Mengenal Lebih Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis

Dalam bisnis, manajemen sumber daya manusia (SDM) menjadi komponen yang penting dalam menjaga kenyamanan para pekerja. Hal ini tidak terbatas pada bisnis besar saja, bisnis sekecil apapun juga membutuhkannya.

Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia

Pemahaman tradisional dari pengelolaan sumber daya manusia hanya biasanya hanya mengaitkan urusan penggajian dan melakukan penilaian kerja karyawan. Manajemen SDM lebih kritis dari itu, fokusnya adalah menjaga dan memelihara kenyamanan para karyawan dari suatu perusahaan atau bisnis.

Dengan adanya manajemen SDM, karyawan merasa lebih diperhatikan dan merasa aman dalam menjalankan tugasnya. Banyak program dan peraturan yang dibuat demi mencapai peningkatan kualitas kerja, contohnya seperti cuti tahunan, kompensasi bulanan, dan kesempatan untuk meraih insentif.

Manajemen SDM memastikan para karyawan bekerja dengan senang hati dan tidak menganggap pekerjaannya sebagai sebuah tekanan. Empati harus dibangun dalam melakukan manajemen SDM sehingga karyawan yang memiliki masalah akan merasa dimengerti sebagai seorang individu.

Betty Bender, seorang penulis dan pemerhati pengelolaan sumber daya manusia, pernah mengatakan bahwa ketika seorang karyawan berangkat untuk bekerja, tidak seharusnya mereka meninggalkan hatinya di rumah. Steve Wynn juga mengungkapkan bahwa manajemen SDM itu bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan mesin penggerak sebuah bisnis.

Baca juga : Tertarik Menjalani Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

Tiga Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Bisnis

#1 Citra Perusahaan

Manajemen SDM yang baik akan menumbuhkan kecintaan karyawan terhadap bisnis yang dijalankan, para karyawan memahami nilai perusahaan sehingga mampu menjaga citra perusahaan.

Peraturan-peraturan yang telah ditetapkan juga harus senantiasa ditinjau demi menjaga citra dan kesuksesan perusahaan. Kalau ingin membangun sebuah bisnis, bangunlah orang-orangnya, kata Brownie Wise.

#2 Kepuasan Karyawan

Manajemen SDM memegang andil dalam menjadikan para karyawannya puas atau tidak dalam bekerja. Puas bekerja dengan tugasnya, puas bekerja sama dengan atasannya, dan puas dengan budaya perusahaan.

Mengukur kepuasan karyawan memang sedikit sulit dan ambigu, tetapi dalam melakukan manajemen SDM, karyawan bisa diwawancara, diminta mengisi survei, dan melakukan diskusi grup. Semua hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan serta mutu sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah perusahaan yang menjalankan suatu bisnis.

Berdasar wawancara, survei, dan usaha-usaha lainnya dalam mencari tahu tingkat kepuasan karyawan, perlu dilakukan peninjauan akan hal-hal yang perlu dikembangkan, diperbaiki, dan diteruskan.

Dengan kata lain, manajemen SDM menjadi alasan untuk membenahi perusahaan dan memotivasi bisnis untuk terus berkembang.

#3 Resolusi Masalah

Tak peduli seberapa puas para karyawan terhadap tempat kerja mereka, yang namanya konflik itu tidak terelakkan. Entah dengan tugas mereka, atasan mereka, atau rekan kerjanya. Setiap karyawan tentunya memiliki gaya bekerja, kepribadian, hingga tingkat pengalaman dan latar belakang yang berbeda. Maka dari itu argumen dan konflik tidak mungkin lenyap.

Dengan adanya manajemen SDM yang baik dan benar, hal-hal seperti itu bisa diselesaikan secara efektif dan menghasilkan kinerja yang positif bagi keseluruhan perusahaan. Kemampuan untuk melakukan resolusi terhadap konflik juga merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kepuasan karyawan di tempat kerjanya.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Dividen dan Berbagai Jenisnya

Kesimpulan

Baik pelaku bisnis kecil maupun besar, manajemen sumber daya manusia itu penting dalam mencapai kesuksesan. Manajemen SDM memastikan karyawan bekerja dengan senang hati, mampu menjaga citra perusahaan, dan memahami nilai-nilai yang dipegang perusahaan. Dengan manajemen sumber daya manusia pula, konflik-konflik yang tak terelakkan mampu diselesaikan.

Baca juga : Accurate Online Sebagai Solusi Akuntansi Manufaktur Sederhana

Selain manajemen sumber daya manusia, hal yang tak kalah penting adalah pembukuan perusahaan yang terperinci. Dengan pembukuan yang baik, Anda bisa membuat rencana yang benar untuk pengembangan usaha Anda.

Atas dasar ini, Anda memerlukan tools terbaik untuk melakukan pembukuan yang cepat dan minim kesalahan. Karena pada kenyataannya, masih banyak usaha yang tidak melakukan pembukuan dikarenakan mereka “buta” akuntansi dan beranggapan kalau melakukan pembukuan memakan banyak waktu. Padahal itu tidak sepenuhnya benar

Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan pembukuan yang benar dan mudah sekalipun Anda kurang paham secara menyeluruh tentang apa itu akuntansi. Hal ini dikarenakan Accurate Online adalah software akuntansi yang mudah digunakan dan akan mempercepat proses pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online sendiri telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesa dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi pilihan Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.