Mengetahui Pentingnya Pelatihan Karyawan dan 7 Tips Pelatihan Efektif

Untuk mencapai kesuksesan, sebuah perusahaan harus mengadakan pelatihan karyawan. Hal ini dikarenakan karyawan adalah aset yang paling berharga pada suatu perusahaan.

Atas dasar itu, tidak hanya produk atau penjualan yang ditingkatkan namun kemampuan karyawan juga harus diperhatikan. Kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah perusahaan.

Pentingnya Pelatihan Untuk Karyawan

Pelatihan pada anggota karyawan memang memiliki pengaruh yang sangat positif untuk perusahaan. Tidak hanya itu, melalui pelatihan ini para anggota juga bisa memperoleh hal positif untuk dirinya sendiri khususnya membantu perusahaan untuk berkembang. Lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut mengenai pentingnya pelatihan untuk karyawan.

1. Menemukan Potensi Diri

Melalui pelatihan ini yang diadakan maka setiap anggota perusahaan akan sangat terbantu dalam menemukan potensi yang dimilikinya. Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam pelatihan ini memang diadakan selain untuk menemukan potensi diri juga sebagai peningkatan potensi dan keterampilan diri. Potensi inilah yang akan menjadi senjata berperang dalam industri yang dijalankan.

2. Keluar Dari Praktek Lama

Pelatihan yang diadakan oleh suatu perusahaan untuk pengembangan skill. Seluruh rangkaian atau proses pelatihan yang dijalani memberi kesempatan bagi anggota perusahaan untuk memahami perkembangan terbaru dari perusahaan tempatnya bekerja. Melalui pelatihan ini, semua akan diarahkan untuk mengikuti tren yang ada untuk bersaing dalam industri yang dijalankan.

Baca juga : Bagaimana Cara Membangun Strategi Bisnis yang Benar dan Efektif?

3. Belajar Seumur Hidup

Pelatihan – pelatihan yang diberikan oleh perusahaan untuk pengembangan karyawannya bukan untuk jangka pendek. Semua pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari pelatihan karyawan ini memiliki tujuan jangka panjang. Karyawan akan terus berkembang dengan pengetahuan tersebut serta semangat untuk belajar seumur hidup.

4. Kurang Konfrontasi

Selama pelatihan berlangsung para anggota perusahaan diperbolehkan mengutarakan pendapat atau argumennya. Kesempatan inilah yang bisa digunakan untuk mengeluarkan berbagai permasalahan yang dihadapi. Entah itu masalah internal perusahaan dan sebagainya yang tentunya menjadi masukan untuk perusahaan sebagai bahan refleksi.

Baca juga : Pengertian Faktor Produksi, Tujuan, dan Jenisnya dalam Pengembangan Bisnis

Cara Pelatihan Untuk Karyawan di Perusahaan

Sebagai inventaris perusahaan, Pelatihan karyawan sangat penting untuk perusahaan agar bisa bertahan dalam jangka panjang. Untuk itu sudah sepantasnya karyawan diberikan pelatihan terbaik agar kedepannya bisa memberikan kontribusi yang besar dalam kesuksesan perusahaan. Berikut ini cara pelatihan untuk karyawan yang bisa dipertapkan di perusahaan.

1. Pelatihan Profesional

Jika ingin meningkatkan kompetensi serta kemampuan karyawan maka pelatihan professional untuk karyawan harus dipertimbangkan. Cara ini bisa dilakukan dengan pembuatan dasar informasi serta pelatihan – pelatihan yang diberikan kepada anggota baru. Hal ini dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di perusahaan agar lebih baik lagi.

Pelatihan professional memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun ini sebanding dengan output yang akan perusahaan peroleh kedepannya. Untuk menjalankan pelatihan ini maka sebaiknya rekrut mentor yang memang sudah berpengalaman. Mereka akan mengerahkan kemampuannya untuk melatih karyawan baru ini dengan baik.

2. Coaching dan Mentoring

Saat ini banyak kasus seorang manajer yang terbebani dengan berbagai tugas perusahaan yang membuatnya tidak memiliki waktu cukup. Mereka tidak sanggup lagi mengatur waktu untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada karyawan khususnya karyawan baru. Hal ini sangat disayangkan karena bisa membuat karyawan bekerja tidak sesuai prosedur.

Untuk itu pelu adanya penugasan kepada manajer untuk menjalankan coaching dan mentoring kepada karyawan. Hal ini dilakukan untuk memberi pengetahuan dan pengalaman kepada karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Baca juga : Pengertian Segmentasi Pasar, Syarat, Manfaat, Prosedur Dan Jenisnya Dalam Bisnis

3. Pelatihan Lintas Divisi

Setiap perusahaan memiliki divisi dengan tugasnya masing-masing. Setiap divisi ini tetap bekerja secara kolektif untuk membantu perusahaan apabila ada permasalahan – permasalahan yang dihadapi perusahaan. Kehadiran tiap divisi ini sangat penting dalam menopang peusahaan agar tetap Berjaya.

Salah satu solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam perusahaan adalah dengan mengadakan pelatihan karyawan lintas divisi. Pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan potensi karyawan secara keseluruhan dalam mengejakan tugas apapun yang diberikan.

4. Pengembangan Soft Skill

Pengembangan sumber daya manusia tidak hanya dilakukan untuk hard skill saja, tapi soft skill juga perlu dikembangkan agar ada keseimbangan. Kebanyakan perusahaan hanya memfokuskan diri untuk mengembangkan hard skill karyawannya saja tanpa melirik soft skill yang juga sama pentingnya. Soft skill ini sama pentingnya dengan kemampuan karyawan menyelesaikan tugasnya.

Kemampuan soft skill seorang karyawan bisa dilihat dari beberapa komponen seperti kesadaran diri akan posisi dan tanggung jawab yang diemban. Selain itu, kerja sama dalam tim serta kepatuhan karyawan terhadap aturan perusahaan juga merupakan komponen soft skill yang perlu dikembangkan.

Baca juga : Manajemen Proyek : Pengertian, Tujuan, Sasaran, Ruang Lingkup, dan Contohnya

5. Pengembangan Personal

Jangan memandang seorang sebagai satu individu yang bekerja pada sebuah perusahaan saja. Ingat bahwa seorang karyawan juga merupakan individu yang hidup di tengah masyarakat. Untuk itu, selain pengembangan pengetahuan dan kemampuan perlu ada pelatihan untuk mengembangkan personal dari karyawan.

Pelatihan ini meliputi pelatihan untuk meningkatkan kesehatan fisik, keseimbangan emosi yang bisa membuat para anggota perusahaan lebih tenang bekerja. Selain itu perusahaan juga perlu memfasilitasi pertumbuhan intelektual karyawannya melalu pengadaan seminar, personal finance dan sebagainya.

6. Pelatihan Teknologi

Perusahaan – perusahaan kecil maupun besar sudah pasti menggunakan teknologi untuk menjalankan perusahaan. Kendati beberapa karyawan yang memiliki pengetahuan teknologi yang rendah maka perlu adanya pelatihan teknologi. Pelatihan ini sangat berguna untuk peningkatan produktivitas karyawan.

Salah satunya adalah dengan memperkenalkan teknologi akuntansi melalui cloud. Dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, bisnis Anda akan lebih optimal dalam membuat laporan keuangan dan pemantauan arus kas perusahaan secara menyeluruh.

Jika Anda ingin mengadopsi proses otomatisasi akuntansi, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

7. Pelatihan Berkomunikasi

Pelatihan berkomunikasi untuk para karyawan sangat penting untuk diadakan khususnya untuk karyawan baru. Latihan berkomunikasi ini dapat meliputi pelatihan tentang bahasa serta cara berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan kerja. Dengan adanya pelatihan ini maka karyawan akan lebih mudah menjalin komunikasi dengan sesamanya serta relasi bisnis.

Baca juga : Manajemen produksi: Pengertian, Fungsi, Aspek dan Ruang Lingkup


Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya pelatihan karyawan dan para anggota perusahaan serta cara pelatihan yang diulas kali ini. Pelatihan – pelatihan ini dilakukan untuk dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setiap anggota dalam melakukan tugasnya dalam sebuah perusahaan.

accurate berhenti membuang waktu