Pengertian Strategi Bisnis TAM SAM SOM dan Cara Menganalisisnya

oleh | Nov 30, 2023

source envato.

Pengertian Strategi Bisnis TAM SAM SOM dan Cara Menganalisisnya

Pengembangan strategi bisnis merupakan aspek krusial dalam menjaga daya saing perusahaan di era globalisasi ini. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk merumuskan strategi adalah melalui konsep TAM (Total Available Market), SAM (Serviceable Available Market), dan SOM (Serviceable Obtainable Market).

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari secara mendalam tentang pentingnya memahami konsep-konsep tersebut dalam konteks pengembangan bisnis, dengan tujuan agar perusahaan dapat mengoptimalkan potensi pasar dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan

Pengertian Tam Sam Som

Pengertian Tam Sam Som

ilustrasi marketing tam sam som. source envato

Berdasarkan laman Hubspot, konsep TAM (Total Available Market), SAM (Serviceable Available Market), dan SOM (Serviceable Obtainable Market) adalah istilah-istilah yang digunakan dalam analisis pasar dan strategi bisnis. Berikut adalah pengertian dari masing-masing konsep tersebut:

1. TAM (Total Available Market)

TAM merujuk pada keseluruhan pasar potensial yang dapat dijangkau oleh suatu produk atau layanan. Di dalamnyba mencakup semua individu atau organisasi yang mungkin menjadi konsumen atau pelanggan potensial, tanpa mempertimbangkan kendala atau batasan tertentu.

2 SAM (Serviceable Available Market)

SAM adalah segmen dari TAM yang dapat dijangkau secara realistis oleh suatu perusahaan dengan produk atau layanannya. Di dalamnya akan memperhitungkan faktor-faktor seperti geografis, demografis, atau ekonomi yang dapat mempengaruhi penetrasi pasar perusahaan.

3. SOM (Serviceable Obtainable Market)

SOM adalah bagian dari SAM yang dapat diakses atau dikuasai oleh perusahaan dengan strategi dan sumber daya yang dimilikinya. Di dalamnya mencakup pasar yang dapat benar-benar dicapai dan dituju oleh perusahaan dengan implementasi strategi yang tepat.

Singkatnya, TAM mencakup seluruh pasar potensial, SAM adalah segmen yang dapat dijangkau, dan SOM adalah bagian dari SAM yang dapat diakses dan dikuasai oleh perusahaan. Analisis TAM, SAM, dan SOM membantu perusahaan dalam merumuskan strategi pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk agar lebih terarah dan efektif.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, dan 2 Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Tam Sam Som untuk Bisnis

Fungsi Tam Sam Som untuk Bisnis

ilustrasi marketing tam sam som. source envato

Konsep TAM, SAM, dan SOM memiliki peran penting dalam pengembangan strategi bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari TAM, SAM, dan SOM untuk bisnis:

1. Penetapan Target Pasar

  • TAM: Membantu perusahaan untuk memahami ukuran total pasar potensial untuk produk atau layanan mereka.
  • SAM: Mengidentifikasi segmen pasar yang secara realistis dapat dijangkau oleh perusahaan, membantu dalam menetapkan target pasar yang lebih spesifik.
  • SOM: Fokus pada bagian dari SAM yang dapat diakses dan dikuasai oleh perusahaan, membantu dalam merinci target pasar yang dapat dicapai.

2. Perencanaan Strategi Pemasaran

  • TAM: Memberikan gambaran besar untuk perencanaan strategi pemasaran, memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang pasar potensial.
  • SAM: Memungkinkan perusahaan untuk merinci strategi pemasaran yang lebih terarah sesuai dengan karakteristik segmen pasar yang dapat dijangkau.
  • SOM: Membantu perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran yang dapat secara efektif mencapai dan menguasai bagian pasar yang dapat dicapai.

3. Pengembangan Produk dan Layanan

  • TAM: Memberikan wawasan tentang kebutuhan dan preferensi pasar secara umum, membantu dalam pengembangan produk atau layanan baru.
  • SAM: Memungkinkan perusahaan untuk menyelaraskan pengembangan produk dengan kebutuhan segmen pasar yang lebih terfokus.
  • SOM: Menyediakan fokus pada pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang dapat diakses oleh perusahaan.

4. Pemilihan Strategi Ekspansi

  • TAM: Memberikan pandangan tentang potensi ekspansi global atau regional untuk produk atau layanan.
  • SAM: Membantu perusahaan dalam memilih lokasi geografis atau segmen pasar yang tepat untuk dieksplorasi.
  • SOM: Memungkinkan perusahaan untuk merencanakan langkah-langkah ekspansi yang realistis sesuai dengan pasar yang dapat dikuasai.

5. Pengukuran Potensi Pertumbuhan

  • TAM: Memberikan gambaran potensi pertumbuhan maksimal jika perusahaan dapat meraih seluruh pasar.
  • SAM: Memberikan indikator potensi pertumbuhan yang lebih realistis dengan mempertimbangkan kendala dan batasan tertentu.
  • SOM: Menyediakan perkiraan pertumbuhan yang dapat dicapai dengan strategi dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Dengan memahami dan menerapkan konsep TAM SAM SOM, perusahaan dapat membuat keputusan strategis yang lebih informasional dan fokus untuk mencapai keberhasilan dalam pasar yang mereka targetkan.

Baca juga: Apa itu Marketing? Kenapa Sangat Penting bagi Bisnis?

Cara Menghitung Tam Sam Som

Cara Menghitung Tam Sam Som

ilustrasi marketing tam sam som. source envato

Menghitung TAM SAM SOM akan melibatkan analisis pasar dan pengumpulan data yang cermat. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghitung ketiga konsep tersebut:

1. Menghitung Total Available Market (TAM)

TAM merupakan total pasar potensial untuk suatu produk atau layanan tanpa mempertimbangkan kendala tertentu. Cara umum menghitung TAM adalah dengan mengidentifikasi dan mengumpulkan data sebagai berikut:

TAM = Jumlah Populasi × Pengeluaran Rata-rata per Kapita

  • Identifikasi total populasi yang mungkin menjadi konsumen produk atau layanan Anda.
  • Tentukan pengeluaran rata-rata per kapita untuk produk atau layanan tersebut.
  • Kalikan kedua nilai tersebut untuk mendapatkan estimasi TAM.

2. Menghitung Serviceable Available Market (SAM)

SAM adalah segmen dari TAM yang dapat dijangkau secara realistis oleh perusahaan. Langkah-langkah untuk menghitung SAM melibatkan pengumpulan data yang lebih terfokus:

SAM = Jumlah Populasi Segmen Pasar yang Dapat Diakses × Pengeluaran Rata-rata per Kapita di Segmen Tersebut

  • Identifikasi segmen pasar yang dapat dijangkau oleh perusahaan.
  • Tentukan jumlah populasi dalam segmen tersebut.
  • Tentukan pengeluaran rata-rata per kapita di dalam segmen tersebut.
  • Kalikan kedua nilai tersebut untuk mendapatkan estimasi SAM.

3. Menghitung Serviceable Obtainable Market (SOM)

SOM adalah bagian dari SAM yang dapat diakses dan dikuasai oleh perusahaan. Perhitungan SOM lebih fokus pada potensi pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan dengan strategi dan sumber daya yang dimilikinya:

SOM = Jumlah Pelanggan yang Dapat Dicapai × Pengeluaran Rata-rata per Pelanggan

  • Identifikasi jumlah pelanggan yang dapat dicapai oleh perusahaan.
  • Tentukan pengeluaran rata-rata per pelanggan.
  • Kalikan kedua nilai tersebut untuk mendapatkan estimasi SOM.

Penting untuk diingat bahwa estimasi TAM SAM SOM dapat berubah seiring waktu dengan perubahan dalam populasi, perilaku konsumen, dan faktor-faktor ekonomi lainnya.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pembaruan secara berkala untuk memastikan ketepatan analisis pasar.

Baca juga: Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing

Contoh Analisis Tam Sam Som

Contoh Analisis Tam Sam Som

ilustrasi marketing tam sam som. source envato

Mari kita lihat contoh analisis TAM SAM SOM untuk produk fiksi “Smart Home Automation” di suatu wilayah tertentu.

Contoh Analisis:

1. Total Available Market (TAM)

Jumlah Populasi di Wilayah Tersebut adalah 5 juta orang. Sedangkan pengeluaran rata-rata per kapita untuk Produk Smart Home Automation adalah Rp 200,000.

TAM = 5,000,000 orang x Rp 200.000 per orang = Rp 1,000,000,000,000

Jadi, TAM untuk “Smart Home Automation” di wilayah ini adalah Rp 1 triliun

2. Serviceable Available Market (SAM)

Segmen pasar yang dapat diakses adalah oengguna teknologi berusia 25-55 tahun di wilayah tersebut. Jumlah populasi dalam segmen tersebut adalah 2 juta orang dan pengeluaran rata-rata per kapita di segmen tersebut: Rp 250.000

SAM = 2,000,000 orang x Rp 250,000 per orang = Rp 500,000,000,000

Jadi, SAM untuk “Smart Home Automation” di segmen ini adalah Rp 5 Triliun

3. Serviceable Obtainable Market (SOM)

Jumlah pelanggan yang dapat dicapai oleh perusahaan adalah 500,000 orang dan pengeluaran rata-rata per pelanggan adalah Rp 300,000

SOM = 500,000 orang x Rp 300,000 per orang = Rp 150,000,000,000

Jadi, SOM untuk “Smart Home Automation” yang dapat dicapai oleh perusahaan ini adalah Rp 150 triliun

Interpretasi Analisis

Analisis ini memberikan informasi tentang potensi pasar total, pasar yang dapat dijangkau, dan pasar yang dapat dicapai.

Dalam contoh ini, perusahaan memiliki peluang untuk mencapai sebagian dari segmen pasar yang dapat dijangkau, dengan estimasi pendapatan potensial sebesar $150 juta. Perusahaan kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk merancang strategi pemasaran, pengembangan produk, dan ekspansi bisnis yang lebih terarah.

Baca juga: Pengertian Lengkap 7P Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Penutup

Kesimpulan dari analisis TAM  SAM SOM memberikan landasan yang kokoh untuk merumuskan strategi bisnis yang efektif.

Dengan menggunakan konsep TAM SAM SOM secara bersamaan, perusahaan dapat mengembangkan strategi bisnis yang lebih terinformasikan dan terfokus, meningkatkan peluang keberhasilan dalam pasar yang mereka targetkan.

Nah, untuk lebih mudah lagi dalam mengembangkan strategi bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini mampu membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai operasional bisnis yang bersifat administratif. Beberapa contohnya seperti mencatat transaksi, mengelola arus kas, mengelola utang-piutang, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi, dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak agar bisa fokus dalam mengembangkan bisnis.

Masih ragu, klik tautan gambar di bawah ini untuk bisa mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait