Apa itu Kepemimpinan Visioner? Ini Pengertian dan 4 Tips Mudah dalam Mengaplikasikannya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap orang mempunyai gaya kepemimpinannya sendiri dalam memimpin suatu organisasi ataupun perusahaan. Nah, salah satu gaya yang dinilai efektif untuk bisa diterapkan adalah gaya kepemimpinan visioner.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengenal sedikit tentang arti dari visioner ini. Tapi, apa sebenarnya gaya kepemimpinan visioner itu? Tenang, karena kami sudah merangkum jawabannya di bawah ini.

Apa itu Kepemimpinan Visioner?

accurate.id gambar pemimpin visioner-1

Berdasarkan laman The Balance Careers, kepemimpinan visioner adalah sebuah gaya kepemimpinan yang melihat visi ke depan dan berani mengambil tindakan untuk bisa mewujudkannya.

Sebenarnya, mereka yang memiliki gaya kepemimpinan ini akan selalu mampu melihat berbagai potensi perusahaan atau organisasi yang tidak dilihat oleh orang lain. Selanjutnya, mereka akan mampu menciptakan beragam ide cemerlang yang bisa membantu perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang menilai bahwa gaya kepemimpinan yang satu ini tidak terlalu efektif untuk diaplikasikan ke dalam suatu organisasi maupun perusahaan.

Oleh karenanya, seperti yang dilansir dari Michigan State University, seorang pemimpin visioner harus bisa menyeimbangkan dirinya dengan orang lain yang berada disekitarnya. Bahkan, akan lebih baik jika gaya kepemimpinan ini dikombinasikan dengan gaya kepemimpinan lain, seperti demokratis.

Jadi, gaya kepemimpinan visioner cukup efektif bila Anda bisa menyesuaikan diri dengan rekan kerja Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Team Leader yang Baik untuk Meraih Kesuksesan dalam Bisnis?

Karakteristik Kepemimpinan Visioner

accurate.id gambar pemimpin visioner-2

1. Berani Mengambil Risiko

Ciri pertama dari mereka yang memiliki gaya kepemimpinan visioner adalah selalu berani dalam mengambil risiko. Karena, mereka sadar dan tahu bahwa setiap perubahan yang ingin dilakukan akan selalu ada risiko yang harus berani untuk dihadapi.

Bila mereka tidak berani mengambil risiko, maka mereka tidak akan bisa menerapkan berbagai ide yang sudah direncanakan dengan matang.

2. Bertanggung Jawab

Selain berani dalam mengambil risiko, ciri selanjutnya dari gaya kepemimpinan visioner adalah mempunyai rasa tanggung jawab tinggi. Setiap langkah yang mereka ambil dilakukan untuk mewujudkan idenya dan akan selalu disertai dengan rasa tanggung jawab.

Mereka akan selalu bertanggung jawab dari mulai proses awal sampai dengan akhir pekerjaan.

3. Optimis

Salah satu karakteristik yang secara otomatis melekat pada gaya kepemimpinan visioner adalah optimis. Berdasarkan laman Indeed, mereka akan menganggap semuanya sudah berjalan dengan lancar dan setiap masalah bisa dilalui secara baik.

Secara otomatis, mereka akan menganggap bahwa masa depan sudah pasti akan baik-baik saja, baik itu untuk perusahaan ataupun untuk perusahaan.

Sehingga, mereka yang ada disekelilingnya pun akan tertular rasa optimisme tersebut.

4. Gigih

Ketika mengerjakan suatu hal, seorang pemimpin yang visioner tidak akan puas dengan kata “cukup baik” mereka akan lebih gigih dan tekun dalam kepemimpinannya.

Mereka juga akan selalu memiliki ide dan terus mencari peluang serta kesempatan yang baru agar bisa mengembangkan apa yang mereka kerjakan.

5. Tegas

Bersikap mudah dan tidak mudah terintimidasi dari pihak manapun bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh seorang pemimpin. Nah, kepemimpinan visioner akan mempersiapkan beragam kemungkinan konflik dan cara mengatasinya.

Selain itu, pemimpin visioner pun harus mampu menghadapi tekanan internal ataupun tekanan eksternal.

6. Komunikatif

Kepemimpinan visioner mempunyai ciri komunikatif, baik itu pada tim ataupun sebaliknya. Dalam gaya kepemimpinan ini, komunikasi dan juga penyampaian ide akan bisa berjalan dengan baik.

7. Organisasi

Mereka yang memiliki gaya kepemimpinan ini cenderung lebih terorganisir dan akan lebih memerhatikan detail timnya serta pekerjaan yang timnya lakukan.

8. Menginspirasi

Dikutip dari situs Scott Jeffrey, kepemimpinan visioner bukan hanya akan peduli dengan pekerjaan, mereka juga akan peduli pada apa yang timnya rasakan. Mereka akan menggali kemampuan, passion, dan potensi dari setiap orang yang ada di timnya.

9. Open-minded

Dalam mencapai tujuan bisa dilakukan lewat berbagai macam cara melalui gaya kepemimpinan ini. Mereka bisa melihat berbagai peluang dan kemungkinan dari beragam sudut pandang.

10. Inovatif

Visioner adalah mempunyai imajinasi dan berbagai ide yang unik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap pemimpin visioner tidak akan takut dalam mengambil risiko, hal tersebut berlaku dalam mengembangkan pekerjaan melalui berbagai jenis inovasi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Autocratic? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Menjadi Pemimpin Visioner

accurate.id gambar pemimpin visioner-3

1. Konsisten

Apapun hal yang Anda lakukan sekarang, cobalah untuk tetap konsisten dalam melakukannya. Terlebih lagi bila Anda sudah mengeluarkan ide dan memiliki niat untuk mewujudkannya dalam kurun waktu yang lama.

Secara otomatis, Anda harus bisa menanamkan rasa konsistensi yang tinggi dari dalam diri Anda sendiri agar bisa melakukannya secara lancar. Ini menjadi salah satu cara untuk bisa melatih diri Anda agar bisa menjadi pemimpin yang lebih visioner.

2. Latihlah Skill Komunikasi Anda

Bila Anda ingin menerapkan gaya kepemimpinan ini, maka secara otomatis Anda akan lebih sering melakukan komunikasi dengan orang lain. Untuk itu, cobalah untuk melatih kemampuan komunikasi Anda, baik itu komunikasi verbal, tulisan, ataupun komunikasi asertif.

Dengan demikian, Anda akan bisa menyampaikan ide secara jelas pada rekan kerja Anda.

3. Latihlah Rasa Empati

Rasa empati adalah hal penting yang harus Anda tanamkan dengan baik, apapun gaya kepemimpinan yang Anda pilih. Cara melatihnya adalah melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda walaupun secara subjektif Anda tidak menyukainya.

4. Uji Coba Visi

Berdasarkan laman Life Coach Spotter, hindarilah hanya mengumpulkan data dan mengembangkan visi dalam menciptakan ide yang menarik. Cobalah menguji visi Anda dengan membagikannya pada orang lain.

Dari hal tersebut, maka Anda akan bisa memperoleh feedback yang bermanfaat untuk diri Anda sendiri dalam mengatur rencana, baik itu rencana jangka panjang atau rencana jangka pendek.

Baca juga: Cost Leadership Adalah Strategi Kepemimpinan Biaya untuk Raih Laba Maksimal, Benarkah?

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang gaya kepemimpinan visioner, lengkap dengan ciri serta tips dalam menerapkannya.

Namun dalam memimpin sebuah tim, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan mereka, terutama dalam memimpin tim finance.

Anda harus menyediakan apa yang mampu membuat performa mereka lebih baik, salah satunya adalah dengan menyediakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis dan telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis lainnya.

Tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tombol tautan di bawah ini.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!