Bingung Menentukan Tagline Makanan yang Menarik? Begini 5 Cara Mudah Membuatnya!

oleh | Jun 15, 2023

source envato.

Bingung Menentukan Tagline Makanan yang Menarik? Begini 5 Cara Mudah Membuatnya!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis makanan, salah satu caranya adalah dengan membuat tagline makanan.

Tagline makanan adalah suatu frasa maupun kalimat yang dibuat untuk menyampaikan nilai sebuah perusahaan dan juga memasarkan produk. Umumnya, tagline dibuat dalam bentuk kalimat singkat yang mudah untuk diingat dan kata-kata yang terkadung menggambarkan nilai bisnis. Selain itu, tagline juga dibuat lebih spesifik dan tidak berkonotasi negatif.

Tagline menjadi bagian yang sangat penting untuk bisa meningkatkan konsumen, termasuk pada bisnis makanan. Tagline makanan juga mampu memperkuat identitas bisnis dan juga bisa menciptakan ketertarikan emosional, sehingga usaha Anda bisa lebih mudah untuk diingat orang.

Untuk membuat tagline yang menarik, umumnya dilakukan oleh seorang profesional tertentu, yakni copywriter. Tapi, tidak ada salahnya untuk membuat tagline makanan sendiri. Lalu, bagaimana caranya? Baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian Tagline

accurate.id gambar tagline makanan-1

Bersumber dari laman Wikipedia, tagline adalah kalimat singkat dan penuh daya tarik yang digunakan untuk menggambarkan atau mengidentifikasi suatu brand, produk, atau kampanye.

Tagline biasanya berfungsi sebagai pernyataan yang mencerminkan nilai, kepribadian, atau manfaat suatu entitas yang ingin dipromosikan. Tujuan utama dari tagline adalah menarik perhatian, meningkatkan kesan positif, dan membuat produk atau merek tersebut mudah diingat oleh konsumen.

Tagline seringkali mengandung elemen kreatif, seperti penggunaan permainan kata, rima, atau imbuhan yang memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Dalam dunia pemasaran, tagline merupakan salah satu elemen penting dalam strategi brand yang membantu membedakan produk atau merek dari kompetitor, menciptakan kesan yang kuat, dan membangun brand awareness di benak konsumen.

Sebagai contoh, tagline terkenal seperti “Just Do It” (Nike), “I’m Lovin’ It” (McDonald’s), atau “Think Different” (Apple) telah menjadi bagian integral dari identitas merek dan memperkuat pesan dan citra merek tersebut di mata konsumen.

Baca juga: Apa itu Tagline? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Membuat Tagline yang Efektif

Cara Mudah Membuat Tagline Makanan yang Menarik

accurate.id gambar tagline makanan-2

Membuat tagline makanan yang menarik membutuhkan kreativitas dan pemahaman tentang produk makanan yang ingin Anda promosikan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tagline makanan yang menarik:

1. Kenali produk Anda

Pahami keunikan dan nilai tambah dari produk makanan Anda. Apakah rasanya unik? Apakah bahan-bahannya organik atau lokal? Memahami produk dengan baik akan membantu Anda membuat tagline makanan yang tepat.

2. Gunakan kata-kata yang menggugah selera

Gunakan kata-kata yang bisa membangkitkan selera makan orang. Pilih kata-kata yang menggambarkan cita rasa, aroma, dan kenikmatan makanan Anda. Misalnya, “Kenikmatan yang meleleh di lidah” atau “Aroma sedap yang menggoda”.

3. Buat pendek dan mudah diingat

Tagline yang efektif biasanya pendek dan mudah diingat. Usahakan untuk memilih kata-kata yang padat dan jelas, sehingga tagline Anda mudah diingat oleh calon pelanggan. Misalnya, “Selera autentik yang tak terlupakan” atau “Kelezatan dalam setiap gigitan”.

4. Fokus pada manfaat produk

Sampaikan manfaat dari produk makanan Anda dalam tagline. Apakah makanan Anda sehat, rendah gula, atau mengandung nutrisi penting? Jika ya, jadikan itu sebagai poin penjualan utama dalam tagline Anda. Misalnya, “Nikmati kelezatan tanpa dosa” atau “Sajian sehat untuk hidup yang lebih baik”.

5. Buat emosi yang positif

Gunakan kata-kata atau frasa yang dapat memicu emosi positif pada pembaca. Misalnya, “Berkumpul dan menikmati kelezatan bersama” atau “Sentuhan lezat dalam setiap hidangan”.

6. Gunakan perbandingan atau kontras

Gunakan perbandingan atau kontras dalam tagline untuk membuatnya lebih menarik. Misalnya, “Sensasi manis yang memanjakan, tanpa beban kalori” atau “Kombinasi sempurna antara rasa tradisional dan sentuhan modern”.

7. Uji tagline Anda

Setelah membuat beberapa tagline potensial, uji tagline tersebut kepada teman, keluarga, atau target pasar Anda. Dapatkan masukan dan tanggapan mereka untuk mengetahui apakah tagline tersebut efektif dan menarik.

Ingatlah bahwa proses membuat tagline yang menarik bisa memerlukan waktu dan eksperimen. Jangan takut untuk mencoba berbagai ide dan memperbaiki tagline Anda seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Pengertian Brand Tagline dan 6 Alasan Kenapa Sangat Penting untuk Bisnis

Contoh Tagline Menarik

accurate.id gambar tagline makanan-3

Berikut beberapa contoh tagline makanan yang menarik:

  • “Lezatnya dunia dalam setiap suapan”
  • “Rasakan keajaiban rasa yang tak terlupakan”
  • “Sensasi gurih yang menggoda selera”
  • “Kenyamanan rasa yang hangat dan menyenangkan”
  • “Inovasi rasa dalam setiap hidangan”
  • “Kelezatan autentik dari dapur kami ke lidah Anda”
  • “Gelombang kenikmatan yang membanjiri selera Anda”
  • “Makanan berkualitas tinggi untuk jiwa yang memanjakan”
  • “Sajian istimewa yang memikat hati dan perut”
  • “Selera luar biasa yang membuat Anda terpesona”

Anda bisa menggunakan contoh-contoh ini sebagai inspirasi untuk menciptakan tagline yang sesuai dengan produk makanan Anda. Pastikan tagline Anda mencerminkan nilai dan karakteristik unik dari makanan yang Anda tawarkan.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Dalam menciptakan tagline makanan yang menarik, terdapat beberapa prinsip yang perlu diingat, yaitu:

  • Pahami produk Anda dan keunikan yang dimiliki.
  • Gunakan kata-kata yang membangkitkan selera dan menggambarkan cita rasa, aroma, dan kenikmatan makanan.
  • Buat tagline yang pendek, mudah diingat, dan jelas.
  • Fokus pada manfaat produk, seperti kelezatan, kesehatan, atau nilai gizi.
  • Ciptakan emosi positif pada pembaca melalui kata-kata yang dipilih.
  • Gunakan perbandingan atau kontras untuk menambah daya tarik.
  • Uji tagline Anda dan dapatkan masukan dari orang lain.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip ini, Anda dapat menciptakan tagline makanan yang menarik dan efektif untuk mempromosikan produk Anda kepada calon pelanggan.

Dengan adanya tagline makanan yang menarik, maka Anda bisa meningkatkan minat pelanggan untuk membeli dan secara otomatis akan meningkatkan omset bisnis makanan Anda.

Namun, jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pemasukan Anda dalam laporan keuangan. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? karena aplikasi ini mampu mencatat berbagai pemasukan dan pengeluaran Anda secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Masih ragu? Tenang, Anda bisa menggunakan Accurate Online selama 30 hari gratis untuk membuktikannya melalui tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait