.

Meskipun butuh waktu untuk membangun reputasi Anda, kredibilitas Anda dapat membantu meningkatkan reputasi Anda. Anda juga dapat meningkatkan reputasi Anda dengan menjadi akurat, menjadi otentik, menunjukkan keterampilan pemecahan masalah Anda dan membangun kepercayaan dalam hubungan tempat kerja Anda.

Memasukkan sifat-sifat ini ke dalam aktivitas harian Anda pada akhirnya dapat membantu meningkatkan cara orang lain memandang Anda.

2. Nilai kekuatan Anda

Luangkan waktu untuk mengevaluasi kekuatan Anda sebagai pemimpin informal. Buat daftar kekuatan ini dan pilih beberapa yang ingin Anda tingkatkan.

Misalnya, Anda dapat bekerja untuk menetapkan tujuan, mengambil tanggung jawab, atau membangun hubungan Anda.

Menilai kekuatan Anda dan berfokus pada beberapa hal sekaligus memungkinkan Anda untuk terus meningkatkan reputasi Anda sebagai pemimpin informal tanpa menjadi kewalahan.

3. Berteman

Meskipun penting untuk mengetahui tentang kebijakan dan tenggat waktu perusahaan Anda, mengenal semua orang secara pribadi dapat membantu Anda mendapatkan rasa hormat dan kekaguman yang lebih besar.

Alih-alih hanya membangun hubungan dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda secara dekat, jalinlah persahabatan dengan sebanyak mungkin orang di dalam perusahaan Anda.

Berteman dengan sengaja dapat membantu Anda mengembangkan hubungan yang lebih bermakna saat Anda menerima informasi yang dapat Anda gunakan untuk berhasil dan meningkatkan status Anda di dalam perusahaan.

Penting juga untuk membangun hubungan baik dengan orang-orang yang dukungannya Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas dan mencapai hasil.

Ini dapat mencakup pemangku kepentingan dan pemberi pengaruh. Oleh karena itu, mengetahui semua orang dalam organisasi Anda dapat membantu Anda menjadi pemimpin informal yang lebih baik.

Baca juga: Apa itu Coaching Leadership dan Kapan Menggunakan Gaya Kepemimpinan Ini?

4. Memberi dan menerima bantuan

Jika Anda selalu bersedia membantu rekan kerja, mereka cenderung ingin membantu Anda sebagai balasannya. Hubungi rekan kerja Anda untuk mengetahui apakah mereka membutuhkan bantuan.

Melakukan hal ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih kolaboratif, dapat membantu meningkatkan produktivitas dan membantu Anda mendapatkan dukungan mereka.

5. Tetap rendah hati

Alih-alih merenungkan bakat atau pencapaian Anda, fokuslah pada pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Apakah Anda sedang mendiskusikan pekerjaan terbaru Anda atau proyek terbaru Anda, tunjukkan kerendahan hati Anda. Pastikan orang lain tahu bahwa Anda mementingkan kebaikan yang lebih besar daripada pencapaian Anda sendiri.

6. Minta ide dan pendapat

Salah satu cara untuk menunjukkan kerendahan hati adalah dengan mencari nasihat dan ide dari orang lain. Anda juga dapat meminta umpan balik mengenai ide-ide Anda sendiri.

Ini menunjukkan bahwa Anda tidak percaya bahwa Anda berada di atas orang lain. Meminta umpan balik dan mengajukan pertanyaan yang bagus dapat membuat semua orang merasa terlibat, sekaligus menunjukkan bahwa Anda peduli.

7. Puji kolega Anda

Alih-alih mengakui setiap kesuksesan sebagai milik Anda sendiri, berikan pujian di tempat yang seharusnya. Jual setiap kesuksesan tim sebagai kesuksesan tim daripada kesuksesan yang Anda capai sendiri.

Ini menunjukkan rasa hormat terhadap rekan kerja Anda dan membantu mereka menghargai Anda.

Baca juga: Apa itu Kepemimpinan Transaksional? Berikut Pembahasan Lengkapnya

8. Tetap fokus

Pertimbangkan apa yang ingin Anda capai dalam tahun depan dan lima tahun ke depan. Mengetahui tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda dapat membantu Anda tetap fokus saat Anda bekerja untuk menjadi pemimpin informal.

9. Terus belajar

Sebagai pemimpin informal, penting untuk melanjutkan pengembangan pribadi Anda. Teruslah belajar hal-hal baru setiap hari, baik itu dari rekan kerja Anda, atasan Anda atau pengalaman Anda di tempat kerja. Terus belajar memastikan pengembangan pribadi dan profesional Anda.

Empat jenis pemimpin informal yang otentik

1. Pembangun kebanggaan

Jenis pemimpin ini adalah motivator utama orang lain, dan katalis untuk perbaikan di sekitar mereka. Sering ditemukan dalam peran manajer lini, mereka memahami motivasi orang-orang yang bekerja dengan mereka.

Mereka tahu bagaimana menumbuhkan rasa keunggulan di antara yang lain. Mereka dapat ditemukan di setiap tingkat hierarki; beberapa pembangun kebanggaan paling efektif berada di dekat garis depan, di mana mereka dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan juga karyawan.

Pembangun kebanggaan sering kali memiliki wawasan yang kuat tentang budaya dan tentang perilaku apa yang mungkin mengarah pada peningkatan.

2. Teladan adalah panutan

Mereka membawa perilaku atau keterampilan penting untuk hidup, dan orang lain memperhatikan mereka. Mereka sangat dihormati dan merupakan pemberi pengaruh sejawat yang efektif dalam kelompok manajemen menengah dan senior.

3. Networkers

Pemimpin ini adalah pusat komunikasi pribadi dalam organisasi. Mereka mengenal banyak orang, dan berkomunikasi secara bebas dan terbuka dengan mereka.

Mereka berfungsi sebagai penghubung di antara orang-orang yang mungkin tidak berbagi informasi atau ide. Jika Anda ingin melihat ide menyebar secara viral melalui perusahaan, mintalah networker Anda.

4. Pengadopsi awal

Dia adalah seorang yang dengan antusias mengikuti dan bereksperimen dengan teknologi, proses, dan cara kerja baru. Libatkan mereka dalam uji coba kinerja Anda, atau kapan pun Anda mencoba menunjukkan dampak dengan cepat.

Baca juga: Mengetahui Tipe Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap kepemimpinan informal dan cara menjadi pemimpin informal dalam sebuah bisnis. Proses menjadi pemimpin yang baik bukanlah pekerjaan satu malam. Proses ini memerlukan pengembangan berkelanjutan dari hari ke hari untuk membentuk sifat pemimpin yang baik dan profesioanal.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan memerlukan solusi pembukuan yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi terbaik yang memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan pembukuan, manajemen aset dan gudang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, multi mata uang, multi pengguna, proses rekonsiliasi transaksi otomatis, dan masih banyak lagi fitur yang akan memudahkan pengelolaan bisnis Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait