Marketing Forecast: Pengertian, Manfaat, Komponen, dan Prosesnya

Jika Anda perlu memperkirakan jumlah pendapatan yang akan dihasilkan perusahaan Anda di masa depan, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan membuat perkiraan pemasaran atau marketing forecast. Jenis analisis ini memungkinkan Anda menggunakan data untuk membuat tebakan terpelajar tentang angka yang Anda harapkan di masa depan berdasarkan riset pasar. Mempelajari berbagai metode untuk menyelesaikan perkiraan pemasaran dapat membantu Anda menentukan pendekatan yang ingin Anda ambil.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu marketing forecasat, mengapa itu penting, komponen prakiraan pemasaran, dan bagaimana Anda dapat menggunakannya sendiri.

Apa yang dimaksud dengan marketing forecast?

Marketing forecast atau prakiraan pemasaran adalah analisis yang memproyeksikan tren, karakteristik, dan angka masa depan di pasar sasaran Anda. Ini memberikan angka yang diantisipasi yang diharapkan perusahaan berdasarkan riset pasar.

Prakiraan pemasaran membantu Anda memahami berapa banyak prospek yang akan dihasilkan perusahaan Anda dalam jangka waktu tertentu dan bagaimana prospek akan bergerak melalui berbagai tahap proses pemeliharaan prospek Anda sebelum mereka siap melakukan pembelian.

Ini membantu Anda memahami saluran pemasaran mana yang akan menghasilkan prospek paling banyak dan bagaimana kemungkinan penjualan akan dilakukan. Dengan memahami berapa banyak calon pelanggan di setiap tahap siklus pendapatan dan bagaimana mereka melewati setiap tahap, Anda dapat memperkirakan berapa banyak peluang dan pelanggan baru yang akan Anda hasilkan di masa depan.

Marketing forecast memberi pasar kemampuan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari upaya mereka. Misalnya, mereka mungkin mengantisipasi bahwa jika mereka melakukan aktivitas pemasaran tertentu, mereka dapat mengharapkan sejumlah prospek tertentu dalam jangka waktu tertentu dan sejumlah pendapatan tertentu yang akan dihasilkan dari prospek tersebut.

Baca juga:Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan?

Mengapa marketing forecast itu penting?

Bisnis perlu membuat rencana pemasaran untuk menentukan arah strategis mereka. Prakiraan pemasaran adalah inti dari rencana pemasaran karena memperkirakan hasil dan pendapatan yang akan dicapai bisnis.

Komponen dalam marketing forecast

Ada beberapa komponen yang dibutuhkan pasar untuk menghasilkan perkiraan yang akurat, termasuk:

Data yang akurat

Komponen pertama yang dibutuhkan pemasar adalah data yang baik. Jika data yang mereka gunakan bervariasi secara signifikan, maka metode forecasting tidak akan menghasilkan hasil yang akurat.

Jika saluran berbeda yang mereka gunakan memiliki kesalahan, perkiraan pada akhirnya akan menjadi tidak akurat dan penanda mungkin kehilangan sasarannya. Dengan memulai dengan data yang akurat, pemasar dapat meminimalkan kesalahan forecasting dan menggunakan metode forecasting yang lebih canggih.

Ukuran pasar

Ukuran pasar adalah komponen lain dari perkiraan pemasaran. Ukuran pasar mengacu pada jumlah orang di segmen pasar tertentu yang merupakan pembeli potensial. Perusahaan perlu memeriksa ukuran pasar untuk menyelesaikan perkiraan pemasaran secara akurat.

Fokus sasaran

Analisis pemasaran harus memungkinkan Anda mengembangkan fokus strategis dalam pasar. Ini juga disebut sebagai segmentasi dan positioning. Saat Anda memilih segmen pasar yang terbaik untuk produk atau layanan Anda, pertimbangkan kekuatan dan kelemahan Anda sendiri, keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan Anda, dan perbedaan yang melekat di antara segmen pasar.

Baca juga: Kompetitor Tidak Langsung: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya dengan Kompetitor Langsung

Proses untuk menyelesaikan marketing forecast

Marketing forecast pada akhirnya merupakan tebakan terpelajar tentang apa yang bisa terjadi berdasarkan proses yang rumit. Namun, ada beberapa proses berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan perkiraan pemasaran Anda:

Opini eksekutif

Ini pada dasarnya ketika eksekutif perusahaan membuat tebakan berdasarkan pengetahuan mereka tentang perusahaan, pasar, penjualan, dan faktor lainnya. Ini sering menjadi titik awal bagi banyak prakiraan pemasaran. Yang mengatakan, pendapat eksekutif harus selalu didukung oleh penelitian dan teknik kualitatif.

Survei pelanggan atau saluran

Dengan menggunakan pendekatan ini, perusahaan mempekerjakan organisasi riset yang dapat mensurvei pelanggan potensial tentang berapa banyak kemungkinan yang akan mereka belanjakan untuk jenis produk tertentu dalam jangka waktu tertentu. Perusahaan-perusahaan tersebut kemudian menggunakan jawaban tersebut untuk membuat prakiraan pemasaran.

Perusahaan juga terkadang melakukan survei sendiri untuk membuat prakiraan pemasaran. Kelemahannya adalah meskipun survei efektif dalam menentukan potensi pasar, survei kurang efektif dalam menentukan potensi penjualan, karena calon konsumen dapat membeli produk dari pesaing.

Komposit tenaga penjualan

Metode lain untuk menyelesaikan marketing forecast adalah dengan mengumpulkan informasi dari tenaga penjualan perusahaan. Perwakilan penjualan sering kali memiliki intuisi yang kuat tentang seberapa banyak produk yang dapat mereka jual dalam jangka waktu tertentu, meskipun ini biasanya hanya berfungsi dengan baik dengan produk yang sudah ada. Metode forecasting ini tidak cocok untuk produk baru.

Baca juga: Sales Automation: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya

Pendapat ahli

Metode forecasting ini mirip dengan menggunakan pendapat eksekutif. Perbedaan utama antara keduanya adalah Anda mengandalkan pendapat para ahli dari luar perusahaan. Pendapat ini harus selalu didukung oleh metode dan penelitian kualitatif.

Teknik berkorelasi

Analisis korelasional adalah metode canggih untuk menyelesaikan perkiraan pemasaran. Dengan menggunakan metode ini, Anda mendasarkan perkiraan penjualan Anda pada pola variabel terkait lainnya.

Teknik deret waktu

Teknik ini berguna untuk mengamati pola dalam penjualan. Analisis tren, misalnya, memungkinkan Anda mengukur peningkatan penjualan dari waktu ke waktu dan menerapkannya ke masa depan untuk memprediksi pertumbuhan perusahaan. Jika perusahaan Anda melihat peningkatan penjualan sebesar 3% pada tahun lalu, sebagai contoh, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa kenaikan 3% akan berlanjut di masa depan.

Model respons

Dengan menggunakan metode ini, perusahaan mendasarkan perkiraannya pada tanggapan masa lalu pelanggan terhadap teknik pemasaran tertentu. Dengan menggunakan informasi ini, perusahaan dapat membuat tebakan terpelajar tentang bagaimana pelanggan akan menanggapi perubahan harga atau penawaran yang berbeda.

Cara menggunakan marketing forecast

Sementara langkah-langkah spesifik yang digunakan perusahaan untuk membuat perkiraan pemasaran yang akurat bisa sangat canggih, metodologi dasarnya sederhana dalam konsep. Berikut adalah langkah-langkah dasar yang perlu diambil perusahaan untuk menyelesaikan perkiraan pemasaran:

  • Identifikasi tahapan siklus pendapatan Anda
  • Tentukan jenis prospek yang ingin Anda lacak
  • Ukur bagaimana berbagai jenis prospek bergerak melalui berbagai tahap siklus pendapatan
  • Gunakan data yang akurat untuk menentukan berapa banyak prospek baru yang akan masuk ke sistem dalam waktu yang ditentukan
  • Modelkan aliran prospek baru dan saat ini
  • Tinjau hasil Anda dan selesaikan perkiraan pemasaran Anda

Baca juga: Elastisitas Permintaan: Pengertian, Cara Hitung, Contoh dan Jenisnya

Kesimpulan

Semakin akurat marketing forecast Anda, semakin efektif strategi dan rencana pemasaran Anda. Selain itu pemasaran atau marketing, pastikan juga Anda memiliki prakiraan keuangan bisnis yang baik.

Sementara banyak hal dalam bisnis berada di luar kendali Anda, memiliki perkiraan informasi keuangan akan membantu Anda dalam membuat strategi dalam bisnis yang lebih baik, dan itulah guna Accurate Online untuk bisnis Anda.

Accurate Onine adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau dan cocok untuk semua jenis bisnis.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan multi gudang, manajemen aset dan stok, otomatisasi 200  jenis laporan keuangan, mengetahui histori transaksi melalui dasbord yang intuituf dan mudah dimengerti, dan masih banyak lagi kemudahan yang Anda dapatkan saat menggunakan Accurate Online.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa menggunakan Accurate online secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu