Brand Image: Pengertian, Tips Meningkatkannya, dan Fungsinya Bagi Bisnis

Ketika melakoni sebuah bisnis tentu saja image dari sebuah brand atau produk, jasa atau layanan yang dipasarkan perlu sekali dijaga dan dibangun untuk mendapat tempat dihati konsumen.

Inilah yang kemudian mendorong berbagai pebisnis untuk berbondong-bondong memperhatikan dan membangun Brand Image dari bisnis yang digelutinya. Adakah disini yang sudah sangat familiar dengan istilah tersebut? Atau bahkan baru pernah mengenalnya sekarang?

Istilah ini sendiri sebenarnya sangat erat pada pelaku bisnis apalagi yang berkaitan dengan penjualan produk atau layanan jasa.

Namun apa sebenarnya yang disebut dengan Brand Image? Apa fungsinya? Bagaimana tips penerapannya?

Dalam uraian artikel ini akan dikupas tuntas. Pastikan bagi yang kini tengah mempersiapkan bisnisnya diera new normal wajib lho mengikuti informasi yang akan disajikan berikut!

Apa Itu Brand Image? Yuk Kenali Pengertian Lengkapnya

Pertama-tama sebelum melangkah jauh kepada pembahasan bagaimana tips meningkatkan Brand Image atau fungsinya bagi bisnis, Anda harus mengenal terlebih dahulu pengertian dari brand image tersebut.

Istilah brand image adalah saduran kata dari Bahasa Inggris yang ketika diartikan didalam Bahasa Indonesia dan disadur artinya adalah sebuah citra merek atau manajemen merek.

Jadi apa sih sebenarnya pengertian dari istilah tersebut secara luas. Citra merek atau Brand Image sendiri memiliki arti sebagai sebuah upaya pengelolaan suatu merek agar mendapat kesan mendalam dan positif dimata konsumen.

Pengelolaan merek ini sendiri dilakukan dengan upaya serta langkah positif dengan meningkatkan kualitas produksi barang itu sendiri.

Peningkatan kualitas merek ini sendiri dilakukan secara berkepanjangan dan terus menerus guna mempertahankan animo konsumen dan loyalitas pelanggan.

Pengertian lainnya, citra merek atau brand ini sendiri merupakan sebuah pandangan atau penggambaran suatu merek saat pelanggan memikirkan suatu produk atau brand.

Misalnya jika kita berpikir tentang minuman bersoda, hal pertama yang ada di dipikiran kita adalah Coca cola. Atau pada saat kita memikirkan software akuntansi, hal pertama yang ada dipikiran kita adalah Accurate.

Normalnya jika suatu bisnis, produk atau jenis layanan mendapatkan citra merek atau dagang yang baik maka tingkat pembelian akan naik dan akan menjadi top of mind saat pelanggan memikirkan barang atau layanan.

Oleh sebab itu menjadi penting sekali untuk pebisnismempertahankan image brandnya tetap dalam status positif. Singkatnya, citra merek ini sendiri merupakan perspektif konsumen atas suatu produk berdasarkan kualitas nyata yang disajikan.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Tips Meningkatkan Brand Image Agar Semakin Berkembang

Nah merujuk pada pengertian diatas tentang Brand Image sendiri menjadi salah satu langkah penting pebisnis, selanjutnya kami akan menjelaskan cara dalam meningkatkan brand image dalam bisnis Anda.

Berikut adalah uraian mengenai tips-tips meningkatkan citra merek produksi atau layanan bisnis agar semakin berkembang.

1. Membuat Desain Logo Menarik

Tips pertama cara meningkatkan citra merek atau dagang yang baik agar semakin berkembang adalah dengan membuat logo perusahaan atau logo dagang yang menarik, unik, kekinian dan sesuai selera pasar.

Logo yang menarik dan pengemasan produk yang baik sangat optimal untuk menaikan branding atau status produk di mata konsumen.

2. Melakukan Kampanye Iklan dan Promosi Berkelanjutan

Tips kedua untuk menaikan citra merek pada sebuah layanan atau produk adalah dengan melakukan kampanye iklan atau promosi berkelanjutan.

Hal ini adalah poin yang sangat krusial untuk mengenalkan merek Anda pada calon konsumen, jangan sampai bosan dalam membuat iklan dan promosi yang merambah berbagai kalangan secara konstan.

Meski mungkin pada awal pergerakannya kurang mendapatkan atensi dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun harus tetap konsisten melakukannya untuk keberhasilan merek Anda.

Baca juga: 10 Cara Untuk Meminimalisir Konflik Bisnis Dalam Perusahaan Anda

3. Gunakan Laman Media Sosial Untuk Berinteraksi dengan Konsumen

Pada era teknologi dan sosial media semacam ini maka pelaku bisnis jangan sampai ketinggalan memanfaatkan kecanggihannya.

Buatlah dan gunakan laman sosial media untuk berinteraksi dengan konsumen secara nyata.

Misalnya dengan membuat Instagram atau website kemudian buat layanan admin guna menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen. Usahakan secepat mungkin dan jangan biarkan konsumen menunggu

4. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Tentu selain melakukan berbagai tips eksternal diatas, wajib juga para pebisnis memperhatikan hal-hal internal. Salah satunya yaitu senantiasa meningkatkan kualitas produk serta layanan, sehingga konsumen akan semakin percaya menggunakan produk yang ditawarkan.

Jangan sampai hanya asyik melakukan promosi dan mengembangkan penjualan namun mengabaikan kualitas produk atau layanan ya!

Baca juga: Membuat 6 Rencana Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis Kecil Anda

5. Bekerjasama dengan Influencer

Menggunakan kekuatan influencer juga bisa menjadi salah satu tips yang paling segar dan inovatif untuk dilakukan pada era saat ini.

Para influencer bagi Instagram, Youtube, Tik-tok atau laman media sosial lainnya biasanya memiliki fans dan pengikut atau followers cukup banyak yang jelas bisa menjadi calon konsumen Anda.

Pebisnis bisa bekerjasama dengan  influencer untuk meng-endorse produk yang dijual, memberikan review dan mengajak melakukan pembelian pada produk yang dimaksud.

Namun perhatikan juga, bahwa Anda harus memilih influencer yang cocok untuk bidang bisnis Anda. Bukankah sangat lucu jika Anda memiliki bisnis kuliner namun bekerjasama dengan influencer otomotif?

Baca juga: 28 Ide, Strategi, dan Cara untuk Menambah Like di Instagram

6. Konsisten Menaikan Mutu dan Berkembang Menjadi Lebih Baik

Soal mengelola dan menaikan kualitas produk atau layanan jangan hanya dilakukan sekali atau seperlunya saja. Pastikan untuk konsisten menaikan mutu dan berkembang menjadi lebih baik setiap harinya lewat perencanaan yang matang.

Tujukan perkembangan ini untuk kepuasan konsumen sembari terus melakukan promosi tambahan!

Kesulitan melakukan perencanaan bisnis karena proses keuangan belum optimal? Atau masih menggunakan pembukuan manual karena Anda masih awam dengan akuntansi?

Cobalah beralih ke sistem pengelolaan akuntansi modern yang akan memudahkan Anda dalam mengelola proses pembukuan dan juga kegiatan finansial pada bisnis secara menyeluruh, salah satunya adalah software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan ini.

Baca juga: Revenue Stream: Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

brand image 2

Apa Fungsi Brand Image Bagi Pergerakan dan Kemajuan Bisnis?

Nah selain membahas mengenai pengertian, informasi dasar hingga tips dalam mengembangkan Brand Image, selanjutnya Anda perlu mengetahui fungsi dari mempertahankan dan mengembangkan citra merek agar semakin yakin untuk mengaplikasikannya!

1. Membuat Perusahaan Memiliki Segmen Pasar Serta Kelasnya Tersendiri

Fungsi pertama dari kepemilikan Brand Image yang baik dan positif adalah perusahaan atau pebisnis bisa memiliki segmen pasar dan kelasnya tersendiri.

Hal ini berkaitan dengan keunikan dan kedudukan perusahaan dimata konsumen. Memiliki dan membuat citra merek yang berkualitas akan membantu perusahaan menduduki kelasnya sendiri dan tidak bisa disejajarkan dengan pebisnis lain.

2. Bisa Menjadi Ciri Khas Pembeda dari Pebisnis Lain

Fungsi kedua dari memiliki citra merek seperti menggunakan logo, tagline atau visi misi untuk jelas akan menimbulkan ciri khas yang menarik. Ciri khas inilah yang kemudian bisa membawa perusahaan atau produk dipandang lebih baik dari kompetitor yang ada.

Oleh sebab itu menjadi sangat penting sekali dalam membangun citra merek atau manajemen merek dengan keunikannya masing-masing.

Baca juga: Siklus Hidup Produk: Pengertian, Tahapan, Serta Contohnya dalam Bisnis

3. Memungkinkan Menaikan Harga Produk Sesuai Kualitas

Ingin menaikan harga produk atau layanan di atas rata-rata? Itu tidak masalah! Apalagi kalau sudah memiliki citra merek yang baik.

Inilah fungsi lainnya dari adanya penerapan citra merek pada kegiatan bisnis yang ada, dengan tetap memperhatikan peningkatan kredibilitas produk. Konsumen tentu menerima jika harga produk yang dibelinya lebih tinggi dari harga umumnya namun telah memiliki nama juga kualitas teruji.

4. Mendapatkan Konsumen-konsumen Baru

Fungsi keempat dari adanya peningkatan atau penurunan citra merek pada bisnis yang digeluti adalah bisa mendapatkan konsumen baru.

Konsumen baru yang didapatkan sendiri akan menjadi lebih luas cakupannya dan tidak terbatas pada satu segmen pasar dan demografi.

Penambahan konsumen dan daya beli secara signifikan bisa cepat didapatkan jika promosi dan upaya menyentuh konsumen dilakukan secara tepat.

5. Memberikan Daya Tarik Tersendiri Bagi Konsumen

Dibandingkan dengan pebisnis atau produk yang dipasarkan tanpa branding maka akan kalah dengan yang sudah citra merek yang baik.

Nah contoh kasus inilah yang menjadi fungsi terakhir penerapan citra merek dalam berbisnis yang sangat menguntungkan. Jika bisnis Anda mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, maka konsumen akan memiliki loyalitas terhadap jasa atau produk yang dijual oleh Anda.

Secara bersamaan, konsumen yang puas dengan produk dan layanan Anda, kemungkinan  akan merekomendasikan pengelaman baiknya ke orang orang terdekat mereka sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal secara luas.

Baca juga: 5 Cara Efektif dalam Menentukan Harga Jual Beserta Penjelasan Lengkapnya

Kesimpulan

Menjadi pebisnis tentu harus selalu pandai mengambil strategi, memahami pasar juga rajin berinovasi agar atensi konsumen tetap terjaga. Salah satu cara untuk berinovasi di era modern semacam ini adalah dengan memanfaatkan kinerja Brand Image seperti uraian informasi diatas.

Pastikan untuk selalu berkembang, memperhatikan kualitas layanan, produk dan jasa dari bisnis yang digeluti agar keuntungan pada bisnis Anda optimal.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan pengelolaan citra merek karena proses pengelolaan keuangan bisnis yang belum optimal, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik, harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jadilah bagian dari mereka yang sudah berhasil mengembangkan brand image lewat proses pembukuan yang lebih baik bersama Accurate Online.

Coba semua fitur Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan