Bagaimana Cara Membuat Proposal Pemasaran yang Baik?

Banyak perusahaan biasanya perlu membuat proposal pemasaran yang komprehensif untuk menguraikan rencana mereka dalam memenuhi tujuan promosi klien. Sebagai profesional pemasaran, penting untuk memahami kebutuhan dan preferensi klien Anda untuk membantu Anda membuat proposal yang ditujukan langsung kepada mereka. Proposal pemasaran yang efektif seringkali menyeluruh, mudah dipahami dan relevan dengan klien dan tujuan mereka.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu proposal pemasaran, menemukan cara menulisnya, dan meninjau template proposal yang bagus untuk digunakan bisnis Anda.

Apa itu proposal pemasaran?

Proposal pemasaran adalah dokumen yang digunakan pemasar untuk menguraikan proyek promosi yang akan datang. Biasanya terdiri dari rincian seperti perkiraan biaya, waktu pengiriman yang diusulkan dan ide-ide strategi lainnya. Klien biasanya meninjau proposal ini untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang seperti apa proses implementasi proyek nantinya.

Proposal yang bagus harus dengan jelas menyajikan strategi untuk berhasil memenuhi tujuan klien yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah proposal ditinjau oleh klien, mereka akan memberikan saran untuk perbaikan, diikuti dengan persetujuan akhir mereka. Tim pemasaran kemudian dapat mengambil rencana pemasaran ini dan menggunakannya untuk membangun strategi dan tenggat waktu untuk dikerjakan oleh tim mereka.

Apa yang harus disertakan dalam proposal pemasaran?

Proposal Anda harus mencakup semua informasi yang diperlukan pembaca untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang seperti apa proyek Anda yang akan datang. Elemen yang harus disertakan dalam proposal pemasaran Anda adalah:

  • Halaman sampul dengan judul dan deskripsi proyek, nama dan jabatan Anda, nama klien dan tanggal saat ini
  • Daftar isi agar pembaca dapat dengan mudah menemukan setiap bagian dalam proposal
  • Pernyataan pembuka atau ringkasan eksekutif Anda melihat pratinjau proposal dan menjelaskan bagaimana rencana perusahaan Anda akan memenuhi kebutuhan pembaca
  • Bagian solusi dengan masalah, solusi dan ruang lingkup pernyataan kerja
  • Bagian investasi memperkirakan biaya proyek dan jadwal proyek
  • Pengenalan tim proyek
  • Studi kasus memberikan bukti bahwa tim Anda memberikan proyek pemasaran yang sukses
  • Bagian perjanjian yang menyatakan persyaratan kontrak, harapan kedua belah pihak, dan ruang untuk tanda tangan

Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan Pada Bisnis

Bagaimana menulis proposal pemasaran yang efektif?

Proposal pemasaran Anda harus ringkas dan persuasif, jadi luangkan waktu untuk mengembangkan struktur yang konsisten yang secara jelas menguraikan setiap detail proposal yang penting. Ikuti langkah-langkah ini untuk menulis proposal pemasaran yang efektif:

1. Lakukan penelitian pada klien Anda

Untuk menjaga perhatian klien di seluruh proposal, Anda harus melayani mereka secara langsung. Lakukan penelitian ekstensif tentang bisnis, pasar, dan persaingan klien Anda.

Gunakan penelitian ini untuk mengungkap tantangan apa pun yang mungkin mereka hadapi dalam industri mereka. Ini akan membantu Anda menentukan dan menjelaskan bagaimana upaya pemasaran Anda dapat mengatasinya.

Proposal Anda harus berpusat pada klien Anda dan rencana Anda untuk meningkatkan kinerja, pendapatan, tingkat konversi, dan kesadaran merek perusahaan mereka menggunakan strategi pemasaran Anda.

2. Mulailah dengan pernyataan masalah

Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi klien Anda, buat pernyataan masalah yang secara akurat mengomunikasikan tantangan yang dialami klien di industri mereka. Uraikan masalah ini dengan jelas dengan menjelaskan sifat dan dampaknya terhadap bisnis mereka.

3. Usulkan solusi dan susun strategi Anda

Rincian daftar cara Anda berencana untuk memecahkan masalah mereka. Setiap item harus terhubung dengan manfaat yang akan diterima klien ketika mereka memilih bisnis Anda untuk membantu mengatasi masalah industri dan organisasi ini. Bagian ini harus merekomendasikan serangkaian layanan yang akan Anda berikan untuk membantu klien mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Marketing Forecast: Pengertian, Manfaat, Komponen, dan Prosesnya

4. Tentukan berapa biaya yang harus ditagihkan kepada klien

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang lebih jelas tentang layanan spesifik yang Anda rencanakan untuk ditawarkan kepada klien Anda, putuskan berapa biaya yang akan Anda kenakan untuk mereka.

Jika proposal pemasaran Anda mencakup strategi jangka panjang, bagian penetapan harga Anda dapat terhubung ke sasaran dan pencapaian tertentu yang Anda rencanakan untuk dicapai pada tanggal tertentu.

Jadikan bagian ini mudah dipahami dengan mencantumkan dengan jelas struktur harga Anda dan mengapa harga ini sesuai dengan kualitas layanan yang Anda berikan.

5. Proyeksikan garis waktu Anda dan tetapkan tenggat waktu tim

Untuk lebih banyak proyek jangka panjang, seringkali yang terbaik adalah membagi garis waktu Anda ke dalam fase proyek yang berbeda. Anda dapat memberikan pengenalan cepat dari hasil fase dan tenggat waktu untuk masing-masing.

Hal ini membuat klien mendapat informasi dan informasi terbaru tentang kemajuan proyek dan memungkinkan mereka untuk secara teratur memeriksa dan memberikan persetujuan mereka di berbagai tahap proses implementasi proyek.

6. Kumpulkan studi kasus terkait dan perkenalan tim

Kumpulkan studi kasus yang menunjukkan proyek pemasaran Anda yang sebelumnya sukses. Pastikan untuk menyertakan studi kasus dengan masalah serupa yang sedang dialami klien Anda untuk memberi mereka gambaran tentang bagaimana Anda akan menyelesaikannya secara efektif. Studi kasus harus dengan jelas menguraikan masalah klien sebelumnya, langkah-langkah dan hasil yang Anda berikan untuk menyelesaikannya dan hasil yang dibawanya yang meningkatkan kinerja klien.

Bicaralah dengan anggota tim yang akan membantu Anda dengan proyek tersebut dan mintalah mereka untuk memberikan perkenalan singkat tentang diri mereka sendiri dan apa yang akan mereka sumbangkan untuk proyek tersebut. Sertakan nama dan gelar mereka, foto kepala profesional, dan biografi tentang latar belakang mereka yang relevan yang terdiri dari 50 kata atau kurang.

Baca juga: Memahami Proses Negosiasi Untuk Kesepakatan yang Lebih Baik

7. Buat halaman sampul dan daftar isi Anda

Ketika Anda memiliki sebagian besar isi proposal, kembali ke awal proposal dan isi halaman sampul dan daftar isi Anda. Halaman berikutnya harus daftar isi Anda yang mencakup bagian dalam dokumen dan nomor halaman setiap bagian. Halaman sampul Anda harus mencakup hal-hal berikut:

  • Judul Proyek
  • Deskripsi Proyek
  • Namamu
  • Judul pekerjaan Anda
  • Nama perusahaan Anda
  • Nama prospek Anda
  • Jabatan prospek
  • Nama perusahaan prospek
  • Tanggal sekarang.

8. Nyatakan ringkasan eksekutif Anda

Ringkasan eksekutif Anda harus menjadi pernyataan persuasif yang menampilkan pekerjaan Anda dan bagaimana hal itu membantu memenuhi kebutuhan mereka. Mulailah dengan pernyataan pembuka yang menjelaskan bagaimana pekerjaan Anda terhubung dengan kebutuhan mereka.

Itu kemudian harus memiliki pernyataan posisi untuk menggambarkan bagaimana layanan Anda akan membantu mereka. Setelah itu, sertakan pratinjau tentang apa yang akan mereka lihat di proposal Anda. Lengkapi dengan ajakan bertindak yang membuat mereka ingin memulai bisnis Anda.

9. Sertakan bagian tanda tangan dan perjanjian

Bagian terakhir Anda harus menguraikan apa yang diharapkan klien dari Anda selama proyek ini, apa yang Anda harapkan dari mereka, bagaimana hasil kerja mereka akan dieksekusi dan kode etik yang Anda berdua setujui untuk diikuti selama kemitraan Anda. Tambahkan bagian di mana Anda dan klien akan memberikan tanda tangan dan tanggal Anda.

Baca juga: Customer Journey: Pengertian, Elemen, Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Tips menulis proposal pemasaran

Ikuti tip berikut untuk menulis proposal pemasaran yang kuat, menarik, dan persuasif untuk klien Anda:

Fokus hanya pada kebutuhan klien Anda

Meskipun sebagian dari proposal Anda harus fokus pada hasil dan pencapaian yang Anda berikan untuk klien sebelumnya, konten utamanya harus lebih fokus pada klien saat ini, daripada Anda dan perusahaan Anda.

Mereka biasanya ingin tahu seberapa baik Anda berfokus pada tantangan dalam industri mereka dan cara untuk mengatasinya. Lakukan penelitian ekstensif dan terus-menerus mengalihkan pembicaraan kepada mereka dan tujuan pemasaran mereka saat ini.

Tetap berpegang pada struktur yang konsisten

Mungkin membantu untuk membuat template dengan berbagai bagian yang sudah ditata agar Anda dapat dengan mudah memasukkan informasi Anda. Ini membantu Anda mempercepat proses pembuatan proposal pemasaran dan membuat dokumen Anda tertata dengan baik dan mudah ditinjau.

Proposal dengan struktur dan urutan yang terorganisir dapat memudahkan klien untuk mengikuti dan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka tidak akan kehilangan fokus dan minat.

Baca juga: Apa Itu Google Ads Quality Score dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Koreksi dan tinjau proposal dengan cermat

Tinjau kembali proposal Anda untuk memastikannya mencakup semua bagian yang diperlukan untuk membingkai masalah klien Anda dengan benar dan solusi yang Anda usulkan. Tentukan apakah ada bagian yang mungkin tampak tidak perlu dan dapat ditinggalkan.

Tinjau untuk kesalahan ejaan atau tata bahasa untuk memastikannya terlihat profesional dan cukup terorganisir untuk mengesankan klien Anda.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai proposal pemasaran dan cara membuatnya untuk bisnis Anda. Dalam pengembangan bisnis, tim dan pemilik harus mempunyai strategi dan rencana pemasaran yang tepat sehingga bisnis akan berkembang menjadi lebih besar dan bisa berjalan secara maksimal. Jadi kami sarankan agar Anda mengikuti tips membuat proposal pemasaran pada artikel ini.

Pastikan juga Anda mengukur keberhasilan strategi pemasaran Anda dengan menghitung ROI dalam bisnis. Jika Anda kesulitan dalam menghitung ROI atau pengembalian keuntungan pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pembukuan, mendapatkan laporan keuangan dalam hitungan detik, rekonsiliasi transaksi secara otomatis, dan masih banyak lagi,

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah