Mengenal PCare dan Manfaatnya untuk Karyawan Anda

Banyaknya peserta anggota BPJS Kesehatan yang ada di Indonesia seringkali membuat setiap anggotanya tidak nyaman ketika sedang melakukan kegiatan perawatan kesehatan. Salah satu keluhan yang seringkali diutarakan oleh pihak rumah sakit ataupun puskesmas adalah penumpukan antrian pasien BPJS. Untuk mengatasinya, BPJS pun mengeluarkan aplikasi layanan digital PCare atau Primary Care.

Aplikasi ini digunakan sebagai proses screening, registrasi, sampai dengan pemberian vaksin COVID-19 yang telah diberikan pada pihak pejabat pemerintahan, nakes dan masyarakat umum. Sehingga, bisa membantu pelayanan BPJS dengan adanya fasilitas rujukan tingkat pertama yang bisa membantu CRM dengan pengguna aplikasi.

Apa itu PCare BPJS?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, PCare atau primary care adalah suatu aplikasi yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan sebagai upaya agar bisa meningkatkan pelayanan, sehingga bisa mempermudah para anggotanya. Aplikasi ini mampu menawarkan berbagai fasilitas kesehatan, dari mulai tingkat dasar atau tingkat pertama, seperti puskesmas dan juga klinik.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa melakukan akses untuk bisa melakukan pendaftaran, terapi pengobatan, penegakkan diagnosa, dan juga pelayanan laboratorium di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunjungi halaman website PCare BPJS Kesehatan melalui browser atau men-download nya di Google Play Store Anda secara gratis.

Tapi, tidak semua pengguna bisa bebas mengakses layanan tersebut. Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran akun di kantor BPJS Kesehatan Anda.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dan Peran Pentingnya untuk Setiap Karyawan

Fitur-fitur Unggulan PCare BPJS

Sebenarnya, aplikasi PCare ini sudah sejak tahun 2014 lalu diperkenalkan ke masyarakat. Tapi, agar bisa meningkatkan kenyamanan setiap pengguna, sistem harus melakukan pembaruan secara berkala.

Sebelum Anda menggunakannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai fitur unggulan yang terdapat di dalam aplikasi ini untuk membantu Anda dalam menggunakan berbagai fasilitas kesehatan.

Nah, beberapa fitur unggulan yang tersedia di dalam PCare adalah PCare login, prosedur pendaftaran anggota BPJS, baik itu secara mandiri ataupun instansi, mendaftarkan pasien, melakukan penegakkan diagnosis, pelayanan laboratorium, terapi pengobatan, informasi iuran untuk anggota, mencari fasilitas kesehatan, serta HFIS atau Health Facilities Information System (HFIS).

Baca juga: Insurable Interest dan Perannya Pada Asuransi

Cara Penggunaan PCare BPJS Kesehatan

Jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menyimak cara penggunaannya di bawah ini:

  1. Silahkan unduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan pada ponsel Anda atau bisa juga membuka halaman https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/.
  2. Lanjutkan dengan membuat username dan password. Bila sudah memiliki akun ataupun menjadi member, Anda hanya perlu memasukkan username dan password yang sudah Anda buat.
  3. Bila Anda sudah berhasil log in, Anda akan dibawa ke halaman utama, yaitu ‘Primary Care BPJS Kesehatan’ yang didalamnya memuat indeks pasien.
  4. Selanjutnya, pilihlah menu layanan untuk bisa memperoleh sejumlah fasilitas BPJS Kesehatan.
  5. Dalam menu ini, terdapat dua pilihan, yakni pendaftaran dan juga pelayanan.
  6. Bila Anda ingin berobat, silahkan pilih pendaftaran dan isi nomor BPJS, lalu klik cari. Sedangkan untuk faskes, bila pasien adalah pasien faskes, maka secara otomatis akan tampil datanya.
  7. Lengkapilah bagian yang kosong di sana, dari mulai tekanan darah, jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, dan lain sebagainya. Bila sudah terisi semuanya, silahkan klik simpan.
  8. Silahkan kembali lagi pada bagian entri data dan pilihlah menu pelayanan. Isilah kolom yang kosong, seperti diagnosis dan juga terapi, lalu klik simpan.
  9. Bila Anda sudah mengisi data di dalam pilihan pendaftaran dan juga pelayanan, maka Anda sudah bisa menyelesaikan tahap entri data untuk pasien BPJS pada FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Di dalamnya, Anda bisa melihat berobat pada faskes tiap Anda bekerja, dari mulai jumlah kunjungan, kegiatan jenis kunjungan, hingga 10 penyakit paling banyak.
  10. Bila Anda telah selesai melakukan pelayanan, Anda bisa segera mengeluarkan akun dengan klik logo akun yang terdapat pada sisi kiri. Setelahnya, pilih logout agar bisa mengeluarkan akun.

Baca juga: JHT adalah: Pengertian, Tata Cara Pencairan, dan Bedanya dengan Jaminan Pensiun

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami terkait PCare, yakni aplikasi digital terbaru dari BPJS Kesehatan yang akan mempermudah para anggotanya dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tentunya setiap karyawan mempunyai hak agar bisa memperoleh jaminan kesehatan, sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan, salah satunya adalah dengan BPJS Kesehatan.

Nah, untuk bisa memudahkan Anda dalam membayar iuran BPJS Kesehatan para karyawan dan mengelola dana iuran tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh transaksi yang dikeluarkan oleh perusahaan, termasuk transaksi untuk membayar iuran BPJS Kesehatan karyawan, akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Selain itu, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan telah mendapatkan penghargaan TOP Brand Awards ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang lengkap. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan lain untuk mengembangkan bisnis Anda.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia