17 Tips untuk Membuat Akun Instagram yang Baik bagi Bisnis Anda

Jumlah brand yang memasukkan Instagam marketing ke dalam strategi bisnis mereka kini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Sementara lebih dari setengah pemilik produk di dunia  menggunakan dan membuat akun instagram pada tahun 2016, lebih dari 75% akan melakukannya pada tahun 2020. Tidak heran jika Instagram memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan, dan audiens iklan lebih dari 849 juta.

Kami akan memberikan tips untuk membantu membuat strategi pemasaran efektif pada akun Instagram Anda, sekalipun Anda baru memulai atau Anda sudah berpengalaman dalam mengunakan instagram sebagai strategi marketing anda

17 Tips Membuat Akun Instagram Anda lebih Baik

1. Gunakan akun bisnis

Saat Anda memulai untuk membuat akun Instagram untuk bisnis, pastikan Anda membuat akun Instagram bisnis, jangan akun pribadi. Akun bisnis memberi Anda akses ke fitur yang tidak dapat Anda gunakan dengan akun pribadi, termasuk:

  • Instagram Insights
  • Iklan Instagram
  • Belanja Instagram
  • Informasi kontak dan tombol ajakan di profil Anda

Akun pribadi memiliki rangkaian manfaatnya sendiri untuk influencer dan pembuat konten. Tetapi bagi sebagian besar pemilik bisnis, akun bisnis adalah tempat untuk memperkenalkan bisnis Anda.

membuat akun instagram 2

2. Tetapkan tujuan Anda dengan jelas

Semua platform sosial adalah alat. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan alat-alat itu secara efektif kecuali jika Anda tahu apa yang sedang Anda coba bangun. Membuat akun Instagram untuk bisnis dapat memiliki arti yang berbeda bagi pelaku bisnis yang berbeda. Apakah Anda ingin:

  • Tingkatkan kesadaran merek?
  • Mendapatkan arahan baru?
  • Tetapkan merek Anda sebagai pemimpin industri?
  • Membuat penjualan?

Anda bahkan mungkin ingin menggabungkan beberapa hasil bisnis yang berbeda. Tetapi hal ini bisa saja anda dapatkan ketika Anda tahu ke mana strategi yang dibuat membawa Anda.

3. Tentukan audiens Anda

Hal pertama yang dapat membantu Anda adalah mengetahui siapa yang dapat Anda jangkau menggunakan Instagram. Misalnya, demografi di akun Instagram menunjukkan bahwa:

Pengguna instagram paling aktif adalah antara 18 dan 29.

Amerika adalah pasar Instagram terbesar, jika anda berada di indonesia bisa gunakan indonesia sebagai wilayah anda. Lebih banyak penduduk kota menggunakan Instagram daripada teman-teman mereka di pinggiran kota.

Tetapi itu tidak berarti Anda hanya boleh menggunakan Instagram untuk mencoba menjangkau orang indonesia di usia 20-an. Sebagai gantinya, Anda perlu mendefinisikan pasar target Anda sehingga Anda dapat membuat konten yang berbicara langsung kepada audiens itu sendiri. Ini juga akan menjadi patokan ketika Anda memilih opsi penargetan untuk iklan Instagram Anda.

4. Optimalkan profil Anda

Hanya dalam 150 karakter, bio pada akun Instagram Anda harus membuat kesan pertama yang hebat, menyampaikan kepribadian merek Anda, dan memberi tahu orang-orang mengapa mereka harus mengikuti akun Instagram Anda.

Ada banyak hal yang harus ditanyangkan dari ruang kecil tersebut. Untungnya, Anda juga mendapatkan beberapa bidang lain di profil Instagram Anda untuk menunjukkan apa merek Anda sebenarnya dan mempermudah orang menemukan Anda.

Profil instagram ini termasuk:

  • Nama Anda: 30 karakter, termasuk dalam pencarian.
  • Nama pengguna Anda: ID yang dapat anda gunakan untuk merek produk Anda. Hingga 30 karakter, termasuk dalam pencarian.
  • Situs web Anda: URL yang dapat diklik yang dapat Anda ubah sesering mungkin.
  • Kategori: Fitur bisnis yang memberi tahu orang-orang tentang semua hal Anda tanpa menggunakan karakter di bio.
  • Info kontak: Beri tahu orang-orang di mana menemukan Anda.
  • Tombol ajakan bertindak: Berikan para pengguna Instagram cara untuk berinteraksi dengan Anda langsung dari halaman profil Anda.

Baca juga : Mengetahui Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri, Contoh, dan Jenisnya

5. Pilih foto profil yang tepat

Untuk sebagian besar merek, foto profil Instagram Anda harus menggunakan logo perusahaan atau bisnis Anda. Ini membantu memberikan kredibilitas dan memungkinkan pengunjung untuk melihat siapa Anda.

Foto profil Instagram Anda ditampilkan pada ukuran 110 kali 110 piksel, dipangkas menjadi lingkaran dengan diameter 110 piksel. Namun, itu disimpan pada 320 kali 320 piksel, jadi Anda harus mengunggah file yang besar untuk memastikan gambar tersebut masih terlihat baik jika Instagram mengubah cara foto profil ditampilkan. Jika logo Anda berbentuk persegi, Anda harus memperkecil untuk memastikan semuanya terlihat di dalam lingkaran.

6. Buat konten yang menarik secara visual

Instagram adalah media visual, jadi kiriman Anda harus tampak hebat. Anda tidak cukup untuk membuat akun Instagram Anda memerlik tanpa peralatan fotografi profesional, tetapi foto Anda harus tajam, cukup terang, komposisi bagus, dan fokus.

Yang lebih penting, konten visual Anda harus menarik. Foto yang bagus memang baik, tetapi jika itu tidak menceritakan sebuah cerita, atau membuat pemirsa bersemangat, hal itu tidak akan membantu Anda menggunakan Instagram untuk pemasaran.

Ketika Anda tidak yakin apa yang harus Anda posting di instagram? Berikut ini beberapa ide:

  • Posting di belakang layar: Biarkan follower melihat kantor Anda, etalase Anda, atau proses pembuatan Anda.
  • Kutipan dan gambar berbasis teks: Mainkan dengan teks untuk membuat konten yang menarik secara visual tanpa perlu foto.
  • Regrams dan UGC: Konten buatan pengguna pada dasarnya otentik dan menarik.
  • Posting instruksional: Memberitahukan follower bagaimana mencapai suatu tujuan sama menariknya dengan yang didapat.
  • Video: Panjang maksimal posting video di Instagram adalah 60 detik, tetapi Anda bisa lebih lama menggunakan IGTV.

7. Tetapkan “tampilan” merek Anda di Instagram

Setelah Anda memutuskan jenis konten yang akan diterbitkan pada akun Instagram, Anda harus memutuskan bagaimana tampilannya.

Seperti yang kami jelaskan dalam posting kami tentang menciptakan estetika Instagram, warna memengaruhi keputusan pembelian dan pengakuan merek. Tampilan Instagram Anda harus konsisten di seluruh posting Anda, membantu followers dengan mudah mengenali konten Anda di feed mereka.

8. Tulis teks yang bagus

Kami baru saja mengatakan bahwa Instagram adalah media visual. Tetapi itu tidak berarti Anda dapat mengabaikan keterangan pada setiap postingan Anda. Teks pada merek Anda sama pentingnya dengan penampilan merek Anda. Seperti visual,  Anda harus konsisten di seluruh posting.

Teks Instagram dapat memuat hingga 2.200 karakter, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk semuanya, mulai dari gurauan hingga menerangkan produk secara detail.

Memang hanya dua baris teks pertama yang akan muncul di feed berita tanpa mengetuk lebih banyak. Karena orang cenderung melihat teks daripada membacanya dengan seksama, Jadi pastikan Anda memasukkan semua informasi penting ke dalam dua baris pertama.

Dalam posting kami tentang panjang teks terbaik untuk setiap jejaring sosial, kami merekomendasikan panjang teks Instagram berikut:

Posting organik: 138–150 karakter

Iklan Instagram: 125 karakter

Jika Anda punya banyak hal untuk dikatakan, silakan dan katakan. Tetapi pastikan semua teks itu sepadan.

Baca juga : Mengetahui Pentingnya Pelatihan Karyawan dan 7 Tips Pelatihan Efektif

membuat akun instagram tagar

9. Gunakan tagar dengan bijak

Langkh lain untuk membuat akun instgram Anda mudah ditemukan adalah menggunakan tagar. Hashtag atau tagar adalah cara utama untuk meningkatkan visibilitas dan kemampuan menemukan Anda. Anda dapat menggunakan hingga 30 tagar di pos Instagram. Tetapi, secara realistis, Anda mungkin tidak ingin melakukan itu.

Sebaiknya gunakan antara lima dan sembilan tagar per pos. Lebih dari itu dapat terlihat seperti isian hashtag, taktik spam yang membuat followers Anda tidak nyaman. Lebih buruk lagi, jika Anda menggunakan tagar yang tidak relevan atau berulang, pengguna dapat memilih untuk tidak melihat konten Anda untuk tag itu.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilih tagar yang:

  • Relevan
  • Khusus untuk niche Anda
  • Jangan mendorong bertukar tindakan atau suka (berpikir # like4like atau #followme)

10. Buat Interaksi

Jika Anda ingin keterlibatan di Instagram, Anda harus terlibat juga. Tidak hanya mem-posting konten berkualitas bagus, hal yang diperhatikan adalah jangan pernah mengabaikan komentar dan tetap berinteraksi dengan profil lain. Jika itu dilakukan Anda akan memiliki instagram yang sepi interaksi.

Minimal, tanggapi komentar yang diposkan pengguna di postingan Anda. Tetapi juga mencari akun populer di pasar Anda, ikuti mereka, dan sukai dan komentari pos mereka. Jadikan diri Anda terlihat dengan cara yang tidak mempromosikan.

Jika seseorang memberi tag Anda pada sebuah posting, periksa dan cari peluang untuk terlibat. Bisakah Anda membagikan kembali pos mereka di status Anda atau di story Anda?

11. Jangan mengabaikan Story Instagram

Setengah dari bisnis di Instagram menggunakan Story. Dan mereka mendapatkan hasil yang luar biasa: Sepertiga dari Cerita yang paling banyak dilihat diposting oleh bisnis. Cerita adalah bagian penting dari strategi pemasaran Instagram yang baik.

Story Instagram menghilang setelah hanya 24 jam. Ini memberikan peluang besar untuk terhubung dengan pengikut dan membangun hubungan.

Dalam membuat postingan, cara terbaik untuk menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis pakailah strategi berikut:

  • Ceritakan sebuah kisah: Pikirkan pesan, bahkan untuk format saat ini.
  • Dapatkan interaktif: Gunakan fitur Story seperti polling dan pertanyaan.
  • Bertujuan untuk koneksi pribadi: Story adalah pendorong besar pesan langsung Instagram yang membantu membangun loyalitas pengikut.
  • Gunakan ajakan bertindak: Jangan lupa mengandalkan fitur Instagram “swipe up” kecil untuk tautan luar. Gunakan teks untuk memberi tahu pengikut mengapa mereka harus melakukan itu.
  • Konsisten: Seperti feed Instagram Anda, Story Anda harus selaras dengan suara dan estetika merek Anda.

12. Gunakan highlight Cerita dan sampul untuk meningkatkan bio Anda

Kami membahas semua komponen bio Instagram Anda di Tips 4. Tetapi ada komponen bonus yang tidak kami sebutkan: Cerita menyoroti sampul.

Anda dapat membuat album sorotan untuk mempertahankan konten Cerita teratas Anda, sehingga tidak hilang setelah 24 jam. Album sorotan Anda muncul tepat di bawah bio Anda, dan Anda dapat membuat sampul khusus untuk masing-masing.

Digunakan secara efektif, ini menambahkan seluruh komponen tambahan ke bio Anda, memberikan pengikut potensial memuat lebih banyak informasi tentang bisnis Anda dan mengapa mereka harus mengikuti Anda di Instagram.

Baca juga : Bagaimana Cara Membangun Strategi Bisnis yang Benar dan Efektif?

membuat akun instagram 3

13. Coba gunakan fitur Belanja Instagram

Ingat bagaimana kami mengatakan Anda harus mendapatkan profil bisnis? Inilah satu alasan Anda dapat Akses ke Belanja Instagram. Fitur ini, yang tidak tersedia untuk akun pribadi, memungkinkan Anda untuk menjual produk langsung dari pos dan Cerita Instagram.

14. Posting pada waktu yang tepat

Tahukah Anda bahwa waktu terbaik untuk memposting di Instagram bervariasi berdasarkan industri Anda?

Hootsuite menganalisis 258.956 posting dari 11 industri yang berbeda dan menemukan bahwa memang ada waktu terbaik untuk memposting, meskipun feed Instagram tidak lagi bersifat kronologis. Berikut adalah waktu terbaik untuk memposting untuk setiap industri yang kami analisis:

  • Perjalanan dan pariwisata: Jumat, 9 pagi hingga 1 malam
  • Media dan hiburan: Selasa dan Kamis, 12 hingga 3 malam.
  • Makanan dan minuman: Jumat, 12 malam
  • Retail: Selasa, Kamis, dan Jumat, pukul 12 malam
  • Layanan profesional: Selasa, Rabu, dan Jumat, 9 atau 10 pagi.
  • Nirlaba: Selasa, 10 pagi atau 4 malam
  • E-commerce non-ritel: Kamis, 4 atau 9 malam
  • Farmasi dan layanan kesehatan: Rabu dan Minggu, pukul 9 pagi
  • Perawatan pribadi: Kamis dan Jumat, 1, 2, atau 3 malam
  • Teknologi: Senin dan Selasa, pukul 2 siang
  • Pendidikan: Kamis, 4 atau 5 malam

15. Cobalah menggunakan Influencer

Bekerja dengan influencer dapat membantu membangun kredibilitas Anda sembari memaparkan merek Anda kepada audiens baru. Sebuah survei oleh CivicScience menemukan bahwa 19% konsumen Amerika telah melakukan pembelian karena rekomendasi pemberi pengaruh atau blogger.

16. Perluas audiens Anda dengan iklan Instagram

Cara paling pasti untuk mendapatkan konten Anda di depan audiens baru adalah dengan menjalankan iklan Instagram. Dua juta bisnis sudah menggunakan iklan di Instagram. Dan Anda harus membuat akun Instagram Anda melakukannya, karena 96% pemilik bisnis di Instagram sudah menggunakan iklan Story berencana untuk terus melakukannya.

Kembali ke Tips 3, Anda menetapkan target audiens Anda. Sekarang Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menargetkan iklan Anda berdasarkan:

  • Lokasi: Negara bagian, provinsi, kota, negara, dan sebagainya
  • Demografi: Seperti usia, jenis kelamin, dan bahasa
  • Minat: Seperti akun lain yang diikuti orang dan aplikasi yang mereka gunakan
  • Perilaku: Instagram aktif dan nonaktif

Anda juga dapat mengunggah pemirsa khusus dari orang yang memiliki hubungan dengan Anda, dan menggunakannya untuk membuat audiens serupa. Anda dapat beriklan di feed Instagram, atau di Story.

Bca juga : Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

17. Saring strategi Anda dengan analitik

Tidak peduli seberapa bagus strategi untuk membuat akun Instagram menjadi optimal, Anda berada di belantara yang bernama media sosial, Anda selalu bisa lebih baik. Cara terbaik untuk meningkatkan hasil Anda adalah belajar dari apa yang sudah Anda lakukan. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah mempelajari semua informasi yang tersedia di Instagram Insights.

Kesimpulan

Membuat akun Instagram pada bisnis pada saat ini adalah sebuah keharusan bagi Anda pemilik bisnis untuk mendapatkan brand awareness lebih besar dari sosial media, terlebih Instagram menjadi salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna.

Bagi Anda pelaku bisnis yang sudah sukses untuk membuat akun instagram menjadi mesin penghasil uang, selamat. Namun hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana mengelola seluruh pendapatan Anda secara efisien.

Lakukanlah pembukuan sederhana pada seluruh pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda secara terperinci agar Anda bisa menghasilkan laporan keuangan yang faktual.

Kesulitan dengan pembukuan manual? Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Accurate Online juga sudah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini :

accurate 200 ribu perbulan