Manager Marketing: Pengertian dan 5 Tanggung Jawab Penting Mereka
Manager marketing adalah salah satu jabatan struktural di dalam suatu tim marketing.
Posisi ini akan memimpin semua kampanye pemasaran perusahaan dan mengatur strategi pemasaran yang tepat.
Perannya yang sangat besar ini membuat mereka memiliki posisi yang vital bagi suatu perusahaan.
Tanpa adanya seorang manager marketing yang handal, maka perusahaan akan sulit dalam memasarkan produknya.
Nah, dalam kesempatan kali ini, mari bersama-sama kita belajar tentang pengertian dan peran penting dari manager marketing untuk bisnis.
Daftar Isi
Apa itu Manager Marketing?
Memasarkan suatu produk memerlukan cara yang tepat. Selain harus melakukan persaingan dengan kompetitor, pemasaran pun mengharuskan suatu produk bisa dipercaya oleh masyarakat.
Di dalamnya memerlukan keterampilan dalam membuat suatu produk yang laku di pasar. Nah, tim marketing ini biasanya akan dipimpin oleh manager marketing.
Mengutip dari Coursera, Manajer pemasaran mengatur dan mengelola kampanye pemasaran untuk meningkatkan kesadaran dan menghasilkan permintaan akan produk dan layanan.
Posisi ini harus bertanggung jawab pada beberapa produk perusahaan atau hanya satu produk saja. Tapi, biasanya posisi ini akan bertindak sebagai konseptor dan juga evaluator.
Dalam menjalankan proses pembuatan konsep, manager marketing harus bekerja sama dengan tim yang berkaitan dengan produk.
Sedangkan untuk proses evaluasi, umumnya mereka hanya menjalin hubungan dengan tim marketing saja.
Dalam beberapa perusahaan, marketing manager hanya berperan sebagai evaluator saja.
Selain itu, mereka juga akan memberikan laporan pada CMO ataupun CEO terkait strategi yang telah dilakukan oleh tim marketing dalam memasarkan produk atau layanan jasa perusahaan.
Baca juga: Apa itu Risk Manager? Kenapa Sangat Penting Untuk Perusahaan?
Tanggung Jawab Marketing Manager
Perannya yang sangat besar membuat seorang manager marketing harus mempunyai keahlian yang bisa dibilang sangat kompleks.
Mereka tidak hanya harus mengetahui data penjualan dan juga pengguna, tapi juga harus memahami berbagai strategi marketing yang ada.
Selain kedua hal tersebut, dirangkum dari laman Mediabistro, berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dari seorang manager marketing:
1. Memimpin Inisiasi Promosi Produk
Hal paling utama yang harus dilakukan oleh manager marketing adalah melakukan inisiasi promosi produk. Dalam memulainya, maka diperlukan data penjualan dan juga pengguna.
Berdasarkan data tersebut, maka nantinya bisa ditentukan produk mana yang harus dilakukan inisiasi ulang dalam memperbaiki penjualan.
Baca juga: C-Level adalah Pemegang Posisi Tertinggi Perusahaan, Ini Jenisnya!
2. Mengoordinasikan Strategi Pemasaran
Strategi sangat dibutuhkan agar proses marketing bisa berhasil. Dalam hal ini, seorang manager marketing menjadi sangat penting karena intuisinya,
Mereka akan mengetahui strategi apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya.
3. Mengatur Anggaran untuk Setiap Kampanye atau Iklan
Setiap kampanye yang dilakukan oleh tim marketing mempunyai tujuannya masing-masing.
Dari sanalah tugas manager marketing agar bisa memastikan setiap kampanye mempunyai tujuan yang besar mempunyai anggaran yang lebih sedikit daripada kampanye dengan tujuan yang kecil.
4. Memonitor Pertumbuhan Perusahaan
Setiap proses marketing yang dilakukan oleh perusahaan harus dievaluasi. Salah satu evaluasi tersebut adalah tentang pertumbuhan perusahaan,
Dari mulai tingkat kepercayaan pengguna pada produk yang dijual, sampai seberapa jauh pengguna untuk mau terus menggunakan produk tersebut.
5. Mencoba Proses Marketing Baru
Dalam memperbesar kemungkinan untuk menggaet calon pengguna, maka proses seleksi menjadi tugas dari seorang marketing manager.
Mereka harus bisa mencari berbagai hal baru, dari mulai strategi sampai dengan channel marketing, serta menyeleksi berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.
Baca juga: Apa itu Chief Strategy Officer atau CSO? Ini Pengertian dan 10+ Tanggung Jawabnya!
Kemampuan yang Dibutuhkan oleh Marketing Manager
1. Traditional Marketing
Dalam hal ini, terdapat beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh seorang manager marketing, seperti penulisan, negosiasi, perencanaan, dan juga membuat anggaran.
Tiga kemampuan yang disebutkan terakhir menjadi sangat penting karena menjadi hal yang mendasar.
Perencanaan diperlukan karena menyangkut kegiatan promosi. Tanpa adanya perencanaan yang baik, maka proses promosi tidak bisa berjalan dengan baik.
Selain itu, proses promosi juga memerlukan negosiasi dan juga anggaran karena berhubungan dengan harga dan juga penempatan promosi.
2. Digital Marketing
Perkembangan zaman yang terjadi saat ini membuat proses marketing menjadi lebih luas.
Setiap perusahaan tidak lagi harus memasarkan produknya secara tatap muka dengan pembeli. Itulah kenapa kemampuan digital marketing menjadi sangat penting
Kemampuan yang harus dimiliki oleh mereka adalah SEO atau search engine optimization, media sosial dan Google Analytics.
Ketiganya menjadi kebutuhan dasar karena menjadi sangat umum dalam memasarkan produk secara digital.
3. Keahlian Umum
Sama seperti yang lainnya, terdapat beberapa kemampuan umum yang harus dimiliki oleh seorang manager marketing, seperti kerja sama tim, manajemen waktu, dan detail pada berbagai hal.
Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya
Penutup
Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang manager marketing.
Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memilih seorang manager marketing yang tepat dan mengetahui dengan baik apa yang memang menjadi tugasnya.
Karena, peran mereka sangat penting demi perkembangan dan juga kemajuan perusahaan.
Namun, masih ada hal lainnya yang harus Anda perhatikan, yaitu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mendigitalisasikan bisnis Anda agar bisa terus eksis di tengah persaingan yang ketat.
Nah untuk itu, Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online hadir untuk Anda.
Aplikasi akuntansi dan bisnis ini mampu membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara #lebihbaik.
Kenapa? Karena di dalamnya telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang saling terintegrasi, seperti fitur dalam membuat lebih dari 200 lebih laporan keuangan, mengelola persediaan barang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.
Lebih menariknya lagi, semua kelebihan dan fitur tersebut bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau.
Bahkan, Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.