Mengenal Pengertian Motivasi Kerja dan Cara Efektif Meningkatkannya

Apa Itu Motivasi Kerja?

Motivasi kerja itu berbanding lurus dengan besar atau kecilnya prestasi yang dicapai, pasalnya motivasi merupakan dasar alasan seseorang untuk bertindak. Motivasi manusia itu terbagi menjadi dua hal, yaitu motivasi akan ketakutan, dan motivasi akan rasa senang.

Begini penjelasannya, motivasi karena rasa takut itu menjadikan orang berani atau ingin melakukan sesuatu karena menghindari hal yang tidak diinginkan olehnya. Sebagai contoh, seseorang akan berlari dengan kencang jika dirinya sedang dikejar oleh seekor binatang buas, terlepas dari kemampuan ia dalam berlari.

Kemudian, motivasi karena rasa senang menjadikan seseorang merasa ingin melakukan sesuatu karena balasan yang akan ia dapat di kemudian hari. Sebagai contoh, seseorang akan berlari dengan kencang jika ia melihat ada balasan berupa Rp100.000.000 bagi pelari paling cepat.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Inflasi Dan Rumus Perhitungan Inflasi

Itulah yang dimaksud dengan motivasi. Kaitannya dengan pekerjaan adalah semakin baik atau semakin jelas motivasi seseorang dalam bekerja, maka semakin besar peluangnya untuk melakukan pekerjaan tersebut dan mencapai prestasi yang memuaskan.

Apa Saja yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Seseorang?

Siagian, seorang psikolog, menyatakan bahwa ada dua faktor yang memengaruhi kinerja seseorang, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor internal merupakan hal-hal yang mendorong seseorang dari dalam seperti pekerjaan yang ditangani, kemajuan pribadi, tanggung jawab pribadi, pengakuan, dan pencapaian.

Faktor eksternal merupakan hal-hal yang mendorong seseorang dari luar, seperti kebijakan perusahaan, gaji, hubungan antar karyawan, dan kondisi kerja.

Jika kedua factor atau sumber motivasi ini sejalur, sama-sama baik, maka motivasi seseorang dalam bekerja akan mencapai titik yang tinggi dan menghasilkan kinerja yang baik.

Mengapa Motivasi Kerja Bisa Menurun?

Alasan menurunnya kesemangatan kerja atau kinerja bagi setiap individu dan pekerja itu beragam dan berbeda-beda. Namun, ada beberapa alasan yang kerap menjadi alasan utama turunnya motivasi karyawan dalam bekerja dan mencapai hasil maksimal.

Penat dengan Pekerjaan

Bekerja dalam suatu industri yang tidak terlalu Anda pahami atau senangi memang sedikit menjadi beban. Jika tidak ditangani atau pandai-pandai mencari kegiatan lain, maka bisa berakibat pada penat dalam bekerja. Alhasil, motivasi kerja pun menurun.

Solusinya, belajarnya untuk menerima apa yang tengah dijalani selagi belum ada rencana jangka panjang yang menjanjikan.

Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

Manusia di dunia ini ada banyak sekali, maka beruntungnya kita jika senantiasa bertemu dengan orang-orang yang memahami serta klop dengan kepribadian kita. Namun, sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi di dunia kerja. Seringkali kita harus berhadapan dengan kolega yang membuat emosi dan memunculkan amarah.

Solusinya, cobalah untuk berhenti bertemu dengan orang-orang yang membuat tidak nyaman dan berusaha mendekati orang-orang yang belum Anda kenal.

Baca juga : Persediaan Barang Dagang Dan Metode Pencatatannya Pada Akuntansi

Gaji yang Tidak Menunjang

Gaji merupakan salah satu motivasi eksternal yang paling berpengaruh dalam semangat kerja seseorang. Gaji yang tidak mencukupi dapat menurunkan kinerja seseorang.

Solusinya, tambah skill dan etika bekerja, kemudian ajukan kenaikan gaji. Sah-sah saja, kok.

Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Kerja?

Cara meningkatkan motivasi kerja itu berbeda-beda bagi setiap individu karena alasan menurunnya motivasi dalam bekerja pun berbeda-beda. Namun, ada beberapa hal dasar yang bisa menjadi pegangan Anda, yaitu:

Mengingat Tujuan Utama

Hal ini bisa jadi penyelamat Anda, karena ketika jenuh melanda, Anda dibuat seolah lupa akan tujuan utama Anda menerima pekerjaan ini. Coba dan ingatlah kembali.

Menambah Syukur

Tidak peduli sedang berada di fase apapun, hidup akan selalu terasa terjal pada momen-momen tertentu. Pandai-pandailah mencari celah untuk bersyukur.

Belajar Menerima Keadaan

Jika Anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengubah keadaan, belajarlah untuk menerimanya.

Kesimpulan

Turunnya semangat kerja seseorang merupakan hal yang wajar dan normal. Hal ini dialami seluruh pekerja yang memiliki tugas-tugas yang senantiasa menanti hari-harinya. Namun bukan tidak mungkin, dengan memahami apa itu motivasi kerja, alasan menurunnya performa, serta cara meningkatkannya, akan membantu performa dan kinerja Anda ke depannya.

Baca juga : Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

Jika Anda seorang pemilik bisnis yang sedang mengalami masalah dengan pencatatan keuangan dan pembukuan bisnis secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan memiliki lebih dari 300 ribi pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis yang ada di Indonesia.

Mari rasakan kemudahan pengelolaan pembukuan bersama Accurate Online. Coba gratis Accurate Online selama 30 hari melalui link ini.