Management By Objective (MBO) Adalah Sistem Manajemen yang Berorientasi Pada Hasil

Management by objective atau MBO adalah metode perusahaan yang diyakini mampu meningkatkan motivasi karyawan dalam hal bekerja. Karena, strategi yang satu ini akan lebih berorientasi pada hasil, bukan pada prosesnya. Jadi, setiap kegiatan perusahaan harus bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Lalu, kenapa MBO mampu meningkatkan motivasi karyawan, bagaimana proses penerapannya dalam dunia usaha? Nah, agar tidak perlu bingung lagi, maka berikut ini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda

Pengertian Management By Objective

Di dalam dunia kerja, sangat banyak karyawan yang merasa dirinya tidak lagi sejalan dengan perusahaan. pun begitu juga sebaliknya, banyak juga perusahaan yang merasa bahwa ada beberapa karyawan yang sudah tidak sesuai lagi dengan visi mereka. Padahal, adanya kesesuaian antara perusahaan dan karyawan merupakan hal yang sangat krusial.

Agar bisa menghindari adanya hal negatif tersebut, maka Anda bisa menggunakan suatu strategi yang disebut dengan management by objective.

Dilansir dari laman HRZone, management by objectives atau MBO adalah suatu proses yang dilakukan di dalam perusahaan sehingga setiap perilaku karyawan akan bisa selaras dengan tujuan perusahaan.

Sedangkan jika kita kutip dari laman  Workfront, management by objectives adalah suatu proses yang menentukan tujuan utama perusahaan dan juga menggunakannya untuk merancang objektivitas setiap perusahaan.

Proses ini harus dilakukan oleh tiap manajer dan juga karyawan dalam suatu perusahaan. kedua pihak ini mempunyai kesempatan untuk bisa mendiskusikan tujuan dan juga objektivitas yang memang harus diperlukan. Pada akhirnya nanti, strategi ini akan lebih berorientasi pada sesuatu yang mampu dihasilkan oleh tim, karyawan, dan perusahaan.

Manfaat Diterapkannya Management By Objectives 

Secara sederhana, management by objectives dilakukan agar bisa membandingkan performa dan juga pencapaian karyawan dengan target yang terdapat di dalam perusahaan. dengan kehadiran perbandingan ini, maka karyawan bisa mengukur sejauh mana mereka harus meningkatkan kemampuannya.

Wujud peningkatan ini juga tidak boleh dilakukan secara terpaksa. Karena, seluruh objektivitas yang ditetapkan harus berdasarkan hasil diskusi antara pihak karyawan dengan pihak manajer. Sehingga, nantinya motivasi karyawan akan meningkat secara otomatis.

Baca juga: Gugus Kendali Mutu: Pengertian, Tahapan, dan Alat yang Digunakan

Kelebihan Management By Objectives

Dikutip dari laman Corporate Finance Institute, terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari MBO yang memang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah kelebihan dari management by objectives:

1. MBO Adalah Proses yang Lebih Berorientasi Pada Hasil

MBO adalah suatu sistem proses yang lebih berorientasi pada hasil dan fokus pada penetapan dan juga pengendalian tujuan, sehingga akan mendorong pihak manajer dalam melakukan perencanaan yang lebih detail

2. Manajer dan Karyawan Harus Mengetahui Perannya

Setiap karyawan dan manajer di dalam perusahaan harus memahami perannya masing-masing, sehingga nantinya tidak akan ada ambiguitas ataupun kebingungan tertentu.

3. Manajer Harus Bisa Menetapkan Target yang Lebih Terukur

Pihak manajer harus bisa menetapkan target, prioritas dan juga standar kinerja yang lebih terukur. Selain itu, tanggung jawab dan juga wewenang personil juga harus ditetapkan dengan jelas.

4. Membuat Individu Lebih Sadar Akan Tujuan Organisasi

Umumnya, yang sering kali terjadi adalah karyawan hanya peduli dengan tujuan dan lingkungan di sekitarnya saja. Namun dengan menerapkan management by objectives, maka mereka akan sangat bangga karena sudah terlibat langsung di dalam tujuan perusahaan. Nantinya, hal ini akan mampu meningkatkan moral dan komitmen karyawan.

5. MBO Sering Menyoroti Area Pengembangan Karir

Management by objectives sangat sering menyoroti area yang mana setiap karyawan memerlukan pelatihan lebih lanjut dan mengarah pada pengembangan karirnya.

6. Sistem Evaluasi Berkala

Sistem evaluasi berkala yang terdapat di dalam management by objectives akan memungkinkan setiap karyawan untuk mengetahui seberapa baik mereka dalam hal melakukan pekerjaannya. Karena, MBO memang akan memberikan penekanan yang kuat pada tujuan yang mampu diukur, dan penilaian yang dilakukan juga akan bisa lebih spesifik, objektif, dan adil.

7. Meningkatkan Komunikasi

Di dalam management by objectives Anda harus bisa meningkatkan komunikasi antara pihak manajemen dan juga karyawan.

Kerugian Management By Objectives

Selain ketujuh kelebihan di atas, management by objectives juga memiliki kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Harus Didukung Oleh Manajemen Puncak

Sebagai salah satu konsep manajemen, MBO hanya bisa berhasil jika mempunyai dukungan yang penuh dari pihak manajemen puncak, yaitu founder atau pemilik perusahaan.

2. MBO Tidak Disukai Karyawan

Kebanyakan karyawan tidak menyukai sistem manajemen ini, karena hal tersebut akan menuntut mereka berada di bawah tekanan untuk bergaul dengan pihak manajemen ketika penetapan dan tujuan yang ditetapkan tersebut sangatlah tinggi, sehingga sudah tidak lagi realistis.

Nantinya, hal ini bisa menurunkan modal karyawan dan menimbulkan kecurigaan. Mereka akan menganggap bahwa management by objectives adalah salah satu cara bagi manajemen perusahaan untuk bisa bekerja lebih keras dan memberikan dedikasi secara lebih.

Penekanan yang terdapat di dalam sistem management by objectives adalah pada kualifikasi serta sasaran yang dituju. Hal tersebut tidak akan meninggalkan dasar tujuan yang subjektif, karena ada beberapa area yang sulit untuk diberikan penilaian, dan bahkan lebih sulit untuk dievaluasi.

3. Menyita Banyak Waktu

Management by objectives menuntut untuk melakukan rapat yang lebih sering dan laporan yang menambah tanggung jawab serta manajer pun akan semakin tinggi. Bahkan, mungkin saja ada beberapa manajer yang tidak menyukai sistem ini.

Unsur-Unsur Dalam Management By Objectives (MBO)

Sebagai salah satu sistem manajemen, sudah tentu management by objectives ini mempunyai berbagai unsur yang melekat di dalam dirinya. Berbagai unsur yang selalu ada di dalam sistem management by objectives adalah sebagai berikut:

1. Komitmen Pada Program

Suatu program management by objectives yang efektif akan memberikan syarat komitmen pada para manajer di setiap tingkatan organisasi terhadap pencapaian berbagai tujuan pribadi dan juga organisasi dan juga proses management by objectives. Akan diperlukan banyak waktu dan energi agar bisa membuat program management by objectives yang sukses.

2. Penetapan Tujuan Manajemen Puncak

Berbagai program perencanaan yang efektif umumnya bisa dimulai dengan peran manajer puncak, yang bertugas dalam menetapkan berbagai tujuan pendahuluan setelah melakukan konsultasi dengan setiap anggota organisasi lainnya.

Tujuan harus bisa dinyatakan dalam bentuk ataupun dengan istilah tertentu yang mampu diukur. Dengan menggunakan cara ini, maka manajer dan juga bawahannya akan memiliki gagasan yang lebih jelas terkait apa yang diharapkan oleh manajemen puncak untuk bisa diraih, dan mereka juga bisa memantau hubungan langsung kerja mereka dengan pencapaian tujuan perusahaan.

3. Tujuan-Tujuan Perseorangan

Dalam membuat program management by objectives yang efektif, maka maksud dari penetapan tujuan pada setiap tingkatan adalah demi membantu setiap karyawan dalam memahami secara jelas apa yang mereka harapkan bisa tercapai.

Tujuan dari setiap individu ini harus bisa ditetapkan dengan melakukan konsultasi antara pihak individu dan juga atasannya. Konsultasi yang dilakukan secara bersama ini akan membantu pihak manajer dalam hal mengembangkan tujuan yang lebih realistis, dan akan membantu bawahan dalam hal memperluas pandangannya.

4. Partisipasi

Derajat partisipasi bawahan dalam hal menetapkan tujuan sangatlah beragam. Dalam satu sisi ekstrim, kemungkinan bawahan melakukan partisipasi hanya dengan kehadirannya saat tujuan bisa ditetapkan oleh pihak manajemen.

Dalam sisi ekstrim lain, bawahan manajer mungkin akan sangat bebas untuk menetapkan tujuan mereka sendiri dan metode dalam pencapaiannya. Namun, kedua ekstrim ini cenderung tidak efektif. Sebagai suatu pedoman umum, semakin tinggi tingkat partisipasi bersama antar pihak manajer dan bawahan, maka akan semakin juga tujuan yang akan diraih.

5. Otonomi Dalam Implementasi Rencana

Setelah selesai menetapkan tujuan dan sudah disetujui, maka individu tersebut memiliki keleluasaan dalam hal memilih peralatan untuk mencapai tujuannya.

Dengan adanya batasan-batasan normal kebijaksanaan organisasi, maka pihak manajer harus bisa lebih bebas dalam mengembangkan dan juga mengimplementasikan berbagai program pencapaian tujuannya masing-masing tanpa harus ada campur tangan atasannya.

6. Peninjauan Kembali Prestasi

Pihak manajer dan bawahan harus melakukan pertemuan secara periodik untuk bisa meninjau kembali kemajuan terhadap tujuannya.

Selama melakukan proses peninjauan kembali ini, mereka akan memutuskan apakah ada beberapa masalah. Bila ada, maka apa yang bisa mereka kerjakan untuk bisa memecahkannya. Nila dibutuhkan, tujuan apa yang bisa diubah.

Baca juga: Tips Manajemen Persediaan Dalam Industri Produksi Makanan

Kesimpulan

Jadi, management by objectives adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang dilakukan dengan berdasarkan tujuan yang sudah disepakati oleh pihak manajer dan karyawan. Strategi ini mempunyai keunggulan yang salah satunya adalah mampu meningkatkan semangat dan motivasi tiap karyawan.

Satu hal lagi yang harus diingat oleh perusahaan selain management by objectives adalah manajemen keuangan. Hal ini sangat penting karena akan sangat menentukan kondisi kesehatan finansial perusahaan.

Agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan manajemen keuangan perusahaan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membantu Anda menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selain itu, fiturnya yang lengkap juga akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan Anda para pebisnis dan entrepreneur tanah air.

Anda bisa langsung menikmati layanan dan fitur menarik dari Accurate Online dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

https://accurate.id/lp/marketing-form/