Mailing List Adalah: Ini Pengertian dan Cara Mudah Membuatnya

Jika Anda ingin membagikan informasi promo produk Anda pada banyak orang secara cepat, maka mailing list adalah salah satu cara yang efektif untuk membagikannya. Terlebih lagi bila Anda bisa memilih jenis yang tepat dan sesuai dengan audiens bisnis Anda.

Lantas, apa sebenarnya pengertian dari mailing list? Bagaimana cara membuatnya? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang mailing list secara lebih mendalam untuk Anda.

Pengertian Mailing List Adalah

Mailing list adalah suatu layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirim email ke banyak audiens dalam sebuah kelompok yang sudah Anda tentukan. Mailing list juga biasa disebut dengan milis.

Sebelumnya, beberapa dari Anda mungkin mengenal mailing list saat bergabung pada suatu kelompok belajar ataupun grup yang didalamnya mempunyai kesamaan hobi. Seperti ketika menggunakan layanan google atau yahoo.

Namun ternyata, mailing list juga bisa Anda manfaatkan untuk tujuan bisnis, khususnya dalam kegiatan promosi dengan memanfaatkan layanan hosting website Anda.

Kelebihan yang bisa diberikan oleh mailing list ini tidak hanya karena informasi yang diberikan bisa lebih mudah untuk disebar, namun juga proses promosi akan lebih tepat karena mampu menjangkau audiens yang sesuai. Kenapa hal itu bisa dilakukan?

Jadi, misalnya Anda sudah menerima daftar email calon pelanggan dari formulir yang sudah tersedia di website Anda. Lalu, Anda mengelompokkannya sesuai dengan kategori promo tertentu. Nah, saat Anda menjawab pertanyaan terkait suatu promo, maka informasi tersebut akan bisa diterima oleh seluruh anggota yang berada di dalam kelompok tersebut.

Hal ini tentunya sangat efektif, karena Anda tidak perlu lagi menyebarkan informasi promo satu per satu. Tapi, apakah anggota lainnya akan merasa terganggu? Tentu saja tidak, karena hal ini pastinya sesuai dengan keinginan audiens saat mereka mendaftar pada layanan email Anda. Tapi dengan catatan Anda harus menentukan jenis mailing list yang tepat agar nantinya bisa berjalan efektif.

Baca juga: Customer Engagement: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengukur Customer Engagement

Fungsi Mailing List

Tercatat ada dua fungsi utama dari mailing list, karena mampu memberikan kemudahan dalam memberikan informasi , maka fitur ini umumnya digunakan oleh para pelajar dan juga mahasiswa dalam mengerjakan tugas ataupun pekerjaan kantoran. Kedua fungsi dari mailing list adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan Komunikasi

Setiap pengguna di dalamnya bisa menggunakan mailing sebagai sarana pilihan komunikasi, walaupun hanya dengan menggunakan alat teknologi yang minimalis. Setiap anggota yang berada di dalam grup mailing list akan bisa menerima pesan email yang sebelumnya sudah dikirim oleh salah satu anggota, sehingga tidak perlu lagi mengirimkannya satu persatu pada setiap anggota.

2. Grup

Setiap anggota yang tergabung di dalam grup juga bisa melakukan interaksi pada suatu grup dengan banyaknya kemudahan, seperti grup keluarga, teman, dll.

Pastinya fitur ini bisa Anda gunakan saat berada pada jarak yang cukup jauh dengan saudara ataupun teman Anda. Selain itu, mailing list juga bisa Anda gunakan untuk menambah relasi bisnis.

Pada suatu produk, tidak ada yang namanya kelebihan tanpa kekurangan, pun sama halnya dengan mailing list. Kekurangan yang terdapat pada mailing list adalah tidak sederhana karena harus membutuhkan proses membuka email setiap hari agar tidak terjadi penumpukan pesan.

Selain itu, setiap penggunanya akan dikenakan pemakaian kuota saat hendak membalas email yang dikirimkan kepadanya. Kuota space email ini cukup besar karena di dalamnya pihak pengirim harus menyertakan pesan kiriman yang sebelumnya sudah mereka terima.

3 Jenis Mailing List yang Biasa Digunakan

Sebelum kita belajar membuat mailing list, terdapat tiga jenis mailing list yang harus Anda ketahui. Ketiga mailing list tersebut adalah”

1. Announcement Type List

Jenis mailing list menggunakan sistem komunikasi satu arah, yang artinya pelanggan yang masuk sebagai Anggota tidak memiliki hak untuk membalas email.

Umumnya, jenis mailing list ini digunakan untuk mengumumkan perilisan produk baru, diskon produk ataupun newsletter sebagai suatu alat kampanye merek bisnis.

2. Response List

Jenis mailing list ini mampu memberikan komunikasi secara dua arah. Tapi, sebelumnya Anda memberikan hak respon pada beberapa anggota. Biasanya, jenis ini digunakan dalam perilisian suatu produk bar dan Anda ingin mengetahui minat para audiens.

Mereka akan diberikan hak untuk menjawab penawaran dengan pilihan ya atau tidak sebagai suatu bahan pada survei produk Anda.

3. Discussion Type List

Berbeda dengan kedua jenis mailing list sebelumnya, proses komunikasi yang berada pada discussion type list bisa dilakukan sepenuhnya secara dua arah.

Itu artinya, setiap pelanggan bisa membalas email yang Anda kirimkan seperti berkomunikasi secara normal. Contoh mailing list ini banyak digunakan pada promosi produk atau melakukan transaksi penjualan produk.

Cara Membuat Mailing List

Agar Bisa membuat mailing list di cPanel, tentunya Anda sudah harus berlangganan hosting dan juga sudah membuat email bisnis. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke cPanel

Bila Anda sudah membuat email, maka cobalah masuk ke akses cPanel hosting Anda dengan mengakses halaman http://[namadomain.com]/cpanel/ atau http://namadomain.com:2082. Setelah itu, login dengan menggunakan username dan password Anda.

Cara lainnya, Anda bisa mengakses cPanel lewat member area lalu pilih menu layanan Anda, lalu hosting, dan kelola hosting. Di dalam halaman pengaturan hosting, pilih all features untuk bisa masuk ke dalam cPanel.

2. Klik Opsi Mailing List

Jika Anda sudah masuk ke cPanel, scroll kursor ke bawah lalu carilah menu mailing list di dalam kategori email

3. Isi Data Form Mailing List

Di dalam halaman mailing list, masukanlah nama yang hendak menggunakan list tersebut, lalu masukan password nya. Selain itu jangan lupa juga untuk mengatur privacy melalui acces type.

Acces type private digunakan untuk menyetujui pelanggan yang melakukan pendaftaran. Sedangkan acces type public digunakan untuk pelanggan yang mendaftar dan secara otomatis akan masuk ke dalam list yang sudah Anda buat.

Bila sudah mengisi form dan melakukan pengaturan privacy, silahkan pilih add. Tunggu beberapa waktu dan mailing list sudah siap untuk Anda gunakan.

4. Tambahkan Email Pelanggan ke Mailing List

Sebelum bisa membagikan informasi melalui mailing list, sebelumnya Anda harus memasukkan data email para pelanggan Anda.

Caranya adalah dengan kembali pada menu mailing list pada cPanel, cari opsi current list, lalu pilih manage. Setelah itu, pilih membership management, dan pilih menu mass subscription.

Saat ini, proses pembuatan mailing list sudah selesai, dan Anda bisa menggunakannya untuk menyebarkan informasi promo ataupun mengenalkan produk baru Anda sekaligus menciptakan engagement dengan para audiens.

Kenapa Membuat Mailing List itu Penting?

Jika sebelumnya Anda sudah mempelajari mailing list dan cara membuatnya, maka saat ini Anda harus mengetahui alasan Anda harus membuat mailing list.

1. Membagikan Informasi dengan Cepat

Mailing list akan membantu Anda dalam memberikan informasi secara cepat dan juga praktis. Informasi tersebut bisa diterima oleh seluruh pelanggan dalam sekali kirim.

Nha, bila Anda ingin menggunakannya untuk promosi pada produk baru, tentunya akan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan. Apalagi, sebagai salah satu bagian dari email marketing, cara ini lebih optimal 40% daripada menggunakan media sosial.

2. Promosi Tepat Sasaran

Saat membuat suatu mailing list, tentunya Anda akan mengelompokkan audiens sesuai dengan kategori tertentu. Hal ini bisa yang berhubungan dengan produk ataupun promo tertentu.

Nah, saat membagikan informasi menggunakan mailing list, maka informasi yang disebarkan akan lebih tepat sasaran. Karena, audiens yang Anda kirimkan email memang sudah mempunyai ketertarikan pada informasi promo yang Anda sampaikan.

3. Hemat Biaya Promosi

Dengan menggunakan mailing list, maka proses promosi yang Anda lakukan akan lebih cepat dan lebih murah. Kenapa? Karena Anda hanya cukup menggunakan media komunikasi via email yang praktis dan menggunakan layanan hosting yang sudah Anda gunakan.

Coba bandingkanlah dengan proses promosi tertentu yang menggunakan layanan iklan, sudah pasti Anda akan memerlukan biaya yang lebih besar. Terlebih lagi, materi promosi yang Anda kirim belum tentu dibaca oleh pelanggan yang tepat.

Baca juga: Apa sih Penetration Pricing di Dalam Strategi Marketing itu? Ini Penjelasannya

Penutup

Saat ini Anda sudah memahami pengertian dari mailing list, kan? Jadi, mailing list adalah suatu layanan bisa membuat Anda bisa mengirim email padan banyak audiens di dalam suatu kelompok.

Layanan ini sangat efektif untuk bisnis dan Anda bisa memanfaatkannya dalam berbagai tujuan, khususnya promosi produk. Proses pembuatannya pun cukup mudah, semudah yang sudah kami jelaskan di atas. Mulai dari mengisi form untuk membuat list, menambah email pelanggan, sampai mengirim email di dalam mailing list.

Dengan banyaknya manfaat dalam mailing list sebagai salah satu strategi pemasaran, apakah Anda sudah siap untuk menggunakannya saat ini?

Namun, dalam prosesnya Anda tetap memerlukan anggaran pemasaran, karena Anda harus memerlukan layanan hosting yang di dalamnya memerlukan biaya langganan. Selain itu, Anda juga harus mencatat biaya langganan tersebut pada laporan arus kas Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam mengatur anggaran pemasaran ataupun membuat laporan arus kas tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membuat kegiatan akuntansi Anda menjadi lebih mudah. Selain itu, karena berbasis cloud system yang aman, Anda juga bisa memiliki laporan keuangan dan memantaunya dimanapun dan kapanpun Anda berada secara real time.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate-