Ingin Memotivasi Tim Penjualan? Berikut 10 Tipsnya
Menjaga tim yang termotivasi adalah faktor penentu utama kesuksesan secara keseluruhan. Dalam tim penjualan, motivasi bahkan lebih penting karena membantu karyawan tetap fokus pada gambaran besar, bahkan ketika operasi sehari-hari mungkin mencakup penanganan penolakan proposal atau penawaran sebagai persyaratan pekerjaan.
Memotivasi karyawan adalah keterampilan yang harus dipelajari oleh manajer penjualan atau pemilik bisnis jika mereka ingin menjalankan tim yang sukses dalam jangka waktu yang lama.
Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari tips untuk memotivasi tim penjualan agar dapat dipertimbangkan untuk ditambahkan ke pelatihan dan rapat tim Anda.
Daftar Isi
Apa Pengaruh Utama Yang Penting bagi Motivasi Tim Penjualan?
Motivasi sangat penting untuk mengoptimalkan tenaga penjualan Anda, tetapi mungkin membuat beberapa manajer bertanya-tanya bagaimana cara mencapainya.
Dari perspektif yang lebih luas, ada baiknya untuk memahami pengaruh utama apa dalam organisasi Anda yang paling penting untuk menjaga motivasi tim Anda. Berikut adalah tiga influencer utama dalam hal motivasi penjualan:
Gaya manajemen
Gaya manajemen, keyakinan, dan praktik dapat menumbuhkan motivasi pada tenaga penjualan. Penting untuk mempekerjakan tim manajemen yang berdedikasi, terampil, dan bersedia mengembangkan karyawan dalam teknik penjualan.
Budaya perusahaan
Struktur organisasi perusahaan dan budaya dapat menjadi motivasi. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari peran yang dimainkan anggota tim penjualan di dalam perusahaan hingga bagaimana mereka dibayar.
Motivasi intrinsik
Jika Anda memiliki tim penjualan yang beragam dan termotivasi dalam berbagai cara, menawarkan hadiah uang harus menjadi salah satu dari banyak sumber motivasi yang Anda gunakan.
Pertimbangkan apa lagi yang membuat tim Anda merasa baik tetapi tidak selalu memiliki nilai uang, seperti mendapatkan hari libur atau pengakuan verbal.
Baca juga: Ingin Melakukan Pengembangan Tim? Berikut 5 Tahapannya
10 Tips Terbaik dalam Memotivasi Tim Penjualan Anda
Ikuti panduan ini untuk memotivasi tim penjualan Anda:
1. Berikan insentif untuk kinerja tim
Menumbuhkan rasa persaingan sangat bagus untuk memotivasi tim penjualan, tetapi rasa kerjasama juga merupakan motivasi yang besar.
Studi menunjukkan bahwa pebisnis di semua fungsi pekerjaan, termasuk penjualan, berkinerja lebih baik dalam pengaturan tim. Kerjasama merupakan faktor penentu dalam berhasil memenuhi tujuan kinerja.
Berikan penghargaan terbesar kepada divisi atau departemen daripada kepada pemain terbaik di setiap tim. Itu akan menjaga rasa persaingan sambil juga memastikan profesional penjualan menjaga rasa loyalitas kepada tim penjualan khusus mereka.
Misalnya, Anda dapat menawarkan bonus untuk pendapatan penjualan rata-rata tertinggi per tim sebagai insentif untuk menghargai kerja tim dan persahabatan. Tim akan termotivasi untuk mendorong satu sama lain untuk membuat panggilan berikutnya dan mengatur janji berikutnya.
2. Belajar optimis sebagai sebuah tim
Pandangan yang optimis sangat penting untuk keberhasilan tidak hanya tenaga penjualan individu tetapi juga tim penjualan. Optimisme yang dipelajari juga bisa efektif dengan kelompok penjualan.
Itu adalah kabar baik karena meskipun setiap anggota tim mungkin tidak mengalami hari penjualan yang hebat, saling mengangkat sebagai sebuah tim terbukti sangat bermanfaat bagi semua orang.
Sementara komisi dan tujuan individu dapat ditetapkan, penting untuk menambahkan latihan tim ke pertemuan Anda untuk menekankan sikap optimis dan keyakinan pada kemampuan tim untuk mencapai tujuan bersama.
Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Email Penawaran Penjualan yang Efektif?
3. Tekankan pikiran positif dalam tim
Mintalah setiap orang dalam tim menulis sesuatu yang mereka sukai atau kagumi tentang orang lain dalam tim pada kartu indeks (satu kartu indeks per orang).
Ini bisa berupa satu kata atau kalimat tetapi tetap anonim. Di akhir latihan, tukar kartu sehingga setiap orang memiliki sekelompok kartu dengan komentar positif dari timnya.
4. Fokus pada pengajaran tugas dan proses penjualan yang sukses
Ketika tim penjualan dilatih untuk sukses, mereka cenderung tidak melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan lebih sedikit penjualan dan umpan balik negatif, yang dapat mengurangi motivasi.
Hal penting yang dapat diambil di sini adalah tim penjualan Anda akan lebih termotivasi dan fokus jika mereka memiliki keterampilan untuk tetap selaras dengan memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
5. Bertindak berdasarkan kebutuhan saat ini
Membawa tim ke momen mungkin sesederhana memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Teknik pernapasan dan penghilang stres instan lainnya dapat membantu anggota tim yang ingin mendapatkan fokus dan presisi yang lebih baik saat ini.
Mengajarkan tim cara menggunakan teknik ini sebelum panggilan penjualan penting dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
Baca juga: Decision Tree: Pengertian, Cara Buat, Kelebihan dan Kekurangannya
6. Membuat darah mengalir ke otak
Mintalah tim berdiri dan lakukan beberapa latihan ringan seperti peregangan, pijat tangan, atau berjalan. Bola yoga, lompat jack, bola stres, angkat lutut, gelang latihan atau beban ringan juga dapat bermanfaat bagi tim untuk meningkatkan aliran darah dan membantu menghasilkan fokus. Dorong karyawan untuk menggunakan gym di siang hari juga.
7. Bicaralah dengan anggota tim penjualan Anda
Kenali anggota tim Anda dan kembangkan kepercayaan. Jika seseorang tampak terganggu, tanyakan apakah ada sesuatu yang sedang dipikirkannya.
Kemudian, lihat apakah itu sesuatu yang dapat Anda bantu untuk mereka lewati. Bagikan cerita Anda dengan mereka juga—Anda mungkin bisa menghubungkannya dengan cara tertentu.
Jika masalahnya lebih jangka panjang, merujuk anggota tim Anda untuk konseling, pembinaan atau pendampingan mungkin tepat.
8. Hargai waktu dan kinerja tim Anda
Manajemen waktu penting untuk kesuksesan. Meskipun ini mungkin tampak jelas, di banyak posisi penjualan, hubungan tersebut dikaburkan oleh komisi, bonus, dan insentif.
Tim dapat menemukan motivasi dengan menganggap waktu sebagai uang. Miliki kartu dengan statistik tersebut di tangan atau baca di rapat rekap atau motivasi.
Ini akan memotivasi tim penjualan Anda untuk bergerak maju dengan lebih banyak panggilan telepon, email, dan lainnya karena meskipun mereka mungkin tidak melihat peningkatan langsung dalam upah atau gaji per jam untuk melakukan lebih banyak panggilan, mereka akan melihat dampaknya pada komisi.
Dengan menggunakan tingkat closing rata-rata untuk tim dan komisi rata-rata yang dihasilkan per klien pada tahap yang berbeda dalam alur, hitung keuntungan rata-rata per anggota tim untuk setiap panggilan, janji temu dan email.
Menggunakan statistik tim menjaga level lapangan bermain, jadi tidak ada yang merasa waktu mereka kurang berharga.
Baca juga: Lean Management: Pengertian, Manfaat Dan 5 Prinsip Utamanya
9. Merampingkan proses penjualan
Waktu yang dihabiskan dengan baik juga berarti memastikan tim penjualan memiliki informasi yang dibutuhkan saat informasi tersebut dibutuhkan.
Menanyakan pertanyaan dari calon pelanggan adalah bagian dari pekerjaan wiraniaga, dan pertanyaannya kemungkinan besar akan sangat terperinci dan melibatkan jumlah informasi yang tersedia melalui sumber lain.
Daripada meninggalkan orang dengan pertanyaan, terapkan proses dan sumber daya yang memberdayakan anggota tim penjualan untuk bekerja secara proaktif.
10. Mendorong komunikasi yang efektif
Berkomunikasi secara efektif menghemat waktu dan menghasilkan uang. Ini benar apakah komunikasi itu verbal, tertulis atau nonverbal, dan itu berlaku untuk komunikasi tim penjualan internal seperti halnya komunikasi dengan klien potensial.
Komunikasi dengan klien dan prospek sangat penting. Melatih tim dalam teknik komunikasi efektif yang berfokus pada penyampaian fakta dan profesionalisme akan membuat perbedaan besar.
Mintalah anggota tim berlatih berbicara satu sama lain seolah-olah mereka adalah calon pelanggan, lengkap dengan keberatan dan hambatan.
Kemudian, mintalah tim menemukan cara alternatif untuk menangani situasi tersebut dan mendiskusikan mengapa atau mengapa mereka tidak mengatakan atau melakukan sesuatu secara berbeda.
Jika ruang kerja Anda memiliki pintu, tetap buka. Dorong orang untuk datang dan mengobrol dengan Anda. Anda bahkan mungkin ingin menjadwalkan obrolan dengan anggota tim secara teratur. Jika seorang anggota tim datang kepada Anda dengan pertanyaan atau kekhawatiran, perlakukan mereka dengan hormat dan beri mereka waktu dan ruang untuk mengekspresikan diri.
Baca juga: 4 Tips dalam Membangun Sebuah Brand yang Sukses
Kesimpulan
Menjaga motivasi tim penjualan tetap baik adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Ingatlah, tim penjualan adalah ujung tombak dari usaha apapun, tanpa penjualan tidak ada pemasukan bagi bisnis Anda.
Jika Anda pemilik bisnis, pastikan Anda selalu mengerti kebutuhan tim penjualan terkait dengan interaksi dengan pelanggan yang lebih baik. Terkadang mendengarkan apa yang mereka butuhkan akan menghasilkan keputusan terbaik bagi pengembangan bisnis Anda.
Jangan lupa untuk mencatat setiap penjualan dan pengeluaran pada sistem pembukuan yang baik dan sesuai standar yang berlaku. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan berdasarkan data keuangan dan memastikan tidak ada pemborosan dalam usaha Anda.
Untuk memudahkan hal itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan dan sudah berpengalaman seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih daru 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan juga telah berpengalaman lebih dari 20 tahun.
Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pencatatan pembukuan, memantau setiap transaksi, membuat laporan keuangan, atau pengelolaan pajak usaha dimanapun dan kapanpun Anda mau.
Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan paga gambar di bawah ini: