Pengertian Asuransi Kesehatan dan 3 Peran Pentingnya untuk Setiap Karyawan

oleh | Apr 10, 2023

source envato.

Pengertian Asuransi Kesehatan dan 3 Peran Pentingnya untuk Setiap Karyawan

Saat ini, masih banyak pebisnis yang belum menyadari bahwa asuransi kesehatan memiliki peran yang sangat penting untuk para karyawan. Asuransi ini bisa dalam bentuk perlindungan diri dalam menekuni dunia kerja.

Karena, kita tidak akan pernah tahu hal apa saja yang akan terjadi di masa depan nanti. Di sisi lain, asuransi kesehatan pun memiliki peran yang penting dalam meringankan beban karyawan bila nantinya memerlukan biaya pengobatan.

Walaupun saat ini setiap perusahaan sudah pasti menyediakan fasilitas dalam bentuk BPJS Kesehatan agar bisa membantu karyawan dalam hal kesehatan, tapi tidak ada salahnya untuk menyediakan asuransi kesehatan tambahan.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak juga perusahaan asuransi swasta yang menyediakan beragam jenis program yang mampu memenuhi kebutuhan kesehatan Anda. Namun sayangnya, masih banyak pebisnis yang skeptis dalam hal ini.

Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas berbagai peran penting asuransi kesehatan untuk karyawan.

Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Karyawan

accurate.id gambar asuransi kesehatan-1

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah kesehatan dari karyawan itu sendiri.

Karena bila tidak ada asuransi kesehatan, karyawan akan memikirkan kondisi masa depan kesehatannya dan hal tersebut akan membuat fokus mereka jadi terbagi.

Bahkan berdasarkan penelitian MetLife yang dipublikasikan dalam laman Pacific Prime, sebanyak 60% perusahaan menemukan bahwa asuransi kesehatan mampu menunjang produktivitas karyawan.

Inilah alasan kenapa memiliki asuransi kesehatan sejak dini sangat penting.

2. Kualitas Layanan

Salah satu alasan kenapa karyawan harus mengikuti program asuransi kesehatan adalah agar bisa memperoleh kualitas pelayanan yang lebih baik. Asuransi kesehatan pribadi adalah salah satu solusi yang tepat agar Anda bisa berobat tanpa perlu mengantre lebih lama.

Disisi lain, asuransi kesehatan juga akan memastikan Anda untuk bisa memperoleh pelayanan yang berkualitas dari pihak rumah sakit.

3. Lebih Bijak dalam Mengatur Keuangan

Manfaat lainnya yang mampu diberikan asuransi kesehatan untuk karyawan adalah bisa lebih bijak dalam mengatur keuangan. Kenapa? Karena setiap perusahaan asuransi sudah menetapkan biaya atau premi yang harus dibayarkan oleh setiap peserta.

Kondisi ini akan membuat Anda tidak sembarangan dalam menghabiskan uang. Anda jadi bisa menyisihkan gaji untuk asuransi kesehatan dan dana lainnya bisa Anda gunakan untuk berinvestasi atau berbagai hal lainnya.

Baca juga: Apa itu Asuransi Jiwa? Ini Pengertian, Manfaat, dan Ke-3 Jenisnya!

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Terkait Asuransi Kesehatan

accurate.id gambar asuransi kesehatan-2

Saat ini kita sudah menyadari bahwa asuransi kesehatan memang memiliki peran penting dalam menunjang produktivitas karyawan dalam kegiatan sehari-harinya.

Namun, sebelum Anda benar-benar menggunakan jasa dari perusahaan asuransi kesehatan, maka akan lebih baik bagi anda untuk memerhatikan hal dibawah ini agar Anda tidak salah pilih.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Dalam memilih asuransi, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri. Untuk itu, Anda harus memahami perusahaan asuransi kesehatan Anda secara baik.

Dari sana nantinya Anda akan menemukan mana jenis asuransi kesehatan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda saat ini.

Berdasarkan laman The Balance SMB, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memeriksa seluruh fasilitas yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Pastikanlah semuanya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Kredibilitas Perusahaan

Banyaknya perusahaan asuransi yang ada saat ini justru semakin membingungkan untuk menentukan pilihan. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kredibilitas perusahaan yang sedang Anda pelajari produknya.

Hal ini harus Anda lakukan sebelum Anda mengalami kerugian karena adanya tindakan fraud ataupun layanan yang kurang profesional dari staf perusahaan.

Informasi terkait kredibilitas perusahaan asuransi ini bisa Anda dapatkan dari jaringan internet. Umumnya, akan ada blog ataupun kumpulan artikel berita yang membahas perusahaan serta produk asuransinya bila memang perusahaan tersebut sudah cukup dikenal masyarakat.

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa asuransi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

3. Premi dan Plafon

Premi adalah iuran yang harus Anda bayar per bulan atau per tahun, sesuai dengan perjanjian awal program yang telah disepakati. Sedangkan plafon adalah hasil dari iuran yang telah Anda bayar secara rutin.

Nominal plafon dari asuransi kesehatan adalah jumlah total yang akan dibayar oleh pihak perusahaan saat Anda dalam perawatan karena sakit.

Semakin besar premi yang Anda bayar, akan semakin besar juga plafon yang bisa Anda dapat untuk menanggung biaya perawatan selama Anda sakit.

4. Rumah Sakit yang Dijadikan Rujukan

Poin selanjutnya yang harus Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah rekanan rumah sakit dari asuransi kesehatan yang Anda pilih. Anda harus menanyakan secara detail terkait pilihan rumah sakit yang dijadikan sebagai rujukan pada sales atau staf advisor asuransi tersebut.

Pastikanlah asuransi kesehatan tersebut bisa digunakan di banyak rumah sakit, sehingga masalah terkait jarak tidak akan mempersulit Anda ketika sedang berada di kondisi darurat.

5. Sistem Pembayaran

Sebagian dari Anda pasti sudah mengenal akan adanya asuransi kesehatan yang menerima klaim cashless. Umumnya, klain ini hanya memerlukan kartu nasabah dan fungsinya hampir sama dengan kartu ATM yang Anda gunakan ketika sedang berbelanja.

Pilihan ini akan mempermudah Anda karena Anda tidak perlu membayarkan dana perawatan terlebih dahulu selama Anda di rumah sakit.

Cara klaim yang kedua adalah reimbursement, yang mana nasabah yang sedang memperoleh perawatan di rumah sakit harus membayarkan tagihan biaya terlebih dahulu, lalu mengurus proses pengembalian dana yang sudah digunakan ke pihak asuransi. Jadi, anda harus tetap menyiapkan dana darurat dalam manajemen keuangan Anda

Baca juga: Mengenal PCare dan Manfaatnya untuk Karyawan Anda

Penutup

accurate.id gambar asuransi kesehatan-3

Demikianlah penjelasan dari kami tentang peran penting asuransi kesehatan untuk karyawan dan berbagai hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan dari jenis asuransi yang satu ini.

Pada dasarnya, kesehatan adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan sejak dini. Karena, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti.

Namun, tentunya Anda harus bisa mengelola keuangan perusahaan Anda dengan baik agar Anda bisa membayar premi asuransi kesehatan untuk karyawan Anda.

Nah, bila saat ini Anda kesulitan dalam mengelola keuangan perusahaan, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja secara mudah.

Selain itu, berbagai fitur bisnis luar biasa di dalamnya juga sudah saling terintegrasi, sehingga akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ibnu

Artikel Terkait