Pengertian Billboard Lengkap Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagian besar dari kita pasti pernah melihat iklan besar yang terdapat di persimpangan jalan raya atau jalan tol. Nah, jenis iklan tersebut dikenal dengan billboard. Pengertian billboard secara umum adalah salah satu jenis periklanan atau media iklan yang ditempatkan di luar ruangan, atau biasa dikenal dengan OOH Advertising.

Lalu, apa pengertian sebenarnya dari iklan billboard? Seberapa efektifkah iklan ini? Apakah masih sesuai dengan zaman yang sudah serba digital seperti saat ini? Tenang, kami sudah menyiapkan jawabannya pada artikel tentang pengertian billboard di bawah ini.

Pengertian Billboard

Secara umum, pengertian billboard adalah suatu bentuk periklanan ataupun promosi iklan poster yang ditempatkan diluar ruangan dan memiliki ukuran yang besar serta berada di posisi yang tinggi.

Beberapa ahli ada yang berpendapat bahwa pengertian billboard adalah papan reklame dengan ukuran yang besar dan diberi tulisan atau gambar berisikan informasi, baik itu iklan, pengunguman, ataupun promosi suatu produk tertentu.

Biasanya, billboard dipasang pada tempat yang ramai dilewati oleh banyak orang dan dipasang dengan ukuran yang cukup besar dan tinggi.

Billboard juga biasanya berbentuk persegi, dan dibuat dengan menggunakan logam, kayu, kain, fiberglass, kaca, plastik atau bahan lainnya. Pemasangannya pun dilakukan secara permanen atau dengan konstruksi yang tetap. Tapi, beberap billboard juga ada yang dipasang pada bangungan yang lain, seperti di atas toko.

Baca juga: OOH Adalah Jenis Iklan Di Luar Ruangan, Ini Pengertian dan Berbagai Jenisnya!

Fungsi Billboard Secara Umum

Setelah mengetahui pengertian billboard, maka kita harus mengetahui apa saja fungsi dari salah satu media promosi yang satu ini. Fungsi billboard secara umum adalah sebagai media informasi yang berguna untuk menyampaikan pesan tertentu pada masyarakat luas.

Sedangkan fungsi lainnya dari billboard adalah sebagai berikut:

  • Sebagai media periklanan atau media promosi yang ditempatkan di luar ruangan agar bisa dilihat oleh banyak orang.
  • Sebagai media iklan agar bisa meningkatkan penjualan dari suatu produk
  • Sebagai cara yang tepat untuk melakukan branding pada suatu produk atau merek.
  • Sebagai media penyampaian informasi yang singkat pada masyarakat umum.

Baca juga: 7 Cara Membuat Infografis yang Menarik Untuk Kebutuhan Pemasaran

Ciri-Ciri-Billboard

Setelah mengetahui pengertian billboard dan fungsinya, maka kita harus bisa mengetahui ciri-ciri billboard. Sehingga, kita bisa menentukan media periklanan yang tepat untuk bisnis.

Nah, billboard memang memiliki beberapa ciri tertentu yang bisa membedakannya dengan media informasi lain. Ciri-ciri dari billboard adalah sebagai berikut:

  • Billboard mempunyai ukuran yang cukup besar dengan perbandingan tinggi dan lebarnya sebesar 2 : 3
  • Billboard juga biasanya menggunakan warna yang lebih kontras, tujuannya adalah agar bisa lebih mudah terlihat dan dibaca oleh masyarakat.
  • Huruf dan juga ilustrasi yang ada pada ukuran billboard juga dibuat dengan ukuran yang besar, sehingga nantinya bisa dibaca dan dilihat oleh orang lain yang sedang berlalu-lalang.
  • Billboard pun umumnya ditempatkan pada area yang banyak dilewati oleh orang, seperti di pertigaan, perempatan lampu merah, dan lokasi lainnya.

Baca juga: Apa Itu Advertising? Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Billboard

Sama seperti media informasi lainnya, billboard pun mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, beberapa kelebihan dan kekurangan dari billboard adalah sebagai berikut ini:

1. Kelebihan Billboard

Billboard adalah media yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat, padat dan jelas. Billboard dapat dijadikan sebagai media komunikasi dan informasi yang mampu menjangkau daerah secara lokal.

Selain itu, billboard juga adalah media informasi yang efektif dan tepat sasaran untuk masyarakat luas dan bisa ditempatkan di daerah yang terasa tepat.

2. Kekurangan Billboard

Karena billboard memang memiliki ukuran yang besar, maka kekurangannya adalah memerlukan area yang lebih luas untuk pemasangannya. Selain itu, karena ditempatkan di luar ruangan, kondisi kain pada billboard pun bisa cepat rusak bila sering terjadi cuaca yang tidak menentu.

Informasi yang terdapat di dalam billboard pun cenderung tidak akan bisa terlihat bila di pasang pada area tertentu dimana jarang pejalan kaki dan pengendara mobil sedang melaju kencang.

Baca juga: Apa Itu Leaflet dan Kegunaannya dalam Dunia Pemasaran

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang billboard, mulai dari pengertian, fungsi, ciri, serta kelebihan dan kekurangan dari billboard.

Jadi, pengertian billboard adalah media periklanan ataupun promosi iklan poster yang ditempatkan diluar ruangan dan memiliki ukuran yang besar serta berada di posisi yang tinggi. Fungsinya adalah sebagai media informasi yang berguna untuk menyampaikan pesan tertentu pada masyarakat luas.

Salah satu ciri utama dari billboard adalah ukurannya yang besar dan ditempatkan diluar ruangan serta di persimpangan jalan.

Bila Anda cukup tertarik untuk menggunakan billboard sebagai media periklanan produk atau brand, maka Anda harus mempersiapkan anggaran yang lumayan besar, hasilnya akan sesuai dengan anggaran yang sudah Anda keluarkan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencatat anggaran tersebut dalam laporan arus kas perusahaan untuk nantinya dipindahkan dalam laporan keuangan perusahaan.

Nah bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencatat kegiatan keuangan tersebut, atau Anda masih melakukannya dengan cara yang manual, sekarang Anda bisa beralih dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate adalah perusahaan penyedia software akuntansi yang sudah bergerak selama lebih dari 20 tahun dan sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia. Bahkan, Accurate Online juga sudah memperoleh TOP Brand Awards dalam kategori software akuntansi sejak tahun 2016 hingga tahun 2022.

Jadi dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Anda pun bisa mengakses laporan tersebut di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan dengan menggunakan perangkat laptop atau smartphone yang sudah terhubung internet.

Selain itu, di dalamnya juga sudah disediakan fitur perpajakan, persediaan, penjualan, pembelian, dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis melalui berbagai strategi pemasaran yang efektif.

Menariknya, seluruh kelebihan dan fitur dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi sebesar 200 ribuan saja perbulannya, tanpa biaya tambahan.

Tapi, Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.