Apa itu Asuransi Jiwa? Ini Pengertian, Manfaat, dan Ke-3 Jenisnya!

Pada dasarnya, asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang ada di Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia sebenarnya diharapkan memiliki asuransi jiwa karena sangat penting untuk hari tua dan kematian. Asuransi ini nantinya akan memberikan manfaat yang besar pada orang-orang yang kita cintai.

Lalu, apa sebenarnya asuransi jiwa? Kenapa perannya sangat penting di dalam kehidupan? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang asuransi jiwa di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Asuransi Jiwa

accurate.id gambar asuransi jiwa-1

Berdasarkan laman Nerd Wallet, asuransi jiwa adalah kontrak yang terjadi antara Anda sebagai pihak penanggung jawab dengan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung, dan Anda tentunya telah sepakat untuk membayar iuran atau premi secara teratur.

Pihak penanggung ini nantinya akan bersedia untuk membayarkan sejumlah uang bila terjadi risiko kematian pada pihak tertanggung.

Saat Anda membuat keputusan untuk menggunakan jasa asuransi ini, maka Anda harus membayar premi sesuai aturan yang dibuat oleh perusahaan asuransi.

Umumnya, opsi dan juga nominal premi yang harus dibayar berbeda-beda, tergantung dari perusahaan tersebut. Beberapa ada yang harus dibayar per bulan, beberapa yang lainnya ada yang setahun sekali atau setahun dua kali.

Baca juga: Mengenal PCare dan Manfaatnya untuk Karyawan Anda

Manfaat Asuransi Jiwa

accurate.id gambar asuransi jiwa-2

Dilansir dari laman Finder, beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat Anda menggunakan jasa asuransi jiwa adalah sebagai berikut:

  • Bisa merasa lebih tenang karena sudah menyiapkan sejumlah uang pada orang yang dicintai
  • Bisa menyiapkan kebutuhan untuk jangka waktu yang panjang
  • Bisa dijadikan sebagai instrumen investasi dan bahkan tabungan
  • Sebagai perlindungan atas adanya risiko kematian
  • Untuk mengatur dan mengelola finansial secara baik.

Asuransi ini jelas mampu memberikan manfaat untuk Anda dan keluarga. Kenapa? Karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada Anda di masa depan.

Jika nantinya ternyata Anda meninggal karena beberapa penyakit yang di luar dugaan, maka Anda sudah menyiapkan sejumlah uang untuk keluarga dan orang-orang kesayangan Anda.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dan Peran Pentingnya untuk Setiap Karyawan

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

accurate.id gambar asuransi jiwa-3

Secara umum, asuransi jiwa dibagi dengan berdasarkan masa perlindungan, nilai tunai, dan pihak yang telah mengajukan polis. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Berdasarkan Masa Perlindungan

  • Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life Insurance

Biasanya, asuransi ini akan memberikan perlindungan pada Anda dengan jangka waktu tertentu, mulai dari 5, 10, hingga 20 tahun. Artinya, jika sudah tiba waktu jatuh tempo, Anda sebagai pihak tertanggung harus mengajukan perpanjangan polis.

Selain itu, premi ini harus Anda bayar sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan, contohnya hanya hingga masa premi atau hanya sampai anak lulus kuliah, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda harus lebih cerdas dalam menyesuaikan kebutuhan bila Anda ingin menggunakan jenis asuransi  ini.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life Insurance

Jenis asuransi ini akan membuat Anda dilindungi dengan perusahaan asuransi seumur hidup selama polis Anda masih aktif. Selain itu, asuransi ini juga akan memberikan uang tunai pada Anda. Tapi, biasanya nilai uang tunai ini tidak terlalu banyak karena lebih fokus pada perlindungan jiwa.

2. Berdasarkan Nilai Tunai

  • Asuransi Jiwa Murni

Jenis ini bisa dibilang jenis asuransi jiwa tradisional. Artinya, asuransi ini hanya menyediakan manfaat dalam bentuk uang pertanggungan tanpa adanya nilai tunai. Fungsinya adalah hanya untuk memberikan perlindungan jiwa. Untuk itu, premi yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Biasanya, asuransi ini bisa Anda temukan secara mudah dalam jenis berjangka. Asuransi ini sangat sesuai untuk Anda yang baru mulai kerja dan ingin melindungi diri Anda dengan asuransi jiwa.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna atau Endowment Insurance

Asuransi jiwa dwiguna mempunyai karakteristik yang sama dengan jenis berjangka karena akan memberikan perlindungan dengan jangka waktu tertentu. Di sisi lain, asuransi ini pun mampu menyediakan uang tunai seperti jenis seumur hidup.

Inilah alasan kenapa asuransi ini disebut dengan dwiguna, karena mempunyai dua fungsi, yakni proteksi jiwa dan nilai tunai dengan prioritas utamanya adalah nilai tunai.

Nilai tunai yang ditawarkan dari dwiguna ini nantinya bisa Anda gunakan untuk dana pendidikan anak, dana pensiun, dan dana yang lainnya.

  • Asuransi Jiwa Sekaligus Investasi atau Unit Link Life Insurance

Jenis asuransi yang satu ini sangat berbeda dengan nilai tunai yang terdapat pada jenis seumur hidup dan juga dwiguna. Nilai tunai yang ada pada unit link life ini terbentuk dari adanya pengembangan dana di produk pasar modal.

Dengan adanya kondisi tersebut, maka nilai tunai pada asuransi ini akan mengalami pergerakan yang dinamis, sesuai dengan perkembangan pasar modal.

Itulah kenapa asuransi ini dikenal dengan unit link life, karena hampir sama dengan jenis investasi seperti pada umumnya.

3. Berdasarkan Pihak yang Mengajukan Permohonan Polis

  • Asuransi Jiwa Individu

Sama seperti namanya, asuransi ini dikeluarkan hanya untuk nasabah individu. Cakupan individu ini biasanya lebih luas dari jenis kumpulan. Sehingga, premi yang ditawarkan pun tentunya jauh lebih besar.

  • Asuransi Jiwa Kumpulan

Umumnya, jenis asuransi ini digunakan oleh komunitas, kantor, yayasan, dan lain sebagainya yang lebih bersifat kumpulan atau banyak.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, cakupan dari asuransi ini lebih sempit dari individu, dengan premi yang tentunya jauh lebih terjangkau.

Baca juga: Insurable Interest dan Perannya Pada Asuransi

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang asuransi jiwa, manfaat dan jenisnya.

Sebagai pebisnis, tentu Anda harus bisa memberikan salah satu tunjangan penting ini pada para karyawan Anda agar mereka bisa bekerja secara nyaman dan tenang.

Namun, Anda harus memiliki keuangan yang sehat dan mampu mengelolanya dengan baik agar Anda bisa membayar premi tanpa adanya keterlambatan.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena software akuntansi dan keuangan dari Accurate Online ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan secara sehat.

Selain itu, berbagai fitur luar biasa di dalamnya juga sudah saling terintegrasi, yang mana hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran? Ayo segera gunakan dan coba Accurate Online dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

7 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?