Insurable Interest dan Perannya Pada Asuransi

Kepentingan yang diasuransikan atau insurable interest adalah suatu metode asuransi dengan perlindungan risiko kehilangan finansial atau dana. Selain itu, insurable interest adalah suatu bentuk kepedulian seseorang yang mendapatkan manfaat dan juga mendapatkan rasa aman untuk dirinya sendiri beserta keluarganya.

Saat ini, kebanyakan asuransi diharapkan mampu menjamin kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Contohnya saja asuransi kesehatan yang berfungsi untuk melindungi sebagian biaya pengobatan saat terjadi suatu kecelakaan. Untuk itu, asuransi banyak diibaratkan seperti pengaman dari berbagai bentuk masalah.

Selain itu, insurable interest pun menjadi suatu syarat penting untuk mengambil keputusan yang tepat terkait asuransi, agar para pemegang polis bisa terlindung dari berbagai kejadian yang bisa mengancam keselamatan dirinya sendiri.

Jika tidak mempunyai polis asuransi, maka ketika terjadi kecelakaan finansial tidak ada jaminan keamanan dari asuransi.

Pengertian Insurable Interest

Secara sederhana, insurable interest adalah suatu jaminan ketergantungan finansial pada pihak tertanggung. Insurable interest bisa diperoleh oleh penerima manfaat ketika yang tertanggung dalam asuransi masih hidup. Sebaliknya, bila ternyata pihak tertanggung sudah meninggal dunia, maka pihak penerima manfaat akan kehilangan sumber penghasilan.

Contoh sederhananya, dalam suatu keluarga ada seorang bapak yang berperan sebagai pihak tertanggung dan pemilik polis sementara adalah ibu yang menjadi penerima manfaat.

Nah, karena terdapat hubungan keluarga, maka prinsip insurable interest bisa dianggap sebagai suatu kewajaran. Itu artinya, hanya mereka yang mempunyai hubungan keluarga saja yang didaftarkan sebagai pihak penerima manfaat.

Dalam dunia investasi, contoh insurable interest bisa diperankan oleh CEO atau Chief Executive Officer yang memilih insurable interest untuk perusahaanya.

Contoh lainnya adalah seorang atlet Badminton yang mengasuransikan tangannya sebagai suatu aset yang sangat penting.

Sederhananya, untuk perusahaan ataupun perorangan yang berpikir jauh terkait asetnya, mereka pasti akan lebih memilih asuransi dengan metode insurable interest.

Adanya potensi kerusakan ataupun kehilangan itulah yang akan dijamin oleh pihak asuransi. Untuk itu, perusahaan asuransi banyak yang membuat kebijakan untuk melindungi aset nasabah, seperti kesehatan, jiwa, kendaraan, properti, sampai disposable income.

Dalam dunia properti, contoh insurable interest yang mudah dimengerti adalah asuransi rumah. Pihak pemilik rumah mempunyai kepentingan yang bisa diasuransikan atau insurable interest atas rumahnya sendiri bila sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan, seperti gempa bumi, kebakaran, atau kehilangan yang lebih bersifat destruktif.

Nah, karena kehilangan rumah menjadi salah satu kerugian yang besar, maka pihak pemilik rumah mengasuransikan kejadian yang tidak bisa diduga.

Tapi, pihak pemilik rumah tidak bisa membeli asuransi rumah milih orang lain. Seseorang hanya bisa mengasuransikan rumahnya sendiri. Untuk itu, munculah permasalah yang besar, seperti kesengajaan untuk merusak rumah. Bahaya seperti inilah yang bisa membuat perusahaan asuransi lebih selektif dalam membuat kebijakan.

Baca juga: Asuransi Dibayar Dimuka: Pengertian, Contoh Kasus, dan Cara Mencatatnya

Insurable Risk

Lalu, apa itu insurable risk? insurable risk adalah risiko yang bisa diasuransikan dan menjadi bagian dari insurable interest. Risiko yang bisa diasuransikan hanyalah resiko yang bersifat murni.

Itu artinya, bila tidak terjadi risiko yang murni, maka tidak akan ada kerugian yang ditimbulkan. Contoh sederhana dari insurable risk adalah kecelakaan finansial, kebakaran properti, bangkrut, dan lain sebagainya.

Pihak asuransi akan memberikan penawaran pembayaran dalam bentuk uang kartal, sehingga nilai sentimental dalam resiko akan dinyatakan dalam nilai uang.

Tapi, resiko di dalam insurable interest harus bersifat homogen, terjadi secara tidak disengaja, dan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Saat terjadi resiko, maka pihak pemegang polis mempunyai insurable interest.

Selain itu, premi asuransi pun akan ditetapkan dalam nominal yang wajar, sesuai dengan dampak dari kerugian. Jika resiko mempunyai kerugian yang besar, maka nominal premi yang harus dibayar pun juga besar. Peraturan yang sudah disepakati ini hendaknya ditepati atau asuransi tidak akan dibayarkan.

Baca juga: Asuransi Kematian, Ini Jenis dan Rekomendasi Produknya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang insurable interest. Jadi, insurable interest interest adalah suatu jaminan ketergantungan finansial pada pihak tertanggung.

Nah, untuk membantu Anda lebih mudah dalam mencatat premi asuransi di dalam laporan keuangan perusahaan Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia yang di dalamnya akan mencatat laporan keuangan secara rapi, cepat, serta akurat.

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi dan juga tampilan dashboard yang sederhana. Sehingga, Anda bisa mengakses aplikasi ini secara melalui perangkat apa saja yang sudah terhubung internet secara mudah, dan nyaman.

Lebih dari itu, Accurate Online pun sudah berhasil mendapatkan penghargaan TOP Brand Award dalam kategori software akuntansi sebanyak 7 kali berturut-turut, yaitu dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Selain mampu membantu Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi, Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan mempermudah Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang, mengurus administrasi perpajakan bisnis, dan masih banyak lagi.

Sehingga, kegiatan operasional bisnis Anda akan berjalan lebih efisien dan Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis melalui strategi yang jitu.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia