Pengertian Soft Skill, Contoh, dan Fungsinya bagi Pengembangan Bisnis

oleh | Nov 16, 2023

source envato.

Pengertian Soft Skill, Contoh, dan Fungsinya bagi Pengembangan Bisnis

Berbicara tentang dunia kerja, tentu tidak terlepas dari pengertian soft skill. Istilah soft skill sendiri tentu sering didengar dan sangat berkaitan erat dengan dunia kerja.

Hal tersebut karena soft skill menjadi salah satu bagian dari keberhasilan pada dunia kerja itu sendiri.

Bagi yang masih penasaran dengan pengertian soft skill, berikut ini adalah pengertian soft skill, contoh, serta fungsinya dalam perkembangan dunia bisnis.

Pengertian Soft Skill

Pengertian Soft Skill

ilustrasi pengertian soft skill. source envato

Pada dasarnya, pengertian soft skill sendiri tidak jauh berbeda dengan bakat, namun dalam bentuk yang berbeda satu sama lain.

Mengutip dari Investopedia, Pengertian soft skill merupakan ciri-ciri karakter dan keterampilan interpersonal yang menjadi ciri kemampuan seseorang dalam berinteraksi secara efektif dengan orang lain.

Di dunia kerja, soft skill dianggap sebagai pelengkap hard skill, yaitu pengetahuan dan keterampilan kerja yang dimiliki seseorang.

Dalam kata lain pengertian soft skill merupakan kemampuan non teknis pada diri seseorang yang terlahir secara alami dan sangat penting dimiliki untuk menjajaki dunia kerja.

Karena soft skill terlahir secara alami, maka soft skill sendiri tidak bisa dipelajari di bangku sekolah, pelatihan, atau kuliah seperti ilmu pasti.

Baca juga : Pengertian Hard Skill, Contoh, dan Fungsinya bagi Pengembangan Bisnis

Contoh Soft Skill

Contoh Soft Skill

ilustrasi pengertian soft skill. source envato

Setelah mengetahui pengertian soft skill, tidak lengkap jika tidak mengetahui contoh dari soft skill itu sendiri.

Berikut ini adalah soft skill yang tidak bisa dipelajari baik di bangku sekolah, pelatihan, atau kuliah yang sangat penting sekali dalam dunia kerja.

1. Pikiran Serta Perkataan yang Positif

Contoh dari pengertian soft skill yang pertama adalah pikiran serta perkataan internal yang positif.

Pikiran serta perkataan internal yang positif sendiri tentu sangat penting di dunia kerja.

Hal tersebut dikarenakan dunia kerja tentu sangat membutuhkan orang-orang atau karyawan yang mempunyai pikiran serta perkataan internal yang positif untuk kemajuan atau keberhasilan dari perusahaan.

Bukan hanya itu saja, pikiran serta perkataan internal positif mampu memberikan rasa percaya diri pada seseorang atau karyawan.

Hal tersebut tentunya menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Maka dari itu, contoh soft skill yang satu ini sangat penting sekali dimiliki oleh setiap orang.

2. Kemampuan Mendengar yang Baik

Kemampuan mendengar yang baik merupakan contoh dari soft skill yang selanjutnya.

Contoh soft skill yang satu ini sangat penting sekali dimiliki oleh setiap orang atau karyawan.

Karena dengan menjadi seorang pendengar yang baik, maka berbagai macam instruksi dari atasan pun bisa dilakukan dengan baik pula. Sehingga kemajuan atau keberhasilan perusahaan pun bisa diraih dengan cepat.

Contoh soft skill yang satu ini pun bukan hanya bagus dan bermanfaat bagi keberhasilan dan kemajuan sebuah perusahaan.

Lebih dari itu, kemampuan soft skill yang satu ini pun bermanfaat bagi diri sendiri. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari kemampuan soft skill itu sendiri.

Baca juga : 21 Soft Skill yang Agar Anda Memiliki Kepemimpinan yang Baik

3. Mempunyai Kemampuan dalam Memimpin

Mempunyai kemampuan dalam memimpin merupakan salah satu contoh soft skill yang sangat penting sekali dimiliki oleh orang-orang yang ingin bekerja pada suatu perusahaan.

Karena kemampuan dalam memimpin sendiri sangat diperlukan bagi perusahaan.

Jika setiap karyawan mempunyai kemampuan dalam memimpin, maka mereka pun akan memimpin sendiri dalam pekerjaan mereka masing-masing sehingga pekerjaan pun akan optimal.

4. Mudah Beradaptasi dengan Orang Lain

Mudah Beradaptasi dengan Orang Lain

ilustrasi pengertian soft skill. source envato

Mudah beradaptasi dengan orang lain menjadi salah satu soft skill yang selanjutnya. Kemampuan yang satu ini tentu sangat diperlukan di dunia pekerjaan.

Karena dengan kemampuan mudah beradaptasi dengan orang lain akan mempermudah proses pekerjaan berlangsung.

Dengan begitu kemajuan serta keberhasilan suatu perusahaan pun akan mudah didapatkan.

5. Mudah Berkomunikasi

Selain mudah beradaptasi dengan orang lain, mudah berkomunikasi pun menjadi salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan.

Karena dengan kemampuan yang satu ini perusahaan atau bisnis bisa mendapatkan relasi yang banyak dan besar.

Dengan begitu perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan pun akan cepat berkembang.

6. Kemampuan Mengatur Waktu

Kemampuan mengatur waktu menjadi salah satu soft skill yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang.

Soft skill yang satu ini tentu mempunyai pengaruh besar baik bagi dunia kerja maupun pada diri sendiri.

Seseorang atau karyawan yang mempunyai soft skill kemampuan mengatur waktu tentu akan lebih bertanggung jawab dengan pekerjaan yang mereka dapatkan.

Sehingga hasil dari pekerjaan itu pun akan menghasilkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

7. Tahu Kapan Harus Diam

Tahu kapan harus diam menjadi salah satu contoh soft skill yang terakhir.

Pada umumnya, orang yang sedang mengalami kondisi marah, kecewa, jengkel, maupun gundah akan mengeluarkan kata-kata kasar secara spontan.

Maka dari itu menguasai lidah pada saat kondisi sedang tidak menyenangkan merupakan kemampuan soft skill yang sangat penting sekali.

Hal tersebut dikarenakan bisa menyelamatkan hubungan dengan klien potensial atau rekan kerja yang sangat berpengaruh untuk berkembangnya perusahaan.

Maka tidak heran jika soft skill yang satu ini sangat berperan besar bagi sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan.

Baca juga : 10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya untuk Bisnis

Fungsi Soft Skill Bagi Pengembangan Bisnis

Fungsi Soft Skill Bagi Pengembangan Bisnis

ilustrasi pengertian soft skill. source envato

Dari pengertian soft skill serta beberapa contoh di atas tentu sudah bisa dilihat bagaimana fungsi soft skill bagi pengembangan bisnis.

Fungsi soft skill bagi pengembangan bisnis sendiri tentu mempunyai peran serta pengaruh besar agar bisnis bisa berkembang.

Karena dengan karyawan yang mempunyai soft skill seperti contoh di atas, maka perusahaan atau bisnis pun akan berkembang dengan pesat dan tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan atau bisnis yang dijalankan itu sendiri.

Baca juga: 4 Jenis Gaya Pengambilan Keputusan yang Dapat Anda Gunakan beserta Contohnya

Penutup

Itulah pengertian soft skill beserta contoh dan fungsinya bagi pengembangan bisnis.

Dengan mengetahui lebih mengenai soft skill maka diharapkan soft skill sendiri dapat membantu berkembangnya bisnis yang sedang dijalankan atau dapat membantu berkembangnya sebuah perusahaan.

Jika Anda membutuhkan proses pembukuan bisnis yang lebih cepat dan minim kesalahan, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi pada bisnis Anda.

Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud buatan Indonesia yang bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja Anda mau.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan fitur yang dibutuhkan bisnis seperti pencatatan penjualan dan pembelian, penggajian, penghitungan pajak otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait