Mengetahui Tipe Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

oleh | Jan 14, 2021

source envato.

Mengetahui Tipe Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

Di beberapa titik dalam karier atau bisins yang bangun, Anda mungkin mengambil peran kepemimpinan dalam beberapa kapasitas. Baik Anda memimpin rapat, proyek, tim, atau seluruh departemen, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengidentifikasi atau mengadopsi tipe dan gaya kepemimpinan yang ditentukan.

Sebagian besar profesional mengembangkan tipe dan gaya kepemimpinan mereka sendiri berdasarkan faktor-faktor seperti pengalaman dan kepribadian, serta kebutuhan unik perusahaan dan budaya organisasinya. Meskipun setiap pemimpin berbeda, ada 10 tipe kepemimpinan yang umum digunakan di tempat kerja.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 tipe dan gaya kepemimpinan paling umum dan memberikan contoh serta karakteristik umum masing-masing untuk membantu Anda menentukan gaya kepemimpinan mana yang paling Anda kenali.

Mengapa Gaya Kepemimpinan itu Penting?

Dalam survei Indeed, 55% pemberi kerja mengutip pertanyaan tentang keterampilan kepemimpinan dalam sebuah wawancara sebagai evaluasi paling akurat dari kemampuan kandidat untuk berhasil dalam sebuah peran.

Saat Anda mengembangkan keterampilan kepemimpinan, Anda kemungkinan akan menggunakan proses dan metode yang berbeda untuk mencapai tujuan perusahaan Anda dan memenuhi kebutuhan karyawan yang melapor kepada Anda.

Agar efektif sebagai manajer atau pemimipin, Anda mungkin menggunakan beberapa gaya kepemimpinan yang berbeda pada waktu tertentu.

Dengan meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan masing-masing jenis kepemimpinan ini, Anda mungkin mengenali area tertentu untuk diperbaiki atau dikembangkan gaya kepemimpinan Anda sendiri.

Anda juga dapat mengidentifikasi cara lain untuk memimpin yang mungkin lebih sesuai dengan tujuan Anda saat ini dan memahami cara bekerja dengan manajer yang mengikuti gaya berbeda dari gaya Anda.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya

10 Tipe dan Gaya Kepemimpin

1. Tipe Pelatih

Pemimpin pelatih atau pembina adalah seseorang yang dapat dengan cepat mengenali kekuatan, kelemahan, dan motivasi anggota tim mereka untuk membantu setiap individu menjadi lebih baik.

Jenis pemimpin ini sering membantu anggota tim dalam menetapkan tujuan cerdas dan kemudian memberikan umpan balik rutin dengan proyek yang menantang untuk mendorong pertumbuhan. Mereka terampil dalam menetapkan ekspektasi yang jelas dan menciptakan lingkungan yang positif dan memotivasi.

Gaya kepemimpinan pelatih adalah salah satu yang paling menguntungkan bagi pemberi kerja serta karyawan yang mereka kelola. Sayangnya, ini sering kali juga salah satu gaya yang paling kurang dimanfaatkan — sebagian besar karena bisa lebih memakan waktu daripada jenis kepemimpinan lainnya.

Anda mungkin menjadi pemimpin pelatih jika Anda:

  • Bersifat suportif
  • Menawarkan bimbingan alih-alih memberi perintah
  • Belajar sebagai cara untuk berkembang
  • Mengajukan pertanyaan terpandu
  • Keseimbangan menyampaikan pengetahuan dan membantu orang lain menemukannya sendiri
  • Sadar diri

Manfaat: Kepemimpinan pelatih bersifat positif. Ini mempromosikan pengembangan keterampilan baru, pemikiran bebas, pemberdayaan, meninjau kembali tujuan perusahaan dan menumbuhkan budaya perusahaan yang percaya diri. Pemimpin yang melatih sering dipandang sebagai mentor yang berharga

Tantangan: Meskipun memiliki banyak keuntungan, gaya ini lebih memakan waktu karena membutuhkan waktu pribadi dengan karyawan. Ini mungkin sulit diperoleh dalam lingkungan yang bergerak cepat dengan prioritas yang sensitif terhadap waktu.

Contoh: Manajer penjualan mengumpulkan tim eksekutif akun mereka untuk rapat guna membahas pembelajaran dari kuartal sebelumnya. Mereka memulai pertemuan dengan menyelesaikan penilaian bersama tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terkait kinerja tim.

Manajer kemudian mengenali anggota tim tertentu untuk kinerja luar biasa dan membahas tujuan yang dicapai oleh tim. Terakhir, manajer menutup rapat dengan mengumumkan kontes untuk memulai kuartal berikutnya, memotivasi staf penjualan untuk mencapai tujuan mereka.

2. Visioner

Tipe kepemimpinan visioner memiliki kemampuan yang kuat untuk mendorong kemajuan dan mengantarkan periode perubahan dengan menginspirasi karyawan dan mendapatkan kepercayaan untuk ide-ide baru.

Seorang pemimpin visioner juga mampu menjalin ikatan organisasi yang kuat. Mereka berusaha untuk menumbuhkan kepercayaan di antara bawahan langsung dan kolega.

Jenis kepemimpinan ini sangat membantu untuk organisasi kecil yang tumbuh cepat, atau organisasi besar yang mengalami transformasi atau restrukturisasi perusahaan.

Anda mungkin seorang pemimpin visioner jika Anda adalah:

  • Gigih dan berani
  • Strategis
  • Mengambil resiko
  • Inspiratif
  • Optimis
  • Inovatif

Manfaat: Kepemimpinan visioner dapat membantu perusahaan tumbuh, menyatukan tim dan keseluruhan perusahaan serta meningkatkan teknologi atau praktik yang sudah ketinggalan zaman.

Tantangan: Pemimpin visioner mungkin kehilangan detail penting atau peluang lain karena mereka begitu fokus pada gambaran besarnya. Mereka juga mungkin mengorbankan penyelesaian masalah saat ini karena mereka sangat berorientasi pada masa depan, yang dapat membuat tim mereka merasa tidak didengar.

Contoh: Seorang guru memulai kelompok di tempat kerja untuk rekan kerja yang ingin membantu menyelesaikan kecemasan dan masalah siswa di luar sekolah. Tujuannya adalah untuk membantu siswa lebih fokus dan sukses di sekolah. Dia telah mengembangkan metode pengujian sehingga mereka dapat menemukan cara yang berarti untuk membantu siswa dengan cara yang cepat dan efisien.

Baca juga: Pomodoro: Teknik Memaksimalkan Manajemen Waktu secara Lebih Produktif

3. Kepemimpinan yang melayani

Kepemimpinan yang melayani hidup dengan pola pikir yang mengutamakan karyawan dan percaya bahwa ketika anggota tim merasa puas secara pribadi dan profesional, mereka akan lebih efektif dan lebih mungkin menghasilkan pekerjaan hebat secara teratur.

Karena penekanan mereka pada kepuasan dan kolaborasi karyawan, mereka cenderung mencapai tingkat rasa hormat yang lebih tinggi.

Seorang pemimpin yang melayani adalah tipe kepemimpinan yang sangat baik untuk organisasi dari industri dan ukuran apa pun, tetapi sangat lazim dalam organisasi nirlaba.

Jenis pemimpin ini sangat terampil dalam membangun semangat kerja karyawan dan membantu orang terlibat kembali dengan pekerjaan mereka.

Anda mungkin menjadi pemimpin yang melayani jika Anda:

  • Memotivasi tim Anda
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Peduli secara pribadi dengan tim Anda
  • Mendorong kolaborasi dan keterlibatan
  • Berkomitmen untuk mengembangkan tim Anda secara profesional

Manfaat: Pemimpin yang melayani memiliki kapasitas untuk meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan, meningkatkan pengembangan karyawan dan pengambilan keputusan, menumbuhkan kepercayaan dan menciptakan pemimpin masa depan.

Tantangan: Pemimpin yang melayani dapat menjadi kelelahan karena mereka mungkin menempatkan kebutuhan tim mereka di atas kebutuhan mereka sendiri, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk bersikap otoritatif ketika mereka membutuhkannya dan tujuan organisasi mungkin berisiko jika pemimpin yang melayani hanya fokus tentang kebutuhan tim langsung mereka.

Contoh: Manajer produk menyelenggarakan pertemuan empat mata bulanan dengan semua orang yang memiliki kekhawatiran, pertanyaan, atau pemikiran tentang meningkatkan atau menggunakan produk. Kali ini dimaksudkan baginya untuk memenuhi kebutuhan dan membantu mereka yang menggunakan produk dalam kapasitas apa pun.

tipe kepemimpinan 2

4. Otokratis

Juga disebut gaya kepemimpinan otoriter, tipe kepemimpinan ini adalah seseorang yang hampir seluruhnya berfokus pada hasil dan efisiensi.

Mereka sering membuat keputusan sendiri atau dengan kelompok kecil yang tepercaya dan mengharapkan karyawan melakukan persis seperti yang diminta. Akan sangat membantu untuk memikirkan tipe pemimpin ini sebagai komandan militer.

Gaya kepemimpinan ini dapat berguna dalam organisasi dengan pedoman ketat atau industri yang berat kepatuhan. Ini juga dapat bermanfaat bila digunakan dengan karyawan yang membutuhkan banyak pengawasan — seperti mereka yang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman. Namun, gaya kepemimpinan ini dapat melumpuhkan kreativitas dan membuat karyawan merasa terkekang.

Anda mungkin seorang pemimpin otokratis jika Anda:

  • Percaya diri
  • Mempunya motivasi diri
  • Berkomunikasi dengan jelas dan konsisten
  • Mengikuti aturan
  • Bisa diandalkan
  • Menghargai lingkungan yang sangat terstruktur
  • Percaya pada lingkungan kerja yang diawasi

Manfaat: Pemimpin otokratis dapat meningkatkan produktivitas melalui pendelegasian, memberikan komunikasi yang jelas dan langsung, mengurangi stres karyawan dengan membuat keputusan sendiri dengan cepat.

Tantangan: Gaya kepemimpinan ini dapat menyebabkan stres bagi pemimpin dengan menanggung semua beban pengambilan keputusan. Kurangnya fleksibilitas dan kekakuan, serta kurangnya minat untuk mendengarkan ide dari orang lain, dapat menimbulkan kekesalan pada tim.

Contoh: Sebelum operasi, ahli bedah dengan hati-hati menceritakan aturan dan proses ruang operasi dengan setiap anggota tim yang akan membantu selama operasi. Dia ingin memastikan semua orang memahami ekspektasi dengan jelas dan mengikuti setiap prosedur dengan cermat dan tepat agar operasi berjalan semulus mungkin.

Baca juga: 20 Tips Work Life Balance untuk Menjadikan Hidup Anda Lebih Berkualitas

5. Laissez-faire atau lepas tangan

Gaya kepemimpinan ini adalah kebalikan dari tipe kepemimpinan otokratis, yang sebagian besar berfokus pada pendelegasian banyak tugas kepada anggota tim dan memberikan sedikit atau tanpa pengawasan.

Karena pemimpin laissez-faire tidak menghabiskan waktunya untuk mengelola karyawan secara intens, mereka seringkali memiliki lebih banyak waktu untuk didedikasikan untuk proyek lain.

Manajer dapat mengadopsi gaya kepemimpinan ini jika semua anggota tim sangat berpengalaman, terlatih dengan baik, dan hanya memerlukan sedikit pengawasan.

Namun, hal ini juga dapat menyebabkan penurunan produktivitas jika karyawan bingung tentang ekspektasi pemimpin mereka, atau jika beberapa anggota tim membutuhkan motivasi dan batasan yang konsisten untuk bekerja dengan baik.

Anda mungkin menjadi pemimpin laissez-faire jika Anda:

  • Mendelegasikan secara efektif
  • Percaya pada kebebasan memilih
  • Menyediakan sumber daya dan alat yang memadai
  • Akan mengambil kendali jika diperlukan
  • Menawarkan kritik yang membangun
  • Kembangkan kualitas kepemimpinan dalam tim Anda
  • Mempromosikan lingkungan kerja yang otonom

Manfaat: Gaya ini mendorong akuntabilitas, kreativitas, dan lingkungan kerja yang santai. Karena itu, juga dapat meningkatkan retensi karyawan.

Tantangan: Gaya ini tidak bekerja dengan baik untuk karyawan baru, karena mereka membutuhkan bimbingan dan dukungan langsung di hari-hari awal mereka. Metode ini juga dapat menyebabkan kurangnya struktur, kebingungan kepemimpinan, dan karyawan merasa kekurangan dukungan.

Contoh: Saat menyambut karyawan baru, Keisha menjelaskan bahwa teknisi dapat mengatur dan memelihara jadwal kerja mereka sendiri selama mereka melacak dan mencapai tujuan yang mereka tetapkan bersama sebagai sebuah tim. Mereka juga bebas mempelajari dan berpartisipasi dalam proyek di luar tim yang mungkin mereka minati.

6. Demokratis atau partisipatif

Gaya kepemimpinan demokratis (disebut juga gaya partisipatif) adalah kombinasi dari tipe pemimpin otokratis dan laissez-faire.

Seorang pemimpin demokratis adalah seseorang yang meminta masukan dan mempertimbangkan umpan balik dari timnya sebelum mengambil keputusan.

Karena anggota tim merasa suaranya didengar dan kontribusi mereka penting, gaya kepemimpinan demokratis sering kali dianggap sebagai pemelihara tingkat keterlibatan karyawan dan kepuasan tempat kerja yang lebih tinggi.

Karena tipe kepemimpinan ini mendorong diskusi dan partisipasi, ini adalah gaya yang sangat baik untuk organisasi yang berfokus pada kreativitas dan inovasi — seperti industri teknologi.

Anda bisa menjadi pemimpin demokratis / partisipatif jika Anda:

  • Mampu menilai diskusi kelompok
  • Memberikan semua informasi kepada tim saat membuat keputusan
  • Mempromosikan lingkungan kerja tempat semua orang berbagi ide
  • Apakah Anda rasional?
  • Apakah Anda fleksibel?
  • Baik dalam mediasi

Manfaat: Di bawah gaya kepemimpinan ini, karyawan dapat merasa diberdayakan, dihargai, dan dipersatukan. Ia memiliki kekuatan untuk meningkatkan retensi dan moral. Ini juga membutuhkan lebih sedikit pengawasan manajerial, karena karyawan biasanya merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan dan tahu apa yang perlu mereka lakukan.

Tantangan: Gaya kepemimpinan ini berpotensi menjadi tidak efisien dan mahal karena membutuhkan waktu lama untuk mengatur diskusi kelompok besar, mendapatkan ide dan umpan balik, mendiskusikan kemungkinan hasil dan mengkomunikasikan keputusan. Ini juga dapat menambah tekanan sosial kepada anggota tim yang tidak suka berbagi ide dalam pengaturan grup.

Contoh: Sebagai manajer toko, Budi telah mempekerjakan banyak anggota tim yang brilian dan fokus yang dia percaya. Saat memutuskan etalase dan desain lantai, Budi hanya bertindak sebagai moderator terakhir untuk timnya untuk melanjutkan ide mereka. Dia ada di sana untuk menjawab pertanyaan dan menyajikan kemungkinan perbaikan untuk dipertimbangkan oleh timnya.

Baca juga: Six Sigma Adalah Metodologi yang Penting dalam Manajemen Kualitas

7. Pembuka jalan

Gaya kepemimpinan pembuka jalan adalah salah satu yang paling efektif untuk mendapatkan hasil yang cepat. Para pemimpin ini terutama berfokus pada kinerja. Mereka sering menetapkan standar tinggi dan meminta pertanggungjawaban anggota tim mereka untuk mencapai tujuan mereka.

Sementara gaya kepemimpinan pembuka jalan adalah motivasi dan membantu dalam lingkungan yang bergerak cepat di mana anggota tim perlu diberi energi, itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik bagi anggota tim yang membutuhkan bimbingan dan umpan balik.

Anda mungkin seorang pemimpin penentu kecepatan jika Anda:

  • Menetapkan standar tinggi
  • Fokus pada tujuan
  • Tidak suka memuji
  • Akan melompat untuk mencapai tujuan jika diperlukan
  • Sangat kompeten
  • Menghargai kinerja di atas soft skill

Manfaat: Tipe kepemimpinan ini mendorong karyawan untuk mencapai tujuan dan mencapai tujuan bisnis. Ini mempromosikan lingkungan kerja yang berenergi tinggi dan dinamis.

Tantangan: Gaya kepemimpinan ini juga dapat menyebabkan karyawan stres karena mereka selalu mendorong ke arah tujuan atau tenggat waktu. Lingkungan kerja yang serba cepat yang dibina dengan gaya ini juga dapat menimbulkan miskomunikasi atau kurangnya instruksi yang jelas.

Contoh: Pemimpin rapat mingguan menyadari bahwa satu jam dari jadwal semua orang sekali seminggu tidak membenarkan tujuan rapat. Untuk meningkatkan efisiensi, dia mengubah rapat menjadi standup 15 menit hanya dengan orang-orang yang dia perbarui.

8. Transformasional

Gaya kepemimpinan transformasional mirip dengan gaya pelatih karena berfokus pada komunikasi yang jelas, penetapan tujuan, dan motivasi karyawan.

Namun, alih-alih menempatkan sebagian besar energi ke dalam tujuan individu setiap karyawan, pemimpin transformasional didorong oleh komitmen untuk tujuan organisasi.

Karena tipe pemimpin ini menghabiskan banyak waktu mereka pada gambaran besar, gaya memimpin ini paling baik untuk tim yang dapat menangani banyak tugas yang didelegasikan tanpa pengawasan konstan.

Anda mungkin menjadi pemimpin transformasional jika Anda:

  • Saling menghormati tim Anda
  • Memberikan dorongan
  • Menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka
  • Memikirkan gambaran besarnya
  • Menghargai tim Anda secara intelektual
  • Kreatif
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan organisasi

Manfaat: Kepemimpinan transformasional menghargai hubungan pribadi dengan tim mereka, yang dapat meningkatkan moral dan retensi perusahaan. Itu juga menghargai etika perusahaan dan tim alih-alih terlalu fokus pada pencapaian tujuan.

Tantangan: Karena pemimpin transformasional memandang individu, hal itu dapat menyebabkan kemenangan tim atau perusahaan tidak diperhatikan. Para pemimpin ini juga dapat mengabaikan detail karena mereka adalah pemikir gambaran besar.

Contoh: Reyna dipekerjakan untuk memimpin departemen pemasaran. CEO memintanya untuk menetapkan tujuan baru dan mengatur tim untuk mencapai tujuan tersebut. Dia menghabiskan bulan-bulan pertama dalam peran barunya untuk mengenal perusahaan dan karyawan pemasaran.

Dia memperoleh pemahaman yang kuat tentang tren saat ini dan kekuatan organisasi. Setelah tiga bulan, dia telah menetapkan target yang jelas untuk setiap tim yang melapor padanya dan meminta individu untuk menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri yang selaras dengan itu.

Baca juga: Apa Itu Forecast Penjualan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

9. Transaksional

Seorang pemimpin transaksional adalah seseorang yang berfokus pada kinerja, mirip dengan pembuka jalan. Di bawah gaya kepemimpinan ini, manajer menetapkan insentif yang telah ditentukan sebelumnya — biasanya dalam bentuk hadiah uang untuk kesuksesan dan tindakan disipliner untuk kegagalan.

Berbeda dengan gaya kepemimpinan pembuka jalan, pemimpin transaksional juga fokus pada bimbingan, instruksi dan pelatihan untuk mencapai tujuan dan menikmati ganjarannya.

Meskipun tipe pemimpin ini bagus untuk organisasi atau tim yang ditugaskan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti penjualan dan pendapatan, itu bukanlah gaya kepemimpinan terbaik untuk mendorong kreativitas.

Anda mungkin menjadi pemimpin transaksional jika Anda:

  • Hargai struktur perusahaan
  • Memiliki skill micromanage
  • Tidak mempertanyakan otoritas
  • Praktis dan pragmatis
  • Nilai pencapaian tujuan
  • Apakah Anda reaksioner?

Manfaat: Pemimpin transaksional memfasilitasi pencapaian tujuan, melalui tujuan jangka pendek dan struktur yang ditentukan dengan jelas.

Tantangan: Terlalu fokus pada tujuan jangka pendek dan tidak memiliki tujuan jangka panjang dapat menyebabkan perusahaan berjuang dengan kesulitan. Gaya ini menghambat kreativitas dan tidak memotivasi karyawan yang tidak diberi insentif oleh imbalan uang.

Contoh: Manajer cabang bank bertemu dengan setiap anggota tim setiap dua minggu untuk membahas cara-cara mereka dapat memenuhi dan melampaui sasaran bulanan perusahaan untuk mendapatkan bonus. Masing-masing dari 10 karyawan terbaik di distrik tersebut menerima hadiah uang.

10. Birokrasi

Pemimpin birokrasi mirip dengan pemimpin otokratis dalam hal mereka mengharapkan anggota timnya untuk mengikuti aturan dan prosedur persis seperti yang tertulis.

Gaya kepemimpinan birokrasi berfokus pada tugas tetap dalam hierarki di mana setiap karyawan memiliki serangkaian tanggung jawab, dan hanya ada sedikit kebutuhan untuk kolaborasi dan kreativitas.

Gaya kepemimpinan ini paling efektif dalam industri atau departemen yang diatur dengan ketat, seperti keuangan, perawatan kesehatan, atau pemerintahan.

Anda mungkin seorang pemimpin birokrasi jika Anda:

  • Berorientasi pada detail dan fokus pada tugas
  • Nilai aturan dan struktur
  • Memiliki etos kerja yang baik
  • Berkemauan keras
  • Memiliki komitmen untuk organisasi Anda
  • Memiliki disiplin diri

Manfaat: Gaya kepemimpinan ini dapat menjadi efisien dalam organisasi yang perlu mengikuti aturan dan regulasi yang ketat. Setiap orang dalam tim / perusahaan memiliki peran yang didefinisikan dengan jelas yang mengarah pada efisiensi.

Para pemimpin ini memisahkan pekerjaan dari hubungan pribadi untuk menghindari mengaburkan kemampuan tim untuk mencapai tujuan.

Tantangan: Gaya ini tidak mempromosikan kreativitas yang dapat terasa membatasi bagi beberapa karyawan. Gaya kepemimpinan ini juga lambat berubah dan tidak berkembang dalam lingkungan yang perlu dinamis.

Contoh: Manajer di kantor sebuah kantor menginstruksikan karyawan mereka untuk bekerja dalam kerangka kerja yang ditentukan dan spesifik. Mereka harus mengambil banyak langkah untuk menyelesaikan tugas dengan aturan dan ketentuan yang ketat.

Baca juga: Cara Membangun Kerjasama Tim Yang Solid dan Efisien

Bagaimana Memilih dan Mengembangkan Tipe Kepemimpinan Anda?

Sebagai seseorang yang tertarik pada jalur kepemimpinan atau mencari lebih banyak struktur dalam pendekatan kepemimpinan mereka, akan sangat membantu untuk memilih gaya kepemimpinan yang terasa otentik bagi Anda.

Beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri saat mencoba menentukan gaya mana yang tepat untuk Anda meliputi:

  • Apa yang lebih saya hargai — tujuan atau hubungan?
  • Apakah saya percaya pada struktur atau kebebasan memilih?
  • Apakah saya lebih suka membuat keputusan sendiri, atau secara kolektif?
  • Apakah saya fokus pada tujuan jangka pendek atau jangka panjang?
  • Apakah motivasi datang dari pemberdayaan atau arahan?
  • Bagi saya, seperti apa dinamika tim yang sehat?

Ini hanyalah beberapa contoh pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri saat membaca gaya kepemimpinan untuk membantu Anda memutuskan gaya mana yang paling Anda kaitkan. Untuk mengembangkan gaya kepemimpinan Anda, pertimbangkan strategi berikut:

  • Percobaan. Cobalah berbagai pendekatan dalam keadaan yang berbeda dan perhatikan hasilnya. Bersikaplah fleksibel dalam mengubah pendekatan Anda.
  • Carilah seorang mentor. Berbicara dengan seorang pemimpin yang memiliki pengalaman lebih dari Anda dapat menawarkan wawasan yang luar biasa tentang bagaimana mereka mengembangkan gaya mereka dan apa yang berhasil untuk mereka.
  • Minta umpan balik. Meski terkadang sulit didengar, umpan balik yang membangun membantu Anda tumbuh menjadi pemimpin yang sukses. Mencari umpan balik dari individu yang Anda percaya akan memberi Anda jawaban yang jujur.
  • Bersikaplah autentik. Jika Anda mencoba menyempurnakan gaya kepemimpinan yang bertentangan dengan kepribadian atau moral Anda, itu akan dianggap tidak autentik. Cobalah untuk memilih gaya kepemimpinan yang selaras dengan kekuatan Anda dan bekerja untuk lebih meningkatkannya.

Sementara gaya kepemimpinan tertentu mungkin berdampak pada pekerjaan tertentu — misalnya, pemimpin otokratis cenderung berhasil dalam lingkungan militer — kepemimpinan terbaik menggunakan perpaduan gaya-gaya ini.

Mengetahui gaya apa yang harus diterapkan dalam situasi tempat kerja datang dengan waktu, latihan, dan kecerdasan emosional. Ingat, kebanyakan pemimpin meminjam dari berbagai gaya untuk mencapai berbagai tujuan pada waktu yang berbeda dalam karier mereka.

Meskipun Anda mungkin unggul dalam suatu peran dengan menggunakan satu jenis kepemimpinan, posisi lain mungkin memerlukan serangkaian kebiasaan yang berbeda untuk memastikan tim Anda beroperasi paling efektif.

Dengan memahami masing-masing jenis kepemimpinan ini, dan hasil yang dirancang untuk dicapai, Anda dapat memilih gaya kepemimpinan yang tepat untuk situasi Anda saat ini.

Selain kepemimpinan, proses pengelolaan keuangan pada bisnis adalah hal yang sangat penting. Jika Anda memerlukan software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan pembukuan dan pemantauan finasial pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

https://accurate.id/lp/marketing-form/

 

 

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait