Menggunakan Data untuk Membangun Strategi Marketing yang Baik

Menggunakan data untuk membangun strategi marketing sangat penting, karena dapat meningkatkan pendapatan dan bisnis yang stabil. Adanya data juga dapat membuat Anda menjadi mudah untuk merencanakan strategi paada bisnis.

Anda bisa menggunakan data pada bisnis apa pun, pada tahap atau ukuran apa pun. Penggunaan data dapat dilakukan dari situs web, tempat penjualan, dan analisis data lainnya. Hasil analisis data dapat Anda gunakan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan iklan dan pemasaran yang lebih baik.

Semakin banyak bisnis yang menggunakan data dan analitik untuk memberikan layanan yang lebih baik dan pengalaman pelanggan ditingkatkan. Data memungkinkan bisnis untuk membuat analitik prediktif berbasis kebijakan untuk mengenali klien dan memberikan layanan dan penawaran yang dipersonalisasi.

Data pelanggan merupakan kunci utama yang harus Anda tinjau dan review untuk strategi marketing

Data pelanggan dapat berasal dari banyak tempat, seperti analitik situs web, platform iklan, demografi pelanggan, profil media sosial, survei, dan data historis dan geografis. Dari hal ini, Anda dapat mengidentifikasi suatu yang relevan dengan bisnis Anda, membuat kebijakan serta membuat iklan khusus yang dapat membantu mendorong pendapatan perusahaan Anda dengan strategi marketing yang tepat.

Untuk bisnis, traffic adalah kuncinya, seperti toko, kedai kopi, kafe, dan restoran, kami merekomendasikan untuk memperhatikan poin penting dari data  data pelanggan Anda. Berikut beberapa poin penting data yang dapat Anda gunakan:

  • Frekuensi kunjungan: Seberapa sering pelanggan datang? Frekuensi apa yang ideal untuk sasaran pendapatan Anda?
  • Waktu tayang: Berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di bisnis Anda? Berapa lama kunjungan ideal dalam hal keterlibatan merek dan pelanggan untuk mendorong pendapatan dan loyalitas pelanggan?
  • Demografi dan psikografis: Ketahui siapa target pasar Anda berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, profesi, pendapatan, minat, niat, dan kesukaan mereka.
  • Pemantauan trafik: Kapan jam sibuk di dalam dan di luar toko, dan bagaimana bisnis Anda mendapat manfaat dari informasi ini? Pesan apa yang dapat Anda poskan di dalam atau di luar lokasi untuk menarik orang dan meningkatkan penjualan?
  • Analisis sentimen: Informasi tentang sentimen pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan bisnis. Ini dapat mencakup pelanggan yang memposting suka / tidak suka, ulasan, peringkat, dan umpan balik di situs media sosial dan platform lainnya. Menganalisis data sentimen membantu Anda memahami jika pelanggan merasa positif, negatif, atau netral tentang bisnis Anda.
  • Promosi yang efektif: Menampilkan pesan digital pada monitor atau mengirim kupon digital kepada pelanggan di perangkat seluler ketika mereka memasuki bisnis atau melewati bisnis.
  • Mengelola staf dan sumber daya: Apakah Anda memiliki tingkat kepegawaian yang tepat untuk waktu yang sibuk?
  • Kesetiaan dan penghargaan menggunakan solusi digital: Buat program yang secara instan mengenali pelanggan setia dan memberi penghargaan kepada pelanggan ini, dan memantau kebiasaan pembelian dan rekomendasi mereka, serta keterlibatan mereka dengan merek Anda secara online.

Baca juga : 17 Tips untuk Membuat Akun Instagram yang Baik bagi Bisnis Anda

Strategi marketing berbasis data membutuhkan waktu untuk mengimplementasikan, memantau, dan memperbaiki

Meskipun tidak terlalu dini untuk mulai memasukkan data ke dalam pengambilan keputusan. Anda butuh waktu untuk mencari cara membaca dan menganalisis data, dan untuk melihat bagaimana Anda dapat membuatnya berfungsi. Bagian terpenting adalah memulai, dan mencari bantuan secara internal atau dari perusahaan pihak ketiga.

Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan iklan untuk Instagram atau Facebook, tetapi Anda harus mencari tahu semuanya. Belajarlah banyak tentang jenis konten iklan dalam demografis yang akan mendapat respons.

Usahakan mencari cara untuk membaca data itu, sehingga Anda tahu di mana harus menempatkan strategi pemasaran terbaik di masa mendatang, mungkin Anda bisa membaca tentang Tips Terbaik Menerapkan Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Baca juga : Apa itu Capital Expenditure? Mari Mengetahuinya secara Lengkap

Promosi berdasarkan kedekatan dan personalisasi

Kunci untuk menggunakan data dalam strategi marketing adalah menjadikan sesuatu lebih pribadi atau spesifik. Semakin banyak iklan dan penawaran yang dipersonalisasi untuk pelanggan tertentu, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian.

Ketika pelanggan menerima lebih banyak penawaran khusus, sebuah bisnis dapat melihat peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Pengambilan keputusan pada data pelanggan akan sangat kuat bagi bisnis untuk mengadopsi dan bereaksi terhadap kebutuhan dan tren pelanggan secara real-time.

Dengan data pelanggan dan teknologi otomatisasi, Bisnis dapat melakukan prediksi dan rekomendasi pada produk dan layanan kepada pelanggan, baik peluang up-selling dan cross-selling.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Komponen Gaji Karyawan pada Bisnis Anda

Strategi marketing online mendorong data yang dapat mendorong keputusan pemasaran yang lebih baik

Saat Anda mencari tempat memasarkan dan beriklan, Anda harus mempertimbangkan media online dan lokal yang dapat mengonversi dengan baik sesuai dengan demografis Anda.

Demografi juga penting. Misalnya jika bisnis Anda dekat dengan universitas, maka mahasiswa akan menjadi demografis utama, dan ini akan mendorong keputusan dimana tampat Anda beriklan.

Berapa banyak mahasiswa kampus yang mendengarkan radio, dibandingkan dengan yang ada di Instagram? Anda harus memperhitungkan faktor demografis ini. Jika bisnis Anda dibidang olahraga, Anda mungkin membuat keputusan yang berbeda.

Selain wawasan dan poin data dari platform seperti Facebook, kami juga merekomendasikan bahwa bisnis memanfaatkan alat analisis prediktif untuk membantu mereka membangun iklan pemasaran yang lebih efektif, pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, dan cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bisnis dapat menawarkan layanan dan promosi yang relevan, kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat dan memungkinkan bisnis untuk melibatkan pelanggan dan memberikan layanan yang lebih baik.

Selanjutnya, Data yang Anda miliki dapat membantu Anda mengetahui cara menjangkau pelanggan di tempat mereka paling mungkin memiliki respons positif, yang akan membantu Anda membangun loyalitas pelanggan.

Membangun loyalitas pelanggan membantu Anda memperbaiki dan menyediakan layanan yang relevan yang menghargai pelanggan yang setia. Baik melalui aplikasi, situs web, penawaran media sosial, pemasaran email, atau layanan di dalam toko, ketika bisnis dapat meningkatkan kenyamanan, otomatisasi, dan keterlibatan, bisnis itu dapat memanfaatkan sumber pendapatan tambahan.

Anda juga perlu mempersiapakan alat tambahan termasuk pre-order dan pembayaran mobile. jadi Selain meningkatkan merek Anda dengan menawarkan opsi yang nyaman dan hemat waktu, Anda dapat mengurangi waktu tunggu dan juga membantu staf Anda bersama pelanggan.

Semakin loyalitas yang dirasakan pelanggan, semakin reseptif juga ketika mereka mendengar berita spesial dari brand Anda dan pastikan Anda memberikan ke pelanggan dengan cara yang benar.

Berdasarkan data pelanggan, komunikasikan dengan pelanggan terkait produk dan layanan baru dengan email, notifikasi, SMS, media sosial, iklan, dll. Kemudian minta notifikasi itu memberi penghargaan dan memperkuat loyalitas pelanggan itu.

Baca juga : Ingin Bisnis Berkembang? Gunakan 10 Strategi Pemasaran Ini

Belajar melihat keseluruhan data

Tinjauan berkala tentang analisis situs web, data keuangan, dan kinerja iklan online adalah kunci untuk membantu Anda belajar mengetahui apa yang dihasilkan oleh data Anda. Dari sana, Anda dapat mengelompokkan pelanggan dan membuat kampanye dinamis yang dapat meningkatkan lalu lintas dan pendapatan, serta memastikan Anda menawarkan produk, layanan, opsi, dan kombinasi yang tepat.

Meninjau data keuangan dan pemasaran juga membantu Anda dan tim Anda melihat bagaimana mereka dapat meningkatkan penawaran produk secara efektif. Lakukanlah pemantauan arus keuangan dengan data faktual dan minim kesalahan, karena dengan data ini “kesehatan” pada bisnis Anda terpantau secara transparan.

Untuk membantu hal ini, gunakanlah software pembukuan atau akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja Anda mau seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud buatan Indonesia yang memiliki fitur terbaik seperti, penjualan, pembelian, pemantauan stok, multi gudang, multi cabang, multi mata uang, penghitungan dan pelaporan pajak, penggajian, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Dengan semua fitur ini, tentu Anda dapat dengan muah mengetahui data keuangan bisnis dengan cepat, tepat, dan minim kesalahan. Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan data pelangan untuk me.mbangun strategi marketing bisnis Anda. Gunakan data pelanggan yang sudah ada untuk dapat membuat marketing dan iklan menjadi lebih efektif dan efesien dan biaya iklan menjadi lebih murah.

accurate fokus pengembangan