Pengertian Sales Letter, Cara Membuat dan Contohnya dalam Penawaran Bisnis

Menulis sales letter atau surat penjualan adalah cara untuk menjangkau konsumen secara langsung. Surat penjualan memerlukan elemen tertentu yang membantu meyakinkan pelanggan untuk berinvestasi dalam produk atau layanan.

Mereka harus pribadi dan informal dalam nada mereka untuk mengundang pembaca untuk menemukan lebih banyak tentang sebuah penawaran.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu sales letter, bagaimana cara menulisnya, dan contoh seperti apa sales letter itu.

Apa itu Sales Letter?

Sales letter atau surat penjualan adalah promosi tertulis untuk menarik pelanggan potensial ke suatu produk atau layanan. Tujuan surat penjualan adalah untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana bisnis Anda akan menguntungkan mereka.

Ketika konsumen berpikir untuk memenuhi kebutuhan mereka, mereka kurang fokus pada gagasan transaksi bisnis, yang dapat mengarah pada penjualan.

Bisnis menggunakan surat penjualan dalam format online dan cetak. Surat penjualan adalah bentuk pemasaran langsung yang bisa efektif jika disusun dengan teknik persuasif dan konten yang kuat. Mereka memungkinkan bisnis untuk membuat hubungan pribadi dengan pelanggan saat ini atau calon pelanggan.

Baca juga: Conversion Funnel: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Cara Menulis Sales Letter

Pelanggan potensial membutuhkan alasan untuk membeli. Surat penjualan memberikan alasan itu dan mendukungnya dengan contoh dan informasi. Ini akan membantu menjual ide produk atau layanan yang ditawarkan bisnis kepada pembaca.

Berikut adalah bagian-bagian dari surat penjualan yang harus Anda sertakan untuk memaksimalkan peluang Anda menghasilkan penjualan.

1. Tulis judul menarik  perhatian pelanggan Anda.

Beri tahu pelanggan potensial apa yang mereka butuhkan dalam satu kalimat. Buatlah kenangan-ini mungkin satu-satunya hal yang mereka lihat.

Contoh: Pengoptimal Web dapat membantu Anda menggandakan basis pelanggan Anda tanpa mengeluarkan uang untuk iklan digital.

2. Pikat pembaca dengan mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan dan mengapa.

Mengatasi kebutuhan prospek penjualan yang tak terucapkan akan menghubungkan mereka dengan produk Anda. Jika Anda dapat menjelaskan mengapa produk atau layanan ini akan menguntungkan mereka, calon pelanggan Anda akan lebih memperhatikan kata-kata Anda.

Contoh: Website Anda adalah portal informasi untuk pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Anda ingin menarik browser web untuk menemukan dan tetap berada di halaman Anda. Menghabiskan jutaan rupiah untuk kampanye digital mungkin tidak menghasilkan peningkatan penjualan yang besar. Perangkat lunak Pengoptimal Web Grass Roots dapat medatangkan lebih banyak lalu lintas organik di situs web Anda tanpa biaya.

Baca juga: Sales Pitch: Pengertian dan Cara Membuatnya

3. Sertakan poin-poin dengan informasi kunci.

Daftar berpoin akan membantu pembaca melihat informasi yang ingin Anda soroti. Gunakan daftar ini untuk membangun judul dan kait Anda.

Contoh: Kami menawarkan tiga cara untuk meningkatkan penjualan melalui keterlibatan online.

  • Kami memproduksi konten relevan yang menarik pembaca.
  • Kami menggunakan 20% lebih banyak topik yang berfokus pada SEO daripada agensi pemasaran digital rata-rata.
  • Halaman web kami yang dioptimalkan melacak klik dan mengirimi Anda laporan harian, mingguan, dan bulanan yang disesuaikan.

4. Gunakan testimonial atau statistik.

Surat penjualan harus menunjukkan kepada pembaca nilai produk Anda. Sertakan testimonial dan statistik di poin-poin Anda sehingga pembaca yang memindai dapat dengan cepat melihat informasi berharga yang membantu menjual produk Anda.

Contoh: “Ketika saya mulai menggunakan Grass Roots, saya menemukan analisis mereka sangat membantu. Ini menunjukkan kepada saya di mana pelanggan mengklik halaman saya sehingga saya tahu apa yang paling menarik perhatian untuk produk saya.” -Cindy Beck, Pemilik Sumber Pencahayaan

5. Beri pembaca ajakan untuk bertindak.

Pembaca Anda perlu dimotivasi untuk bergerak melampaui halaman dan melakukan sesuatu untuk menindaklanjuti tawaran Anda. Bantu mereka dengan menyajikan langkah yang jelas dan dapat ditindaklanjuti dalam surat Anda. Jika Anda menggunakan email, tautan langsung atau tombol tindakan harus disertakan. Dalam pemasaran cetak, gunakan grafik dan font untuk menarik perhatian pada tindakan.

Contoh: Masukkan email dan situs web Anda di sini dan kami akan mengirimkan analisis gratis tentang lalu lintas organik SEO.

6. Menawarkan sesuatu kepada pelanggan yang terbatas waktu atau kuantitasnya.

Teknik penjualan yang efektif adalah meningkatkan kedekatan atau membuat kebutuhan pelanggan potensial terasa lebih besar dengan memperkenalkan garis waktu untuk kesepakatan.

Teknik ini juga digunakan dengan membatasi jumlah item yang tersedia untuk penawaran. Memberi konsumen kerangka waktu untuk mengambil tindakan lebih memotivasi dalam jenis promosi penjualan ini.

Contoh: Siapkan kampanye perangkat lunak Grass Roots Web Optimizer tahunan Anda dalam 30 hari ke depan dan bulan pertama pengoptimalan digital Anda gratis.

Baca juga: Brand Essence, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Awereness Pelanggan

7. Gunakan postscript (p.s.) untuk menambahkan jaminan atau alamat pribadi.

Menggunakan postscript adalah cara lain untuk terhubung dengan pelanggan dan membuat surat Anda terasa lebih pribadi. Ini juga cara lain untuk menekankan penawaran Anda dengan cara yang dapat dipindai.

Contoh: P.S. Saya harap Anda akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menumbuhkan lalu lintas organik Anda dan meningkatkan penjualan. Tujuan kami adalah membantu perusahaan seperti milik Anda berkembang.

Bagaimana Cara Anda bisa Membuat Sales Letter yang Lebih Efektif?

Saat Anda menulis sales letter Anda sendiri, pertimbangkan ide-ide ini untuk meningkatkan konten Anda.

  • Gunakan bahasa informal. Kalimat singkat dan jelas serta paragraf pendek membuat Anda terdengar lebih manusiawi. Nada alami akan membantu pelanggan terhubung ke pesan Anda dan mengalihkan fokus dari penjualan.
  • Ingat pelanggan. Tulis dengan pola pikir tentang apa yang Anda sebagai pelanggan ingin dengar. Pastikan kata-kata Anda menjawab pertanyaan: “Apa untungnya bagi saya?”
  • Atur konten Anda. Pastikan ide Anda mengalir dari awal hingga akhir. Surat Anda harus memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  • Sertakan visual yang menarik. Desain grafis adalah fitur penting dari surat Anda selain dari konten tertulis. Yang satu harus melengkapi yang lain. Jaga agar desain tetap sederhana dan relevan dengan tren saat ini.

Baca juga: Brand Activation: Pengertian, Tujuan, Jenis, & Contohnya

Contoh Sales Letter

Berikut adalah contoh surat penjualan.

Pengoptimal Web Grass Roots dapat membantu Anda menggandakan basis pelanggan Anda tanpa mengeluarkan uang untuk iklan digital.

Nama Pelanggan
Alamat pelanggan

Pelanggan yang terhormat,

Website Anda adalah portal informasi untuk pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Anda ingin menarik browser web untuk menemukan dan tetap berada di halaman Anda. Menghabiskan ratusan dolar untuk kampanye digital mungkin tidak menghasilkan peningkatan penjualan yang besar. Perangkat lunak Pengoptimal Web Grass Roots melibatkan lebih banyak lalu lintas organik di situs web Anda tanpa biaya.

Kami menawarkan tiga cara untuk meningkatkan penjualan melalui keterlibatan online.

  • Kami memproduksi konten relevan yang menarik pembaca.
  • Kami menggunakan 20% lebih banyak topik yang berfokus pada SEO daripada agensi pemasaran digital rata-rata.
  • Halaman web kami yang dioptimalkan melacak klik dan mengirimi Anda laporan harian, mingguan, dan bulanan yang disesuaikan.

“Ketika saya mulai menggunakan Grass Roots, saya menemukan analisis mereka sangat membantu. Ini menunjukkan kepada saya di mana pelanggan mengklik halaman saya sehingga saya tahu apa yang paling menarik perhatian untuk produk saya.” -Cindy Beck, Pemilik Sumber Pencahayaan

Misi kami adalah membantu bisnis meningkatkan pengaruh online mereka untuk mempertahankan dan menarik pelanggan baru. Masukkan email dan situs web Anda di sini dan kami akan mengirimkan analisis gratis tentang lalu lintas organik SEO.

Siapkan kampanye perangkat lunak Pengoptimal Web Grass Roots tahunan Anda dalam 30 hari ke depan dan bulan pertama pengoptimalan digital Anda gratis.

Sungguh-sungguh,

Jim Hudson
Manajer pelayanan pelanggan
Pengoptimal Web Grass Roots 

P.S. Saya harap Anda akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menumbuhkan lalu lintas organik Anda dan meningkatkan penjualan. Tujuan kami adalah membantu perusahaan seperti milik Anda berkembang.

 

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai sales letter atau surat penjualan yang harus Anda ketahui. membuat surat penjualan yang baik dan berisi informasi yang relevan memungkinkan Anda mendapatkan kerjasama yang potensial dengan target pelanggan Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan penawaran penjualan yang secara otomatis tercatat dalam pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur penjualan terlengkap seperti penawaran penjualan, PO, penerimaan penjualan, membuat faktur penjualan dan pencatatan penjualan secara otomasi pada sistem.

Tertarik mencoba? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.