Market Leader Adalah Posisi Nomor Satu yang sangat Menguntungkan, Benarkah?

Jika Anda ingin meraih puncak di dalam bisnis, maka pemimpin pasar atau market leader adalah salah satu tujuan yang harus anda capai.

Lalu, apa pengertian sebenarnya dari market leader? Penasaran? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang market leader di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Market Leader?

Sebelum membahas lebih jauh tentang market leader, maka Anda harus terlebih dulu mengetahui market share. Berdasarkan laman HubSpot, market share adalah nilai persentase penjualan industri yang perusahaan miliki.

Contohnya, ada PT ABC melakukan penjualan Laptop selama satu tahun sebanyak 1 juta unit. Nah, sebanyak 50% dari penjualan tersebut adalah milik PT XYZ. Sisanya, yaitu sebanyak 20%, dan 20%, secara berturut-turut adalah milik PT GHI dan ILM.

Nah, persentase dari penjualan inilah yang dikenal dengan market share. Dari semua penjualan industri, beberapa persennya adalah milik perusahaan tertentu.

Mari kita kembali membahas tentang market leader. Berdasarkan laman Investopedia, market leader memiliki keterkaitan yang erat dengan market share.

Bila Anda masih bingung, mari kita menggunakan contoh penjualan laptop di atas.

Berdasarkan contoh di atas, perusahaan yang memimpin penjualan Laptop adalah PT ABC, karena perusahaan ini memiliki proporsi penjualan laptop yang paling besar di pasar.

Dikutip dari laman Chron, market leader memiliki beberapa ciri khas. Nah, ciri khas dari market leader adalah lebih fokus pada pelanggan, fleksibel, memiliki visi yang jelas, dan melakukan investasi pada pekerja.

Baca juga: Market Penetration: Pengertian dan Manfaatnya untuk Produk Baru

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Market Leader

Menjadi nomor satu di pasar memang terdengar sangat menggiurkan. Nah agar Anda bisa semakin semangat, cobalah untuk membaca kelebihannya di bawah ini.

Berdasarkan laman Corporate Financial Institute, salah satu kelebihan dari market leader adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi dalam skala yang besar.

Bayangkan bila Anda adalah seorang penjual Kebab Turki di Kompleks Perumahan X. Diantara banyaknya penjaja menu asal Turki ini, Anda adalah yang nomor satu.

Setiap harinya, Anda bisa menjual 100 bungkus Kebab Turki. Bahkan, setelah dagingnya habis dan Anda sudah terlalu lelah untuk membuat Kebab, masih ada lagi 100 orang pelanggan yang mengantri Kebab Anda.

Di lain hal, kompetitor Anda hanya bisa menjual 20 bungkus kebab saja dalam sehari. Tentunya angka tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan penjualan Anda. Dalam hal ini, bisa kita simpulkan bahwa Anda adalah market leader.

Lalu secara tiba-tiba, ada yang menjual mesin pembuat Kebab Turki. Mesin ini mampu membuat 200 bungkus Kebab Turki dalam kurun waktu satu jam. Anda pun tertarik untuk membeli mesin tersebut. Karena dengan menggunakan mesin tersebut, Anda bisa menjual lebih banyak, dan secara otomatis akan meningkatkan pendapatan Anda.

Tentunya hal ini berbeda dengan kompetitor Anda. Dirinya menganggap bahwa mengeluarkan dana untuk membeli mesin tidak efisien dan tidak efektif. Harganya terlalu mahal dan juga belum dibutuhkan.

Kelebihannya tidak berhenti di sana. Karena Anda setiap hari memiliki 200 pelanggan, maka Anda bisa berkenalan dengan mereka dan memiliki data mereka.

Namun, tidak selamanya menjadi market leader itu baik. Pemimpin akan selalu memiliki kemungkinan untuk memonopoli yang bisa merugikan banyak pihak.

Baca juga: Marketing Flywheel, Strategi Pemasaran yang Paling Ampuh

Tips Jadi Market Leader

Dengan menjadi market leader, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Lalu, hal apa saja yang bisa Anda lakukan agar gelar tersebut terus melekat pada bisnis Anda. Berdasarkan laman Entrepreneur, berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi market leader adalah sebagai berikut:

1. Membuat Produk yang Spesifik dan Menarik

Banyak yang mengatakan bahwa Anda harus lebih pintar dalam memilih perang. Dekatilah tempat yang memiliki kemenangan tinggi dan menghindari medan perang yang sulit untuk dimenangkan.

Hal tersebut juga berlaku sama bila Anda ingin menjadi market leader. Menjadi nomor satu di dalam industri yang sudah mapan dan sudah lama eksis tentu bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, cobalah untuk memilih medan perang yang lebih mudah dimenangkan dan cobalah untuk membuat produk yang beda serta unik, lalu jadilah pemenang di pasar tersebut.

2. Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Untuk menjadi market leader, Anda harus memikirkan kepuasan pelanggan. Ingatlah selalu bahwa pelanggan Anda adalah seorang raja. Pelanggan yang merasa puas akan yakin untuk menjadi pelanggan tetap Anda. Terlebih lagi, Anda juga bisa memperoleh ulasan yang baik dari mereka.

3. Meningkatkan Strategi Pemasaran

Salah satu cara agar bisa menjadi market leader adalah dengan cara meningkatkan brand awareness. Hal tersebut bisa Anda lakukan melalui berbagai channel pemasaran. Cobalah untuk mencari cara yang kreatif yang bisa menghubungkan Anda dengan audiens. Dengan terus terngiang di pikiran mereka, maka Anda bisa menjadi market leader.

Baca juga: Marketing Collateral dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang market leader atau pemimpin pasar. Apakah saat ini Anda tertarik untuk menjadi salah satu diantaranya? Bila iya, maka ada banyak sekali tahapan yang harus Anda lewati. Informasi yang kami sajikan ini bisa Anda jadikan sebagai tahap awal.

Selain itu, Anda harus merencanakan keuangan secara matang. Karena menjadi market leader harus memiliki kemampuan finansial yang tinggi.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu perusahaan ini mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca dan 200+ jenis laporan keuangan lainnya secara cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah dibekali dengan fitur dan modul yang canggih yang akan membantu Anda dalam mengelola persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, dan masih banyak lagi. Sehingga, bisnis Anda bisa bergerak lebih efektif dan efisien.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis lewat banner di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.