Berbagai Bentuk Apresiasi yang Bisa Anda Berikan Pada Karyawan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kemungkinan besar Anda tidak bekerja sendirian. Terdapat banyak sumber daya manusia lainnya yang mungkin kerja dengan Anda, mulai dari akuntan, admin, tim marketing, cleaning service, customer service, hingga kurir. Jika ada dari mereka yang menorehkan prestasi tertentu, maka Anda harus memberikan bentuk apresiasi pada mereka.

Lalu, bentuk apresiasi apa saja yang bisa menunjukkan kebanggan Anda atas kinerja SDM sekaligus yang bisa menjadi pemicu semangat mereka agar terus berprestasi? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

6 Bentuk Apresiasi Untuk Karyawan

1. Mengucapkan Terima Kasih dan Beri Pujian

Dilansir dari laman Indeed, mengucapkan terima kasih ini sebenarnya adalah hal yang sederhana, namun mempunyai dampak yang sangat besar. Sebagai pebisnis, Anda bisa mengucapkan terima kasih atas performa SDM perusahaan Anda, sehingga mereka akan sangat merasa dihargai.

Untuk itu, biasakanlah untuk mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah mereka lakukan. Katakan juga secara spesifik tentang alasan Anda mengucapkan terima kasih. Hal tersebut akan meningkatkan semangat mereka untuk melakukan hal yang lebih baik lagi di masa depan.

Sertakan juga pujian atas apa yang sudah mereka lakukan. Sama halnya seperti ucapan terima kasih, pujian adalah ucapan yang sederhana yang bisa Anda berikan pada karyawan loyal dan berprestasi di perusahaan Anda. Hal tersebut pun bisa menjadi suatu hal yang berharga untuk mereka.

2. Cuti Tambahan

Cuti tambahan adalah bentuk apresiasi lainnya yang bisa Anda berikan pada karyawan. Pada dasarnya, cuti adalah hak setiap pekerja. Tapi seperti yang kita ketahui bersama, cuti yang bisa dirasakan dalam kurun waktu setahun sangatlah terbatas, untuk itu tidak ada salahnya untuk menambah hak cuti tersebut pada mereka.

Cuti tambahan pun bisa digunakan oleh karyawan untuk berlibur ataupun sekedar istirahat sebelum bekerja kembali. Bentuk apresiasi yang satu ini tentunya cukup manusiawi, sehingga tentunya akan sangat dihargai oleh mereka.

Baca juga: Rice Box, Bisnis Kuliner yang Banyak Peminatnya

3. Pengembangan Karir

Setiap karyawan tentu mendambakan suatu jabatan tertentu, terlebih lagi bila masa kerjanya sudah cukup lama dan mempunyai kemampuan yang cukup. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda mengapresiasi setiap karyawan yang berprestasi dengan memberikan kesempatan pada mereka untuk mengembangkan karirnya.

Namun, terlebih dahulu berikanlah kesempatan pada karyawan untuk mengembangkan, seperti dengan memberikan pelatihan online atau offline diluar jam kerjanya. Anda juga bisa melibatkan mereka pada proyek baru yang sebelumnya belum pernah mereka pegang.

Sehingga, mereka akan merasa memperoleh tanggung jawab yang besar, dan secara otomatis akan memotivasi mereka untuk terus berprestasi.

Walaupun tidak mendapatkan kenaikan jabatan secara langsung, namun bentuk apresiasi ini bisa sangat membantu karyawan untuk bisa memaksimalkan potensi dan meningkatkan fleksibilitas mereka.

4. Memberikan Penghargaan

Bentuk apresiasi lainnya yang bisa Anda berikan adalah memberikan hadiah berupa medali, piala, atau piagam. Jika penghargaan seperti itu mereka simpan di atas meja kerja mereka, maka hal tersebut akan mengingatkan mereka atas keberhasilan yang sudah mereka dapatkan.

Dalam hal ini, Anda bisa menetapkan suatu agenda bernama employee of the month atau employee of the year

sebagai salah satu wujud pemberian tanda penghargaan pada mereka yang sudah mencapai prestasi tertentu. Pemberian penghargaan ini terbukti mampu meningkatkan tanggung jawab mereka atas pekerjaan yang sudah mereka lakukan.

5. Fasilitas Kesehatan

Bentuk apresiasi kinerja SDM selanjutnya adalah dengan memberikan suatu perhatian khusus pada kesehatan karyawan, baik itu secara mental dan juga fisik mereka. Karyawan yang lebih sehat mempunyai peluang yang lebih besar untuk lebih merasa bahagia, sehingga akan memberikan dampak yang positif pada hasil kerjanya.

Karyawan yang sangat aktif berolahraga akan sangat menghargai bentuk apresiasi ini, sedangkan mereka yang belum aktif bisa menjadikan hal tersebut sebagai suatu kesempatan agar bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Contohnya, Anda bisa memberikan potongan diskon agar bisa menjadi anggota gym, atau dengan mendatangkan pelatih yoga, pilates, bahkan melakukan kerja sama dengan para psikolog. Sehingga, karyawan pun bisa mendatangi mereka untuk berkonsultasi terkait kesehatan mental mereka.

6. Memberikan Berbagai Bonus

Apresiasi lainnya yang bisa Anda berikan adalah dengan memberikan bonus spesial. Para pekerja yang sudah bekerja dengan keras untuk perusahaan dan menorehkan prestasi tertentu sangat layak untuk diberikan imbalan berupa hadiah yang bisa langsung mereka gunakan, seperti voucher liburan, voucher makan, atau voucher belanja.

Pilihan bentuk apresiasi lainnya yang bisa Anda berikan adalah gift box bulanan. Terdapat banyak sekali pilihan gift untuk bisa Anda berikan, seperti produk segar, makanan siap saji, cemilan, daging, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa memberikan gift box yang sesuai dengan hobi mereka. Jenis gift box ini akan mampu membantu mereka untuk menghabiskan waktu luangnya dan akan membuktikan bahwa Anda sangat peduli pada kebutuhan mereka.

Baca juga: On Demand Service: Model Bisnis yang Akhir-akhir Ini Makin Populer

Penutup

Demikianlah beberapa bentuk apresiasi yang bisa Anda berikan pada karyawan. Sebenarnya, masih ada banyak bentuk apresiasi yang bisa Anda berikan pada mereka. Anda bisa mengkombinasikan beberapa bentuk apresiasi di atas atau menambahkan bentuk apresiasi lainnya.

Namun, jangan lupa juga untuk mendukung proses kerja mereka, seperti dengan menyediakan beberapa tools terkini, salah satunya aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan sistem POS ini, maka Anda bisa mengelola karyawan dan pelanggan, melakukan proses penjualan dan pembelian dengan mudah, serta mempercepat proses transaksi di konter kasir. Selain itu, karena sudah terintegrasi langsung dengan ekosistem Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Ayo, coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.