11 Online Marketing Tools yang Harus Anda Gunakan Untuk Berbisnis

Dewasa ini, teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi online adalah suatu hal yang lumrah yang dilakukan oleh berbagai skala bisnis. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas online marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran dengan media online.

Jika Anda berniat membangun bisnis maka Anda harus mengendalikan kegiatan pemasaran produk yang bisa Anda lakukan, dan teknik pemasaran online adalah teknik yang harus Anda pahami. Berbagai tools ini bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan pemasaran Anda.

Online Marketing Tools yang harus Anda Gunakan

1. Canva

Saat Anda ingin mulai berbisnis, maka cobalah untuk membangun identitas brand Anda terlebih dahulu dengan menentukan nama brand beserta maknanya, visi-misi, logo hingga detail font atau vibe yang hendak Anda tunjukkan melalui brand Anda.

Oleh karena itu, canva sudah menyiapkan 50 ribu template lebih yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk mendesain tampilan brand atau produk Anda Anda. Mulai dari paket poster, kartu nama, paket logo dan font, brosur, flyer, template daftar menu, serta beragam gambar yang bisa Anda pilih dengan berbagai ukuran untuk media sosial.

2. Trello

Setelah menentukan bagaimana sifat brand dan tampilan produk Anda, maka sekarang saatnya Anda melakukan kegiatan perencanaan. Selain untuk media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan Trello untuk melakukan kegiatan mengorganisir seluruh persiapan yang Anda butuhkan untuk memasarkan suatu brand.

Anda juga bisa memanfaatkan situs web ini untuk membuat checklist, meng-upload file atau foto, serta mengundang member lain untuk turut berkolaborasi dengan Anda.

3. Hootsuite

Fitur web ini bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan organisir pada media sosial bisnis Anda, baik itu untuk keperluan meng-upload, respon dari follower media sosial atau pelanggan dari beragam platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan ataupun kepentingan pemasaran Anda.

Jika bisnis Anda tidak melibatkan banyak akun pada media sosial dalam platform yang sama, maka Anda bisa menggunakan paket professional seharga Rp 400 ribu perbulan. Namun, jika bisnis Anda adalah suatu agensi yang di dalamnya harus mengurus media sosial milik klien, maka gunakanlah paket team, business, ataupun enterprise seharga Rp 1,8 juta perbulan.

Tapi, jika hootsuite masih dinilai mahal, maka Anda bisa menggunakan Buffer. Aplikasi Buffer juga menawarkan banyak layanan yang sama, namun dengan harga yang lebih bersahabat, mereka juga memberikan daftar harga yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa mulai menggunakan paket Pro seharga 200 ribuan, atau paket premium dan business yang dibandrol dengan harga mulai dari 900 ribuan.

Baca juga: Apa itu Marketplace? Inilah Pengertian dan Jenis-jenisnya

4. SEMRush, Ahrefs, Google Trends 

Jika Anda sudah mengurus visual brand dan media sosial, maka sekaranglah waktunya untuk mulai membuat website bisnis. Setelah membuat website, maka Anda bisa menggunakan ketiga online marketing tools diatas untuk menentukan kata kunci bisnis Anda.

Cobalah mulai dengan mengunjungi website di atas. Selain mampu menampilkan informasi yang berguna untuk audiens Anda, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness jika website Anda berhasil menempati halaman pertama pada mesin pencarian.

5. Yoast SEO

Online marketing tools yang satu ini berbentuk plugin atau kode software yang berguna untuk menjalankan berbagai fungsi tertentu pada CMS WordPress Anda. Plugin ini berfungsi dalam menentukan fokus keyword dan menganalisa isi artikel Anda agar lebih mudah lagi untuk dideteksi oleh mesin pencari.

Fitur ini akan membantu meningkatkan peringkat website Anda agar bisa meningkat sehingga bisnis Anda juga bisa mengalami peningkatan brand awareness di Internet.

6. Unsplash

Website ini menyediakan ratusan ribu foto profesional, sehingga bisa memaksimalkan konten yang kamu buat untuk bisa melengkapi seluruh tampilan visual marketing, seperti gambar bangunan, makanan, atau alam, dan berbagai foto eksperimental yang bisa Anda gunakan.

Unsplash juga bahkan menyediakan foto yang gratis, walaupun penyertaan kredit lebih dihargai oleh website ini. foto yang disediakan oleh website ini juga adalah file asli dengan kualitas yang sangat tinggi.

Baca juga: Multi Level Marketing adalah: Pengertian, Jenis, Keunggulan dan Kekurangannya

7. GetResponse

Saat Anda sudah mulai mengupload berbagai konten yang berhubungan dengan bisnis website Anda, pastikanlah agar calon audiens Anda bisa mendapatkan informasi tersebut. Anda bisa menggunakan email online marketing tool.

Email adalah cara pendekatan yang paling personal, oleh sebab itu, cobalah untuk membuat konten dan bahasa email yang lebih bersahabat dan tidak kaku, agar para penerima email merasa yakin bahwa produk Anda adalah sesuatu yang memang mereka benar-benar butuhkan.

8. Facebook Pixel

Agar online marketing tools anda lebih lengkap, cobalah untuk menganalisa website untuk mengecek perkembangan website Anda. Dua online marketing tools yang bisa Anda gunakan adalah Facebook Pixel dan Google Analytics.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun ada satu perbedaan antar kedua tools ini, yaitu Google Analytic adalah suatu kode yang harus Anda input pada website Anda secara manual, sedangkan facebook pixel harus Anda instal dalam bentuk plugin pada website Anda.

9. Google Ads

Google ads adalah marketing tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kampanye iklan untuk bisnis Anda. Tools ini bisa Anda gunakan untuk membuat iklan dalam bentuk teks, video, display visual, dan etalase untuk berbagai produk Anda. Berbagai tipe iklan google yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan campaign Anda adalah:

  • Google Adwords

Dengan Google Adwords, Anda bisa membuat mesin pencari google menempatkan halaman website Anda pada peringkat teratas pada mesin pencarian ketika para pengguna internet mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

  • Google Display Network (GDN)

Fitur periklanan Google ini akan menampilkan iklan Anda secara lebih menarik, karena GDN akan menyediakan slot untuk menempatkan banner atau poster pada website yang memang relevan dengan brand atau produk Anda. Namun, Anda harus membuat banner atau poster dengan beragam ukuran agar bisa dipajang pada situs yang relevan tersebut.

10. Facebook Ads dan Twitter Ads

Selain Google Ads, terdapat duat tools lain yang berguna untuk memasang iklan yang bisa Anda gunakan di media sosial, yaitu Facebook Ads dan juga Twitter Ads. Facebook Ads adalah layanan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan promosi akun ataupun unggahan Anda di media sosial, seperti instagram dan facebook.

Anda juga bisa melakukan periklanan di Twitter Ads Manager dengan dua cara, yaitu promote metode yang bisa mengupload tweet yang sebelumnya sudah Anda atur dan Anda jadwalkan sebelumnya, yang kedua adalah Quick Promote untuk mempromosikan tweet tertentu.

11. Slack

Komunikasi merupakan kunci utama dalam seluruh bentuk kehidupan, termasuk dalam berbisnis. Slack adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda jadikan untuk berkomunikasi, baik itu untuk kehidupan ataupun bisnis.

Anda bisa berkomunikasi dengan rekan kerja Anda setiap saat dan dengan berbagai banyak cara. Kenapa slack penting? Karena Anda tentunya membutuhkan ruang sendiri untuk membicarakan hal lain di luar pekerjaan, dan jika Anda memanfaatkan satu aplikasi saja, maka pastinya akan menjadi berantakan.

Oleh karena itulah slack sangat penting. Slack muncul dengan berbagai penyesuaian sehingga bisa lebih menyenangkan, namun tetap formal dan serius.

Tools ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat banyak nama saluruan. Saluran yang dimaksud adalah seperti grup, dimana Anda bisa melakukan komunikasi dengan teman-teman yang berada di dalam grup tersebut. Anda juga bisa membuat saluran per divisi seperti #timdeveloper, #timmarketing dll. Seluruhnya bisa Anda gunakan dalam satu tempat.

Hal lain yang mampu membuat aplikasi ini begitu kuat adalah kemudahan, karena tool ini sudah terintegrasi dengan seluruh software yang mungkin saja sudah digunakan oleh tim Anda. Slack adalah aplikasi yang sangat efisien dan menyenangkan, sehingga tim Anda bisa lebih mudah dalam berkomunikasi.

Baca juga: Marketing Executive : Pengertian, Job Description, dan Tugasnya

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah mulai bisa memahami dan memilih marketing tools apa yang bisa Anda gunakan untuk melancarkan kegiatan bisnis Anda secara online?

Namun, kegiatan bisnis yang Anda lakukan tidak hanya harus fokus pada pemasaran saja. Karena Andapun harus melakukan pembukuan keuangan dan berbagai kegiatan akuntansi lainnya secara lebih tepat dan akurat. Nah, agar Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi khusus dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1