Digital Branding: Pengertian dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis Online

Digital branding merupakan kunci sukses utama dalam dunia bisnis online. Kenapa? Karena saat ini kita sudah hidup di era serba digital, sehingga kita harus lebih paham tentang pengertian dari digital branding itu sendiri.

Mayoritas orang selalu terlibat dengan dunia yang sangat jauh lebih besar dengan adanya internet. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan internet dalam hal membangun brand bisnis Anda. Nah, pemanfaatan lewat internet dalam membangun brand ini disebut dengan digital branding.

Artikel ini akan sangat membantu Anda, khususnya Anda yang baru menjalankan atau memulai suatu bisnis. Dengan artikel ini, kami akan memberikan informasi secara mendalam tentang digital branding, serta berbagai strategi ampuh dalam menjalankan digital branding untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah pembahasannya.

Pengertian Digital Branding

Agar bisa memahami lebih dalam tentang pengertian digital branding, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang arti sebenarnya dari branding, serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Untuk itu, simaklah penjelasan tentang branding ini.

Apa itu Branding?

Branding merupakan sebuah upaya kreatif dalam memberikan informasi pada masyarakat tentang perusahaan Anda. Dengan adanya branding, bisnis Anda akan lebih lebih berkesan bagi masyarakat sehingga akan lebih mudah dan akan selalu teringat.

Baca juga: Pentingnya Penganggaran Perusahaan Untuk Kemajuan Menyeluruh

Lantas, Apa itu Digital Branding?

Digital branding merupakan proses membangun dan membingkai brand Anda secara online, seperti dengan menggunakan website, aplikasi, sosial media, dll.

Digital branding merupakan salah satu cara yang paling masuk akal dalam menyampaikan keunggulan produk Anda di era komunikasi online seperti saat ini. Selain itu, digital branding juga sangat membantu dalam hal membangun koneksi dengan pelanggan.

Melalui digital branding, maka Anda akan lebih mudah dalam menunjukkan kehadiran bisnis Anda di dalam dunia digital. Sekaligus mampu membantu Anda dalam hal menjalankan beragam strategi marketing.

Tapi, Apa Bedanya Digital Branding dengan Digital Marketing?

Jika digital marketing lebih menitikberatkan pada peningkatan jumlah penjualan, maka digital branding akan lebih fokus dalam meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan. Walaupun sama-sama dilakukan dalam dunia digital, namun tujuan serta fungsi keduanya sangat berbeda.

Baca juga: Iklan VS Promosi: Pengertian, Perbedaan, dan Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Apa Pentingnya Digital Branding bagi Bisnis Saya?

Digital branding sangatlah penting karena dengan digital branding maka Anda akan mampu membangun ikatan yang erat dengan pelanggan. Kenapa demikian? Karena tentu saja kita saat ini hidup di era digital. Hampir semua orang rasanya mampu memanfaatkan teknologi internet untuk bisa berkomunikasi dan juga memenuhi beragam kebutuhannya.

Selain itu, persaingan bisnis tentu akan semakin ketat jika ada banyak bisnis yang go online. Sehingga, Anda harus menerapkan konsep digital branding ini jika bisnis Anda ingin tetap terlihat menarik dan juga unik di mata pelanggan Anda.

Saat inipun sudah banyak sekali peluang usaha yang muncul. Sehingga Anda harus terus waspada dengan adanya jumlah kompetitor yang sewaktu-waktu bisa meningkat.

Selain itu, digital branding juga sangat penting karena memiliki manfaat lain yang sangat penting dalam bisnis Anda, berikut ini adalah manfaatnya.

  • Menciptakan Interaksi yang Baik Dengan Pelanggan

Teknik digital branding akan memberikan kesempatan untuk Anda dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat. Contoh cara sederhananya adalah dengan menciptakan suatu GIF dalam menampilkan fitur terbaik dalam bisnis Anda. Atau bisa juga dengan konsep storytelling. Nantinya, calon pelanggan Anda akan memilih sendiri produk mana yang paling dekat dengan tingkat emosional mereka.

  • Lebih Muda Diingat

Anda bisa menggunakan berbagai platform media sosial dalam memasarkan produk Anda agar lebih mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengadopsi berbagai tren internet yang saat ini sedang berlangsung agar masyarakat bisa lebih mengingat brang Anda.

  • Menonjolkan Brand Anda

Sebagai daya tarik, Anda bisa menggunakan sisi unik tersendiri dari brand Anda. Sehingga, brand Anda akal lebih terlihat menonjol dari brand lainnya.

  • Memperluas Koneksi

Jika konsep digital branding Anda berhasil, maka Anda akan lebih mudah dalam memperluas koneksi bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan beragam platform online yang sudah populer demi memperluas koneksi bisnis Anda. Bukalah pintu kesempatan yang lebar untuk menjalankan kerjasama dengan bisnis lain yang memiliki visi dan misi serupa.

  • Mem-viralkan Bisnis Anda

Dalam dunia online seperti saat ini, membuat konten viral merupakan hal yang biasa. Meskipun tidak bisa direncanakan secara menyeluruh, dan pada umumnya konten viral biasa disebabkan hanya karna adanya faktor keberuntungan. Namun, bukan hal yang mustahil bisnis Anda bisa viral. Kuncinya adalah konsisten. Publish lah berbagai konten menarik sesering mungkin dan sebanyak mungkin. Lalu perkuat strategi marketing Anda. Semakin besar upaya Anda dalam mempopulerkan bisnis, maka akan semakin besar juga tingkat kesempatan Anda untuk bisa viral.

Baca juga: Brand Image: Pengertian, Tips Meningkatkannya, dan Fungsinya Bagi Bisnis 

Berbagai Strategi Digital Branding yang Ffektif

Mungkin Anda akan bingung bagaimana cara yang harus dilakukan dalam melakukan branding pada bisnis Anda. Jangan khawatir, berikut ini kami adalah berbagi strategi digital branding yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda:

Logo merupakan satu-satunya gambar yang bisa calon pelanggan Anda kaitkan dengan merk bisnis.

Logo merupakan suatu hal yang penting karena komponen ini merupakan identitas visual dari suatu merk. Dengan adanya logo, maka produk Anda akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang. Logo juga bisa dijadikan sebagai identitas utama dari seluruh platform dan channel marketing yang akan Anda gunakan. Oleh karena itu, logo sangat penting dalam mencerminkan suatu kepribadian dan jiwa pada suatu brand.

Dalam pembuatannya, logo bisa Anda serupakan dengan karakter, nilai pada bisnis Anda, industri, atau target pasar Anda. Pembuatan logo merupakan suatu langkah penting dalam menciptakan strategi digital brand yang sukses.

  • Website

Jika logo bisa diartikan sebagai sebuah simbol dari bisnis Anda, maka website bisa diartikan sebagai platform digital yang berguna sebagai etalase produk Anda. Saat pelanggan Anda ingin lebih banyak mengetahui tentang produk atau jasa Anda, maka mereka bisa membuka halaman informasi umum, jam kerja pelayanan, siapa orang di balik layar, dll. pada website Anda.

Selain itu, mereka akan lebih mudah mencarinya di google saat mengetik brand Anda.

  • Brand Messaging

Brand messaging merupakan pesan yang ingin bisnis Anda sampaikan pada calon pelanggan. Contohnya, bila Anda membuka usaha kedai kopi dengan biji kopi yang diambil langsung dari petani lokal, maka pesan ini harus Anda sampaikan pada brand message Anda.

Selain itu, pesan yang disampaikan pun harus sesuai dengan misi bisnis serta kegiatan yang bisnis Anda tekuni. Jangan lupa juga untuk bisa selalu fokus pada kebutuhan serta keinginan pelangan Anda.

Agar brand messaging Anda sukses, minimal Anda harus bisa menjawab ketiga pertanyaan ini:

  • Bisnis apa yang Anda tawarkan?
  • Bisnis apa yang Anda perjuangkan
  • Kenapa bisnis Anda itu penting?

Membuat brand messaging yang berkesan di mata calon pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi bukan berarti mustahil. Kunci utamanya adalah dengan mencari nilai keunikan sendiri pada produk atau layanan Anda.

Anda juga harus selalu ingat bahwa brand messaging ini disampaikan secara online pada calon pelanggan Anda. Sehingga, Anda harus selalu mengikuti apa yang sedang tren dalam dunia internet. Seperti lewat GIF, meme, animasi, atau bentuk apapun yang saat ini sedang tren.

  • SEO

SEO atau Search Engine Optimization akan memastikan brand dan produk Anda menjadi sangat mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti google.

Beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari dan meriset kata kunci pada artikal Anda adalah Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool dari Google.

  • Sosial Media

Rasanya, hampir semua orang saat ini memiliki media sosial. Bahkan, sebagian besar sisi kehidupan manusia saat ini hampir semuanya sudah terisi oleh sosial media. Sehingga, Anda bisa menfaatkan kondisi ini untuk melakukan digital branding yang menarik agar mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Namun saat menggunakannya, Anda harus memiliki sikap seperti para influencer, artinya Anda harus menjadwalkan waktu posting konten, memerhatikan komentar, dan merespon dm yang masuk. Selain itu, pantau jugalah perkembangan konten media sosial Anda.

  • Email Marketing

Dengan banyaknya tool atau alat canggih diluar sana yang mampu memasarkan merk secara digital, sebagian orang telah melupakan peran penting email. Padahal faktanya, email merupakan cara mudah dalam menjangkau pelanggan, terutama untuk mereka yang anti atau tidak menggunakan sosial media.

  • Periklanan Online

Iklan online bisa Anda jadikan sebagai salah satu strategi digital branding yang sangat ampuh karena memiliki banyak sekali format yang lebih terukur. Saat ini, Anda bisa memanfaatkan begitu banyak media untuk beriklan di dunia digital, seperti search engine ads, display ads, social media ads, mobile feed dan desktop feed ads, retargeting ads, dan google adwords.

  • Content Marketing

Membuat pelanggan untuk setia menggunakan brand Anda dan membuat mereka bisa kembali membeli produk atau layanan Anda bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Content marketing merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam membangun ikatan yang erat antara calon pelanggan dengan produk Anda. Selain itu, content marketing juga bisa membuat branding terlihat lebih hidup.

Jika pada pemasaran digital penerapannya lebih fokus pada penjualan, maka content marketing akan lebih fokus pada keterlibatan audiens dengan konten Anda. Suatu iklan content marketing yang sukses mampu membuat calon pelanggan Anda tertarik untuk melakukan pembelian dan membuat mereka antusias terhadap brand Anda.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi digital branding yang menggunakan jasa mereka yang memiliki followers atau pengikut yang banyak untuk memposting brand Anda. Proses pemilihan influencer marketing pun tidak terlalu susah. Anda hanya perlu melakukan hal ini:

  • Memilih seorang influencer yang sesuai dengan misi serta bisnis Anda.
  • Membicarakan tentang bayaran mereka dan sesuaikan dengan anggaran yang Anda buat.
  • Mintalah mereka untuk membicarakan brand Anda pada para followers nya

Proses marketing Anda akan terasa lebih organik jika dilakukan oleh orang yang tepat. Walaupun para influencer memang dibayar untuk mempromosikan brand Ana, namun mereka akan membuat konten khusus yang sesuai dengan gaya serta kreativitas yang biasa mereka bangun. Dengaan begitu, tugas tim marketing Anda akan menjadi lebih ringan.

Baca juga: Analisis Usaha: Pengertian, Cara, dan Tujuannya dalam Pengembangan Usaha

Kesimpulan

Di era digital yang memanfaatkan segalanya dengan teknologi seperti saat ini, memahami pengertian digital branding dan menerapkannya merupakan dua hal yang penting dalam upaya memperkenalkan brand bisnis Anda secara online. Berbagai keuntungan yang menarik bisa Anda dapatkan jika bisa menerapkan beberapa tips diatas.

Namun, Jika Anda masih terasa sulit menjalankan strategi tersebut karena harus mengatur sistem perencanaan keuangan dan masalah akuntansi lainnya. Maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi perusahaan Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa fokus menjalankan beberapa strategi digital branding diatas.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1